kaboom

 

Gajah mati meninggalkan gadingnya. Harimau mati meninggalkan belangnya. Manusia mangkat meninggalkan apa?

Harta warisan? Kesdihan? Yah, pokoknya jangan sampai meninggalkan utang.

Lebih dari itu, manusia yang pergi bisa saja meninggalkan sesuatu yang akan membuatnya dikenang dalam waktu lama. Archimedes meninggalkan Hukum Archimedes dan kata “Eureka!”. Sir Arthur Conan Doyle meninggalkan karya serial detektif Sherlock Holmes. Nanti, kalau kita mati, mau meninggalkan apa?

Seorang blogger yang meninggal bisa saja menyisakan tulisan yang bermanfaat untuk banyak orang. Untuk itu, konten yang dibuat harus baik dan bagus. Curhat galau mungkin akan abadi di blog, tapi nama penulisnya mungkin akan tenggelam. Bisa saja, sih, penulis curhat terkenang terus kalau gayanya menulis sangat menarik.

Salah satu jejak yang bisa ditinggalkan seorang blogger adalah jejak kemanusiaan. Menulis untuk kemanusiaan. Misalnya saja, menulis masalah perempuan dan anak.

Seperti yang dibahas pada acara “The Power of Content“, 27 Oktober lalu, konten blog bisa menjadi sarana program perlindungan anak dan perempuan. Acara yang berlangsung di BINUS, FX Sudirman, ini menghadirkan Martha Simanjuntak, SE, MM (Ketua Pokja Serempak dan founder IWITA (Indonesia Women IT Awarness), Ina A Muwarni, MM, MBA (Deputi Head of Marketing BINUS Bussiness School, Jakarta), Maman Suherman (penulis buku best seller), Irwin Day (pengelola DNS Nawala), serta Ani Berta (Aktivis social media dan Sekjen IWITA).

0

Sejak tahun 2010, pemerintah dan masyarakat sudah mulai saling melakukan pendekatan untuk mengatasi masalah perempuan dan anak. Dukungan masyarakat akan sangat membantu kinerja pemerintah. Masyarakatlah yang paling dekat dengan kehidupan mereka dan tahu masalah yang terjadi.

Dengan meningkatnya teknologi, diharapkan akan terjadi peningkatan value. Diharapkan, teknologi bukan membawa pengaruh buruk dengan membuat pengguna terjerumus. Sebaliknya, teknologi harus bisa memberi informasi yang baik dan meminimalisasi masalah yang mungkin terjadi. Blogger diharapkan dapat menyebarkan virus positif terkait program perlindungan anak dan perempuan.

Salah satu program perlindungan anak dan perempuan yang dilakukan Serempak adalah 3ends: mengakhiri kekerasan terhadap anak dan perempuan, mengakhiri perdagangan manusia, mengakhiri ekonomi yang kurang stabil.

Setiap harinya, di Indonesia terjadi sekitar 35 kekerasan seksual. Indonesia pun sudah menjadi tujuan sex and phedophilia tourism. Bukan suatu prestasi yang patut dibanggakan. Di lain pihak, 50% TKI menjadi korban perdangan manusia.

Ekonomi menjadi salah satu faktor penyebab maraknya tindakan amoral. Perempuan sebetulnya mempunyai potensi untuk membangun ekonomi lebih baik. Kalau perempuan bisa mandiri, kemungkinan akan dapat meningkatkan tegaknya 3ends.

1

Menurut Pak Maman Suherman, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak seringkali tidak tertangani karena korban enggan melapor. Kadang-kadang, pihak lain justru menyudutkan korban. Sudah semestinya korban mendapat perlindungan yang layak. Tempat pengaduan pun dibuat seaman dan senyaman mungkin. Tempat pengaduan yang aman dan nyaman perlu dibuat di setiap Polsek supaya korban tidak takut mengadukan kekerasan.

Masalah kekerasan terhadap perempuan bukanlah masalah kaum perempuan belaka, tetapi juga masalah kemanusiaan. Kita sama-sama manusia, kan? Terlepas dari perbedaan gender. Bagaimana bisa menjahati sesama manusia? Bagaimana bisa tidak peduli dengan masalah yang banyak menghantui?

Di era digital ini, mengajak peduli terhadap masalah perempuan dan anak bisa dilakukan melalui banyak media, salah satunya melalui blog. Semakin kuat branding kita, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai apa yang kita tulis. Sebaliknya juga, dari apa yang kita tulis, bisa menjadi branding kita.

2

Ibu Ina A. Muwarni berbagi beberapa aturang branding:

1. Kenali audience

Mengenal audience akan memudahkan membuat tema. Dengan siapa kita ingin “berbicara”? Mengenal audience juga dapat membuat kita memilih gaya bahasa yang sesuai.

2. Konsisten terhadap tema dan bangun personality

Konsisten adalah suatu keharusan walaupun, pada praktiknya, hal tersebut mungkin yang paling sulit dilakukan.

3. Choose your blog name

Pilih nama yang mudah diingat dan tidak pasaran.

4. Choose color, font, logo, tagline

Warna seolah bisa menunjukkan personality. Setiap warna mempunyai arti. Walaupun begitu, bukan berarti warna menjadi suatu kebakuan. Setiap warna mempunyai banyak gradisi sehingga bisa disesuaikan dengan personality.

5. Selalu gunakan gambar

Gambar akan membuat tulisan lebih menarik. Gambar juga akan membuat informasi lebih mudah diserap. Memang, ketika melihat hanya tulisan, rasanya cepat bosan dan tiba-tiba saja informasi silih beterbangan. Gambar juga bisa menjadi branding, misalnya saja ada food blogger yang terkenal berkat gambar sate di berandanya.

Setelah brand dibangun, langkah selanjutnya adalah memasarkan brand. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan konsisten menulis, aktif di media sosial, blogwalking, menggunakan advertise dan analytics, serta dengan teknik SEO.

Konten yang baik adalah yang di-update dengan segera. Maksudnya, ketika selesai acara, reportase harus segera dibuat. Blogger diundang ke acara supaya nanti menuliskan reportase. Menurut Teh Ani Berta, reportase maksimal dibuat 2 hari setelah acara. Apalagi kalau acara itu bermanfaat untuk banyak orang, reportase harus segera dibuat.

ani-berta

Reportase tidak perlu panjang, tidak perlu 1000 kata.  Tulisan yang panjang bisa dijadikan feature stories. Hal terpenting dari reportase adalah aktual sehingga cukup ditulis dengan hard news.

Untuk melengkapi artikel agar lebih menarik, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

  • Wawancara

Sumber data terbaik adalah dari narasumber. Narasumber adalah sumber paling aktual karena apa yang diucapkan oleh narasumber adalah hal yang paling dibutuhkan.

  • Mencari data dan verifikasi

Data bisa dicari di mana saja. Bisa melalui buku, surat kabar, atau juga internet. Hanya saja, perlu dilakukan pengecekan juga supaya data yang dipakai sesuai. Jangan sampai memakai data dari web tidak jelas.

  • Dokumentasi

Video, foto, atau infografis bisa dijadikan pelengkap supaya lebih menarik.

  • Memberi opini logis yang bisa menjadi pengetahuan baru
  • Ajak pembaca untuk melakukan suatu hal.

iwrin-day

Konten yang dibuat tidak boleh menyudutkan suatu pihak. Judul memang harus menarik, tetapi bukan berarti memberi dampak buruk, bahkan seandainya isi artikel tidak demikian.

Konten yang baik mungkin memang bukan hal mudah, tetapi bukan berarti boleh melakukan copy-paste dari konten orang lain. Copy-paste hanya akan menjadi hal yang tidak berguna. Kalau semua orang mempunyai konten yang sama, untuk apa?

Ide tulisan yang menarik memang sebuah tantangan besar. Setelah menemukan ide pun, perlu dicek apakah orisinil? Apakah unik? Walaupun begitu, bukan berarti ide yang besar menarik akan sulit datang.

Ketika sebuah blog mempunyai konten yang sangat berguna dan banyak dicari, blog tersebut bisa akan selalu kedatangan pengunjung, bahkan kalau sudah tidak di-update. Karena itu, konten blog bisa menjadi sebuah bekal keabadian bagi blogger.

Pada acara ini, audience bukan hanya diberi pengetahuan seputar konten dan dunia perempuan serta anak, tetapi juga terdapat beberapa hiburan. Selain itu, hal berbeda dari acara ini adalah seluruh yang datang diminta menggunakan pakaian bertema “Touch of Nasionality“. Di akhir acara, dipilih juga peserta dengan dress code terbaik.

4

Secara keseluruhan, acara ini seolah memberi “pencerahan” bahwa blogging bukan sekadar menulis untuk dibaca orang lain, tetapi juga untuk bermanfaat bagi kemanusiaan dan Indonesia.

You may also like...

2 Comments

  1. aku biasanya pakai gambar, kadang ga. hehe. tergantung mood *lho 😀
    soal konten memang penting banget ya, fah. bisa jadi investasi di masa depan juga.

  2. Aku masih penasaran sama kang Maman, hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *