Rahasia Sukses Bisnis Roti dari Rumah yang Perlu Diketahui

Kamu punya rencana bisnis roti dari rumah? Sekarang, usaha kuliner termasuk bidang bisnis yang banyak dilirik oleh masyarakat. Apalagi prospeknya memang tidak ada matinya. Begitu banyaknya resep-resep makanan baru yang nantinya dapat dibuat dan dijual kepada orang lain.

Memulai usaha yang satu ini pastinya juga nggak semudah yang dibayangkan. Dibandingkan dengan bisnis yang lainnya, maka untuk manajemennya sendiri cukup rumit. Bagi sebagian orang, mungkin akan merasa agak tricky dalam eksekusinya. 

Bisnis roti dari rumah

Kalau kamu berencana membangun bisnis bakery, berikut ini di antaranya ada beberapa rahasia sukses dari usaha tersebut. Mungkin bisa ditiru.

Asah Keahlian dalam Membuat Roti Terlebih Dahulu

Berkutat dengan beragam jenis bahan mulai dari tepung, susu, coklat, dan lain sebagainya bukan hal yang bisa dibilang mudah. Terutama bagi pemula. Sering kali rasa yang dihasilkan belum sesuai ekspektasi.

Karena itu, belajar memasak adalah hal utama yang patut dilakukan. Asah keahlian membuat roti sampai mendapatkan roti yang rasanya benar-benar nikmat, tampilan menarik, dan layak jual.

Jenis roti pun beragam. Ada roti yang lembut dan empuk. Ada juga roti yang renyah. Nggak ada salahnya belajar untuk membuat berbagai jenis itu. Mungkin kita bisa menemukan keahlian terpendam kita ada di jenis roti apa.

Perhatikan Hygiene

Bisnis roti dari rumah juga perlu memperhatikan hygiene. Jangan sampai konsumen lari karena mengira masakan kita menyebabkan sakit.

Biasakan mencuci tangan dan menggunakan masker saat mengolah. Rambut pun harus dijaga rapi, jangan sampai jatuh ke dalam adonan.

Kebersihan dan kesehatan makanan adalah tanggung jawab produsen. Konsumen pun akan senang ketika mengetahui roti dan kue yang diterimanya selain enak, juga terjaga kebersihannya.

Belajar dari Kompetitor

Keberadaan dari kompetitor bisnis kuliner nggak selalu menjadi penghalang kesuksesan. Kadang-kadang, bisa juga sebaliknya.

Kompetitor bisa dijadikan sebagai motivasi untuk bisa sukses bahkan juga inspirasi. Dengan adanya kompetitor maka akan ada pembanding, baik dari segi rasa, tampilan sampai dengan harga.

Jadi, nantinya bisa menentukan harga terbaik supaya konsumen bisa lebih condong pada produk kita.

Strategi Marketing yang Tepat

Sudah membuat kue dengan rasa yang enak, tampilan menggiurkan, dan harganya murah. Namun, sayang sekali kalau belum banyak tahu bisnis tersebut.

Inilah kenapa marketing menjadi bagian penting. Bagian yang sebaiknya harus dilakukan.

Pemasaran bisa dijual secara langsung sampai dengan online. Apalagi, sekarang ada banyak media yang bisa kita manfaatkan untuk menunjang bisnis secara online.

Selain belajar mengolah makanan, kita juga perlu belajar marketing. Buku dan kelas-kelas marketing pun sekarang semakin menjamur. Jadi, semakin banyak kesempatan untuk belajar.

So, siap untuk mencobanya?

Bisnis kuliner terbaik dengan rasa nikmat harus menggunakan bahan-bahan berkualitas juga. Sekarang, beli secara online pun mudah.

Membeli bahan kue dan roti bisa lewat TokoWahab. Beragam jenis keju dan bahan-bahan lain dari berbagai merk dijual di sana. Harga yang ditawarkan juga cukup bersaing sehingga nggak perlu khawatir.

Pada awalnya, menggeluti suatu bisnis mungkin ada jatuh-bangunnya. Namun, semua itu selalu bisa dijadikan pelajaran, ‘kan? Supaya bisa lebih maju lagi.

Semangat!

14 comments

  1. Kakak ipar saya mau mendirikan bisnis roti di rumah, skill dan hygiene sudah terjamin, kompetitor juga sudah dipelajari, hanya saja sekarang terkendala modal dan peralatan untuk memproduksi dalam skala besar. Jadi baru mulai dengan skala kecil dulu

  2. belajar dari kompetitor itu saya rasa menjadi satu hal yang wajib, bila ingin lebih baik tentu harus tahu standar kualitas mereka untuk kemudian miliki kita diperbaiki. bila tida bisa jadi kita akan seperti katak dalam tempurung

  3. ini peluang bisnis yang bagus banget nih..”sejak covid 19 banyak banget temen2 atau mamanya temen anakku jd buka dapur untuk jual segala maem termasuk roti… semua menggodaku secara akunya gak jago bikin roti dan cuma bs bikin yg standar aja…

  4. Aku tuh suka kagum deh sama yang bisa bikin roti, aku gak bisa baking 😭 Semoga suatu saat bisa belajar bikin roti. Kalau jualan, aku juga belum berani jualan kuliner

  5. Boleh dicoba nih mba, mengingat kondisi sekarang yang mengharuskan semua nya strugling. Asah kemampuan diri dulu nih kayaknya. Sekarang jadi terbantu juga yah ada toko online bahan roti, semakin mempermudah pedagang2 roti 😉

  6. Masa pandemi sekarang ini banyak yang mulai bisnis dari rumah. Temanku juga banyak yang mulai open order kue. Tips diatas bisa jadi acuan untuk meningkatkan order

  7. Duh jadi teringat dul aku npunya usaha toko kue :” pengennya nge-up lagi. Doakan ya Mbak :))

  8. Dulu pernah sich kepikiran mau bikin usaha bakery. Tapi pertimbangannya waktu itu, anak2 masih kecil-kecil. Jadi takut nggak keurus. Sekarang malah udah lupa, hihihi …

  9. Bener. Menerapkan strategi yang tepat dan belajar dari kompetitor adalah strategi yang cukup baik dalam membuka usaha roti. Apalagi jika rasa dan harganya reasonable.

  10. Pengen euy punya usaha gini. Tapi sampai sekarang saya malah jadi penikmat aja, penikmat bakery lebih tepatnya. Wkwkwkw. Doyan banget tuh saya makan roti. Sayangnya sampai sekarang belum bisa juga bikin roti sendiri, bikin donat aja kadang gagal. Heuheuheu

  11. Aku juga kepengen nih punya bisnis roti hehehe tapi ga pandai bikinnya. Bener yah kak pertama memang harus asah kemampuan dalam membuat nya. Mesti rajin dan telaten yah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *