Sarapan Praktis dengan Menu Piring Gizi Seimbang

Menu piring gizi seimbang

Kamu suka sarapan? Great kalau kamu suka sarapan. Sarapan adalah momen makan paling penting dalam sehari. Bukan berarti waktu makan lain nggak penting, tapi sarapan ibarat pionir makanan sehari.

Tubuh kita tidak makan apa pun ketika tidur, tetapi membutuhkan energi untuk aktivitas ketika bangun. Energi ini untuk kebutuhan metabolisme dan meningkatkan fokus ketika beraktivitas. Karena itu, sarapan hukumnya wajib.

Sarapan juga bisa membuat berat badan terjaga. Pertama, sarapan membuat metabolisme stabil. Kedua, sarapan menghindarkan kita dari kekalapan ketika melihat makanan lain.

Sejak kecil, aku terbiasa sarapan. Kebetulan, sekolah memang selalu dekat, jadi nggak buru-buru. Lagian, apa sih ruginya bangun 5-10 menit lebih awal supaya bisa sarapan?

Tapi, makin besar, hidupnya kayaknya makin hectic. Kalau dulu, siap-siap berangkat hanya butuh waktu beberapa menit. Sekarang, baju untuk berangkat besok saja sudah dipikirkan dari semalam.

Sarapan? Tetap harus, sih. Kadang, sambil dandan, sambil makan. Kadang, malah sarapan di jalan.

That’s why aku mulai memikirkan bagaimana bisa sarapan bergizi tapi tetap sehat. Menu sarapan sehat dan praktis seperti apa yang memang sesuai kebutuhan?

Yang pasti, karbohidrat harus ada untuk sumber energi utama. Protein juga nggak boleh ketinggalan karena fungsinya banyaaak banget untuk tubuh. Vitamin dan mineral juga nggak boleh ketinggalan.

Dengan kemajuan penelitian, senangnya sekarang tuh memikirkan menu seimbang nggak perlu ribet lagi. Sudah ada takaran yang mudah banget. Takarannya semudah memberi garis khayalan pada piring, namanya pun kurang lebih begitu: menu piring gizi seimbang

Jadi, satu piring dibagi 4. Eits, bukan masing-masing seperempat, melainkan begini nih menu piring gizi seimbang.

Menu piring seimbang so good

Nah, karena menu sarapan sehat dan praktis andalanku andalanku adalah roti, makanya menu piring gizi seimbang ala aku begini.

Menu piring gizi seimbang

Aku tahu pisangnya kebesaran, tapi nggak apa kok. Kenapa? Karena aku sayuran yang aku pakai adalah selada dan tomat. Dua jenis sayuran ini bisa dimakan banyak-banyak karena kandungan energinya sedikiiiiiiiiit banget. Apa lagi, selada dan tomat kan nggak dimasak, nggak kena minyak. Ya sudah, mereka nggak menyumbang energi. Hanya menyumbang serat dan vitamin.

Nah, semua itu mau aku apakan? Tak lain dan tak bukan adalah untuk dijadikan menu sarapan sehat dan praktis yang bisa disebut on-the-go breakfast alias bisa dimakan dalam perjalanan. Atau, yaaa, pas sampai di tempat tujuan nggak pakai ribet mengeluarkan sendok dan garpu.

Sarapan Sehat dan Praktis dengan Menu Piring Gizi SeimbangĀ 

Aku membuat sandwich. Pisangnya taruh dulu di tas, ya. Jadi, tinggallah bahan-bahan untuk sandwich:

Roti tawar 2 lembar

Chicken nugget 3 buah (aku pakai So Good Chicken Nugget Original)

Selada 2 lembar

Tomat 1 buah

Cara membuat?

Kayaknya, nggak perlu dijelaskan, ya? ‘Kan tinggal goreng nugget. Kemudian, potong tomat menjadi 3 bagian. Lalu, susun roti-selada-nugget-tomat-selada-roti. Selesai, deh.

Menu sarapan sehat dan praktis

Kok kayaknya makannya malah ribet? Kayak chicken nugget dan tomatnya rentan jatuh.

Makanya, aku potong sandwich ini menjadi 3 bagian. Untuk mempermudah memotong, bisa lebih dulu menusuk ketiga bagian dengan tusuk gigi. Masing-masing tepat di tengah tomat dan chicken nugget.

Menu sarapan sehat dan praktis menu piring gizi seimbang

Nah, kalau sudah sekecil itu, dipegang dengan satu tangan pun bisa. Sambil naik ojek, makan satu. Sambil menunggu kereta, makan satu. Turun dari kereta, makan satu. Yang naik mobil pribadi atau full dibonceng sih malah lebih mudah, kan?

Oh, ya. Aku kan pakai tempat bekal. Kalau punya plastik wrap, bisa juga digulung persatu potong. Kalau mau pakai plastik biasa, tusuk giginya nggak perlu dicabut, tapi potong saja supaya bagian runcingnya nggak begitu menusuk.

Praktis banget, kan? Tentunya lebih sehat juga daripada jajan di luar karena sesuai dengan menu piring gizi seimbang. Nggak lupa bawa minum karena air juga penting untuk tubuh.

Menu sarapan sehat dan praktis

Sumber Protein yang Fresh

Tunggu … Memangnya frozen food kayak chicken nugget sehat?

Chicken nugget yang aku pakai ini produk So Good, lebih spesifiknya adalah So Good logo dan kemasan baru.

Sejujurnya, aku baru beberapa kali membeli chicken nugget sendiri. Biasanya, Ibuk yang belanja sekalian belanja macam-macam.

Waktu itu, aku beli karena iseng saja. Mumpung diskon. Hehe.

Pas dicoba, kok rasanya beda? Padahal, sudah bertahun-tahun aku menjadi penikmat So Good. Masa gara-gara beli sendiri jadi beda rasanya.

Rasanya tuh lebih fresh, lebih lembut. Setelah memerhatikan kemasan dan logo, barulah sadar memang ada perubahan.

Jadi, frozen food satu ini memang fresh sehingga lebih sehat. Makanya, aku jadi langganan So Good ini.

Oh, ya, untuk produk ayam, memang lebih baik membeli yang disimpan di lemari pendingin. Begitu sampai di rumah pun sebaiknya langsung disimpan di freezer. Hal ini menghambat pertumbuhan mikroba dan kerusakan lainnya.

Dengan begitu, kesegarannya akan terjaga sehingga tetap aman dikonsumi. Dan, tetap bisa dijadikan sumber protein.

Jadi, untuk membuat menu piring gizi seimbang nggak perlu ribet, ‘kan?

5 comments

  1. So good memang praktis dan enak ya mbak. Wajib banget buat kita para orang tua, stok di kulkas. Kadang kan klo lagi malas masak datang, enak banget tinggal goreng Jadi deh.

  2. Bekalnya sehat banget sih mba. Gampang pula buatnya. Aku pun suka. Tapi mungkin anak-anakku ga suka ya karena sayurannya mentahan. Cuma kalo so good nya pasti suka. Hahaha

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *