Advertorial, Opinion

4 Tips Berikut Ini Bisa Membantu Kamu Menghemat Biaya Listrik AC

AC sudah bukan lagi perkara yang baru dalam kehidupan sehari-hari. AC juga bukan lagi sebuah perangkat yang mahal. Sekarang, hampir setiap tempat sudah dilengkapi dengan AC, mulai dari pusat perbelanjaan, apartemen, restoran, bahkan tempat potong rambut pun sekarang sudah dilengkapi dengan AC.

Dalam sudut pandang apa pun, AC banyak memberikan kelebihan. Selain menjaga ruangan supaya tetap dingin, AC juga terbukti efektif meningkatkan kinerja menjadi lebih efektif. Jadi, bukan hal mengherankan kalau di rumah-rumah sekarang sudah banyak di pasang AC.

Sayangnya, tagihan listrik yang sangat mahal selalu menjadi keresahan bagi sebagian orang. Kalau kamu berniat memasang AC, tapi takut biaya listrik membludak. Ikuti 4 tips berikut untuk mencari AC terbaik:

Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang wajib kamu ketahui untuk mencari AC terbaik adalah sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Hal ini wajib kamu pertimbangkan. Bagaimanappun, sebelum kamu membeli AC, alangkah baiknya kalau menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau rumah kamu minimalis atau kecil, paling baik membeli AC yang memiliki PK kecil atau low watt. Disarankan kalau ruangan tidak terlalu besar, maka beli satu AC saja sudah cukup.  Jangan terlalu berlebihan.

Lihat spesifikasi AC yang cocok untuk rumah

Lihatlah spesifikasi AC yang cocok untuk rumahmu. AC sendiri memiliki banyak sekali model dan jenis. Misalnya AC inverter, Multi Split AC, Standalone AC, dan model-model lainya. Pelajari jenis-jenis AC tersebut kemudian sesuaikan mana AC terbaik untuk rumahmu. Kamu wajib bijak dalam memutuskan AC yang tepat untuk dibeli supaya biaya listrik rumah tidak membengkak.

Luas ruangan perlu diperhatikan

Berhubungan dengan poin dua dan tiga, luas ruangan juga perlu diperhatikan. Jangan pernah membeli AC yang melebihi kapasitas dari ruangan. Ini akan menjadi pemborosan dan membengkaknya tagihan listrik rumahmu. Karena itu, pastikan bahwa kapasitas AC terbaik yang kamu pilih sesuai dengan luas ruangan.

Pilih AC yang memiliki garansi dan service secara berkala

AC tetaplah sebuah perangkat elektronik yang membutuhkan maintenance. Biasanya AC terbaik selalu memiliki garansi dan service secara berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga freon AC tetap bersih. Kalau ketika freon tertutup kotoran, maka durasi mendinginkan ruangan menjadi lebih lambat tapi kinerja AC menjadi lebih berat. Lamanya waktu mendinginkan ruangan dan kerja AC yang berat inilah yang membuat tagihan listrik di rumahmu membengkak.

Itulah beberapa tips untuk mencari AC terbaik. Pada dasarnya, pilihan didasarkan pada kondisi rumah dan kemampuan kita. Jadi, sudah menentukan AC terbaik?

Leave a Reply

Required fields are marked*