Opinion

Belajar Parenting, Writing, dan Positive Thinking Ala MomaLiza │ Sabtu Kenalan

 

Selamat hari Sabtu!

Tadinya, aku tidak akan membuat Sabtu Kenalan baru sampai giveaway di Sabtu Kenalan sebelumnya berakhir. Tapi, tidak apa, deh. deadline giveaway besok, kok. Sudah ikutan belum? Kalau belum, cuss meluncur ke Sabtu Kenalan dengan Mbak Leyla Hana. 

Tapi, baca postingan ini dulu, yaaa. ^^

Sabtu Kenalan kali ini masih 11-12 temanya. Kita akan kenalan lagi dengan seorang mom yang juga aktif di dunia kepenulisan. Bukan hanya menulis blog, melainkan juga menulis buku. Karya-karyanya sebagian besar tentang parenting. Ada juga tulisan-tulisan yang mengajak pembacanya untuk positive thinking.

Jadi, Sabtu Kenalan kali ini, kita akan mengulik Mbak Liza Permasih, dengan blognya yang berjudul MomaLiza. Alamat blog beliau adalah www.lizapermasih.com.
Mbak Liza adalah seorang ibu dari enam orang anak. Iya, enam, e-n-a-m. Tidak perlu di-bold segala, kan?
Sebagai anak zaman sekarang, aku langsung berpikir, “Wow, amazing.” Tahu, kan, keluarga zaman sekarang, jumlah anaknya seperti lirik lagu Sayang Semuanya (nggak tahu judul aslinya apa). 1.. 2… 3…Sayang Semuanya.

Aku saja hanya dua bersaudara. Dan itu kayaknya sudah rungsing. Lol.

Katanya, sih, Mbak Liza tidak ada trik khusus membagi waktu dan tenaga untuk mengasuh krucilsnya. Kan sudah tidak digendong. Hehe. Mungkin yang membuat riweuh hanya ketika antar-jemput sekolah. *teringat film apa gitu yang ceritanya anaknya banyak*

Aku jadi kebayang ramainya rumah Mbak Liza. Aku punya teman yang anak kedua dari enam bersaudara. Bukan semuanya anak kandung, sih, tapi mereka akrab. Kalau semua di rumah, jadi seperti asrama putri. Berbeda dengan di rumahku yang sepi. Satu rumah, tapi jarang bertemu. *malah curcol*

Postingan-postingan Mbak Liza tentang parenting umumnya tidak panjang kali lebar kali tinggi. Walaupun begitu, hubungan sebab-akibat tidak terlewatkan. Kenapa anak begini, ya disebabkan ini. Kalau melakukan itu pada anak, ya bisa ada akibatnya. Semua terangkum dalam postingan yang singkat dan padat.

Misalnya, postingan 10 Alasan Mengapa Sekolah Taman Kanak-kanak Itu Penting Bagi Perkembangan Anak. Ada 10 poin yang dibahas. Aku, sih, membayangkannya tulisan ini pasti panjang. 10 gitu, loh. Begitu aku buka, ternyata cukup singkat, tapi bisa membuatku manggut-manggut.

Dari MomaLiza, aku juga baru tahu ada yang namanya keracunan ASI. What? ASI bikin keracunan? Aku baru tahu. Postingan ini disatukan dengan cerita keracunan es krim. Kalau es krim, mungkin biasa. Namanya juga produk luar. ASI kan produk internal. Aku jadi googling tentang keracunan ASI. Terus, aku pusing baca semua artikel itu.

Selain menjadi ibu rumah tangga, Mbak Liza juga tidak meninggalkan mimpinya sebagai penulis. Mbak Liza masih sering menulis. Kadang Mbak Liza memasukkan karyanya yang dimuat di media. Dari sini, kita bisa belajar bagaimana, sih, karya yang diterima di media? Bahasa kerennya, dianalisis. Sambil membaca postingan tersebut, sambil memperkirakan tulisan seperti apa yang diinginkan oleh media.

Mbak Liza juga sudah mengeluarkan beberapa buku. Ada 3 buku parenting dan 4 buku inspiratif. Buku parenting terbarunya berjudul Nyebur ke Dunia Anak yang diterbitkan Kaba Media Internusa. Buku inspiratif terbarunya berjudul Berpikir Positif yang diterbitkan GPU di tahun 2014. Kalau mau tahu buku lain yang sudah ditulis Mbak Liza, cuss ke blognya.

Beberapa kisah inspiratif dituliskan Mbak Liza di MomaLiza. Ini bisa menjadi pencerahan kalau sedang bad mood. Daripada blaming the world, mending baca tulisan MomaLiza. Hehe.

Tulisan pertama di blog MomaLiza adalah tahun 2014 (berdasarkan yang aku lihat sampai mentok). Berarti, Mbak Liza lebih dulu merambah media cetak daripada online, ya. Sejak saat itu, blog ini cukup fokus dengan dunia pendidikan anak, kisah inspiratif, dan terkadang ada beberapa karya Mbak Liza yang sudah dipublikasikan di media cetak juga nongol di sana. MomaLiza bisa dibilang merupakan blog yang cukup sering update. Mbak Liza kok produktif banget, sih? *ngelirik blog sendiri**ambil sapu*

Selain melalui blog MomaLiza,, Mbak Liza juga bisa ditemui di Twitter @LizaArjanto dan Facebook Liza P Arjanto. Kalau perlu kontaknya yang lebih private, bisa intip di bagian “Tentang Penulis” MomaLiza.

So, salam kenal untuk MomaLiza. ^^

 

You may also like...

4 Comments

  1. Trims yaaaa tuk ulasannya yang padat dan berisi…

  2. laili umdatul khoirurosida

    Wah aku udah BW ke blog blog yang bahas moma liza, dan semua mem-bold-kan tulisannya pada titik kata "sudah punya 6 anak"
    Wahaha. Amazing sekali memang, bisa seproduktif itu meskipun jadi mommy dengan banyak anak..

  3. iyaa..ENAM pake capital, woow banget!

    ahh, emang sosok yang menginspirasi banget, keren abis niy Mba Liza.
    saluut..luar biasa disamping mengasuh ke enam buah hatinya, masih aja produktif!

  4. MomLiza memang inspiratif ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *