Ikhlas itu apa? Ikhlas itu tanpa pamrih. Ikhlas itu rela berkorban. Ikhlas itu ketulusan. Ikhlas itu . . . ah, tidak mudah.

Yeah, orang cuma bisa bilang ikhlas tapi untuk menerapkannya susah-susah gampang. Gampang aja nyuruh oranglain untuk ikhlas, tapi kalau nyuruh diri sendiri untuk ikhlas? tanyakan pada diri sendiri.

Ikhlas itu bisa jadi suatu kunci. Dengan ikhlas, pekerjaan jadi lebih mudah. Semangat tanpa batas. Karena dengan ikhlas, semua pekerjaan dilandaskan pada niat yang tidak egois, bukan untuk diri sendiri tentunya.

Ikhlas menerima apa yang tidak kita inginkan juga akan membuat kita lebih cepat belajar banyak hal, selalu ada makna baik di balik setiap kejadian. Ikhlas juga akan membuat kita bisa mengubah keadaan buruk menjadi suatu peluang baik, karena kita akan lebih cepat berpikir dan bertindak untuk terus melangkah maju.

Ikhlas dan pasrah itu beda ya… Kalau pasrah, ya udah, ga akan ngapa-ngapain lagi, diam menerima keadaan. Tapi ikhlas, menerima keadaan dan tetap berjuang untuk sesuatu yang lebih baik dan menyikapi keadaan dengan hal-hal baik.

So, Let’s be ikhlas! 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *