Beberapa kali aku diundang ke suatu acara yang menyediakan konsumsi beragam dessert. Salah satu dessert yang sering muncul adalah chocolate mousse. Dessert coklat satu ini unik, menurutku. Chocolate mousse memberikan sensasi lembut coklat yang meleleh. Akhirnya, aku pun mencari resep chocolate mousse sederhana. Lalu, aku buat dengan rice cooker saja. Rice cooker Cosmos CRJ-6288.

Resep chocolate mousse tanpa telur

Menurutku, chocolate mousse bisa menjadi sajian unik saat Lebaran. Kue kering tentu nggak boleh ketinggalan. Cake pun terkadang ada. Tapi, gimana kalau sajian ditambah sesuatu yang berbeda?

Jadi, aku rasa, chocolate mousse bisa menjadi pilihan.

Aku pun mencari resep chocolate mousse. Bahan-bahannya sederhana. Pembuatannya pun sederhana. Tapi, ada satu masalah: chocolate mousse memakai putih telur mentah.

Yup, ternyata chocolate mousse nggak dimasak dengan api.

Mungkin panasnya mixer bisa membuat putih telur agak sedikit matang, tapi aku mana tega membuatnya. Kalau di restoran, mungkin mereka berani membuat chocolate mousse karena hygiene tempat bekerja sangat terjaga. Tapi, bagaimana dengan dapur rumah?

Hayo, ngaku. Siapa yang dapurnya bersih, indah, tak bernoda? Hihi.

Dapur rumahku sih aku akui mungkin belum sebersih dapur industri. Jadi, untuk menyajikan makanan berbahan hewani yang nggak dimasak dengan api, nanti dulu deh.

Lalu, aku mencari resep chocolate mousse tanpa telur. Ada loh ternyata. Sayangnya, bahannya nggak ada di rumahku. Lol.

Ya sudah, aku mencari alternatif lain.

Lalu, muncullah ide ini.

Inspirasi dari Masa Kecil

Waktu kecil, kalian pernah nggak pengen memakan adonan cake yang belum dimasak? Adonan yang masih cair meleleh tampak sangat menggoda. Belum dimasak pun aromanya sudah enak.

Aku baru tahu ada beberapa orang yang waktu kecil diperbolehkan mencicipi adonan mentah itu. Aku sih mana boleh. Kan adonannya pakai telur. Telurnya masih mentah.

Lalu, aku pikir, “Hei, kenapa nggak bikin yang seperti itu tapi edible?”

Kemudian, aku terpikirkan sesuatu. Bahkan, sebelum dieksekusi, aku sudah yakin resep ini aku mudah. Tinggal campur-campur lalu dimasak. Bahkan, campur-campurnya tanpa mixer juga. Masaknya juga cuma perlu rice cooker.

Resep kue rice cooker

Akhirnya, aku membuat adonan yang mirip adonan kue, tapi tanpa telur. Kenapa tanpa telur?

Kue atau dessert yang akan aku buat memang akan dimasak. Jadi, bukan alasan takut telur mentah. Tapi, telur kan cepat matang. Nah, kalau pakai telur, bisa-bisa adonan akan cepat menyatu seperti kue betulan. Jadi, telur nggak dibutuhkan di sini.

Let’s Try!

So, aku menyiapkan tepung terigu, gula pasir, dan tentunya coklat bubuk. Nggak lupa juga butter atau margarin. Aku pakai butter margarine, anyway. Aku juga memakai baking powder, berharap baking powder menghasilkan tekstur tertentu pada dessert ini.

Semua bahan itu diaduk hingga memasir. Nggak perlu memasir banget, sih. Yang penting cukup tercampur rata.

Resep chocolate mousse tanpa telur

Nah, semua itu kan bahan kering. Walau margarin nggak kering-kering amat, tetap saja kalau dicampur semua akan kering. Jadi, butuh cairan dong.

Aku memakai susu cair. Mungkin bisa memakai air biasa, tapi aku mau rasa yang lebih creamy.

Nah, aduk-aduk deh. Ini bagian yang menggoda banget! Aromanya luaaaarrrr biasa. Wujud visualnya juga mulai tampak indah. Coklat meleleh.

Kalau bikinnya malam hari, mungkin sudah aku colek. Haha.

Kalau semua sudah tercampur, tinggal masukkan ke rice cooker, deh. Sebelumnya, aku juga mengoleskan margarin. Antisapi saja, sih, supaya lebih mudah pada proses selanjutnya.

Aku juga menambahkan choco chips supaya semakin nyoklat.

Resep chocolate mousse tanpa telur

Setelah itu, tinggal ditekan deh tombol cook di rice cooker. Pastikan colokannya sudah tersambung, ya. Haha.

Mungkin setiap rice cooker mempunyai pengaturan berbeda. Punyaku sekitar 10-15 menit sudah kembali ke warm.

Kalau sudah kembali ke warm, aduk supaya bagian bawah nggak membentuk kue. Kalau membentuk kue nanti nanti malah jadi bolu. Hehe.

Setelah itu, tekan cook lagi. Setelah warm lagi, aduk lagi.

Lakukan hal seperti itu beberapa kali sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan. Bisa 2-3 kali. Aku sih sukanya yang bertekstur kira-kira begini.

 

Soal Rice Cooker

Oh, ya, aku sih pas mengaduk selalu mengeluarkan panci rice cooker. Jadi, bukan di dalam mesin rice cooker. Biar lebih enak mengaduknya dan nggak panas. Colokannya juga dicabut tentunya demi keamanan.

Panci rice cooker-ku punya handle atau pegangan di kiri dan kanannya. Jadi, kalau mau mengeluarkannya, mudah saja.

Rice cooker cosmos spektrum

Aku juga nggak khawatir lapisan panci tersebut tergores-gores karena yang aku pakai adalah rice cooker anti gores. Antigoresnya menggunakan teknologi khusus bernama Harmond. Teknologi ini menjadikan lapisan inner panci rice cooker antigores, nggak mengelupas, dan tahan lama. Makanan juga jadi aman dari bahan lapisan yang mengelupas.

Malah, katanya, lapisan ini bikin panci rice cooker nggak tergores walau disikat dengan sikat baja. Tapi, yah, aku sih tetap mengaduk dengan sendok plastik. Kan panas kalau pakai sendok logam.

Waktu mencuci juga nggak perlu pakai sikat kawat karena pakai spons lembut juga cukup.

Rice cooker apa, sih?

Rice Cooker Cosmos Spektrum Series. Tipe Tipe CRJ-6288. Watt-nya 400 Watt. Desainnya minimalis, makanya aku langsung suka pada pandangan pertama. Kan kalau milih rice cooker, yang pertama dilihat modelnya, ya. Hehe.

Kali saja mau samaan sama aku (ge-er, sih), rice cooker ini bisa dibeli di toko elektronik, supermarket, atau di official store Cosmos di marketplace kayak Bukalapak, Lazada Shopee, dan Tokopedia.

Jadi, setelah proses cook-warm-aduk sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan, chocolate mousse tanpa telur ala rice cooker siap disajikan.

Ingat, ya. Pas ngaduk, pastikan rice cooker nggak terhubung ke listrik. Ngaduknya juga pakai sendok nonlogam. Biar aman.

Aku pernah kesetrum sedikit karena lupa mau ngambil nasi pakai sendok logam dan rice cooker dalam keadaan tersambung ke listrik. Huhu. Bukan rice cooker Cosmos ini, sih. Rice cooker lama (yang lapisan pancinya sudah baret-baret makanya ganti baru). Tapi, tetap saja aku nggak mau melakukan hal yang sama lagi.

Aku malah curhat. Haha.

Ya sudah, ini resep yang (mungkin) yang lebih terstruktur ketimbang penjelasan panjangku tadi.

Resep Chocolate Mousse Tanpa Telur Ala Rice Cooker 

Bahan:

150 gram tepung terigu (protein sedang)

200 gram gula pasir

30-45 gram coklat bubuk (jangan kebanyakan, nanti pahit)

50 gram butter/margarin

2 sdt baking powder

200 mL susu cair

Choco chips secukupnya

Cara membuat:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, baking powder, dan butter/margarin hingga memasir.

2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk.

3. Masukkan adonan ke dalam rice cooker yang sudah diolesi margarin. Beri choco chips

4. Tekan tombol cook. Kalau sudah pindah ke warm, angkat/matikan rice cooker (I did both). Aduk adonan, lalu tekan lagi tombol cook agar matang merata.

5. Ulangi langkah 4 hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

6. Siap disajikan.

Jadi, gimana? Semoga resep chocolate mousse tanpa telur ala rice cooker ini bisa menjadi inspirasi kue Lebaran yang unik. Kalau mau cari resep-resep lain, di website www.cosmos.id juga ada. Ada tips dan info produk juga.

Yuklah, masak-masak buat Lebaran. Dan tetap kejar target ibadah Ramadan.

 

 

 

You may also like...

31 Comments

  1. Teteh aduh plis, itu kok coklatnya keliatnya enak banget yaah. Aku sampek laper nih liatnyaaa heuuu

  2. Cosmos memang paling berkualitas penanak nasinya, mau bikin kue sampai masak atau kukus juga bisa.

  3. Wah saya terlambat ini baca artikelnya. Hari min 2 mungkin masih bisa buat persiapan untuk lebaran. Tapi ini hari plus 2 aduh udah pada kemana orangnya hehehe.
    Tapi tetap resepnya saya saved kok. Besok-besok sudah kembali ke habitat siapa tahu bisa coba membuatnya juga. Hehehe

    1. Pas baca lagi ini saya di rumah mama. Beliau pakai ricecooker Cosmos juga lho. Saya lihtkan deh ini artikel dan katanya sok atuh coba buat. Yailah, semua maunya tinggal makan saja. Terima jadi hahaha

  4. Resepnya menarik nih, bisa dicoba deh di rumah untuk masak bareng wife

  5. Wuaaaa kebayang nih lumer banget di mulut pas makan coklatnya
    Enaaaaaaak
    Btw itu rice cooker kece banget yak

  6. Praktis banget masak ini mba. Selama ini aku pakai rice cooker hanya untuk bikin panasin nasi saja. Eh teryata bisa mencoba berbagai masakan ya mba 🙂

  7. Duuh…sangat menggoda euy.. Izin catat ya mba..tampaknya saya yg gak pinter masak ini bisa deh bikinnya..haha… TFS mba..

  8. Pengen mewek da lebaran hari ketiga gagal beli rice cooker Cosmos ini. Toko perabotan di sebelah BRI tutup dan suami bilang nanti saja belinya di pasar usai pulang dari Cibiuk. Eh, kami pulang kesorean dan banyak kios tutup. Ada yang buka sayang gak jual Cosmos jadi terpaksa beli merek lain yang ada. Sedih tak bisa praktik bikin resep seperti yang ditayangkan teman-teman di blog kala ngulas Cosmos. Semoga lain waktu ada rezeki agar bisa punya rice cooker Cosmos. Aamiin.
    Resep Teteh unik dan gampang, jadi pengen bikin. Ya, jika sudah punya rice cooker Cosmos.😘

  9. Cokelat di sendok merahnya menggugah selera banget buat langsung disantap.. Gak boleh dikit, wkwkw

  10. Belum pernah bikin chocolate mousse gini keliatannya nikmat. Rice cooker cosmos mantep jg yah mbak bisa bikin apa aja

  11. Aku suka buat chocolate mousse karena gampang yaaa .. enak dan praktis bangeet

  12. Tahun lalu galau tingkat kelurahan mau beli rice cooker merk apa padahal cosmos udah cucmey ya mba, sekarang jadi tahu juga ada rssep enak dibuat pake rice cooker cosmos asik nih jadi pengen bikin di rumah

  13. Aku pke cosmos juga tapi seri lama…ngiler nih sama produk terbaru cosmos..😍

  14. Kalau habis buat kue kering kan biasanya banyak tuh stock putih telur, bisa banget nih ya dimanfaatkan jadi hidangan yg satu ini, hohohoh.
    Makasih resepnya lho Mbak 🙂

  15. Huhuhu bakalan enak nih jadi menu camilan sore untuk suami dan anak.
    Masaknya juga mudah pakai Cosmos ya.

  16. Kadang akutuh suka hopeless kamu buat kue kue.. karena harus pakai oven dan membutuhkan daya listrik yang tinggi, ternyata anggapan saya salah banget ya selama ini.. membuat chocolate mousse gini bisa dibuat menggunakan rice cooker ya.. wah baru tahu aku, ini brand cosmos memang sudah lama ya mba dan semakin inovatif karena banyak yang puas dengan hasilnya

  17. Wah kreatif mbak, ala ala mousse gtu. Bos aya ternyata rice cookernya buat masaknya?
    Iya jd keinget adonan kue yang blm jd, aku jg suka sekali makannya sblm kuenya masuk panggangan, ketika msh kecil.
    Gak pakai telur ya. Jdnya simple dan hemat ya resepnya hehe

  18. PENGEN COBAAAAAA. aku nih ga kreatif mba. Rice cooker selama ini ya cuma buat masak nasi. Ternyata ga terlalu sulit ya bikin coklat mousse pake RC. Oke deh aku ikutin resepnya hehe

  19. aku tuh selalu kurang yakin sama apa yang dimasak di ricecooker selain nasi hahaha
    tapi abis liat postingan blognya
    foto-foto dan resep tulisannya
    jadi yakin banget dehhh…

  20. Supeeerr..
    Aku pengin bikin kue yang manis-manis begini…hhehe…tapi gigiku lagi bermasalah.
    Buat anak-anak yang pasti suka banget…

  21. Wow itu rice cookernya kece banget teknologi Harmondnya… tahan gores walau disikat baja gtu? Wuah jd pengen ganti rce cooker rasanya 😀

  22. Ini kreatif loh. Resepnya dan juga cara masaknya. Pakai rice cooker. Jadi bisa dicobain juga sih

  23. Ini bikinnya pake rice cooker ya. Enak banget ini, mau coba bikin ah

  24. Wah hasilnya bagus banget. Pastinya enak. Resepnya praktis lagi

  25. praktis banget buat dipraktekkan, apalagi buat anak kost yang peralatan masak seadanya begini

  26. Ahh, coklatnya bikin lumeerrr..
    Resep baru yang wajib dicoba nih. Apalagi aku pencinta cokelat*

  27. Wahh…resepnya coba2 ya. Memang seru bereksperimen apalgi klo berhasil. Oh iya aku kurang setunu poin pertama. Menurutku masak sendiri jauh lbh higienis dari rumah makan krn kita yg mengolah sendiri pastinya menjaga sekali kebersihan makanan dan tempatnya

  28. duh bentar lagi valentine, mau coba buat ah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *