Halo, teman-teman kelas 12! Masih fase galau atau sudah tahu mau melanjutkan ke mana?

Ada banyak universitas pilihan yang bisa dipilih saat penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari universitas swasta kayak Atmajaya, Uhamka, Unitra, dan sebagainya, atau pun universitas negeri seperti UGM, UI, IPB, dan banyak lagi.

Tapi, untuk bisa masuk ke berbagai universitas tersebut sedikit banyak dibutuhkan usaha. Salah satunya ada;ah dengan mengikuti tes seleksi masuk dengan berbagai jalur yang disediakan. Mengikuti tes seleksi masuk bukanlah persoalan yang mudah. Buktinya, ada beberapa calon mahasiswa yang gagal dalam tes tersebut. Aku salah satunya. Lol. Tapi, aku juga termasuk yang lulus tes juga. Double rasa.

Karena itu, berikut ini ada 4 tips sederhana yang bisa dilakukan supaya kamu lulus tes dengan mudah.

Rasa Percaya Diri

Ada 2 faktor penentu supaya lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, yaitu faktor internal/diri sendiri dan faktor eksternal. Tapi, yang paling menentukan adalah faktor internal. Soalnya, kalau dari dalam diri sendiri saja sudah kurang percaya diri, hal itu besar pengaruhnya terhadap berbagai tindakan yang dilakukan. Rasa percaya diri wajib dimiliki jika ingin lulus tes.

Banyak Belajar/Mengulang Pelajaran

Untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi tentu diwajibkan lulus tes terlebih dahulu, untuk itu di setiap perguruan tinggi selalu diadakan tes ujian seleksi masuk melalui berbagai jalur alternatif yang ada. Untuk dapat lulus tes, banyak mengulang pelajaran menjadi kunci utama supaya dapat lulus tes.

Jangan pernah merasa sudah terlalu sering mengulang. Jangan bosan. Mana tahu calon mahasiswa lainnya melakukan usaha yang jauh lebih keras. Kalau sudah bisa mengulang sampai cuma butuh waktu sekian detik untuk mengerjakan soal, gali lagi deh jenis-jenis soal baru.

Asah Keahlian/Kemampuan

Selain melalui jalur tes, bisa juga masuk ke perguruan tinggi di beberapa universitas juga menyediakan jalur nontes. Jalur nontes ini cuma bisa ditempuh kalau kamu benar-benar memiliki prestasi satu bidang tertentu. Ada beberapa mahasiswa yang bisa langsung masuk walaupun tanpa melalui tes terlebih dahulu. Tingkatkan terus kemampuan dan ikut lomba-lomba supaya prestasi makin kelihatan.

Banyak Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Walaupun kelihatan bukan seperti “usaha”, doa adalah salah satu usaha manusia supaya bisa sukses dalam segala hal, termasuk ketika ingin lulus dalam ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru. Berdoa kepada Tuhan memberikan peluang yang lebih besar. Lagi-lagi, jangan bosan. Mana tahu orang lain berdoanya serajin apa. Tapi, tentu belajar juga perlu.

Jadi, itu 4 tipsnya. Klise? Iya, tapi memang harus dilakukan dengan maksimal. Jangan sampai lengah atau berpandangan terlalu percaya diri bahwa kamu akan lulus tanpa usaha maksimal. Ingat saja pepatah, tidak ada hasil yang didapat kecuali dengan usaha.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *