Hemat listrik

 

Listrik dan manusia kayaknya bukan hal yang bisa dipisahkan lagi. Tapi, kadang-kadang ketika memakai listrik membuat kita lupa “daratan”. Kita terlena dan lupa kalau harus membayar pulsa listrik. Seolah listrik muncul secara ajaib dari dinding atau tanah, tanpa perlu dibayar. Walaupun begitu, pasti nggak mau ‘kan kalau bujet rumah tangga untuk listrik sangat membengkak?

Kalau hal ini terjadi, itu berarti kita sudah harus menghitung bahkan perlu menggunakan kapasitor sebagai alat untuk menghemat pemakaian listrik. Tapi, sepertinya hal itu belum perlu, karena artikel kali ini bisa menjadi pedoman dalam menghemat listrik. Berikut 7 cara yang paling ampuh untuk menghemat listrik rumah.

Menyalakan Alat Listrik Seperlunya

Kalau kamu sering kali menyalakan alat elektronik yang sering dipakai, sekarang waktunya untuk memilah agar alat-alat tersebut dapat dipakai secara efisien sehingga nggak membuang-buang listrik. Misalnya, kamu sering menonton televisi dan enggan untuk mematikan kalau sudah selesai atau hanya menggunakannya supaya nggak sepi, sekarang coba matikan televisi kalau sudah beres menonton atau gunakan radio atau pemutar musik lain yang lebih hemat energi.

Cabut Kabel yang Tidak Digunakan dari Saklar

Siapa yang suka lupa mencabut charger ketika sudah selesai digunakan? Harus banget tahu, nih. Listrik di colokan itu masih berjalan walau ponsel sudah dicabut. Jadi, masih ada listrik mengalir ke charger. Walau memang sedikit-sedikit, lumayanlah untuk menghemat listrik. Selain itu, hal ini juga mengurangi bahaya di rumah. Kalau nggak sengaja menyentuh ujung charger yang masih di colokan ketika tubuh basah, lumayan banget menyetrum juga, loh.

Gunakan AC Seperlunya

AC merupakan salah satu perangkat rumah yang menyedot listrik paling besar. Listrik yang disedot AC cukup besar, yakni kisaran 350-700 watt. Hal tersebut juga akan diperparah kalau AC diatur sampai ke suhu terkecil. Hal ini akan menyedot listrik jauh lebih masif. Karena itu, penggunaan AC juga perlu diatur supaya pengeluaran listrik nggak membengkak.

Pakai Lampu LED

Saat ini penggunaan lampu LED semakin banyak karena rendahnya penyedotan aliran listrik dalam pemakaian lampur tersebut. Penerangan dengan lampu LED juga mempunyai keterangan cahaya yang sama terangnya dengan lampu pada umumnya. Harga pembelian lampu LED menang terbilang lebih mahal dari lampu biasa. Tapi, penghematan listriknya sangat terasa ketika membayar listrik. Toh, membeli lampu hanya sekali dalam beberapa tahun, ‘kan? Sedangkan biaya listrik adalah pengeluaran rutin.

Tips hemat listrik ampuh

Mematikan Lampu pada Jam Tertentu

Masih membiarkan lampu di rumah menyala pada siang hari? Ini, sih, pemborosan namanya. Kalau masih ingat dengan iklan yang menganjurkan pengguna listrik untuk menghemat listrik dengan mematikan setidaknya dua buah lampu pada pukul 17.00 – 22.00, hal tersebut memang akan menjinakkan pengeluaran bujet listrik.

Efisiensi Listrik pada Lemari Es

Lemari es memang selalu digunakan untuk menyimpan makanan. Tapi, apakah akan terus berguna kalau sedang ditinggal berpergian lama? Justru hal tersebut akan menyedot banyak sekali aliran listrik. Penggunaan daya pada lemari es terbilang cukup tinggi apalagi bila dinyalakan terus menerus. Oleh karena itu, matikanlah lemari es ketika berpergian agar tidak memakan banyak tenaga listrik. Tentunya, dicek dulu apakah masih ada makanan yang akan membusuk kalau tanpa lemari es atau nggak.

Matikan Perangkat Elektronik Saat Jam Tidur

Sering mengisi daya ponsel ketika tidur supaya besoknya tinggal pakai? Kalau bisa, sih, jangan, ya. Isinya setelah bangun tidur saja atau begitu sampai rumah sebelum tidur. Selain buang-buang listrik, kasihan ponsel jugs ‘kan kalau sering diisi kepenuhan. Selain itu, beberapa perangkat elektronik seperti lampu dan televisi juga sebaiknya dimatikan. Bila menggunakan AC ketika tidur, pasanglah timer pada AC tersebut agar penggunaan listrik menjadi lebih efisien. Meminimalkan penggunaan alat elektronik ketika tidur juga membuat tidur lebih berkualitas.

Nah, itu tadi tips ampuh menghemat biaya listrik. Walau kelihatannya sepele, kalau dilakukan rutin, bisa banget, loh, jadi lebih hemat.

You may also like...

7 Comments

  1. Tipsnya patut dilakukan. Kita saat ini memang sangat tergantung dengan listrik. Apapun alat yang mendukung keseharian kita membutuhkan listrik. Nice mbak … 🙂

  2. Kebiasaanku, sebelum tidur ngecharge hp. Bangun tidur baru dicabut. Ini pemborosan ya tapi gak sadar.

  3. Mematikan lampu yang sering saya terlupakan, padahal kan lumayan bisa menghemat pemakaian listrik.

  4. Waduuh.. jadi malu aku sering ninggalin charger dirumah masih nyolok di saklar, ku kira nggak udah ngalir listriknya 🙁

  5. Nomer 2 tuh aku sering banget ke rumah orang liat beginian. Temen2 juga banyak yang kebiasaan kayak gitu. Greget liatnya pengen dicabut aja itu

  6. Dr 7 cara diatas hal yg paling sulit dilakukan adalah mencabut kabel dari saklar, sekalipun sy dah tau listrik ttp ngalir tp udah jd kebiasaan sih, susah deh 🙁

  7. Menghemat listrik penting banget ya mba. Aku sekarang sudah melakukannya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *