tips-cepat-sembuh-dari-flu

 

Panas-hujan-panas-hujan. Cuaca seperti itu pasti membuat mudah sakit. Aku tipe yang mudah sakit kalau cuaca begitu. Kena hujan? Okelah. Seminggu full hujan-hujanan bukan masalah. Begitu besoknya harus panas-panasan, langsung, deh, mulai bersin-bersin dan hidung gatal. Tidak lama kemudian, betul-betul kena flu.

Bagi sebagian orang, flu mungkin penyakit yang biasa saja. Penyakit ringan. But not for me. Aku masih bisa jalan-jalan bahagia kalau demam. Kalau sudah terkena flu … ngilu dari ujung ke ujung, kepala kalau bisa disimpan di lemari dulu, aku simpan dulu sampai sembuh.

Waktu kuliah, flu adalah penyakit yang paling menakutkan. Karena hal tersebut bukan hanya menyangkut diriku sendiri, tetapi juga orang lain. Kalau harus masuk dapur pengolahan, sudah pasti tubuh harus bersih dan tidak membawa penyakit. Penyakit menular akan mudah tersebar lewat makanan. Masih boleh, sih, pakai masker, tapi ‘kan tidak 100% aman. Di sisi lain, kalau tidak masuk, bisa-bisa tidak diizinkan ikut UAS.

Flu juga membuat silaturahmi terganggu. Ada teman yang baru punya anak, rasanya ingin segera menengok. Sayangnya, bayi rentan tertular penyakit. Aku sempat keukeuh-keukeuhan dengan temanku yang juga ingin menengok. Katanya, aku bisa pakai masker blablabla. Aku sampai menyuruhnya berkunjung saja duluan. Bagaimanapun, aku ingin yakin bayi yang baru lahir itu tidak tertular flu karena aku.

Sayangnya, silaturahmi tidak mungkin ditunda terlalu lama. Terlebih, teman yang sudah punya anak itu juga sepertinya mengharapkan kedatangan kami. Kalau sudah begitu, aku harus cepat-cepat. Lagipula, ngapain lama-lama sakit? Hehe.

Supaya sakit tidak lama, aku selalu menerapkan hal-hal ini. Mungkin ini hal sederhana yang dilakukan semua orang, tapi trust methey work.

1. Minum air putih

Ini yang paling mudah. Pada dasarnya, aku memang banyak minum. Ke mana-mana pun selalu membawa minum. Air putih itu penting. Untuk orang sehat saja penting, apalagi untuk yang sakit.

Kalau sedang flu, minum air putih rasanya membuat rongga mulut adem. Air putih juga membantu mempercepat metabolisme. Mudah-mudahan saja virus juga cepat keluar dan faktor-faktor penyembuh mudah tersebar ke seluruh tubuh. ^_^

bottles-60479_1280

2. Makan makanan berprotein

Protein berfungsi mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Protein juga berguna sebagai bahan dasar sistem imun. Karena itu, protein sangat penting untuk menangkal penyakit.

Kalau sedang flu, biasanya semakin rajin minum susu. Kenapa susu? Karena praktis. Kalau harus berpergian, sumber protein yang paling mudah di dapat dan paling cepat ketika dikonsumsi, ya, susu. Di swalayan pasti ada susu. Duduk sebentar, bisa langsung habis.

3. Makan buah dan sayur

Siapa, sih, yang tidak tahu manfaat buah dan sayur? Yang ada malah yang menampik makan buah dan sayur karena tidak suka. Hehe. Tapi, itu bukan aku, kok. Buah dan sayur punya berbagai manfaat untuk tubuh. Mereka kaya vitamin sehingga akan membantu proses kesembuhan.

Demi sembuh, aku semakin rajin makan buah dan sayur. Favoritku stroberi. Rasanya yang asam dan agak manis cocok untuk lidah yang sedang tidak bersahabat dengan cita rasa makanan. Selain itu, stroberi juga banyak mengandung vitamin C yang akan membantu regenarasi sel yang rusak.

Tidak suka stroberi? Masih banyak alternatif lain. Misalnya tomat, murah meriah dan mudah didapat.

strawberries-from-pixabay

4. Konsumsi multivitamin-mineral

Sudah makan buah dan sayur masih konsumsi multivitamin? ‘Kan tidak tahu kebutuhan vitamin dan mineral kita sudah tercukupi atau belum. Kebutuhan tiap orang berbeda, terutama ketika sakit. Kebutuhan vitamin dan mineral akan meningkat untuk membantu penyembuhan.

Terutama, nih, bagi yang sok sibuk. Mau makan makanan yang ada buah dan sayurnya saja alasan tidak nemu atau malah tidak sempat mencari. Yah, aku sih sebisa mungkin mencarinya karena sekarang di swalayan pun ada.

Tapi, supaya lebih optimal, dibantu deh dengan multivitamin. Sekarang, aku minum Theragran-M, multivitamin dan mineral. Produk Taisho ini mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan. Hal tersebut tentunya mempercepat penyembuhan.

Produk ini mudah didapatkan di apotek. Aku saja menemukannya di apotek di Stasiun Bogor. Aku suka sok-sokan sibuk. Buru-buru berangkat dan pulang larut malam. Boro-boro sengaja mampir ke apotek. Untungnya, di Stasiun Bogor ada apotek dan di sana ada Theragran-M. Jadi, aku bisa minum mineral dan vitamin yang bagus untuk kondisi tubuh setelah sakit. Aku juga percaya dengan produk ini karena sudah berlogo halal MUI.

theragran-m

5. Istirahat dan “me time

Ini, nih, yang paling aku suka. Istirahat. Bobo cantik. Haha. Kalau dipakai kerja terus tubuh bisa rusak. Yang sehat saja bisa sakit, apalagi yang sedang tidak sehat. Makanya, istirahat yang cukup penting untuk masa penyembuhan. Tentunya, tidak berlebihan juga. Kalau tidur terus, kapan makannya. ^^v

Me time” juga perlu karena kesehatan bukan hanya menyangkut fisik, melainkan mental. Aku, sih, “me time“-nya tidak susah, kok. Cukup marathon nonton drama dan anime. Konon, rasa senang bisa membuat tubuh sehat. Aku percaya dong sama kekononan itu. Tentunya, diiringi keempat hal sebelumnya. 😀

Ya sudah, itu lima hal ala aku untuk masa penyembuhan. Sederhana saja, kan? Tapi, kalau dilakukan dengan sepenuh hati dan tanpa mengeluh, kemungkinan sembuh akan lebih cepat.

Sebetulnya, masih ada hal lain yang kudu dilakukan untuk cepat sembuh dari flu, yaitu hindari gorengan dan makanan yang merangsang radang. Tapi, aku tidak memasukkan karena itu sih sudah dilakukan dengan sendirinya. Begitu flu, entah kenapa melihat gorengan seperti melihat pisau. Bahkan, melihat rendang saja seperti makanan itu sedang bersiap menyakiti kerongkongan. Hiiih. Kalau sudah sembuh, bukan berarti bisa makan sembarang juga, sih. Tapi, setidaknya kalau sehat melihat rendang bisa membuat bahagia. Haha.

Karena sudah sehat, rasanya seperti terlepas dari suatu masalah. Aku bisa main lagi, jalan-jalan bahagia lagi, tidak takut menengok bayi baru lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan tanpa perlu banyak khawatir sehingga tidak akan tertinggal momen berharga.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.

You may also like...

17 Comments

  1. Ini multivitamin fav akoh jugaaa.. emang brasa bgt sih pas abis sakit kemaren itu..

  2. Wah saya jarang minum multivitamin nih… Kayaknya perlu biar nggak gampang sakit pas cuaca tidak menentu ini hiihihihih… Kalau pas flu, saya malah minum kopi mbak, rasanya lebih enteng hihihih 😀

  3. Wahh.. aku kalo pas flu, paling susyah minum air putih mbak. Tapi, yg kmaren lagi flu, ga kepikiran buat nambahin vitamin ini supaya lebih sehaT flunya.

  4. gorengan… susah banget mau berpisah dariku 🙁

  5. Kalau obat udah abis tapi badan masih lemes, suka bikin galau. Makanya sedia Theragran-M, supaya badan fit selalu.

  6. Multivitamin yang ini harganya mihil ya Fah,, hehehe

  7. banyak minum dan istirahat bisa bikin cepet sembuh dari flu

  8. Jaga kesehatan emang jauh lebih susah drpd ngobatinnya. Susahnya ya itu, nahan diri dr godaan dan mau patuh minum air putih. Untung ada multivitamin theragran- M ya jadi ada yg bisa ngingetin hehe

  9. Wah hebat Fifah bisa menghindari gorengan. Aku mah ga bisaaa…

  10. Flu memang enaknya di bawa istirahat…me time bobo-bobo cantik ya mba…:)

  11. strawberrynya menggoda neng…

  12. Samaaa… aku juga ngelakuin 5 cara itu. Bener banget ya, flu itu walaupun kayaknya penyakit sederhana, tapi bikin badan K.O juga.

  13. Banyak minum ini yg aq sering lupa faah, me time hmm, bisa dibilang sering 🙂

  14. yang no 4 itu selalu ku kerjain mbak saat flu menyerang

  15. Kadang suka underestimate si flu ini. Padahal klo flu tubuh ttp butuh perhatian extra yaa..

  16. Kalau saya tambahin dengan mengkonsumsi jahe pas lagi flu 🙂

  17. Makasih tipsnya mbak fifah..saya mah belum apa-apa langsung main minum obat flu aja 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *