Opinion

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Smartwatch

Zaman semakin cepat. Hidup semakin ingin semuanya serba mudah. Setelah puas dengan smartphone yang memberikan beragam kemudahan, rasanya ingin merambah kepada smartwatch. Ingin selalu up to date. Tidak ingin terlewat telepon penting. Smartwatch menawarkan kemudahan-kemudahan baru. Kalau bisa memakai jam tangan yang bisa banyak hal, kenapa harus memakai jam tangan yang hanya bisa menunjukkan waktu saja, kan?

However, sebelum membeli smartwatch, ada hal-hal yang perlu diketahui calon pengguna. Ada banyak ragam smartwatch di pasaran. Tentunya, semua hadir dengan keunggulan masing-masing. Ada baiknya mengetahui hal-hal berikut sebelum membeli smartwatch.

1. Sistem operasi yang kompatibel dengan smartphone

Sekadar mengingatkan, smartwatch adalah “asisten” dari smartphone. Smartwatch tidak bisa dijalankan tanpa smartphone. Jadi, sebelum membeli smartwatch, harus punya smartrphone dulu, ya.

Beberapa smartwatch juga hanya kompatibel dengan sistem operasi tertentu. Misalnya, Apple Watch yang hanya kompatibel dengan iOS. Walaupun begitu, beberapa smartwatch juga bisa digunakan untuk smartphone dengan sistem operasi iOS maupun Android, misalnya Xiomi Amazfit Sport Smartwatch. Jangan lupa juga perhatikan versi operasi sistem. Ada smartwatch yang bisa untuk Android 4.3, ada juga yang memerlukan Androi 4.4 ke atas.

2. Hadir dengan fitur-fitur khusus smartwatch

Apa alasan membeli smartwatch? Untuk kemudahan? Lifestyle? Umumnya, smartwatch mempermudah kita mendapatkan notifikasi pesan, telepon, atau pun media sosial. Sekarang ini, makin banyak smartwatch yang dilengkapi alat pelacak kebugaran, seperti penghitung langkah dan kalori,  pemantau tidur, pengukur heart rate, dan GPS tracker.

Xiomi Amazfit Sport Watch

Ada juga smartwatch dengan fitur antimaling. Fitur ini akan membuat smartwatch berbunyi atau bergetar kalau smartphone berada di luar jangkauan jaringannya. Produsen-produsen smartwatch menghadirkan fitur-fitur berbeda sebagai keunggulan masing-masing.

3. Hadir dengan beragam desain

Sepertinya, sebagian besar smartwatch tampak sporty, ya? Ternyata tidak juga. Ada juga smartwatch yang hadir dengan tampilan elegan. Beberapa smartwatch menggunakan bahan logam pada bagian talinya sehingga tampak mewah. Sebut saja U20 U Mini Smartwatch yang tampil dengan material alloy.

U20 U Mini Smartwatch

ASUS Zenwatch 2 juga hadir desain yang dibedakan untuk men and women. Hal semacam ini bisa dikatakan cukup penting untuk perempuan yang tidak ingin tampil dengan gaya “cowok”, tetapi ingin menggunakan smartwatch, kan?

ASUS Zenwatch 2

Oh, ya. Jangan lupakan juga soal gorilla glass. Ada smartwatch yang sudah menggunakan gorilla glass, ada yang belum. Tinggal tanyakan kepada diri seberapa butuhnya terhadap gorilla glass.

4. RAM dan internal storage sesuai kebutuhan

Sebagai pendukung smartphone, tentunya RAM dan internal storage tidak boleh ketinggalan. Banyak smartwatch yang dilengkapi RAM 512 MB dan memori 4 GB. Ada juga smartwatch yang dilengkapi RAM 1 GB dan memori 8 GB. Kalau mobilitas tidak sangat tinggi, sepertinya RAM 512 MB sudah cukup untuk saat ini.

5. Harga sangat beragam

Berapa harga smartphone termurah? 1 juta? 700 ribu? Angkanya masih mendekati harga jutaan. Hal ini berbeda dengan harga smartwatch. Beberapa di antaranya masih jauh dari jutaan. Misalnya saja, harga Smartwatch I-One mulai dari 100 ribuan sedangkan ASUS Zenwatch harganya di atas 2 juta. Tentunya, harga berbeda dengan kualitas dan fitur berbeda juga.

5 hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli smartwatch. Apakah membutuhkan smartwatch dengan memori besar? Desain seperti apa yang cocok untuk sehari-hari? Dan, yang tidak kalah penting adalah soal budget. Kalau baru ingin mencoba, bisa mulai dengan yang harganya rendah. Tapi, kalau sudah yakin, bisa langsung pilih sesuai keinginan. Yang penting, bisa menunjang kebutuhan.

3 Comments

  1. Wah iya… selama ini tidak terpikir kelima hal ini, padahal penting sekali.

  2. Ria

    Heee… ada yg harganya 100rb-an? saya pikir semuanya di atas 500rb!

  3. Ngarep asus zenwatch tapi sayang belum rezeki. Aku ada smart watch di rumah yg dibeli dgn harga murah, sampe sekarang masih awet

Leave a Reply

Required fields are marked*