Advertorial Opinion

Hati Senang Meski Hanya Menyewa. Rumah Kontrakan di Antapani Bandung Solusinya!

Siapa sih yang nggan ingin tinggal di sebuah tempat yang dapat membuat hati bahagia? Walau belum mempunyai hunian pribadi, rumah kontrakan di Antapani Bandung bisa menjadi jawaban atas keinginanmu tersebut.

 

Rumah Antapani Bandung
(Foto: Pixabay)

 

Bagiku pribadi, Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang paling lengkap untuk mengakomodir segala kebutuhan penduduknya. Kenapa begitu? Soalnya, segala sesuatu yang kita butuhkan untuk standar kehidupan yang layak dapat ditemukan di kota yang satu ini.

Mulai dari udaranya yang masih sejuk (nggak sesejuk dulu tapi better daripada Jabodetabek), landscape wilayah yang cantik, nilai budaya yang masih terjaga (masih kerasa banget keramahan warga Bandung!), dan semua itu berpadu dengan modernnya kote metropolitan.

Nah, berbicara soal Bandung, tahu nggak daerah mana di Kota Bandung yang masyarakatnya memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi?

Cari tahu jawabannya dengan scroll terus artikel ini, ya.

Antapani, Kawasan dengan Penduduk Paling Bahagia di Bandung

(Foto: Menara62)

Menurut hasil survei indeks kebahagiaan yang dirilis Pemkot Bandung, warga Kecamatan Antapani adalah masyarakat dengan tingkat kebahagiaan paling tinggi dibandingkan penduduk di kecamatan lainnya. Antapani merupakan sebuah wilayah pemekaran yang diresmikan pada 14 April 2007 silam oleh wali kota terpilih pada saat itu, Dada Rosada.

Daerah yang memiliki luas sekitar 4,01 KM itu memiliki empat kelurahan, yang mayoritas lingkungannya adalah kompleks perumahan. Dulunya, kawasan Antapani terkenal sebagai kawasan perumahan yang cukup elit di Kota Bandung. Oleh karenanya, tidak sulit untuk menemukan rumah-rumah bertingkat dan mewah yang dibangun di sana.

Untuk akses dari dan menuju kawasan ini sebenarnya cukup mudah. Terdapat angkutan umum yang melintas di Jalan Terusan Jakarta, yang merupakan jalur alteri di wilayah tersebut.

Namun, sayangnya, untuk warga yang berada di luar jalur angkot, mereka hanya dapat menggunakan jasa ojek pangkalan atau online sebagai alat transportasi umum sehari-hari. Keluhan lain juga dirasakan warga Antapani yang kerap melintasi perempatan Jalan Jakarta โ€“ Jalan Kiracondong. Pasalnya, daerah ini merupakan titik kemacetan paling parah yang ada di Antapani.

Mengefisienkan Lokasi

(Foto: Inapex)

Walau macet parah, dengan adanya jembatan layang yang dibangun Pemkot Bandung baru-baru ini, rasanya kemacetan di daerah tersebut dapat sedikit teratasi.

Bicara soal fasilitas umum, kawasan Antapani tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Lengkap, segala kebutuhanmu dapat dengan mudah ditemukan di sini!

Mulai dari pusat perbelanjaan modern dan tradisional, fasilitas pendidikan, kesehatan, areal komersil, sampai dengan ruang terbuka publik, semuanya tersedia di Antapani.
Nggak heran kalau banyak orang kemudian ingin bermukim di kawasan yang satu ini.

Bagi yang berminat untuk pindah ke Kota Bandung, kawasan Antapani bisa lho, dijadikan sebagai referensi lokasi hunianmu. Masih banyak kok rumah dijual di Antapani Bandung yang dibanderol dengan harga yang ekonomis. Tapi, kalau belum memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah, coba saja menyewa rumah kontrakan di Antapani Bandung.

Nah, supaya nggak salah dalam memilih rumah sewa, simak tips mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung berikut ini, ya.

Tips Mencari Rumah Kontrakan

Mencari rumah kontrakan memang susah-susah gampang, kan, ya? Walau banyak, tetap saja nggak boleh sembarangan dalam mencarinya. Demiย mendapatkan rumah kontrakan di Antapani Bandung yang sesuai keinginan, simak tips di bawah ini dulu, deh.

1. Lokasi yang strategis

Iya, lokasi adalah hal yang harus diperhitungkan dalam mencari hunian sementara. Tips dariku, carilah rumah yang jaraknya dekat dengan lokasi bekerja.

Contohnya, kalau kamu bekerja di Pemkot Bandung, maka carilah rumah kontrakan di Antapani Bandung dekat Jalan Terusan Jakarta. Soalnya, itu adalah akses terdekat menuju lokasi tempat kerjamu.

Kalau kerja mobile, gimana? Pilih yang paling sesuai saja. Seberapa sering ke luar rumah? Lebih suka tinggal jauh dari kebisingan atau yang penting dekat akses jalan? Begitu.

2. Bandingkan harga pasar dan fasilitas

Harga murah tidak menjamin kualitas dari sebuah rumah, lho. Maka dari itu, perlu dilakukan perbandingan harga dan fasilitas untuk mencari rumah kontrakan yang paling ideal.

Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan situs jual beli rumah, seperti 99.co Indonesia. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata kunci yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, mau mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung, ya sudah ketik saja kata kunci rumah kontrakan di Antapani Bandung pada kolom pencarian website.

Atau, bisa juga memanfaatkan fitur filter pada pencarian tersebut. Sesuaikan lokasi, harga sewa, spesifikasi rumah (jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain) sesuai kebutuhan.

3. Lakukan survei secara langsung

Melakukan survei secara langsung perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik m rumah tersebut.

Cari rumah yang memiliki kondisi bangunan yang prima, bersih, dan terawat. Selain itu, pastikan juga apakah lingkungan sekitar rumah tersebut aman dari bencana alam (banjir, longsor, dan sebagainya) atau tindak kejahatan.

4. Sewa secara kolektif

Tips mencari rumah kontrakan yang satu ini bisa diterapkan untuk memangkas biaya sewa tiap bulannya, terutama bagi kamu yang belum menikah atau tinggal sendirian.

Ajak teman, rekan, atau kerabat yang kamu kenal untuk menyewa rumah tersebut secara kolektif, dengan begitu biaya sewa rumah dapat ditanggung bersama-sama.

5. Jangka waktu sewa

(Foto: iStock)

Dengan jangka waktu sewa yang singkat, kontraktor, eh, penyewa kontrakan, bisa mudah berpindah ke tempat lain kalau rumah kontrakan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi.

Selain itu, sebagai antisipasi saja, barangkali setelah menyewa, malah menemukan rumah kontrakan di Antapani Bandung lainnya yang memiliki harga dan fasilitas yang lebih baik. Hehe.

Setelah membaca tips di atas, apakah sudah mantap untuk mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung?

Untuk memudahkan dalam mencari rumah sewa, berikut ini ada tiga referensi rumah kontrakan di Antapani Bandung yang dapat dijadikan sebagai hunain sementara.

Info Rumah Kontrakan di Antapani Bandung

Pasang mata dan/atau kacamata baik-baik, karena info berikut ini mungkin akan berguna untuk yang sedang mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung. Kalau buka diri sendiri, mungkin ada saudara atau teman yang sedang mencari kontrakan.

Penasaran? Yuk, kita lihat daftarnya.

1. Rumah kontrakan di Jalan Kalijati Raya

(Foto: 99.co Indonesia)

Untuk yang mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung dengan biaya sewa cukup murah, rumah yang satu ini cocok untuk menjadi pilihan.

Dibanderol seharga Rp28 juta per tahun, rumah yang satu ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan keluarga, carport, taman depan, dan sebuah ruang menjemur pakaian.

Karena jumlah ruangannya tidak terlalu banyak, rumah ini sangat pas dihuni oleh para pengantin baru atau pasangan dengan satu orang anak.

2. Rumah kontrakan di Jalan Pratista Raya

(Foto: 99.co Indonesia)

Walau berbiaya sewa lebih mahal dari hunian sebelumnya, yaitu Rp42,5 juta per tahun, rumah kontrakan di Antapani Bandung yang satu ini menawarkan fasilitas yang lebih baik, terutama dari segi jumlah ruangan yang tersedia.

Memiliki bangunan 1,5 lantai, rumah ini dilengkapi dengan 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga, dapur, ruang makan, sampai dengan ruang meeting.
Melihat fasilitas yang tersedia, rasanya rumah ini tidak hanya cocok sebagai rumah keluarga, namun juga cocok jika dijadikan sebagai kantor.

3. Rumah kontrakan di Jalan Terusan Jakarta

(Foto: 99.co Indonesia)

Kalau lokasi yang menjadi concern utama dalam mencari rumah kontrakan di Antapani Bandung, maka rumah sewa di Jalan Terusan Jakarta ini sangat tepat!

Rumah ini berlokasi di jalan utama kawasan Antapani, rumah ini dilengkapi dengan segala fasilitas pendukung yang super lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan, sekolah, fasilitas kesehatan, perkantoran, dan sebagainya.

Selain itu, dengan bangunan yang cukup luas, rumah ini memiliki 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu dan keluarga, dapur, garasi, carport, serta halaman depan dan belakang.
Akan tetapi, ada barang tentu ada harga. Dengan segala fasilitas yang terdapat di dalamnya, rumah ini dibanderol dengan biaya sewa Rp60 juta per tahunnya.

Lantas, apakah sudah berminat untuk menyewa salah satu rumah kontrakan di Antapani Bandung yang telah saya sebutkan?

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait ketiga rumah tersebut, langsung saja kunjungi situs jual beli rumah terlengkap dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia.

Selamat mencoba!

You may also like...

27 Comments

  1. Ngobrolin Antapani jadi teringat masa kecil saya di Kiaracondong. Teman satu angkatan sekolah di Kebon Gedang banyak yg rumahnya di Antapani. Itu kalau kerja kelompok jalma kaki ke Antapaninya. Ya itu sih tahun 87 an. Sekarang juga beda. Tahun kemarin reuni akbar wah pada pangling semua. Senang ya jadi masyarakat yang indeks kebahagiaan nya paling tinggi meski itu baru menurut survey.

  2. Jadi inget dulu setiap liburan kuliah sering main ke rumah kakak di Antapani lama. Lihat gambarnya sepertinya udah jauh pesat banget sekarang ya mbak. Lebih bersih dan tertata rapi. Bicara soal cari rumah, saya lebih senang langsung survei namun kadang kan capek ya datangi satu-satu, memang lebih enak kalau cek online dan fasilitasnya lengkap baru deh di datangi satu-satu, mengirit waktu dan tenaga.

  3. Pada tahun 1993 saya bersekolah di ,SMP Muhammadiyah 8 Antapani. Lingkungannya memang nyaman dan tenang. Masih sepi dan bebsd macet.
    Sekarang pastinya berubah banyak.
    Rumah-rumah di atas keren banget. Saya juga pengen suatu saat kelak bisa punya rumah di Antapani.

  4. Baru sekali ke Bandung, kayaknya dulu belum semacet sekarang sih hehehe.
    Senang banget ya bisa tinggal di daerah dengan tingkat kebahagiaan tertinggi.
    JAdi auto bahagia juga jadinya.
    Bagus juga kalau survey kontrakan melalui online, biar kaki ga gempor keliling sendiri hehehe

  5. Mba…
    Artikel ini sangat menggelitik.
    Aku langsung ketik di google, “Alasan Antapani jadi kota paling bahagia”
    Menurut artikel yang aku baca, berikut alasannya:
    1. Keh:armonisan hubungan keluarga
    2. Hubungan sosial
    3. Keamanan
    Jadi sekali terbukti materi tidak serta merta menjamin bahagia ya, mba

    Baidewei,
    Aku baru tahu nih tentang situs properti yang memadukan inovasi dan teknolodi
    Jadi untuk pencari dan agen properti sama-sama bisa mengambil benefit, menentukan keputusan cerdas!

  6. Memang harus survey dulu kalau cari rumah kontrakan, dan paling enak tuh kalo dapat lokasi strategis yang dekat dg tempat kerja/kuliah. Setuju yang masih blom nikah, apalagi masih kuliah bisa ajak teman2 nya untuk ikutan, lumayan hemat uang kontrakan rumah bisa dipakai untuk kebutuhan kuliah ya.

  7. baru tau kalau antapani adalah penduduk paling bahagia di bandung.
    Sempet kepikiran buat nyari rumah di antapani, tapi skrg malah jadi penduduk bandung barat, hehehe
    nasib membawaku ke pedesaan :))

  8. Andai tinggalnya di bandung, makin siip nyari kontrakan lewat 99.co , eh tapi bolehlah, mungkin nanti beli rumah lg di Bandung ๐Ÿ™‚

  9. Duuuh Bandung ya. Dulu aku pernah kerja di sana meskipun hanya sebentar. Banyak juga famili yang tinggal di sana. Anakku yg sulung berencana kuliah di Bandung juga, nih. Bisa cari referensi sewa rumah di 99.co kali ya

  10. Wah bisa banget ini tipsnya, memang ada rencana pindah ke bandung sih

  11. Belum ada rencana pindah sih ya, tapi suka dg kawasan Bandung. Kalau mau nyewa rumah memang kudu lihat tempatnya juga, dilewati alat transportasi atau gak, terus ada sinyalnya juga apa tidak. Biar hepi gitu lah

  12. nah bener, nyari rumah kontrakan itu harus pelan-pelan banget, jangan sampe nyesel pas udah Dp-in soalnya males juga gak harus bongkar muat barang ya mba. kalau aku paling penting nyaman, aman dan bersih, duh inget jaman kuliah pernah terpaksa ngontrak dengan suasan terlalu ramai orang lalu lintas gitu, gak nyaman banget.

  13. Iyaap aku pernah mengalami masa ngontrak. Dan aku serta suami langsung servei langsung dan bandingkan harganya mba ๐Ÿ™‚

  14. Tips cari kontrakan selain di lokasi yang strategis juga harus dilewati angkutan umum ya supaya kemana-mana gampang. Mudah-mudahan ngontraknya gak lama ya tru spunya rumah sendiri deh

  15. masyaAllah jadi kangen Bandung, dulu sempet kos di Wastukencana dari jaman kuliah sampai kerja.
    untuk keluarga yang baru menikah pas nih cari kontrakan seperti ini, jadi tidak bergantung lagi pada orang tua ataupun mertua, hehe..
    bagus juga ya mba, ada situs yang bisa membantu kita dalam mencari rumah sewa yang pas di hati ^^ jadi kita ga perlu repot tanya warga sana-sini, survey lokasi untuk cari rumah sewa.

  16. Aku belum pernah nih ke daerah Antapani..jadi pengen punya rumah disana biar ketularan bahagia ๐Ÿ™‚

  17. Banyak kok mbak orang yang memilih kontrak rumah duluan. Sambil kontrak rumah mereka mengumpulkan dana untuk membeli rumah secara pribadi. Memang saat kontrak rumah segi kenyamanan harus diperhatikan…karena rumah kontrakan ini ibaratnya rumah sendiri yang akan dihuni. Jadi harus melihat fasilitas pendukung yang ada disekitarnya disamping rumah itu memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Antapani kawasan yang tepat ya mbak untuk mencari rumah kontrakan.

  18. Wow, udah lama gak lewat Antapani, gak ngeh kalo banyak mural cakep gitu. Keren ya, kalo Antapani jd daerah dgn penduduk paling bahagia ๐Ÿ™‚

  19. Wah baru tau deh Antapani indeks kebahagiaannya tertinggi…sebagai pituin Bandung saya mengamini kalau Bandung tuh kota yg nyaman buat jd tpt tinggal hehe..

  20. Rumah di Antapani memang lumayan nyaman. Gak terlalu padat, gak mahal, dan lumayan gampang akses ke mana2. Paling-paling yang mesti diwaspadai ada kalanya banjir. Tapi gak parah sih.

  21. asyik banget kalau bisa tinggal di lokasi yang punya index kebahagiaan tertinggi dibanding sekitarnya yaa.. karena lingkungan berpengaruh banget buat tumbuh kembang anak-anak. Btw, jembatan dengan pipa warna warni itu memang lagi trend yaa, di solo juga ada yang sama persis begitu,

  22. Dekeet Antapani sama rumahku…
    Aku di Arcamanik.
    Kontrakan dan rumah dijual memang banyak di daerah sini. In syaa Allah…tempatnya nyaman dan friendly.
    Lingkungannya uda jadi dan mapan.

  23. Hua baca ini jadi inget saudara ku yang punya rumah di Antapani Bandung, lingkungannya masih asri sih kalau di tempat saudara , emang enak sih ya disana jadi pengen main ke Bandunh lagi euy.

  24. Dudududu… Jadi merasa terpanggil melihat frase Rumah Kontrakan. Lagi butuh namun pengen yang harga terjangkau dan di Surabaya. Lihat di atas, apa saya pindah domisili ke Bandung aja ya, Hm…

  25. Mmm… sepertinya saya setuju kalo antapani menjagai kawasan dengan penduduk paling bahagia di Bandung, terlihat tata kota yang tertata dengan baik ditambah dengan mural mural cantik berwarna warni.. ini bisa jadi mood booster banget buat masyarakat disana.. punya rumah atau sewa di daerah antapai bandung damai banget ya.. semoga aku bisa punya rumah disana juga ya.. aamiin

  26. Asyik jugaaa ya ada daerah dengan tingkat kebahagiaan masyarakat tertinggi. Gampang ya cari kontrakan sekarang mba.. banyak pilihan

  27. Rumah kontrakan yang ditawarkan di sini bagus2 ya kondisinya. Meskipun bukan punya sendiri, tapi tinggal di rumah yang nyaman tentu saja bisa bikin kerasan. Apalagi berada di wilayah yang oke, wilayah Antapani yang katanya penduduknya paling bahagia ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *