5-tips-agar-sukses-negosiasi-dalam-jual-beli-apartemen

 

Pernah terpikirkan untuk berbisnis properti? Sekarang ini, sepertinya properti menjadi pilihan investasi yang cukup menjanjikan.

Minat masyarakat terhadap produk-produk properti seperti apartemen mengalami kenaikan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini. Selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana investasi pribadi. Ketatnya persaingan pasar saat ini membuat para pemilik apartemen terus mencari berbagai strategi untuk menarik calon pembeli. Salah satu kunci keberhasilan menarik minat pembeli adalah melalui keahlian bernegosiasi.

Setiap penjual apartemen pasti tidak ingin merugi dan ingin apartemennya terjual dengan harga tinggi. Di tahap negosiasi inilah tawar menawar harga akan terjadi. Keberhasilan memperoleh harga jual apartemen yang tinggi bergantung pada keahlian Anda dalam bernegosiasi dengan pembeli. Untuk itu, tahapan negosiasi menjadi fase yang sangat penting. Nah, agar bisa sukses dalam negosiasi, perhatikan 5 tips berikut ini:

apato

1. Berikan penjelasan tentang kelebihan apartemen

Sebelum membeli apartemen, calon pembeli biasanya ingin mengetahui spesifikasi apartemen. Ceritakan fasilitas apa saja yang ditawarkan dan kemudahan akses menuju tempat-tempat umum seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Paparkan kelebihan apartemen yang ditawarkan semenarik mungkin. Buatlah calon pembeli tertarik dengan keuntungan yang dipaparkan. Dengan demikian, kita bisa berhasil memperoleh harga jual apartemen yang tinggi.

2. Tampilkan kesan bahwa kitaโ€“sebagai penjualโ€“berwawasan luas

Kesan pertama sangatlah penting untuk membangun image. Untuk itu, dalam setiap perbincangan dengan calon pembeli, tampilkanlah kesan bahwa kita (penjual) berwawasan luas. Berikan informasi seputar apartemen yang ditanyakan oleh calon pembeli. Jangan hanya berfokus pada harga jual apartemen saja. Jelaskan juga fasilitas-fasilitas apartemen lainnya serta perbincangan apartemen secara umum.

3. Dengarkan calon pembeli dengan baik

Ketika calon pembeli menyampaikan pendapat atau pertanyaan, dengarkanlah dengan seksama. Berikan perhatian penuh dan jangan cepat memotong perkataan klien. Dengan demikian, calon pembeli akan merasa dihargai dan komunikasi akan terjalin dengan baik.

4. Lakukan pendekatan emosional

Pendekatan secara emosional memang penting untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli. Gunakan pendekatan ini dengan bersikap ramah dan menghormati calon pembeli. Buatlah perbincangan menjadi nyaman dan menyenangkan. Hindari perbincangan yang serius dalam bernegosiasi.

5. Tentukan batas maksimal menurunkan harga

Penentuan batas maksimal dalam menurunkan harga merupakan salah satu faktor penting. Ketika penjual sudah bisa menciptakan perbincangan yang santai dan nyaman dengan calon pembeli, biasanya calon pembeli akan menawar harga jual apartemen yang ditawarkan. Jangan langsung turunkan harga apartemen. Cobalah untuk sedikit tarik ulur untuk menghindari harga apartemen yang turun terlalu jauh.

Nah, itulah 5 tips yang dapat kita lakukan agar berhasil dalam proses negosiasi. Dengan begitu, kita bisa menyepakati harga jual apartemen yang sesuai. Semoga bermanfaat!

You may also like...

14 Comments

  1. mba, tips ini bisa aku pake buat negosiasi jual beli rumah juga kan yah.. kebetulan ada om yang minta jualin rumahnya ๐Ÿ™‚

    makasih tips-nya yaa..

    1. Semoga cepat laku, ya, Mbak. ๐Ÿ™‚

  2. Wah suamiku nih tertarik untuk investasi apartment. Nanti aku share tips ini ke dia ah. Thanks for sharing ya mbaaa ๐Ÿ™‚

    1. Semoga sukses, ya, Mbak. ๐Ÿ™‚

  3. Wah, bisnis properti emang ga ada matinya. Ini ilmu banget, bisa diterapin ke bisnis lainnya juga loh ๐Ÿ˜‰

    1. Iya, ya, Mbak. Ini salah satu dasar bisnis. ๐Ÿ™‚

  4. Tipsnya sangat bermanfaat, bisa dicoba jika nanti buat bisnis properti.

    1. Semoga sukses. ^^

  5. Apartemen cocok buat investasi.
    Wah kalo apartemennya seperti di foto aku mau haha, desainnya keren juga ๐Ÿ™‚

    1. Aamiin. Semoga “mau”-nya kesampaian. ๐Ÿ˜‰

  6. Tipsnya di save buat eyangnya Kaina..eh tapi rumah, bukan apartmen.. Klo invest apartment lbih cocok di jiwa aku, lebih senang di pemukiman biasa mba klo aku ๐Ÿ˜€

    1. Salam buat eyangnya, ya. ๐Ÿ™‚

  7. Aku lagi coba jualin apartemen baru dekat rumah nih. Thank you tipnya ya

  8. Tipsnya boleh juga nih mbak di praktekin.. nyoba2 mbak… kalo gk di coba kita gk tau bisa apa gk.. hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *