Time Management System: Work From Home Tetap Teratur, Kenapa Tidak?

Tempat kerjamu menerapkan WFH alias work from home?

Banyak perusahaan mulai menerapkan work from home dikarenakan meluasnya pandemi COVID-19. Mungkin tempatmu bekerja salah satunya.

Walau pandemi berlangsung, perusahaan harus tetap memastikan semua operasionalnya berjalan lancar dan karyawan juga aman. Karena itu, perusahaan menerapkan sistem work from home.

Namun, sistem bekerja dari rumah mungkin sering mengalami beberapa kendala dalam penjadwalan kerja. Time management menjawab tantangan itu semua.

Time Management System: Kelola Jadwal Kerja dari Jauh

Jadwal kerja karyawan merupakan hal penting dalam operasional perusahaan. Tanpa penjadwalan kerja yang jelas, operasional tidak akan berjalan lancar.

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara mengelola jadwal kerja karyawan dari jauh?

Ini adalah keistimewaan dari time system management. HRD yang bekerja dari rumah cukup menyusun dan mengelola jadwal kerja karyawan tanpa perlu pergi ke kantor.

Keunggulannya tidak hanya memudahkan dalam mengelola jadwal kerja. Time management system dapat mempermudah HRD dalam mengelola kuota cuti dan izin sakit karyawan.

Kemudahan ini sangat berguna dalam situasi pandemi yang tak menentu dan menyebabkan karyawan bisa mengalami hal-hal tak terduga.

Karyawan cukup mengajukan cuti melalui aplikasi, kemudian sistem akan menyalurkan informasi pengajuan kepada HRD. Pengajuan ini ditampilkan melalui fitur leaves request.

Keunggulan lain dari Time Management System adalah kemampuan untuk melakukan rekapitulasi seluruh kehadiran karyawan.

Karyawan dapat mendaftarkan kehadiran mereka melalui absensi online. Kumpulan data kehadiran tersebut ditampilkan dalam fitur timesheet.

Ada 2 jenis timesheet, yaitu unprocessed yang menampilkan data mentah sebelum analisis dan processed yang menampilkan data yang sudah dianalisis.

Gunakan Time Management System untuk Keteraturan Work From Home

Work from home bisa menjadi kelebihan dan kelemahan bagi banyak perusahaan.

Di sisi lain, karyawan dapat bekerja dari rumah masing-masing tanpa perlu berkutat dengan ramainya jalanan seperti hari biasa.

Namun, work from home yang tidak dikelola dengan baik dapat mengurangi kualitas performa karyawan. Padahal performa karyawan yang optimal sangat dibutuhkan dalam situasi seperti pandemi COVID-19.

Penggunaan time management system dapat menunjang keteraturan work from home.

Contohnya ketika karyawan ingin melakukan perubahan jadwal. HRD dapat dengan cepat memproses pengajuan karyawan tersebut. Lalu, karyawan dapat bekerja sesuai jadwal yang dikehendaki.

Contoh lainnya jika karyawan harus memeriksakan kesehatan diri. Karyawan dapat mengajukannya kepada HRD. HRD pun dapat secara real time menyetujuinya.

Dengan penggunaan time management system pula daftar kehadiran lebih terstruktur dan sistematis.

Seperti yang diketahui, data kehadiran sangat diperlukan dalam penggajian. Jadi,bsecara tidak langsung time management system dapat mempermudah proses penggajian.

Time Management System dari LinovHR: Solusi Pengelolaan Karyawan

Pengelolaan karyawan yang optimal adalah kunci dari dari kinerja perusahaan yang baik.

Kinerja karyawan berpengaruh pula terhadap budaya perusahaan. Cara manual dalam pengelolaan karyawan mungkin kurang efektif.

Mungkin HRD tidak bisa memproses perubahan jadwal kerja karyawan, permintaan cuti, hingga pencatatan kehadiran karyawan secara bersamaan.

Kombinasi absensi online dan time management system dari LinovHR dapat membantu HRD mengelola karyawan lebih efektif dan efisien selama work from home.

Berbagai fitur yang ada dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola karyawan.

Penasaran apa saja fitur yang ada? Kamu bisa hubungi LinovHR untuk informasi lebih lengkap. Kamu juga bisa mendapatkan uji coba gratis hari ini!

10 comments

  1. Wah bagus memang ya sistem time management ini, sehingga operasional.perusahaan tetap.berjalan dan keamanan/kesehatan karyawan juga terjaga..

  2. di kantor juga sudah pake sistem dari dulu dan sejak ada aturan WFH masyaAllah tidak semudah dibayangkan mbaa percayalah berat banget karena sistem itu kaku jadi kalau ada perubahan dadakan tentunya berpengaruh kalau time ini bisa fleksibel beruntung banget HRD yang pakenya nih

  3. Bagus banget nih LinovHR, biasanya kalau wfh orang suka ga fokus. kerjaan kantor kalau ada tools kaya gini bisa membantu sekali ya. penggunaannya juga bisa disesuaikan dengan Kebutuhan ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *