banner(10)

 
Tidak terasa, ya, sebentar lagi kita akan menyambut kembali Hari Raya Idul Adha. Idul Adha adalah hari raya umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Idul Adha sangat identik dengan berkurban.

Hari raya ini mengajarkan makna berupa nilai-nilai pengorbanan yang diangkat dari sejarah Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail. Hari Raya Idul Adha juga sering disebut dengan hari raya kurban atau hari raya haji. Karena sebentar lagi hari raya kurban akan datang, tidak ada salahnya membaca 4 hal terkait hari raya tersebut.

1. Sejarah Idul Adha

Tokoh terpenting dalam sejarah Idul Adha adalah Nabi Ibrahim, anaknya Nabi Ismail serta istri kedua Nabi Ibrahim, yaitu Siti Hajar. Nabi Ibrahim merupakan nabi dikenal dengan sebutan Al-Khalil, yang artinya kekasih Allah, dan rasul Ulul Azmi, yaitu rasul yang mendapatkan keistimewaan berupa mukjizat sebagai bukti akan kerasulannya. Nabi Ismail adalah nabi yang dikenal dengan keyakinan dan keteguhan hari yang luar biasa. Hal ini dibuktikan ketika Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah untuk menyembelih Nabi Ismail, Nabi Ismail dengan mantap menerima perintah Allah tersebut karena hal tersebut merupakan perintah Allah. Dalam proses penyembelihan tersebut, Nabi Ismail yang berbaring kemudian diganti dengan seekor domba yang dagingnya dibagi-bagi kepada fakir miskin.

2. Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar

Nabi Ibrahim sangat dikenal ketakwaannya kepada Allah sejak kecil. Nabi Ibrahim menikahi Siti Hajar yang awalnya adalah seorang budak. Nabi Ibrahin dan Siti Hajar kemudian dikaruniai anak, yaitu Nabi Ismail. Siti Hajar adalah teladan bagi wanita untuk menaati suami, menaati perintah Allah, dan menyayangi anaknya. Siti Hajar pernah mengelilingi bukit Safa dan Marwah untuk mencari air untuk anaknya, Nabi Ismail, yang sedang kehausan. Dengan mukzizat Allah, keluarlah air dari bawah kaki Nabi Ismail. Air tersebut sekarang dikenal dengan air zamzam, yang sampai saat ini terus ada dan menyuburkan daerah tersebut.

3. Syarat-syarat Hewan Kurban

Tidak sembarang hewan kurban yang boleh dikurbankan. Ada syarat-syarat yang wajib ada di hewan yang akan dikurbankan. Berikut syarat-syarat wajib hewan kurban:

1. Hewan kurban merupakan hewan ternak, yaitu unta, sapi, kambing, dan domba.

2. Telah sampai usia yang dituntut syari’at. Maksudnya adalah berusia setengah tahun untuk domba dan tsaniyyah (berusia satu tahun penuh) untuk hewan kurban lainnya:

a. Unta telah sempurna ketika berusia lima tahun
b. Sapi telah sempurna ketika berusia dua tahun
c. Kambing telah sempurna ketika berusia satu tahun.

3. Bebas cacat:

a. Buta sebelah yang tampak
b. Sakit yang jelas
c. Pincang yang jelas
d. Sangat Kurus sampai tampak tidak memiliki tulang sumsum.

4. Hewan tersebut milik orang yang berkurban atau diperbolehkan baginya berkurban dengannya.

5. Penyembelihan hewan kurban harus sesuai dengan syari’at waktu penyembelihan Kurban yang telah ditentukan.

6. Tidak ada hubungan dengan hak orang lain.

banner(11)

4. Manfaat Berkurban

Kita tidak perlu takut untuk berkurban karena Allah akan menggantinya dengan rezeki yang jauh lebih besar. Hal yang bisa didapat dari berkurban, antara lain:

a. Mendatangkan banyak rezeki. Rasulullah telah bersabda bahwa Allah akan mengganti setiap bulu-bulu binatang Kurban dengan kebaikan-kebaikan. Bayangkan berapa banyak bulu yang ada pada hewan yang Anda kurbankan?

b. Ibadah Kurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah kalau dilakukan ikhlas berkurban semata-mata karena Allah.

c. Membantu sesama muslim. Ketika berkurban kita bias menunjukkan kepedulian kita terhadap orang yang belum beruntung seperti fakir miskin.

Beli Kurban di Bukalapak

Seiring dengan perkembangan zaman, kurban saat ini bisa dilakukan secara online di Bukalapak. Bagi umat Islam yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki tempat yang cukup luas untuk berkurban, tetap bisa berkurban secara online di Bukalapak.

Bukalapak bekerjasama dengan ACT dan Global Qurban menyediakan berbagai hewan kurban, seperti kambing, domba, sapi, unta, sapi Gaza, dan kambing Gaza. Untuk sapi dan kambing Gaza, akan didistribusikan dengan amanah kurban ke Gaza, Palestina.

qurban

Harga yang tertera di Bukalapak sudah termasuk harga operasional, seperti sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan hewan, distribusi, dokumentasi, dan pelaporan. Cara membeli hewan qurban di Bukalapak sangat mudah. Kita bisa membeli hewan kurban yang tersedia di Bukalapak dengan membayar harga yang tertera. Metode pembayaran yang disediakan di Bukalapak pun beragam, seperti transfer, KlikPay, BukaDompet, Jemput Tunai, dan masih banyak lagi.

Hewan Kurban yang telah kita beli akan didistribusikan oleh ACT dan Global Qurban ke daerah-daerah bencana, miskin, dan rawan pangan di Indonesia. Selain itu, akan didistribusikan juga ke 21 negara di dunia, seperti Palestina, Libanon, dan lainnya. Nantinya, kita akan mendapat Sertifikat Pembelian Kurban sebagai bukti bahwa kita terdaftar sebagai pekurban 2016 di Global Qurban. Kita juga akan menerima laporan pemotongan, distribusi, dan lainnya oleh Global Qurban.

Membeli Hewan Qurban di Bukalapak dijamin aman dan terpercaya. Tunggu apalagi? Yuk, sisihkan rejeki dan beli hewan kurban di Bukalapak!

 

You may also like...

4 Comments

  1. saat ini berkurban semakin dimudahkan yah Mba, bahkan sudah bisa dilakukan lewat online 🙂

    1. Iya, Mbak. Jadi nggak banyak halangannya. 🙂

  2. sebentar lagi idul adha ya,
    gx terasa tinggal hitungan hari
    belum bisa ikut berkurban tahun ini
    semoga tahun depan bisa dimudahkan
    aamiin

    1. Aamiin. Semoga tahun bisa berkurban. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *