Advertorial, Culinary

Akhir Bulan Makan di Restaurant di Jakarta? Ini Tipsnya

Sumber gambar: pixabay.com

Cekak atau bokek di akhir bulan kayaknya sudah jadi bahasan klasik. Apa lagi, di kalangan teman-teman yang sudah nggak tinggal bareng orang tua, iya ‘kan? Meme mie instan saja banyak di mana-mana.

Well, akhir bulan bukan berarti harus makan makanan instan saja atau mlipir ke warung nasi terus. Bisa kok akhir bulan tetap makan enak. Makan di restaurant pun bisa.

Makanya, aku mau tulis beberapa tips supaya akhir bulan bisa makan di restaurant, terutama buat yang tinggal di Jakarta. Taulah, ya, buat makan sehari-sehari Rp50.000 kadang nggak cukup. Ini pakai makan di resto.

Dulu, aku pernah sih tulis tips hemat ala anak kos. Mungkin bisa di-mix dengan yang ini.

Ini tips ala aku.

Irit di Awal Bulan

Sumber gambar: pixabay.com

Klasik tapi benar, ‘kan ya? Kadang, kalau pegang uang banyak, rasanya mau langsung dihabiskan. Atau, nggak niat “mau”, sih, tapi tahu-tahu jajan ini-itu. Lihat tukang tahu bulat saja bisa nggak sadar tahu-tahu nyamperin. Diet? Apa itu diet? 😴

Begitu mau belanja bulanan, pegang cash secukupnya. Dari rumah harus sudah punya daftar. Kalau punya lebih dari satu rekening, bisa juga langsung dipindahkan ke rekening khusus belanja. Uang di rekening juga memungkinkan untuk memilih opsi belanja online. Harganya ‘kan kadang lebih murah. Lagian, sering kali ada promo gratis ongkos kirim di Jabodetabek. Tapi,  ingat, ya, Bukan belanja macam-macam, loh. Belanja kebutuhan primer. Pokoknya, sampai tanggal sekian cuma boleh habis sekian. Plus, uang di rekeing yang bukan untuk belanja nggak boleh diotak-atik sebelum tanggal tua.

Belajar Masak

Sumber gambar: pixabay.com

Percaya atau nggak, makanan yang kelihatannya murah bisa lebih murah lagi kalau bikin sendiri. Makanya, coba-coba membuat makanan sendiri kadang untungnya bukan cuma makin mahir, tapi juga makin irit. Selain itu, tentu makanan tersebut lebih terjamin hygiene-nya.

Tapi, ‘kan nggak sempat. Yaa, begitulah. Selain belajar masak, sekalian belajar manajemen waktu. Nggak perlu kok masak gulai tiap hari. Masak sayur bening yang tinggal cemplung-cemplung juga sudah oke. Perut kenyang mah nggak banyak menuntut. 😂

Jajan di luar 1-2 kali seminggu boleh, lah. Tapi, tetap, ya, ingat batas maksimum pengeluaran.

Makan Bareng? Pilih Paket

In case, pengen makan yang agak fancy, atau sekadar ingin kencan atau makan bareng teman. Coba deh, pilih makanan paket berdua, bertiga, atau semacamnya.

Tapi, hati-hati, ya. Ada juga paket yang jatuhnya lebih mahal daripada menu satuan. Misalnya, kamu bawa minum tapi di paket itu ada minumnya. Yaa, cari saja menu a la carte.

Manfaatkan Voucher 

Sumber gambar: dokumen pribadi

Sering dapat voucher? Jangan malu untuk menggunakannya. Jangan takut juga akan ada syarat dan ketentuan “di belakang” alias yang nggak tertulis di voucher. Biasanya, syarat dan ketentuan sesuai yang tertulis saja. Kalau nggak yakin, baiknya ditanyakan dulu kepada kasir atau siapa pun pegawai di sana.

Memakai voucher bukan pertanda bokek, kok. Malah, banyak voucher yang didapat sebagai reward atas minimum pembelanjaan tertentu. See? Yang bokek nggak mungkin belanja dengan minimum tertentu, ‘kan? And,  we are lucky enough karena bisa punya voucher tanpa belanja berlebihan dahulu.

Cari Diskon Restaurant via Online

Sumber gambar: BambiDeal.com

Kalau mau nyari, promo diskon restaurant tuh banyak. Banyak banget. Apalagi, di Jakarta yang jumlah restaurant-nya saja tak hingga. Coba deh cari promo restaurant terdekat, voucher diskon jakarta pasti bertebaran. Banyak kok situs-situs penyedia diskon, salah satunya BamBideal.com. Bisa loh makan enak dan kenyang all you can eat dengan memanfaatkan voucher diskon.

Lagi-lagi, kalau khawatir soal ini-itu, jangan malu untuk bertanya kepada cs website diskon atau pegawai restaurant. Yang memakai voucher diskon pasti nggak 1-2 orang kok, jadi pasti mereka sudah paham. Akhir bulan bisa makan enak dan murah pasti rasanya merdekaaa banget. 🙌

Jadi, itu tips supaya bisa makan enak akhir bulan di Jakarta ala aku. Kalau kamu punya tips lain, boleh loh share juga di sini. 😊

 

Leave a Reply

Required fields are marked*