Health

Beberapa Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Diabetes

makanan pencegah diabetes

Penyakit gula atau yang biasa juga kita sebut dengan penyakit diabetes merupakan kategori penyakit yang tergolong berat. Walau begitu, faktanya ada beberapa cara menjaga gula darah yang bisa dilakukan oleh banyak orang untuk mencegah dan mengobatinya.

Salah satu di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes. Berikut ini dipaparkan beberapa makanan yang bisa mencegah penyakit diabetes:

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Zat ini berguna untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa dikatakan sebagai salah satu pemicu resistensi insulin, sehingga sayuran hijau bisa membantu mengurangi resiko tersebut.

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa banyak jenis kategori sayuran hijau yang dapat dikonsumsi setiap hari. Makanan sehat ini merupakan makanan yang sangat mudah sekali untuk didapatkan. Harganya pun relatif sangat murah, baik ketika membeli di swalayan maupun pasar tradisional. Berbagai macam jenis sayuran yang dapat anda pilih diantaranya seperti bayam, sawi, kubis, brokoli serta berbagai macam jenis sayuran hijau lainnya.

Ikan

Cara menjaga gula darah

Menurut ahli kesehatan, mengkonsumsi daging ikan bisa meningkatkan sensitivitas insulin menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tersebut. Jadi, salah satu cara menjaga gula darah normal dan mencegah diabetes adalah dengan menyediakan menu makanan yang di dalamnya ada daging ikan sebagai makanan sehari-hari.

Walau begitu, perlu diingat untuk mengolahnya menjadi suatu makanan yang baik seperti dikukus dan beberapa pengolahan lainnya yang direkomendasikan ahli kesehatan.

Berries

Strawberry, blackberry, blueberry adalah buah-buahan yang menyegarkan. Selain itu, buah-buahan ini juga kaya serat dan antioksidan. Berries juga mempunyai indeks glikemi yang relatif rendah sehingga kemungkinan tidak akan meningkatkan resiko diabetes.

Kacang-kacangan

Cara menjaga gula darah

Kacang-kacangan kaya akan serat dan dan dapat mengurangi blood sugar. Sumber makanan ini juga kaya akan protein yang penting bagi tubuh. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih antara lain pistachio, hazelnut, walnut, pecans, dan kacang mede.

Makanan sehat memang perlu, tapi jangan lupa juga untuk rutin melakukan medical check up untuk memantau perkembangan gula darah di dalam tubuh.

You may also like...

3 Comments

  1. blackberry, blueberry ini agak susah dtemukan dan harganya cenderung agak mahal ya mba. Kalau strawberry lebih mudah ditemukan dan harganya terjangkau pula. Yuk kita cegah diabetes ya mba

  2. Suka makan semuanya, tp medical check up yg belum rutin eh blum pernah deh

  3. […] yang mempunyai pola makan tidak teratur atau terlalu sedikit, rentan hipoglikemia. Ini bisa terjadi pada orang tanpa diabetes […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *