Wuling: dari MPV Murah Sampai SUV dan Mobil Listrik Imut

Mpv murah

Akhir pekan lalu kamu jalan-jalan ke mana? Aku, sih, main ke ICE BSD. Jauh banget, ya, mainnya. Nggak jauh, sih, sebetulnya. Tapi, karena kereta dari Bogor harus transit di Tanah Abang lalu lanjut ke Rawa Buntu, rasanya memang jadi muter-muter. Tapi, worth it lah, ya, demi datang ke GIIAS 2018.

GIIAS adalah pameran otomotif super besar. Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 1986, tapi dulu belum bernama GIIAS. Nama GIIAS alias singkatan dari “GAIKINDO Indonesia International AUTO SHOW” muncul sejak tahun 2015. Sejak 2015 juga, GIIAS menjadi pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara dan dilaksanakan di ICE BSD.

Bagi yang suka mobil, motor, atau printilannya, pasti senang, deh, datang ke GIIAS. Aku aja senang, loh. Semacam afirmasi untuk #2018PunyaMobil. Nambah referensi banget. Dan, ada juga mobil-mobil yang belum diluncurkan di Indonesia di pameran ini.

Kenalan dengan Wuling

Low mpv

Salah satu produsen yang mendatangkan mobil baru adalah Wuling Motors. Wuling mengemukakan rencana mengeluarkan tipe baru tersebut pada acara Blogger Gathering di GIIAS, 4 Juli lalu.

Nama Wuling mungkin masih baru di Indonesia. Wuling pertama kali meluncur di Indonesia setahun lalu, tepat pada acara GIIAS 2018. Jadi, memang masih terbilang baru, ya?

Wuling adalah produsen mobil asal China. Di China, Wuling sudah ada lebih dari 10 tahun lalu. Jadi, nggak baru-baru bangetlah, ya?

Mungkin masih ada yang skeptis, ya, soal mobil China? Tenang saja. Mobil China yang sekarang bukanlah yang dulu. Mobil China yang sekarang kualitasnya sudah mampu bersaing dengan mobil dari negara-negara lainnya.

Oh, ya, Wuling bukan cuma jualan mobil di Indonesia kok. Mereka juga membuat pabrik di sini. Pabrik Wuling Motors  terletak di Cikarang, Jawa Barat.

Mobil MPV Murah

Wuling memasuki pasar Indonesia dengan branding sebagai low MPV alias MPV murah. In case kamu sama nggak taunya denganku soal tipe-tipe mobil, nih, aku kasih tau apa itu MPV. *mulai sotoy*

MPV alias multi purpose vechile adalah jenis mobil penumpang, biasanya mobil keluarga. Kursinya cukup untuk sekitar 7-8 sorang. Karena mobil keluarga, MPV biasanya besar, tapi nggak besar banget. Nggak sekecil sedan, tapi nggak se-gadang SUV, apa lagi segagah mobil off-road. Selain untuk penumpang, mobil ini bisa untuk mengankut barang. Namanya juga multi purpose, ya. Makanya, biasanya kursi baris kedua dan ketiga MPV mudah dilipat.

Mobil-mobil yang biasa terlihat di jalan raya, sebagian besar biasanya, sih mobil MPV.

Jadi, sebetulnya di Indonesia MPV sudah banyak? Iya. MPV termasuk jenis mobil favorit. Orang Indonesia kan masih mengenal asas kekeluargaan. Mobil pun harus mobil keluarga, muat banyak, tapi nyaman.

Walaupun MPV sudah banyak di Indonesia, MPV Wuling tetap berani ambil bagian di pasar tanah air. Seperti aku bilang tadi, Wuling mengunggulkan dirinya sebagai produsen mobil MPV murah. Walaupun MPV murah, tentu nggak murahan dong sampai-sampai kepedean masuk pasar Indonesia. Wuling berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarga Indonesia.

Mpv murah mobil keluarga wuling confero

So far, produk MPV Wuling yang sudah beredar di Indonesia adalah Wuling Confero dan Wuling Cortez. Keduanya termasuk low MPV di kelasnya. Masih-masih, baik Wuling Confero maupum Wuling Cortez, dibagi lagi menjadi 3 tipe: Confero, Confero S – L Type, Confero S – C Type, Cortez 1.5 S Type, Cortez 1.5 & 1.8 C Type, dan Cortez 1.8 L Type.

Fitur MPV Wuling yang paling aku suka adalah fitur USB charging di setiap baris bangku penumpang. Yaaa, zaman sekarang gitu, loh. Smartphone nggak dikasih baterai rasanya kayak kita yang nggak makan, kan? Mpv murah mobil keluarga wuling confero

Fitur Wuling Cortez yang paling aku suka apa lagi kalau bukan sunroof. Iyalah, kebahagiaan aku mah sederhana banget memang. Bisa lihat ke langit aja senang. Apa lagi kalau bisa motret-motret dari atas mobil. Selain itu, aku juga suka dengan fitur sensor ban supaya bisa langsung tahu kalau ada ban yang mulai kempes.

Mpv murah mobil keluarga wuling cortez

Terbaru dari Wuling

Setelah sukses di mobil MPV murah, Wuling ingin melebarkan sayap. Bukan cuma MPV lagi. Wuling ingin menampilkan tipe lain, yaitu SUV dan mobil listrik.

Untuk yang awam banget soal mobil kayak aku, bedanya SUV dan MPV bisa dilihat dari penampilan luarnya. SUV atau singkatan dari sport utility vechile biasanya tergolong besar. Perpaduan antara sedan sebagai mobil penumpang dan mobil off-road yang tangguh. Jadi, mobil ini bisa membawa 7-8 penumpang, sekaligus menerjang berbagai medan.

Siapa, sih, yang nggak mau punya SUV? Kece banget gitu, loh. Apa lagi, cewek kecil kayak aku mengendarai SUV tuh kayaknya keren banget. Kayak orang yang nggak takut “tenggelam”.

Untuk yang suka traveling, jelas cocok banget dengan SUV. Mau di jalanan halus atau bergelombang pun, penumpang akan tetap nyaman. Cocok untuk yang suka mudik dengan mobil pribadi dan jalanan yang masih sangat alami sampai belum diaspal. SUV dari Wuling rencananya siap meluncur di Indonesia tahun depan.

Mobil keluarga

Mobil Listrik yang Imut

Berbanding terbalik dengan SUV-nya, mobil listrik yang akan dikeluarkan Wuling justru berukuran sangat imut. Fungsinya untuk 2 penumpang saja. Jenis mobil yang biasanya digunakan untuk mengantar anak sekolah atau sekadar ke berbelanja ke pasar.

Mpv murah

Ukurannya yang kecil jelas memudahkan ketika akan parkir. Selain itu, mobil mini ini nggak akan terlalu menambah volume kendaraan di jalanan. Berdasarkan pandangan mata, ukurannya hampir setengah dari ukuran MPV. Kecil banget, kan?

Walaupun kecil, mobil listrik yang diberi nama E100 ini, bisa menempuh perjalanan antarkota, loh. Satu kali full charge bisa digunakan untuk menempuh 200 km. Jakarta-Bandung mah sampailah.

Mobil keluarga

Waktu untuk charge sekitar 9 jam kalau pakai listrik di rumah biasa. Kalau pakai fast charge, cukup 2-3 jam saja.

Lama? Namanya juga mobil listrik. Beda dengan mobil berbahan bakar minyak bumi yang hanya butuh 5 menit untuk pengisian bahan bakar. Walaupun begitu, mobil listrik jelas lebih ramah lingkungan.

Jadi, E100 adalah mobil yang cocok untuk mereka yang mengutamakan kepraktisan berkendara sekaligus mencintai gaya hidup ramah lingkungan.

Mobil listrik murah

Kalau punya solar system di rumah, akan ramah lingkungan banget dan super hemat deh, kayaknya. Sudah ada belum, sih rumah di Indonesia yang pakai solar system?

Sayangnya, kehadiran mobil listrik E100 masih harus terhambat dengan regulasi di Indonesia. Regulasi yang ada saat ini belum memberikan “lampu hijau” bagi mobil-mobil listrik. Sayang banget, ya. Semoga saja bisa segera teratasi. Kan lumayan banget mengurangi bahan bakar dari perut bumi. Selain itu, lucu juga deh kalau membayangkan si imut E100 meluncur di jalanan.

Dari segi harga, E100 berada di kisaran Rp80juta. Itu harga di China, sih. Di Indonesia kan masih menunggu regulasi.
Sedangkan, untuk harga SUV kemungkinan nggak akan terlalu berbeda jauh dengan MPV Wuling. Karena tergolong low MPV, harga MPV Wuling Confero starts from Rp129jutaan. MPV Cortez berada di kisaran Rp190jutaan.

Untuk tahu lebih jauh, tentang Wuling, kamu bisa cek di web-nya, ya. Atau, bisa juga langsung ke GIIAS. Mumpung acaranya masih ada sampai tanggal 12 Agustus 2018.

Harga tiket GIIAS 2018 weekday Rp50.000, weekend Rp100.000. Di sana, bisa mendapatkan macam-macam informasi, hiburan, dan hadiah. Ada hadiah Wuling Confero S juga. Atau, sekadar nampang di medsos dan langsung dapat hadiah pulsa dari Wuling. Lumayan balik modal. Hehe.

Giias 2018

42 comments

  1. Wuling keren ya
    Dalam setahun aja pencapaiannya luar biasa
    Berarti daya beli masyarakat dan selera pasar benar-benar mendukung nih
    Aku jadi pengen punya Wuling juga

  2. Mobil wuling ini hype banget dan niat banget ya… sudah banyak yang pake dan malah ada kantor besar nya di jakarta (aku lihat pas dari jalan tol) dan juga udah ada tempat service nya, harga nya juga terjangkau

  3. Aku naksir yg E100 deh, mungkin kalo udah berkeluarga bakalan naksir berat sama cortez, soalnya selain bentuknya elegan mobil ini juga luas, lumayan sekeluarga bisa diajak jalan bareng.

  4. E100 lucu banget, OMG! Tapi nggak cocok buat keluarga ya, palingan untuk suami berangkat kerja atau aku nganter anak sekolah 😅

  5. Lucu banget varian Wuling yang mini. Tapi semoga buibu yang naik motornya ngebahayain orang lain ga beli mobil ini, serem tar mereka sign kiri beloknya ke kanan, hehe. Ini affordable banget juga ya starting price MPV nya. Kemarin aku lihat express taxi pakai Wuling juga sekarang 😀

  6. waa tahun lalu pun aku udah naksir Wuling pas di GIIAS, terutama model MPV-nya, cucok buat yg punya anak banyak kayak aku, hihih…

  7. Mobil E100nya lucu, dibawa buat bolak balik seputar bogor asik juga, gak terlalu bikin macet dan gak makan space, tapi kudu mikir juga buat cari sumber listriknya 😀

  8. Mobil murah yang canggih, desain nya juga kece. Sayang banget yaa yang wuling E100 masih nunggu regulasi dari pemerintah, semoga aja ada solusi dari pemerintah. Kan lumayan tuh bisa save bahan bakar minyak, ramah lingkungan pula. Btw, akalu ada yang mau pasang Sola Cell atau pembangkit listrik tenaga surya di rumah nya bisa kontak aku yaaa ehehehe

  9. Pengen banget punya mobil listrik yang kecil, cuma buat anter anak sekolah aja. Cuma kalau dipakai di jalanan dalam kota Depok gimana ya, aman nggak ya di antara kendaraan-kendaraan lain.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *