Buka Puasa Sehat dengan Salad Udang Ala SKIPPY

Sahur sehat penting untuk menyiapkan energi aktivitas kita sepanjang hari. Menu buka puasa sehat juga penting. Buka puasa sehat akan mengembalikan zat-zat gizi yang sudah digunakan sepanjang hari. Menu buka puasa juga akan diperlukan untuk berbagai proses di dalam tubuh.

Menu buka puasa skippy

Sudah menjelang akhir Ramadan. Semoga puasa kita selalu lancar dan diterima Allah. Dan, kita selalu sehat.

Kalau mau sehat, tentu makanan juga harus sehat. Sejak awal Ramadan, aku sudah berencana mengurangi makanan instan. Nugget, mi instan, bahkan keripik-keripik. Nugget masih sempat aku makan sedikit karena ada sisa. Sayang kalau dibuang. Kalau mi instan, aku sama sekali belum makan. Palingan mi instan sisa sahur yang dijadikan lumpia oleh Ibuk. Itu juga seingatku aku nggak ikut makan.

Kalau bumbu-bumbuan, masih pakai bumbu instan, sih. Sedikit kok. Yaaa, masa makan soto tanpa kecap? Makan nasi goreng tanpa saus tiram? Hidup hampa amat. Hihi.

Aku juga lagi banyakin makan buah dan sayur. Buka puasa pokoknya harus ada menu sehat. Demi Lebaran sehat. Haha. Beberapa kali, aku sempat bikin salad ala-ala. Menurutku, salad adalah menu buka puasa sehat dan praktis.

Salah satu salad yang aku buat adalah salad udang dengan dressing selai kacang alias peanut butter.

Menurutku, makanan sumber protein itu sebagian besar enak. Daging-dagingan, tahu, tempe kacang-kacangan, telur, dan lainnya. Ketika cuma ada kol ungu dan sawi putih, yang dua-duanya punya rasa agak hambar, kenapa nggak dikombinasikan dengan makanan berprotein? Makanan dengan juga protein bisa semakin menambah menu buka puasa sehat.

Menu buka puasa sehat praktis

Bikin Menu Buka Puasa Sehat

Jadi, daripada bikin gorengan, mending bikin salad. Biar nggak bosan, sayurannya ganti-ganti. Sausnya juga berubah.

Aku sempat bikin salad pakai kol ungu dan sawi ungu digabung dengan udang. Ditambah edamame. Oh, aku suka banget edamame kukus! (Atau, kalau lagi malas ngeluarin alat kukus, direbus juga oke)

Untuk saus atau dressing, kali ini aku terinspirasi dari saus ala Thai. Pakai selai kacang dan soy sauce, dan bahan-bahan lain yang mungkin bikin rasanya gurih-asam gitu. Kebetulan, aku masih punya SKIPPY. Sisa beberapa sendok lagi. Lol. Jadi, sekalian aja bikin saus salad ala-ala ini, bikin menu buka puasa SKIPPY. Lagipula, yang aku punya SKIPPY yang creamy dan rasanya manisnya nggak berlebihan. Jadi, sepertinya cocok dipadukan dengan soy sauce dan bahan-bahan lainnya.

Aku belum tahu rasa aslinya gimana. Bahan-bahan yang aku pakai juga nggak selengkap resep-resep yang pernah aku lihat. Aku yakin bahkan rasanya beda jauh karena aku nggak memakai bahan-bahan lain yang berpotensi menguatkan dan memperkaya rasa. Well, menurutku, salad dengan saus creamy dan agak asam sudah cukup.

Jadi, aku nggak bisa klaim bahwa ini salad dengan saus Thai. Ini saus salad ala aku. Tapi, aku bisa klaim aku suka ini. Hehe.

Aku suka banget dengan aroma salad ini. Segaaaar. Aroma jeruk nipis dan ada aroma selai kacang tipis-tipis.

Rasanya tentu saja creamy dan asam. Bahkan, terasa strong kalau aku hanya menyendok bagian dedaunan. Cocok untuk sebagai menu buka puasa kalau pengen melek supaya kuat ibadah malam atau ngerjain tugas. Jadi, aku rekomendasikan saus salad ini untuk salad dengan campuran selain sayuran daun saja. Bisa ditambah edamame atau kacang-kacangan lain. It works well with edamame, anyway!

Dan, tentunya udang. Dengan ayam juga mungkin nyambung, tapi aku belum coba (malas motonginnya). Kalau dengan daging sapi, mungkin akan terlalu jadi banyak rasa. Jadi, aku sih lebih kebayang kalau ini dipadukan dengan hewani yang rasanya ringan.

The Recipe 

So, ini resepnya.

Saus:

Menu buka puasa skippy

2 sdm selai SKIPPY creamy

2 sdm soy sauce

1-2 sdm cuka

1 sdm perasan jeruk nipis

Salad:

Sayuran: Bebaaaas. Pakai bahan yang disukai! Aku pakai kol ungu dan sawi putih. Totalnya 169 gram

Edamame atau kacang-kacangan sesuai selera (rebus/kukus dulu, ya)

Udang (sekitar 7 ekor)

Cara membuat:

1. Kupas udang dan lumuri dengan garam, lada, dan pala. Tunggu beberapa menit sambil menyiapkan saus. Lalu, tumis udang hingga matang.

2. Saus: Campurkan semua bahan saus. Aduk rata. Kalau ingin lebih encer, bisa ditambahkan air.

 

3. Campurkan saus dengan sayuran, edamame, dan udang. Jadi, deh! Menu buka puasa sehat dan praktis.

Menu buka puasa sehat praktis

Ya sudah, gitu saja. Bikin salad memang mudah, sih. Nggak perlu pakai kompor. Aku sih karena mau edamame rebus dan udang tumis, jadi masih perlu kompor. Tapi, kalau beli edamame yang sudah dikukus dan nggak mau pakai udang, aku rasa masih oke. Yah, isian salad kan pilihan masing-masing individu. Pilih sayuran dan isian pelengkap yang disuka supaya semuanya kemakan habis!

 

 

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *