New Inverter Linear dan Door Cooling+: Bahan Makanan Segar Lebih Lama

Boleh, ya, flashback ke tanggal-tanggal menjelang Lebaran?

Apa makanan yang biasanya kamu siapkan menjelang Lebaran? Kue kering? Rengginang? Rendang? Opor?

Di rumahku, semua itu ada. Walaupun begitu, ada tambahan lain yang aku siapkan. Sayuran dan buah-buahan.

Dulu banget, aku pernah konstipasi gara-gara kebanyakan makan makanan Lebaran dan nggak makan buah dan sayuran. Bukannya nggak mau makan buah dan sayuran, tapi tukang sayur libur Lebarannya lama. Jadi, mau nggak mau harus makan yang ada saja.

Menyetok buah dan sayuran pastinya harus yang awet. Disimpan dari sebelum Lebaran sampai entah kapan. Tukang sayur ‘kan nggak ikut tanggal Libur Cuti Bersama. Menyimpannya pun harus benar supaya tidak mudah rusak. Tapi, yaaa, kadang ada saja rusak. Mubazir. 😒

Sekarang, sih, ada teknologi yang bikin makanan bisa bertahan lebih lama dan tetap di dalam lemari es. Namanya teknologi Inverter Linear dan Door Cooling. Teknologi ada di lemari es LG terbaru.

Tanggal 21 Juli 2017 lalu, LG launching produk barunya, LG LINEAR Top Freezer, ini di Senayan City. Selain launching produk, LG juga memamerkan produk-produk lain yang menggunakan teknologi inverter. Semua produk LG sudah pakai teknologi inverter, loh. Nggak cuma produk premium, tapi juga produk kecil seperti microwave.

Pengenalan produk Inverter Linear kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Pengunjung diajak membuat alat musik dari sayuran.

Alat musik dari sayuran? Memangnya bisa bunyi?

Bisa, dong. Malah, ada orkestra sayuran yang didatangkan dari Korea.

Syarat sayuran digunakan adalah selalu segar. Sayuran sudah kisut, baik terlihat mata atau mikro, tidak akan menghasilkan suara yang maksimal. Di sinilah peran teknologi Inverter Linear dan LG Door Cooling+.

LemariΒ  Es LG Terbaru, Suhu Stabil, Makanan Bebas “Demam”

Kita saja kalau kepanasan lalu kehujanan bisa demam, ‘kan? Bahan makanan pun demikian. Maksudnya, bahan makanan mudah rusak kalau suhu kurang stabil.

Pada kulkas biasa, kenaikan suhu bisa tinggi, sekitar +- 10Β°C. Apalagi, kalau dibuka-tutup. Dulu, sering dengar ‘kan omelan jangan buka-tutup kulkas? Nanti kulkasnya cepat rusak.

Bukan cuma kulkasnya yang rusak, bahan makanan pun demikian. Menurut Chef Marinka yang diundang pada acara tersebut, daging yang suhu penyimpanannya naik-turun ekstrem, akan mudah rusak. Makanan berprotein kalau rusak akan menjadi sumber bakteri.

Kenaikan dan penurunan suhu pada lemari es dengan teknologi Inverter Linear hanya 0.5Β°C.

Kok bisa demikian?

Pada kompresor biasa, ada 4 bagian yang saling bergantung. Hal ini berbeda dengan Inverter Linear. Kompresor linear hanya bertumpu pada satu tuas penggerak. Selain suhu lebih stabil, energi pun lebih hemat.

Semua Bagian Sama Dingin

Lemari es lg terbaru

Pernah sadar nggak kalau bagian depan kulkas suhunya lebih tinggi daripada bagian dalam? Mungkin kamu pernah menaruh minuman kaleng di pojok kulkas supaya lebih dingin.

Nyatanya, memang bagian dalam kulkas mempunya suhu berbeda-beda. Bagian yang lebih dalam lebih dingin. Bagian yang dekat pintu lebih tinggi suhunya.

Pada lemari es LG Linear yang baru, terdapat fitur tambahan yang menjadikan suhu di setiap bagian sama dinginnya. Namanya Door Cooling+.

Selain dari kompresor di belakang lemari es, udara dingin juga mengalir dari area di dekat pintu. Hal ini menjadikan makanan di depan maupun belakang mendapat dingin yang sama. Proses pendinginan pun menjadi lebih cepat.

Menyimpan Bahan Makanan Ala Chef

 

Salah satu hal penting dalam proses produksi makanan adalah proses penyimpanan bahannya. Bahan makanan yang segar mejadikan makanan yang dihasilkan lebih sehat dan tentu memengaruhu cita rasa. Karena itu, Chef Marinka cukup concern terhadap masalah penyimpanan.

Chef Marinka melakukan investasi dalam hal wadah-wadah tertutup, aluminium foil, dan plastic wrap. Sebelum disimpan, makanan harus ditaruh pada wadah yang tepat dan bersih. It’s better melakukan investasi berupa wadah daripada membuang-buang bahan karena sudah nggak fresh, ‘kan?

Kalau sudah ditaruh di wadah, tinggal taruh di kulkas. Taruhnya sesuai tempat yang ditentukan, yaa.

Lemari es LG LINEAR Top Freezer punya moist balance crisper compartment untuk buah dan sayuran, juga Fresh 0 Zone untuk daging dan ikan. Setiap bahan makanan butuh kelembapan berbeda, jadi LG kontrol kelembapan setiap kompartemen supaya makanan tetap fresh.

Oh, ya, jangan lupa juga pastikan semua bahan sudah bersih. Begitu juga dengan lemari esnya. Kuman-kuman yang ada di lemari es bisa membuat makanan mudah rusak.

Pada LG Linear Top Freezer, ada fitur hygiene fresh+, yang bisa membunuh kuman dan bau tidak sedap hingga 99.999%.

Bagaimana? Banyak banget, ‘kan fitur-fitur yang diberikan LG. Menjaga bahan makanan tetap segar dalam waktu lama memang nggak mudah, tapi LG memberikan kemudahan semua itu.

Yuk, jangan buang-buang makanan. 😊

 

 

33 comments

  1. Kayaknya kita juga perlu kayak chef Marinka nih, investasi beli wadah-wadah untuk menyimpan makanan, jadi saat dimasukkan ke lemari es bisa rapi. Untuk buah dan sayur juga jadi lebih segar kalau disimpan di lemari es LG ini ya.

  2. Huaa mupengg kulkasnyaaa…
    Buka tutup kulkas, ada mungkin 100 kali sehari boyz buka tutup kulkas. Hadeuhh

  3. Aku tuh suka buang-buang bahan makanan lantaran disimpan dan jadi ngga fresh lagi huhuhu… musti invest ke kulkas ini kayaknya πŸ™‚

  4. Byuuuhhh, mbaca fitur2 dan keunggulan LG inverter ini bikin baper Mbak. Secara kereeen banget dan kulkas rumah juga sdh lamaaa banget. Nanti kalau perlu ganti kulkas, LG ini bs masuk pertimbangan deh

  5. wahhh reportase yang bermanfaat banget mb, beberapa kali beli kulkas selalu merk Sharp, belum pernah yang LG. Bisa jadi pertimbangan nih ya ^^

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *