Kehalalan adalah sesuatu yang cukup sensitif bagi umat Muslim. Ada Muslim yang cukup dengan embel-embel no pork atau non-alcohol. Ada Muslim yang harus diyakinkan dengan sertifikat halal. Ada juga yang skeptis, seperti “Ah, itu bukan makanan, nggak perlu sertifikat halal. Memangnya yang lain haram?”

Itu semua memang kembali kepada pilihan dan keyakinan masing-masing individu. Walaupun begitu, ketika ada kesempatan menggunakan produk yang telah dijamin kehalalannya, kenapa tidak?

Kalau ada produk yang sudah bersertifikat halal MUI, bukan berarti produk yang tanpa sertifikat dikatakan haram loh, ya. Sertifikat itu ‘kan terbit atas permintaan pemilik produk. Produk lain yang belum bersertifikat mungkin belum mengajukan diri, apa pun itu alasannya.

Setidaknya, dengan produk-produk bersertifikat halal, hati bisa lebih tenang mengonsumsinya.

Uhuk, mainnya hati.

Tapi betul, loh. Aku kadang memang kurang acuh soal seperti ini, tapi ada kalanya aku lagi dalam mode “tobat”. Kepikiran, deh, soal kehalalan. Untuk produk-produk kimia seperti sabun, kosmetik, deterjen, kalau sedang kepikiran, ya kepikiran ini halal atau nggak? Media pembuatannya bagaimana? Menggunakan media non-halal nggak? Kalau ada alkohol, alkoholnya akan diserap tubuh atau nggak?

Kalau lagi mode “tobat”, rasanya mau cek satu-satu produk yang dipakai, yang tanpa label halal. Produk segitu banyaknya masa mau dicek satu-satu. Belum lagi, ‘kan nggak tahu media pembuatannya.

Untuk menentukan halal atau tidak ‘kan prosesnya panjang. Dari tempat asal bahan, segala prosesnya, sampai bisa menjadi suatu produk. Riskan banget.

Setidaknya, sekarang, ketidaktenangan hati ini bisa sedikit berkurang karena salah satu produk yang digunakan setiap hari sudah mendapat label halal: produk deterjen.

Adalah PT Total Chemindo Loka yang mengeluarkan deterjen halal pertama di Indonesia. Produsen deterjen Total ini menamai produk tersebut Total Almeera.

Si Cantik yang Pertama Halal

Kenapa diberi nama Almeera? Almeera mempunyai arti putri raja atau perempuan cantik, dari bahasa Arab. Nama yang cocok bagi para perempuan cantik yang akan menggunakan produk tersebut. 🙂

Deterjen halal ini resmi diluncurkan pada tanggal 15 Maret 2017 lalu di Bebek Bengil, Menteng, Jakarta. Sebelumnya, di televisi pun iklan produk ini sudah malang-melintang.

Makan siang dulu 🙂

Direksi PT Total Chemindo Loka, Bapak F. Gunawan, mengatakan bahwa Total awalnya masih seperti deterjen lain. Menjual bersih dan wangi. Setelah 10 tahun, Total melakukan perubahan dengan menyasar produk halal.

Kenapa? Kok tiba-tiba?

Sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam. Total Almeera ditargetkan untuk penduduk Muslim. Merupakan sesuatu yang memang seharusnya dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna produk. Memberi label halal merupakan langkah memberikan keamaanan dan kenyaman tersebut.

Sekarang ini, busana Muslim sedang naik daun. Baik di Indonesia, maupun dunia. 20-30% perempuan Indonesia menggunakan hijab. Tentunya, akan lebih baik kalau hijab yang digunakan benar-benar bersih dan halal dengan dicuci menggunakan deterjen halal ini.

Untuk lebih memberikan rasa aman, Total mendaftarkan produknya ke MUI.

Direksi PT TOTAL Chemindo Loka

Sebelumnya, sebagai produsen deterjen, Total tidak tahu seberapa baik bahan-bahannya untuk penduduk Muslim. Akhirnya, Total melakukan pengecekan ke MUI.

Selain bahan, proses pun harus halal. Karena itu, proses pembuatanannya pun dilakukan audit oleh MUI. Karena proses audit itulah, pabrik mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Halal pun sudah menjadi etos kerja. Bagaimana etos kerja bisa menghasilkan produk yang bagus dan halal. Total ingin memberikan rasa aman dan nyaman.

Awalnya, pihak Total merasa ragu untuk mendaftarkan produknya ke MUI karena mungkin akan dicap aneh. Tapi, MUI meyakinkan bahwa suatu saat hal tersebut justru akan ditiru produsen lain. Bahkan, hal ini memang diatur oleh UU 33 Tahun 2014. Bukan hanya makanan yang harus halal, melainkan produk kimia juga.

Saat ini, baru ada Total Almeera bubuk. Bulan April nanti, akan diluncurkan varian deterjen cairnya.

Bahan-bahannya Bagaimana?

Bahan-bahannya kurang lebih sama, kok. Bahan surfaktan tentunya tidak boleh ketinggalan. Bahan ini berguna untuk membersihkan. Ditambah bahan aditif lain, seperti penghilang bau dan pemberi aroma. Tentunya, alcohol free.

Ekonomis untuk Kekhusyukan Ibadah

Harga yang akan dibanderol untuk Total Almeera sekitar Rp17.500 untuk 900 gram. Rp9.500 untuk 500 gram.  Ada juga yang Rp1.000 untuk yang rencengan 50 gram. Yang liquid Rp18.000. Liquid 40mL Rp1.000, yang lebih kecil Rp500 20mL. Ada juga yang dalam kemasan botol 1000 mL.

3 dari 7 varian

Harga yang masih cukup wajar untuk deterjen, ditambah keyakinan akan kehalalan yang didapat. Demi ibadah lebih khusyuk gitu, loh. Tanpa pikiran pakaian suci atau nggak. Apalah arti materi dibanding surga. Cie.

Yang memjadi keunggulan Total Almeera adalah aromanya yang adem, refreshing dan calming. Kalau soal membersihkan, sih, sudah pasti, ya. Namanya juga deterjen.

Ke depannya, semua produk Total akan didaftarkan ke MUI juga.

Television Commercial

Sudah lihat iklan tv Total Almeera? Bagus, ya. Iklan ini berbeda dengan iklan deterjen pada umumnya yang menampilkan sosok perempuan yang sedang mencuci.

Iklan Almeera justru seperti bercerita. Ada bagian sedih dan haru.

Tokoh yang dikedepankan iklan ini adalah ayah. Kenapa ayah? Tumben sekali iklan deterjen justru menampilkan ayah.

Karena Ayah yang menjadi pemimpin keluarga. Ayah yang mengajarkan keluarga tentang agama.

Hal ini disebut ESP. Emotinal Selling Proposition. 

Mengangkat emosi penonton ketika melihat iklan tersebut. Mengingat kembali masa-masa bersama ayah maupun masa “nakal” ketika ayah menjadi sosok yang tidak diprioritaskan.

Kalau iklannya sudah nancep di hati, produknya pasti digunakan.

Unsur yang diangkat pada iklan: Religius, kultur, tradisi.

Secara komunikasi, harus tahu seperti apa yang mau disasar. Kebiasaannya apa.

Dalam komunikasi apa pun, harus memberikan Unique Selling Proposition.

Di kategori deterjen, semua USP hampir sama. Busa melimpah, noda hilang, dll. Tapi, Total tidak mau yang seperti itu untuk Total Almeera.

Biasanya, pendekatan seperti itu sudah dilakukan di negara maju.

Iklan ini tetap untuk perempuan, terutama ibu, tapi dengan menyasar bagaimana mengingat masa bersama ayah.

Kalau semua iklan seperti itu, seperti ketika menonton suatu acara dan waktunya iklan, penonton bisa betah tanpa mengganti saluran tv.

Sebuah Renungan

Pakaian sudah bersih dan deterjen sudah halal, tapi pada akhirnya, yang menjadi kunci sukses dan doa terkabul salah satunya perilaku kita. Hal itulah yang diangkat oleh Ustadz Aa Hadi dalam sesi renungan.

Yup, acara kali ini ada renungannya.

Perkara kehalalan adalah urusan kita dengan Tuhan. Tapi, ibadah nggak hanya urusan vertikal, kan?

Ibadah juga soal horizontal. Urusan terhadap sesama makhluk, termasuk sesama manusia.

Kita tidak boleh zalim kepada sesama manusia. Menyenangkan sesama adalah perbuatan yang bisa bernilai pahala. Dengan begitu, semakin bertambahlah amal baik.

Nggak perlu sombong pakai deterjen halal. Gimana halalnya mau berkah kalau malah nyinyir tetangga yang pakai deterjen lain? Kita nggak tahu loh sebetulnya deterjen yang dia pakai halal atau nggak. Memangnya mau ngetes? Mending bagi-bagi deterjen halal, supaya tetangga senang. 😀

Flash Review

Oke. Setelah tahu tentang Total Almeera, rasanya kurang lengkap. Kalau nggak coba langsung.

Reviewnya singkat saja, ya. Namanya juga flash. Supaya bacanya bisa kilat, terus lanjut nyuci.

Yang aku coba di review ini adalah yang liquid.

Ketika dituang, aromanya langsung tercium. Memang calming dan refreshing. Kalau siang hari mencium aroma ini, rasanya tenang lalu kembali semangat. Aku pribadi terbayang hutan pinus. Adem dan segar.

Maafkan foto yang kualitasnya kurang, ya. Gelap-gelapan karena sudah malam dan ambil gambarnya sambil takut-takut. Takut hp kecemplung. Yang ada, bukannya belajar istiqomah dalam kehalalan, malah belajar ikhlas. Hehe.

Ini hasil terhadap noda kecap. Belum dikucek loh ini. Aku rendamnya sekitar 40 menit. Untuk pakaian yang nggak terlalu kotor, 30 menit cukup (menurut petunjuk).

Kalau hasilnya begini, aku sih senang. Bersih. Irit tenaga dan wangi. Itu ‘kan yang penting dari suatu deterjen?

Ditambah lagi, ini halal. Aku berapa kali menyebutkan hal ini, sih? Maklum, amazed dengan brand lokal yang terpikirkan membuat deterjen halal.

Deterjen halal ini merupakan hal baru dan cukup menyentil pikiran yang selama ini tidak terbersit. Pakai deterjen, ya pakai saja. Semua sama.

Dengan munculnya deterjen halal, muncullah pikiran, “Oh, sudah ada yang menjamin deterjen ini bebas dari hal yang membatalkan salat.”

Untuk tahu lebih banyak tentang Total Almeera, ada website-nya: www.totalchemindo.com. Selain Almeera, ada juga produk-produk lainnya, karena perusahaan ini sudah menjadi salah satu brand lokal yang mengeluarkan cukup banyak produk.

Akun media sosial Almeera:

Twitter: @TotalAlmeera

Instagram: @TotalAlmeera

Fanpage: Total Almeera

You may also like...

9 Comments

  1. Halal ya fah? Udah kayak makanan. Baguslah, makin banyak yang care sama produk-produk halal, insya allah makin terjamin.

  2. Knp mendadak pada mengusung halal2 ya, hihi.

    1. wah jadi pingin nyobain. kalo halal kan lebih tenang…

  3. Jadi pengen beli,tapi di warung2 belum ada ya?

  4. Setidaknya, dengan produk-produk bersertifikat halal, hati bisa lebih tenang mengonsumsinya.

    Uhuk, mainnya hati

    Demii !! Aku salfok sama paragraf di atas 😂😂😂

    As usual tulisamnya afifah selalu mengena di hati #asyek
    Enak di baca, ngalir, dan gambar pendukungnya oke.

    Lah kenapa ngomenin tulisannya afifah? :””)

    pokonya #HalaituharusTotal yah

  5. Suka banget deh ini tulisannya lengkap tapi nggak menggurui, hehe. saya juga apakai dan nggak ngerti sih bedanya apa, tapi masa lebih suka yang bubuk dripada yang cair ~

  6. baru tahu kalau detergen pun sekarang ada yang halal ya hihi…

  7. Kalau mau belo yg kemasan botol dimana ya? saya cari2 di berbagai supermarket kok gada ya…

    1. Maaf, saya juga sepertinya belum pernah lihat yang botol. Biasa beli yang cair tanpa botol. Mungkin di toko online ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *