tips-desain-rumah

 

Melakukan dekorasi ulang rumah yang baru saja kamu beli merupakan sebuah keharusan yang mesti dilakukan penghuni baru supaya mendapatkan desain rumah yang berbeda dan lebih segar. Penataan ulang bisa kamu lakukan dengan beragam cara dengan teknik-teknik tertentu. Sayangnya, sebagian besar dari pemilik baru rumah ini justru sering membuat kesalahan dengan desain rumah yang terkesan biasa-biasa saja. Semuanya memang tampak baik-baik saja dan tertata dengan rapi. Tapi, entah kenapa, kadang, kamu tetap merasa jika desain rumah yang kamu buat masih tampak biasa saja, ‘kan? Apa yang terjadi sebenarnya?

Ada beberapa kesalahan yang tidak disadari sering sekali dilakukan oleh para penghuni rumah baru ketika melakukan dekorasi ulang rumah. Tujuan awal ingin mendapatkan desain unik yang segar namun akibat kesalahan tersebut justru malah mendapatkan desain yang biasa saja. Hal ini mungkin tidak masalah bagi mereka yang suka tampil sederhana, namun bagaimana nasib mereka yang selalu ingin memiliki hal menarik ? untuk mengatasi situasi semacam ini kamu bisa mulai belajar dari informasi kesalahan-kesalahan saat desain rumah berikut ini.

  1. Properti yang Selalu Matching

Ketika kita berpergian dengan pakaian yang cocok dan matching satu sama lain akan tampak menarik dan trendy. Namun, hal ini tidak berlaku di dunia desain rumah. Ketika perabotan dan furniture rumah terlihat matching semua, tentunya akan menampilkan kesan yang monoton. Coba tampilkan warna-warna yang kontras supaya tampak lebih menarik. Misalnya, kamu memiliki sofa polos berwarna putih atau pastel. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan bantal sofa yang memiliki tekstur dan warna yang berbeda. Kalau perlu, yang memiliki corak menarik. Penempatan seperti ini akan memberikan kesan yang lebih fresh, ‘kan?

  1. Tidak Fokus Pada Ruang Utama

Ruang utama atau ruangan paling depan merupakan fokus utama yang dilihat oleh orang yang datang berkunjung. Terkadang kita melupakan bahwa ruangan depan ini akan dipandang sebagai cerminan pemilik rumah di mata para tamu yang datang berkunjung. Jadi, sangat penting untuk kita memberikan kesan pertama yang cukup baik. Berikan sentuhan desain rumah yang menarik serta unik di rungan rumah paling depan.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan dalam dunia desain interior sangat penting. Sayangnya, hal ini seringkali disepelekan oleh penghuni rumah baru. Gunakan unsur cahaya yang sesuai pada setiap ruangan. Hindari untuk memilih lampu dengan cahaya yang sangat terang. Selain akan memberikan kesan terlalu lebay, kamu juga tidak bisa melakukan penghematan listrik dengan lampu yang bersinar terlalu terang.

desain-interior

  1. Ukuran Furniture Tidak Sesuai

Kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh para pemula dan penghuni baru atau yang baru saja membeli rumah dijual di Balikpapan pada saat melakukan desain rumah ialah memilih furniture yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan ruangan. Ketika melihat furniture terkadang kita dibutakan dengan tampilannya yang sangat menarik dengan segala kelebihan yang ditawarkan. Hal ini justru akan membuat kita menyesal setelah membelinya. Ukuran furniture yang terlalu besar akan menjadikan ruangan tampak lebih sempit dan ukuran furniture yang kecil akan menjadikan ruangan tampak berantakan. Hal inilah alasan pemilihan furniture diperlukan cukup banyak pertimbangan.

  1. Desain Setiap Ruangan Terpisah

Tidak ada salahnya memang kalau menginginkan desain rumah yang memiliki desain interior yang unik dan berbeda. Namun, jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan dekorasi tanpa menemukan titik temu yang sama atau senada. Kamu harus tetap memiliki tema atau ciri khas dari desain rumah yang kamu buat.

  1. Cat Dinding Sebelum Beli Furniture

Hal ini mungkin tampak seperti hal kecil, tapi dampaknya bisa lumayan serius juga. Banyak penghuni baru rumah yang menyesal ketika mengecat dinding terlebih dahulu dibandingkan dengan menemukan furniture. Padahal menemukan warna cat lebih mudah dibandingkan dengan mencari furniture.

  1. Mengandalkan Orang Lain

Saran dan tips dari orang lain tentunya akan cukup membantu memudahkan proses desain rumah yang kamu inginkan. Namun, jangan biarkan pendapat dan saran orang lain memenuhi setiap desain rumah. Karena kamulah sang pemilik rumah, maka kamu yang memiliki hak sepenuhnya untuk menentukan menerapkan atau tidak saran yang diberikan. Untuk itu ada baiknya jika kamu menemukan gaya dan desain rumah sendiri yang membuat kamu nyaman dan senang tinggal di rumah tersebut.

Informasi yang dijelaskan di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi agar kamu tidak mengalami kesalahan-kesalahan tersebut. Kamu bisa melakukan pencegahan dan penanggunalangan agar desain rumah yang akan kamu buat menjadi tidak membosankan atau biasa-biasa saja. Buatlah desain rumah yang sesuai dengan gaya dan seleramu jangan bergantung pada pendapat yang diberikan oleh orang lain. Ketika kamu membuat sesuatu hal yang menakjubkan akan menjadi kesan mendalam yang cukup berarti di masa mendatang. Datangkan ide-ide kreatif dengan mencari banyak referensi di internet, majalah ataupun media lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *