Kalau istilah “blogger” mengacu pada semua orang yang mempunyai blog, mungkin aku termasuk “blogger tua”. Pertama kali aku mempunyai blog ketika masih SMA. Waktu itu, ada tugas membuat blog.
Sejak berkenalan dengan blog, aku langsung suka. Dari sekadar tugas, aku lanjut ngeblog. Aku lupa nama blog pertamaku. Yang pasti, aku menggunakan blogspot. Aku juga lupa apa isi blog itu, mungkin hal-hal kurang penting.
Kemudian, aku sadar, blog bisa dibaca semua orang. Aku mau blogku dibaca orang lain. Aku mau ketika orang lain mencari sesuatu di Google, blogku muncul. Waktu itu, aku jarang menggunakan nama asli di dunia maya, jadi hal itu bukan demi eksistensi. Aku cuma mau ada orang yang membaca blogku. Titik.
Kebetulan, aku berkenalan dengan WordPress. Aku pun membuat blog baru. Blog itu bertema dua hal yang paling kusuka: Harry Potter dan Naruto. Ada sih yang baca, tapi aku merasa ada sesuatu yang kurang.
Memangnya hal kayak gitu berguna? Berguna bagi lovers, tapi kurang berguna bagi yang lain. Aku mau tulisanku berguna bagi orang lain. Satu-satunya hal yang terpikirkan olehku adalah membuat catatan pelajaran. Aku sering Googling tentang pelajaran, mungkin siswa lain juga. Sayangnya, dari hasil Googling-ku, biasanya kurang lengkap, terlalu ilmiah, atau bertele-tele. So, aku mau menjawab ketidakpuasanku sendiri. Aku membuat blog pelajaran. Isinya kuambil dari buku atau penjelasan guru.
Sayangnya, nulis pelajaran di blog itu susah. Kalau cuma paragraf sih gampang, tapi nggak menarik. Niatku kan supaya pembaca mudah menemukan inti. Kalau mau bikin tulisan yang nggak kayak buku pelajaran, malah bikin waktu belajarku berkurang. Akhirnya, blog itu terbengkalai.
Ngeblog emang bikin nagih. Aku bikin blog baru untuk pelampiasan ide-ideku. Tadinya mau menguarkan aura positif, tapi ujung-ujungnya jadi tempat curhat. Lupa dengan keinginan berguna bagi orang lain. LOL.
Sering main di medsos bikin aku kenal komunitas blogger. Aku join dan langsung merasa… APALAH AKU INI!? Bloggers lain ngeblog sesuatu yang BETUL-BETUL berguna, sedangkan aku…
Aku pun tersentil kembali ke jalan lurus.
Aku lalu mengetahui blogging bisa menambah penghasilan. Aku mau! Sayangnya, berhubung belum seeksis Emak Gaoel, aku harus mengesampingkan keinginan menjadikan blog sebagai ladang emas. Aku mau fokus sharing-sharingdulu. Lagian, kata Dewa Eka Prayoga, “Sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian.” Mungkin kalau sering sharing, blogku bisa dilirik sponsor.
Ih, ngarep! Biarin, Go For It aja lah.

 

 

Pokoknya, aku ingin menghasilkan tulisan yang bisa memberi aura positif dan berguna! Setidaknya, berguna untuk melepas kepenatan dengan membaca tulisan penting-nggak-penting setelah berkutat dengan beragam masalah.
Aku menulis hal yang kualami, kurasakan, kuinginkan, atau apa pun, dengan berusaha memasukkan sesuatu yang positif. Ada yang bilang orang-orang suka baca cerita. Aku selalu berprinsip selalu ada hal positif dalam setiap kisah. Walaupun aku masih sering curhat di blog, semoga curhatanku bisa dijadikan pelajaran. Maksa buat jadi positif banget, ya? Emang, tapi betul, kan?. 😛
Supaya orang-orang tahu apa yang kutulis, aku share tulisanku di medsos, termasuk ke grup dan mention komunitas.
Aku belajar bikin headline supaya orang mau membuka url-ku. Aku juga belajar bikin postingan lebih menarik pakai gambar. Sebagus apa pun tulisan, kalau sekilas nggak menarik, bisa bikin orang malas membacanya. Ini blog, bukan novel.
Then…
Tebak, aplikasi apa aja yang kupakai buat blogging, termasuk bikin postingan ini.
Jawabannya adalah…

Mozilla, MS Word, Shipping Tool

Mozilla untuk mem-publish tulisan. Juga untuk nyari-nyari gambar. Kenapa Mozilla? Karena yang langsung ter-install di laptop cuma Internet Explorer dan Mozilla. Mozilla lebih cepat loading daripada IE.
MS Word, pasti buat ngetik dan menghitung jumlah kata. Aku memakai Word untuk mengedit gambar juga. Bikin banner, pictquotes, segala rupa di Word. Kan ada tool Shape dan Picture Formatting. Semua gambar di postingan ini, aku buat di Word.

Karena MS Word nggak bisa langsung ngesave JPEG, dipotong pakai Snipping Tool.

Aku selalu blogging di laptop. Dulu pernah blogging di smartphone, tapi nguras emosi. Biar rapi, mesti edit-edit html. Nggak mungkin juga edit gambar. Memori smartphone-ku keciiiil. Dipakai aplikasi chatting aja penuh. Dia juga cepat panas. Maklum, udah 4 tahun. Tapi, jangan bilang-bilang dia aku berkata begitu. Nanti dia ngambek lalu sakit, kemudian aku galau tanpanya.
Aku bilang smartphone-ku begitu bukan karena postingan ini diikutkan lomba berhadiah smartphone loh. Itu hanya curcol belaka.
Anyway, emang betul postingan ini untuk lomba. Makasih, ya, udah mampir.

Go For It Blog Competition

You may also like...

14 Comments

  1. kata2nya Dewa Eka lho, buatku pengen ngelakuin tapi apa daya belum kesampayan, sharing2nya masih tersendat2..btw blogging syndromenya aku masuk ke stadium berapa ya? *garuk2 kepala yg tidak gatal* 😀

  2. Intan Novriza Kamala Sari

    Aku malah baru kenal dunia blog tahun 2012an mak 😀

  3. Sukses buat lomba nya yaa! aku juga baru bikin pas smp tahun 2013.

  4. Blogku masih ngasilin perunggu ni blum mpe emas :p

  5. (sulis) bunda raka-alya

    Mbak smartphone ku juga cepat panas… Oh ya, aku stadium berapa yaa…hi..hi jadi minder nih

  6. waduh mantap mbak kata-kata yang ini "Tapi, jangan bilang-bilang dia aku berkata begitu. Nanti dia ngambek lalu sakit, kemudian aku galau tanpanya".

  7. Semangat, mbak! Aku juga lagi berusaha supaya konsisten. ^^

  8. Yang penting bukan kapan kenalnya kok, mak. Yang penting bisa langsung terkenal. Hehe.

  9. Aamiin. Waaah, anak smp jaman sekarang memang keren. 😀

  10. Senasib. Heuheu. Kalau mbak aja minder apalagi aku. Tapi, aku mah pede-pedein aja lah. 😀

  11. Nggak apa, mbak. Mending perunggu satu ton daripada emas satu gram. Hihi.

  12. Hehehe. ^^v

  13. AKu masih balita banget soal blog, blm genap setahun bikinnya hicks. Harus banyak belajar biar kayak Mbak Afifah ^_^

  14. Terbalik, mbak. Saya yang harusnya banyak belajar biar kayak mbak. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *