Shafira muslim fashion

Indonesia mempunyai berbagai kekayaan. Salah satunya adalah kekayaan kain dan sumber daya manusia. Sudah seharusnya suatu perusahaan memanfaatkan kekayaan lokal. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan kekayaan lokal adalah brand fashion Muslim Shafira. Sudah sangat lama Shafira memanfaatkan kain Indonesia dalam berbagai desain. Walaupun kain tradisional, desain yang diberikan Shafira tidak melulu desain etnik. Ada pula desain casual dan formal.

Tanggal 18 Januari lalu, aku berkesempatan datang ke acara press conference 30 Tahun Shafira. 30 tahun tentu bukan usia yang belia. Banyak perjalanan telah dilalui Shafira. Tentunya, dalam menyambut 30 tahun ini juga, ada hal baru yang sudah disiapkan Shafira.

Dalam rangka 30 tahun Shafira, desainer Shafira membuat beberapa desain baru. Desain-desain ini memadukan keragaman kain Indonesia dengan kekayaan lima benua.
Setiap benua dan negara mempunya kekhasan. Hal inilah yang menjadi inspirasi Shafira. Pengambilan unsur 5 benua ini masih berkaitan dengan tema 30 tahun Shafira, yaitu #ShafiraWorldWanderer.

Menjelajah 5 Benua

World Wanderer menandakan perjalan Shafira. 30 tahun berjalan menjelajah di dunia, mulai dari lokal Indonesia, sampai mancanegara. Dan kali ini, Shafira memadukan unsur mancanegara dalam desain-desainnya yang terkenal selalu memasukkan unsur lokal.

Misalnya, desain berikut.

Desain ini terinspirasi dari Eropa, tepatnya Jerman. Desain yang dibuat sangat futuristik. Layering dan penggunaan warna silver belum pernah digunakan untuk brand Shafira sebelumnya. Target untuk desain adalah kalangan muda. Memang desain ini tampak cocok digunakan oleh kalangan muda untuk menghadiri acara pesta formal, pernikahan, atau semacamnya.

Kembali ke Asia, desain yang digunakan terinspirasi dari Aceh. Kain yang digunakan adalah kain kerawang gayo. Lalu, desain Afrika akan identik dengan mozaik dan warna rempah-rempah. Sedangkan untuk Amerika, desainnya berupa warna hitam dan kuning, dengan bahan menyerupai wol tapi cukup tipis untuk digunakan di iklim tropis. Selain desain-desain itu, masih ada beberapa desain lain. Desain-desain tersebut pun akan tetap menggunakan kain lokal.

Penggunaan produk lokal berarti mendukung pengusaha lokal. Termasuk pengusaha kain-kain tersebut. Dan, tentu saja menyerap tenaga kerja lokal.

Melanglang Buana dari Dasar

Ibu Feny Mustafa, founder Shafira, memang sering tergerak karena masalah sosial. Beliau, yang turut hadir pada acara ini pun, mengaku mengawali Shafira karena suatu keprihatinan.

Tahun 1989, pakaian Muslim masih tergolong tabu. Mau berjilbab pun sangat sulit. Aku pun pernah mendengar bahwa kalau ingin berpakaian Muslim saat itu, bisa saja mendapat tentangan keras dari sana-sini.

Karena itu, Ibu Feny Mustafa ingin agar busana Muslim menjadi sesuatu yang normal sehingga bukan lagi sesuatu yang patut dipertentangkan. Kalau sesuatu lebih dikenal, bukankah akan lebih mudah diterima di masyarakat? Begitu pun busana Muslim saat itu. Maka, Ibu Feny pun memberanikan diri menjadi pioneer perusahaan busana Muslim saat itu.

Ibu Feny mengawali Shafira tanpa seorang karyawan pun. Bahkan, menurut cerita, beliau sering kali harus membawa jahitan ke kampus. Beliau merintis usaha dari sangat kecil.

Namun, berkat keuletan dan tentu saja strategi, Ibu Feny dapat membesarkan Shafira sampai seperti sekarang. Mulai dari tanpa karyawan, sekarang Shafira sudah mempunyai lebih dari 20 store di seluruh Indonesia. Ibu Feny bahkan sudah mendelegasikan tugas sebagai CEO dan desainer kepada orang-orang yang dipercayanya.

Dan, merayakan usia 30 ini, Shafira berterima kasih kepada customer dengan membagikan bunga, kue, danΒ scarf edisi terbatas kepada customer yang datang ke store. Kegiatan ini sudah diadakan pada tanggal 8 Januari lalu. Scarf edisi terbatas dengan desain berbeda oun akan dibagikan lagi pada 8 Februari.

Angka 30 memang bukan untuk menuakan diri, melainkan untuk semakin mendewasakan diri, semakin besar hati, dan menjadi lebih baik. Begitu juga dalam dunia bisnis. Angka 30 perlu dijadikan pijakan untuk selalu menjadi lebih baik.

 

You may also like...

32 Comments

  1. Semoga FIfah juga bisa melanglang buana kaya SHAFIRA ya. Udah lama juga ya brand ini bertahan di fashion muslim semoga makin keren desain2nya

  2. Salut dengan Ibu Fenny yang sudah membesarkan SHAFIRA sampai 30 th, bukan waktu yang sebentar. Semoga makin sukses. Btw pakaian yang warna silver itu cakeeup πŸ™‚

  3. Wah keren banget Shafira sudah bertahan selama 30 tahun. Tak banyak mba brand pakaian muslim yang bertahan selama itu. Sukses dan selamat yaaa

  4. sudah lama mengagumi produk dari Shafira ini, eh enggak nyangka ternyata sudah 30 tahun lamanya. Pantas saja produknya selalu bagus dan berkualitas πŸ˜€

  5. Desainnya bagus euy…. cantik pisan. Nggak nyangka ternyata usia Shafira udah mau 30 tahun aja. Keren deh bu Feny bisa bertahan bersama Shafira selama itu.

  6. Desainnya bagus euy…. cantik pisan. Nggak nyangka lo ternyata usia Shafira udah mau 30 tahun aja. Keren deh bu Feny bisa bertahan bersama Shafira selama itu.

  7. Sudah lama tau produk-produknya Shafira, bagus-bagus memang, tapi baru tau kalau mereka sudah 30 tahun bergerak di Industri fashion, hebat! Semoga bisa bertahan selamanya dan memproduksi lebih banyak fashion muslim πŸ™‚

  8. MasyaAllah bu Fenny hebat bnaget yaa, tekun, sabar, ulet. Dari penjahi rumahan sekarang bisa punya 20 store dan bertahan 30 tahun di indusri fashion. SemogaShafira makin berkah, lancar, dan terus kreatif πŸ™‚

  9. Sebagai pecinta outer yang selektif soal model pakaian, saya suka dengan model desain Shafira ini. Elegan tapi tetep fashinable kekinian. Bisa dipakai di acara santai tapi juga formal, bahkan kondangan.

  10. Keren deh Shafira, bisa bertahan, tetap eksis hingga 30 tahun. Memang koleksi busana muslimnya cakep-cakep. Wajar banyak yang suka ya..

  11. Usia shafira sudah 30 tahun ya, dan saya suka dengan desain shafira yang simple tapi elegan, semoga terus sukses shafira memberikan inspirasi bagi muslimah di seluruh dunia

  12. Jadi inget dulu cewek kalo pake jilbab katanya susah dapet kerjaan. Sekarang udah enak ya, apalagi dengan tren fashion muslimah yg menawarkan model dan desain pakaian yang elegan namun tetep syar’i πŸ™‚

  13. Suka banget sama baju putihnya, elegan dan terkesan mewah. Kalau ngomongin Safira jadi inget mama deh dulu beliau suka beli baju ini dan bahkan kalau lebaran suka beli baju muslim buat kita-kita hehe.

  14. Kagum banget sama shafira nih…sebagai pionir busana muslimah di Indonesia bisa bertahan sampai skrg…kereen

  15. Keren ya, sudah 30 tahun ternyata kiprahnya. Apalagi penyerapan tenaga kerja lokalnya pun diperhitungkan juga. Itu yang desain terinpirasi dari Jerman, anggun dan elegan banget ya Mbak kesannya.

  16. Wah jadi ga sabar nanti nonton IFW banyak karya karya baru dari desainee lokal yang akab ditampilkan termasuk dari brand shafira ini

  17. Aku penasaran sama baju2nya yang terinspirasi dari mesjid2 di benua lain. Cuma ditampilin yang dari Eropa aja ya emangnya? Padahal pengin liat juga yang dari benua lainnya. Mudah2an next ditampilin semua baju yang terinspirasi dari 5 benua tersebut, biar ga cuma bayang2in aja kita yang baca. πŸ˜€

  18. 30 tahun itu pencapaian yang tdk bisa dianggap biasa ya. Pasti banyak jatuh bangunnya membangun brand.

  19. Barokallah sudah 30 tahun ya Shafira berdiri, keren busana muslimnya
    Aku suka motif dan modelnya. Nggak pasaran ya, apalagi inspirasinya dari 5 benua negara.

  20. Usia 30 tahun jadi buat pendewasaan. Untuk brand pasti udah kerja keras banget menghasilkan sesuatu yang istimewa

  21. Meski belum punya baju dengan brand ini tapi aku sudah sering dengar dan suka lihat model-modelnya, kece deh. Suka sama outernya

  22. Suka sama baju putinya ,, kalem gitu dan elegan. Btw bajunsafira ini udah terkenal bagusnya lho dulu waktu masih kecil almarhumah mama suka beli baju ini buat lebaran hehe.

  23. Waw, udah 30 tahun ya? Keren banget. Jaminan kualitas dan kepercayaan masyarakat ya. Tapi memang iya, produk Shafira memang keren2. Aku mupeng deh lihat yang di atas. Cantiiik πŸ˜€

  24. Sangat menginspirasi nih bu Feny Mustafa, di saat sulit-sulitnya orang akan mengenakan hijab, beliau tergerak untuk mengatasinya. Nggak heran ya jika perjalanannya dipermudah oleh Allah karena support syiar Islam.

  25. Shafira brand nya udah lama banget ini, nggak terasa udah 30 tahun aja ya. Semoga tambah sukses dan semakin banyak mengeluarkan model-model fashion terbaru.

  26. 30 tahun bukan waktu yang sebentar ya mba.. dan banyak banget koleksi kerennya Shafira nih

  27. Luar biasa Shafira, sudah 30 tahun ya! Salah satu brand fashion muslim favoritku dan ibuku nih mba. Bahan2 pakaiannya sangat nyaman di tubuh, desainnya pun juga cucok di saya.

  28. Cantik koleksinya ya. Simple but elegan.
    Jadi pengen nyoba produknya Shafira. Berburu cek price list dan situsnya aaahh.

  29. Mantep ya shafira ini, sudah 30 tahun dan masih berjaya. Memang segala sesuatunya kalau ditekuni mah pasti hasilnya juga memuaskan ya mba :).

  30. Wah udah 30 tahun, legends mah ini namanya. Karya2nya juga badai dan kece2 ya.

  31. Aku salfok sma baju putihnya, ya allah cakep amat. Kalo dipake keliatan anggun, mewah dan slim. Emang deh Shafira udah nggaj diragukan lagi kualitasnya

  32. Shafira ini bagus, cuma sayang agak mahal ya mba dan nggak sesuai ama kantong masyarakat menengah. Semoga makin sukses ya Shafira, bajunya bagus2 euy dan bikin ngiler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *