Reportage

Nabung Uang Nganggur di Ponsel, Yuk! Bareng SOBATKU

Tes … Tes … 123 …

Kamu punya uang nganggur? Nggak? Masa, sih? Kamu punya uang kembalian jajan dari swalayan, ‘kan? Itu juga bisa disebut uang nganggur. Biasanya, kalau nggak dimasukkan ke rekening lagi, terus saja berputar dipakai jajan lagi. Sedikit-sedikit beli es krim. Sedikit-sedikit beli kue. Iya, ‘kan? Eh, itu aku sih. Hehe.

Tapi, bisa ‘kan ya nabung uang nganggur. Yaa, daripada “nabung” di bawah kulit alias sang es krim dan sang kue jadi lemak, mending uangnya ditabung. Bukan nabung di rekening bank. Masa Rp20.000 saja mesti ke bank. Bukan juga nabung di celengan. Itu sih masih beresiko mudah dibongkar. Ini tuh nabungnya di smartphone.

Nabung di Smartphone

Apa yang kamu pikir dengan “nabung di smartphone“? Bukan dalam bentuk pulsa loh, ya. Ini uang sungguhan yang kamu tabung.

Jadi, bulan 3 bulan lalu, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna meluncurkan Simpanan Online Sahabatku atau singkatnya SOBATKU. SOBATKU ini semacam tabungan online. Aplikasinya bisa di-download di Play Store dan App Store.

Cara daftarnya mudah banget. Cuma perlu data-data standar, termasuk nama ibu kandung. Juga, nomor KTP dan foto KTP. 5 menit sudah bisa punya akun tabungan baru yang ada di ponsel.

Nomor rekeningnya adalah nomor ponsel yang kita daftarkan saat registrasi. Jadi, pastikan yang kamu masukkan itu bukan nomor sekali pakai alias nomor yang cuma diambil kuotanya saja.

Cara nabungnya gimana?ย 

Ada 4 cara menabung.

Aplikasi sobatku

Pertama, nabungnya bisa melalui transfer rekening dari akun bank yang sudah kita punya.

Kedua, melalui Alfamart. Di Alfamart, kamu hanya perlu bilang: Top Up Loket Sahabat. Kasih tahu juga berapa nominal yang ingin ditabung. Minimal Rp50.000, maksimal Rp2.000.000.

Ketiga, melalui Cabang Sahabat UKM. Tinggal bilang saja kamu mau setor tunai SOBATKU. Informasi UKM mana saja yang menjadi mitra, ada di aplikasinya, ya.

Keempat, nabung melalui teman. Kalau kebetulan kamu punya teman yang pakai aplikasi SOBATKU dan saldonya agak banyak, bisa saja minta transfer dari dia. Kamu tinggal kasih uang tunai ke dia.

Aman

Aku sudah buat akun SOBATKU. Begitu mau masuk ke aplikasi untuk kedua kalinya, ternyata kembali ke halaman depan. Harus memasukkan nomor rekening (nomor ponsel) dan password lagi.

Menurutku, ini salah satu keamanan, ya. Kalau ponsel lagi dipinjam orang, nggak akan bisa deh dia iseng memakai saldo SOBATKU punya kita. ‘Kan perlu tau password.

Gratis dan Untung Banyak

Mendengar yang serba gratis saja, telingaku bisa langsung tegak. Apa lagi, kalau gratis dan untungnya bisa banyak.

Jadi tuh, nabung di aplikasi SOBATKU ini gratis. Gratis biaya administrasi. Jadi, nggak takut rugi karena tiap bulan harus dipotong biaya admin.

Selain gratis biaya administrasi, di SOBATKU ini nggak ada saldo minimal. Jadi, kalau lagi jarang nabung, saldo Rp0 pun nggak masalah. Akunnya masih akan tetap ada.

Yaaa, saldo Rp0 nggak masalah untuk akun. Tapi, memangnya nggak masalah buat kamunya juga? Sayang banget kalau saldo tabungan sampai segitu. Sedih, Gaeess. Amit-amit.

Daripada bersedih, ‘kan mending rajin menabung, ya. Tiap 3 bulan sekali, ada undian milyaran rupiahย untuk para pemilik akun. Nggak tanggung-tanggung ada grand prize Rp100juta yang bisa dibawa pulang. Undian ini dihiting berdasarkan saldo per tiga bulan.

Nggak cuma Rp100juta, ada juga beberapa undian yang … nggak seberapa sih dibanding Rp100juta, tapi lumayan buat jajan bakso. Beberapa di antaranya tuh Rp1.0000.000 untuk 10 pemenang dan Rp5.000.000 untuk 3 pemenang. Undian ini juga 3 bulan sekali.

Pengundian pertama sudah dilakukan beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 12 Oktober 2017. Aku nggak begitu ingat pemenang sejuta dan 5 juta. Para pemenang nggak hadir di acara tersebut. Walau begitu, kemenangan nggak dianulir kok. Tetap milik mereka karena nanti akan dihubungi oleh pihak SOBATKU.

Pemenang 100 juta kebetulan memang hadir di acara tersebut. Beliau seorang office boy. Beruntung, ya?

Pengundian ini disaksikan oleh Pejabat Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kementrian Sosial RI, Polsek Setiabudi, Notaris, undangan, dan anggota serta calon anggota KSP Sahabat Mitra Sejati.

Undian selanjutnya, tentu akan berlangsung 3 bulan lagi. Jadi, mau nggak nih bikin akun?

Di era Fintech ini, makin banyak cara untuk mengelola uang. Salah satunya dengan menabung di aplikasi SOBATKU ini. Aliran uang keluar-masuk pun akan lebih mudah terpantau dalam genggaman. SOBATKU bisa menjadi salah satu pilihan sahabat finansial. ๐Ÿ˜„

 

 

 

10 Comments

  1. Eh, aku pernah punya loh akun sobatku ini, ngambilnya ckp mudah di Alfamart, gaknperlu ribet nyari ATM lagi gitu deh….

  2. debby

    huwaaaaaaa… langsung tergiurrrrrr

  3. Aku mau masukin fee blogging ke akun SOBATKU aja deh. haha
    Siapa tau dapat kesempatan menang undian. Daripada uangnya habis buat jajan es krim kann ๐Ÿ˜€

    1. wah ini ide yang bagus…
      aku juga ikutan ah

  4. Nabung di smartphone bisa untung milyaran? Kece banget yaa sobatku. Pasti ikut deg2an liat pengundiannya

  5. Beruntung banget yang bisa dapet 100 jutaaa, heuheu…

  6. Aku udah pake, mbak.
    Asli enakeun. Praktis banget. Apalagi Alfamart dan Alfamidi sekarang udah ada di mana-mana nih.

  7. Menarik ulasannya diawali dari tes 1 2 3 lalu lengkap bener penjelasannya

  8. Fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Sobatku ini emang mantap banget ya mbak. Saya tergiur sama doorprizenya nih

  9. Iya nabung di sobatku berasa smartphone jadi buku tabungan ya… nabung di hape hehe

Leave a Reply

Required fields are marked*