Huaaahhh. Ampuun…
Malam-malam ada yang bikin aku syok berat. Semula aku bermaksud membuat tulisan lain di blogku yang satu lagi, Lady Book’s Notes. Sebelum buka blog lewat laptop, aku scrolling news feed Facebook-ku yang untuk main-main. Dan alhasil aku NYARIS kena serangan jantung!
Sharing tidak selalu caring!
Aku sering banget ngoceh di Facebook tentang betapa nggak sukanya aku dengan segala rupa share yang mengandung gambar-gambar mengerikan. Seingatku, aku pernah ngoceh di kedua akunku. Maaf banget, bukannya aku bermaksud melarang orang-orang untuk sharing. Aku cuma mau ngoceh. Itu saja. Dengan ngoceh, setidaknya, aku merasa lebih lapang.
Sebetulnya, sharing seperti apa sih yang sampai membuatku sangat keki? Ini berkaitan dengan ketakutanku dan kesulitanku melupakan sesuatu. Aku sangat benci gambar-gambar mengerikan. Gambar korban perang, berdarah-darah, lebam, nggak berbentuk, ngetiknya saja sudah bikin merinding. Tapi, yang paling aku nggak tahan adalah gambar hole, terlebih kalau jamak, dan aku nyaris kena serangan jantung kalau hole itu ON THE SKIN!!! God, itu bisa kebayang-bayang sampai berminggu-minggu. Merinding, sesak napas, berasa jantung nggak mompa darah dengan benar. Help me please!
Abaikan penggunaan bahasa Inggris yang acak-acakan itu. Kalau menggunakan bahasa Indonesia, rasanya makin nyata. Hiiiiihhh huuuuhhh….
Gara-gara sharing itu, aku sampai buka link yang di-share oleh orang lain yang tepat di bawahnya. Dalam keadaan normal, aku nggak akan buka link itu. Judul dan gambar depannya saja sudah dirty. Dalam keadaan panik seperti tadi (sekarang juga masih), kupikir hal dirty bisa mengalihkan pikiranku. Untungnya keluguanku masih terlindungi karena gambarnya nggak terlihat. Lalu, aku juga langsung cari gambar lain yang bikin hati lebih adem.
Yaaahh… Suka-suka setiap orang mau nge-share apa di medsosnya. Tapi, suka-suka aku juga untuk unfollow dan unfriend. Di Facebook, biasanya aku unfollow dulu. Kalau suatu hari entah gimana aku nemu akun orang itu news feed atau aku harus menyambangi akun orang itu dan ternyata dia nge-share yang nggak mau aku lihat lagi, ya suka-suka aku mau ku-unfriend. Aku orangnya nggak suka banyak bicara, apalagi basa-basi, jadi tanpa teguran apa pun, langsunglah berbuat sesuatu.
Aku juga mungkin pernah nge-share sesuatu yang bikin orang takut atau nyaris kena serangan jantung. Tapi, sekarang aku pikir-pikir dulu kalau mau share apa pun. Mungkin sekarang juga masih ada hal yang aku share yang membuat kalian nyaris gagal jantung, nggak apa-apa kalau mau unfriend aku. Kalau mau negur juga nggak apa.
Buat teman-teman Facebook-ku tercinta, tolong kalau mau share apa pun dipikir dulu ya. Lagipula, bukan hanya masalah gambar, banyak hal hoax beredar di dunia maya. Tapi… yaaa mending yang bikin artikel di Facebook, nggak usah pakai foto deh. Kalau kata-kata nancep, nggak perlu foto juga bisa. Broadcast spam di BBM saja bisa bikin orang percaya padahal tanpa foto. Kalau mau pakai foto, atuh plis jangan foto gambar nyereminnya. Foto meme kek, atau tulisan “WASPADA bla bla bla” kek. Kalau mau nampilin fotonya, bisa pakai link lagi, jadi yang kepo bisa klik link itu, yang nggak mau liat bisa aman. Biar nggak horror.

Well, dunia maya mungkin dunia masing-masing individu, terserah mau membangun dunia seperti apa, tapi terserah individu lain untuk membuat benteng seperti apa agar tidak ada serangan dari luar.

You may also like...

5 Comments

  1. hole di skin? Hm… phobia bolong-bolong ya? sama kaya aku. Hihihi… aku setuju juga sih, share yang mengerikan. Biasanya aku cuma hide timeline aja. Kalau sering bgt orang itu share begitu, aku unfollow kalau org yg masih aku kenal dan dekat. Tapi bakal langsung aku unfriend kalau aku gak gitu kenal.

    selain gambar foto, orang yang terlalu banyak ngegalau, banyak ngeluh, marah-marahin sesuatu tanpa solusi, juga aku perlakukan gitu. Soalnya berandaku jadi ada aura negatifnya. Online pengen cari inspirasi, sharing yang bermanfaat, bukan mau baca hal yang gak ada guanya. Apalagi masalah pribadi.

    Share poto selfie jugak. Akakakakakak…satu dua gak masalah. Kalau sering bosen juga. >_<

  2. apaan sih mbak? lah malah nanya. tp jujur saya ga gitu paham yg dimaksud cuma paham kl phobia tertentu gitu.

    biasanya yg banjir hoax itu kl nyangkut soal kesehatan ya. pernah dpt pesan di inbox soal jangan makan ini dengan itu nanti begini. jangan makan anu sesudah makan inu ntar begono. duh malah bingung saya.

  3. Uniek Kaswarganti

    iya, saya juga suka keinget2 terus klo dah pernah ngeliat yg mengerikan di FB

  4. Saya paling sebel kalo share berita hoax dan disturbing picture :'D atau pocongan pas udah malem-malem

  5. Paling sebel pas ada perang gambar. -,- Gambarnya aneh-anah, gak mutu, ada yang jorok pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *