Libur Akhir Tahun di Jakarta? Why Not?

Sumber gambar: Pixabay

Libur akhir tahun sudah tiba! Entah kenapa, libur akhir tahun mempunyai kesan spesial tersendiri. Entah karena sudah ditunggu-tunggu sepanjang tahun sambil mengirit-irit jatah cuti. Entah karena memang pergantian tahun adalah hal yang luar biasa.

Tentunya, banyak yang berpendapat demikian, ‘kan? Lihat saja hotel-hotel mulai penuh. Kalau tidak cepat-cepat, terpaksa mengganti rencana liburan.

Jadi, kamu mau berlibur akhir tahun di mana? Yogya? Bali? Lombok? Sudah pesan penginapan dan transportasi belum? Jangan sampai tidak kebagian.

Aku tidak tahu ini mainstream atau tidak, tapi bagaimana kalau libur akhir tahun di Jakarta saja? Bukan Jakarta yang “menempel” pada Pulau Jawa, loh, ya. Melainkan sisi lain Jakarta, yaitu Kepulauan Seribu.

Jujur saja, aku sendiri sering lupa bahwa ada tempat di Jakarta yang bernama Kepulauan Seribu. Selama ini, kalau mendengar kata “Jakarta”, pasti yang terbayang adalah macet, polusi, gedung di sana-sini, dan segala hal-hal modern lainnya. Ternyata, di utara Jakarta, ada versi “mini” wisata ala Bali, Lombok, Karimun Jawa, dan semacamnya. Wisata ala-ala pulau.

Seperti namanya, Kepulauan Seribu terdiri dari banyak pulau. Salah satu yang bisa menjadi tujuan wisata adalah Pulau Tidung. Nah, kalau ke Pulau Tidung, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan?

What to Do in Pulau Tidung

Sumber gambar: Pixabay

Aktivitas Pantai

Pulau Tidung sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi wisatawan. Pantainya pun menawarkan beberapa permainan air. Ada sofa boatbanana boat, kano, dan atraksi lainnya yang bisa dicoba. Kalau sekadar ingin bersantai atau bermain pasir pun tentunya bisa. Siapkan makanan dan minuman untuk menemani aktivitas. Jangan lupa, sampahnya dibuang ke tempat sampah atau siapkan plastik sampah, ya. Jangan sampai mengotori keindahan Pulau Tidung.

Melihat Keindahan Bawah Laut

Laut Jawa memang masih menawarkan kekayaan bawah laut. Tidak terkecuali di Kepulauan Seribu, termasuk Pulau Tidung. Di sana, kita bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving. Masih banyak terumbu karang dan ikan yang terjaga kelestariannya. Semoga saja akan terus terjaga supaya warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh kalau ingin wisata kepulauan. Pun, warga dari kota-kota lain semakin berminat dengan Kepulauan Seribu. Iya, makanya jangan membuang sampah dan limbah sembarang supaya laut tetap indah. Hehe.

Sumber gambar: Traveloka

Bersepeda Mengelilingi Pulau

Di Pulau Tidung terdapat penyewaan sepeda. Sepertinya seru bersepeda berkeliling pulau. Tentunya, tidak lupa sambil mencari spot foto terbaik. Setelah mengelilingi pulau, bisa diakhiri dengan melihat sunset di pantai.

Berjalan-jalan di Jembatan Cinta

Pulau Tidung dibagi menjadi 2: Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah pulau yang berpenghuni. Pulau tidung kecil adalah pulau tidak berpenghuni dan dijadikan tempat budidaya mangrove. Kedua pulau itu dihubungkan jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatan. Konon, pasangan yang melewati jembatan itu akan langgeng. Bagi yang belum mempunyai pasangan, akan segera menemukan jodohnya.

Aku, sih, kurang percaya dengan mitos semacam itu. Tapi, membayangkan berjalan-jalan di jembatan dengan panjang sekitar 800 meter dengan pemandangan laut sepertinya menyenangkan. Apa lagi, kalau bisa jogging pagi di sana. Melihat sun rise pertama di tahun baru di pinggir pantai pastilah menarik.

Sumber gambar: Traveloka

Akses dan Penginapan Pulau Tidung

Untuk mencapai Pulau Tidung, bisa dengan beberapa cara. Dari Jakarta, bisa melalui Pelabuhan Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol. Dari Muara Angke biaya kapalnya tentu lebih murah, tetapi harus pagi-pagi sekali dan waktu tempuhnya lebih lama. Dari Marina Ancol, harga sewa kapalnya agak lebih mahal, belum lagi ditambah tiket masuk Ancol, tetapi waktu tempuhnya lebih cepat.

Selain dari Jakarta, bisa juga melalui Tangerang. Tepatnya melalui kawasan Rawasaban. Tinggal pilih saja mana yang lebih dekat dan efisien.

Sampai di Pulau Tidung, sudah banyak penginapan yang bisa dipilih. Fasilitas di penginapan-penginapan di sana juga sudah cukup lengkap. Tapi, sebaiknya tetap reservasi terlebih dahulu. Apa lagi, kalau ke sana musim liburan.

Bagi yang jauh dari Jakarta dan perlu naik pesawat juga, bisa coba opsi paket pesawat hotel Traveloka. Satu kali klik, langsung dapat beragam pilihan hotel dan pesawat. Semuanya bisa disesuikan dengan budget.

Kemudahan ini tentunya mengefektifkan waktu. Daripada digunakan untuk memilih pesawat dan tempat menginap, lebih baik waktu digunakan untuk persiapan lain, ‘kan?

Selain lebih mudah, paket ini juga lebih murah daripada memesan pesawat dan hotel secara terpisah. Ini aku coba dari Denpasar ke Jakarta, ya. Soalnya nggak ada pesawat dari Bogor ke Jakarta. Hehe.

Uang lebih untuk pesawat dan hotel jadi bisa digunakan untuk makan-makan. Bisa juga untuk memuaskan diri mencoba beragam aktivitas di Pulau Tidung. Atau, sekadar membeli sovenir.

Oh, ya, selain saving time untuk memilih pesawat dan hotel, saving time untuk pembayaran juga. Pilihan pembayarannya banyak. Kapan-kapan aku, deh, aku mau cerita pengalaman booking dengan Traveloka, yang tanpa sadar tahu-tahu sudah selesai bookingLol.

Jadi, itu tadi ide liburan akhir tahun di Jakarta. Kamu sudah punya rencana liburan? Ayo, share ya.

Sumber gambar: Pixabay

 

 

5 comments

  1. Terlepas dari mitos, anggap aja itu sebuah doa juga, haha… Atau ya cukup nikmati aja pemandangan dari atas jembatannya. Saya pun belum pernah ke Pulau Seribu ini. Pinginnya sih ke Tidung dan Pari. Iya kalau ke sini baiknya cari penginapan aja biar bisa 2 hari di sana.

  2. Ouw iyak.. saya juga sempet melupakan kepulauan seribu.. hehehehe… Menarik nih.. selalu gagal ke ancol karena udah kebayang macet dan bersuntuk2an..

    Makasih mbak.. saiya sedang kurang piknik ini..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *