Bakmi Mbah Mo Jogja (sumber : kabarkuliner.com)

 

Apakah kamu tahu bahwa Jogja menyimpan kekayaan kuliner yang sebenarnya cukup menarik untuk dieksplorasi? Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan si hobi makan, kuliner khas suatu daerah juga penting dicicipi demi mendapatkan pengalaman menyeluruh tentang budaya yang bersangkutan.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Jogja dalam waktu dekat, bekali diri dengan beberapa informasi ringan mengenai tempat wisata kuliner yang layak untuk didatangi.

  1. Gudeg Yu Djum

Jangan bilang belum pernah mencoba mencicipi gudeg saat berlibur ke Jogja. Sebagai makanan khas kota ini, gudeg juga menyimpan keunikan tersendiri. Makanan yang berasal dari gori (nangka muda) dan diolah dengan santan ini menjadi makanan yang lazim ditemui di Jogja.

Salah satu gudeg yang paling terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Rasa yang pas dan lezat serta berbagai lauk yang lengkap membuat gudeg Yu Djum menjadi favorit wisatawan. Kamu bisa menemukan beberapa restoran yang menjual Gudeg Yu Djum, seperti di Jl. Adisutjipto, Jl. Kaliurang, dan di wilayah Malioboro. Kalau ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh, Anda bisa memilih gudeg kendil yang tahan cukup lama dalam perjalanan jauh.

  1. Bakmi Jawa Mbah Mo

Makanan khas Jogja dan beberapa daerah di Pulau Jawa lainnya adalah bakmi Jawa. Salah satu warung bakmi Jawa legendaris yang menjadi favorit para pengunjung adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Meskipun letaknya cukup sulit dijangkau, yaitu di area sentra kerajinan kulit Manding, Jl. Parangtritis, bakmi jawa ini sangat ramai oleh para peminat yang berdatangan dari berbagai kota.

Untuk mencicipi kelezatan bakmi jawa ini, kamu harus rela antre sampai berjam-jam. Bumbunya yang meresap karena cara memasak yang masih tradisional menjadi keunggulan yang tak bisa diabaikan dari bakmi jawa ini.

  1. Sate Klathak Pak Bari

Tentu kamu masih ingat dengan salah satu adegan yang dilakukan Rangga dan Cinta saat menikmati makan malam dalam film AADC 2. Ya, mereka ternyata sedang menikmati sate klathak Pak Bari yang lokasinya terletak di daerah Bantul. Sate klathak adalah daging sate yang ditusuk dengan menggunakan jeruji besi. Rasa makanan ini sangat mantap di lidah karena kematangannya yang sempurna.

  1. House of Raminten

Di tempat ini, kamu bisa memuaskan rasa penasaran terhadap berbagai kuliner Jogja. Mulai dari bakmi Jawa hingga bakso bisa kamu temukan di tempat ini. Berbagai menu unggulan yang ditawarkan di restoran unik ini akan membuat pengalaman kuliner kamu lebih kaya daripada sebelumnya.

House of Raminten mencoba menunjukkan keunggulannya melalui konsep tempat dan penyajian makanan yang sangat berbeda. Jika berkunjung ke tempat ini, salah satu hal yang paling mengesankan adalah suara gendingnya yang klasik dan indah didengar.

  1. Angkringan Lek Man

Siapa yang pernah menikmati minuman Kopi Joss? Ini adalah minuman yang dicampur dengan arang atau bara api yang masih panas. Ketika dimasukkan ke dalam kopi, kamu akan bisa mendengar, “Joss” dan melihat uap yang cukup pekat. Kandungan arang ini dikatakan bisa menurunkan kadar kafein dalam kopi. Selain Kopi Joss, ada banyak menu lain yang bisa Anda nikmati di tempat ini, seperti nasi kucing dengan berbagai varian lauk.

  1. Ayam Goreng Suharti

Ini adalah ayam goreng legendaris yang diracik khusus oleh Ny. Suharti. Lokasi restoran ayam goreng Suharti ada di Jl. Adisutjipto. Bukan hanya menjadi favorit wisatawan, Ayam Goreng Suharti pun cukup populer di lidah penduduk setempat.

Untuk menikmati semua makanan yang lezat tersebut, ada baiknya kamu tidak hanya berwisata sehari saja di Jogja. Khususnya bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, kamu bisa berkunjung ke website Airy Rooms untuk mencari hotel murah di Jogja dengan harga terjangkau.

Meskipun murah, ada jaminan fasilitas yang membuat Anda tidak akan kecewa memilih penginapan ini. AC, perlengkapan mandi, air minum gratis, tempat tidur bersih dan empuk, TV layar datar, Wifi gratis, dan fasilitas lainnya akan selalu ada di setiap kamar.

Demikian ulasan singkat mengenai 6 kuliner di Jogja yang layak untuk Anda kunjungi. Selamat berlibur di Jogja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *