Brownies Tanpa Terigu? Pakai Labu dengan SKIPPY Saja

 

 

Aku bukan tipikal manusia yang mengemban gaya hidup sehat gimana-gimana. Nggak ada special diet. Nggak ada pantangan makan.

Bagiku, yang penting semua secukupnya. Makan secukupnya. Tidur secukupnya. Olahraga secukupnya. Nggak kurang, nggak lebih. Teorinya sih gitu. Tapi, orang-orang yang kenal aku, entah kenapa nggak percaya bahwa aku makan sedikit. Makanku sedikit, loh. Ngemil yang banyak. 😂

Jadi, sebagai orang yang suka ngemil, aku hampir selalu kepikiran untuk ngemil apa hari ini? Kadang-kadang beli, kadang-kadang mau bikin.

Kadang-kadang, aku bikin hal mainstream, kadang-kadang memang ada keinginan mencoba hal-hal baru. Kayak sok-sokan hidup tanpa terigu. Sok-sokan bikin kue tanpa terigu, tapi pengen protein dan vitamin tetap ada.

Jadi, aku pilih labu sebagai bahan dasar. Kaya pro-vitamin A, mengandung vitamin C, dan kalsium. Kenapa bukan wortel? Karena rasa labu lebih cocok, menurutku. Teksturnya juga lebih pas.

Selain labu, aku juga pakai selai kacang SKIPPY. Karena selai kacang adalah hiduuupppp. 😁

Aku membuatnya sesederhana mungkin. Bahkan, nggak pakai mixer. Adonan 5 menit beres. 😂

Jadi, ini resep ala aku.

Brownies Labu SKIPPY

 

Resep skippy

Bahan:

1 buah kecil labu atau sekitar 250 gram (kupas, kukus, haluskan)

250 gram SKIPPY (aku pakai varian Chocolate Stripe)

2 sdm coklat bubuk

1/3 gelas gula merah cair

1 butir telur

Choco Chips (optional)

Cara membuat:

1. Campur semua bahan.

Resep skippy

Aku menggunakan food processor. Karena ukurannya kecil, telur aku pisah. Setelah  labu, Skippy, gula, dan coklat tercampur, sebagian aku sisihkan di wadah, sebagian tetap di food processor. Bagian yang masih di food processor, campur dengan telur.

Resep skippy
Sebelum dicampur telur

Setelah itu, satukan kedua bagian yang sudah ada di wadah. Lebih mudah kalau pakai food processor besar, sih. Nggak harus pisah-pisah. Atau, bisa juga pakai blender. Aku terlanjur pakai food processor dan ternyata nggak muat. Lol.

Adonan yang sudah dicampur telur agak lebih cair. Tapi, don’t worry karena telur gunanya untuk mengikat. Jadi, justru telur yang akan membuat adonan menyatu.

Resep skippy
Setelah dicampur telur.

Anyway, aku sempat mencoba adonan yang belum diberi telur. Itu enak bangeeet. Untung, aku nggak kebablasan sampai habis. 😭😭😭😭😭😭

2. Cetak.

Aku pakai cetakan kertas kecil. Karena ini tanpa terigu dan bahannya cukup basah, memang rentan nggak kering. Jadi aku pilih wadah kecil. Lebih enak juga, sih. Nggak mesti motong-motong pas makan. Oh, ya, bagian atas bisa diberi choco chips atau apa pun sesuai selera.

Well, choco chips jadi agak saru karena warna kue ini memang coklat. Tapi, mendinglah daripada monoton. Mau pakai sprinkle, tapi aku kan nggak begitu suka. Alasan yang sungguh sederhana. Haha. Aku nggak mau membuat sesuatu yang aku nggak suka. 😂

3. Panggang.

Aku memakai oven kompor dengan api sedang. Berapa lama? Sekitar 30 menit.

4. Sajikan atau simpan di kulkas sampai sekitar 3 hari.

Jangan berekspektasi tekstur kue seperti brownies sungguhan. Bagian atasnya memang agak kering, tapi bagian dalamnya memang lebih basah daripada brownies biasa. However, it’s worth a try. 

Adonan ini sebetulnya bisa dibuat untuk ala cookies gitu. Tinggal cetak pipih di loyang. Aku buat sekitar 3 buah, tapi semuanya langsung aku makan. Lupa aku tuh mau foto. 😭 Yang pasti, kalau dibuat pipih, justru bisa banget jadi kering. Tadinya, memang mau aku jadikan cookies, tapi kata Ibuk, jadikan brownies saja. Yaaa, aku mah manut dengan yang punya dapur.

Dan, ternyata memang bisa juga dijadikan brownies. Dan, memang nggak salah pilih, sih. Kue basah kan bikin lebih cepat kenyang, ya. Jadi makannya cukup sedikit-sedikit. Kan makan secukupnya~~~ 😂

Anyway, kalau kamu nggak percaya kue ini enak, coba buat langsung, deh. Betulan enak kok.

Bahan Baik = Makanan Enak

Well, kata Ibuk, sih, kalau bahan enak, sudah pasti enak. Asalkan, prosesnya benar.

Yaiya, sih. Aku pakai SKIPPY Peanut Butter. Merek selai kacang yang sudah dipastikan enaknya. Apaagi, aku pakai SKIPPY Chocolate Stripe Peanut Butter. Coklat dan kacang sekaligus dalam 1 cup. Biar nggak ribet. Rasanya juga jadi kaya. Coklat bubuk aku pakai hanya untuk memberi warna dan supaya ada rasa bitter. Percaya nggak percaya, rasa bitter juga memperkaya suatu makanan. Jadi, resep yang menurutku sederhana ini, rasanya cukup variatif.

Awalnya, aku pilih selai SKIPPY karena sudah terjamin hygiene-nya. Merek terkenal gitu, loh. Kemasannya pun disegel sehingga kualitas terjaga.

Hal lain yang membuatku memilih SKIPPY karena produk ini sumber protein dan sumber serat pangan. 56.6% bahannya kacang tanah panggang gitu, loh. Jadi, makan brownies rasanya lebih worry-free.

Kandungan gizi skippy

Dan, satu hal lagi yang aku rasa penting. Aku cari data SKIPPY di data pdf MUI. Ini yang aku temukan. Berdasarkan data,  SKIPPY halal, yaa.

Jadi, kamu ngemil apa hari ini?

 

Dislclamer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

22 comments

  1. Wuenak banget ini, Teh. Melihat coklatnya bikin pengen..he
    Tapi sepertinya seru juga kalau bisa berkreasi sendiri dengan skippy peanut butterya. Jadi pengen coba..

  2. Kreatif banget! Sampe bisa jadi pengganti terigu~
    Kira-kira kalo mo dijual bahan”nya jadi kemahalan ga yaa

  3. Antimainstream Receipe deh, aku baca sampai habis, hihi, penasaran soalnya, aku juga suka baking dan brownis, nanti kudu coba deh ini. Jadi brownisnya ada rasa kacang2nya gitu ya?

  4. Andai tanpa telur gitu trus tinggal masukin freezer, bisa gak ya? Supaya ga perlu oven juga. Kira-kira diganti bahan apa soalnya ga punya oven 😀

    1. Kalau mau coba masukin freezer, mungkin nggak perlu pakai telur, ya. Atau coba pakai teflon + tutupnya supaya panas ngalir ke atas penutup. Tapi, aku belum pernah coba, sih. Maaf.

  5. Waaah, labu bisa ya buat brownies, baru tau saya, dan pake skippy juga, saya taunya skippy buat selai aja :D, ntar coba ah, simple kayaknya buatnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *