Siapa yang punya resolusi tahun ini beli rumah? Atau, resolusi nambah properti? Bikin resolusi memang paling mudah, ya. Walau begitu, cara-cara untuk realisisasinya yang juga harus dipikirkan.

Harga properti sekarang semakin tinggi. Jangankan rumah di tengah kota, harga rumah di pinggir kota pun sudah menginjak harga di atas 300juta, ‘kan? Bersyukurlah bagi yang sudah mempunyai rumah tetap. Bagi yang belum, tetap bersyukur karena masih mempunyai tempat bernaung, dong. Dan, tentunya, tetap usaha mencari rumah impian.

Bagi yang tinggal di sekitar Jakarta, mungkin. datang ke JCC bisa menjadi salah satu usaha dalam mencari hunian idaman. Mulai tanggal 2 sampai 10 Februari 2019, JCC Senayan sedang menjadi tempat berlangsungnya Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX 2019). IPEX 2019 diselanggarakan di Exhibition Hall A dan B JCC Senayan.

Indonesia properti Expo

Aku datang ke sana pada hari Minggu, 3 Februari. Aku masuk melalui Hall B. Waktu aku datang, antrian di Hall B nggak sebanyak di Hall A. Hehe.

Untuk masuk ke Indonesia Properti Expo, pengunjung perlu melakukan registrasi mandiri di laptop yang sudah disediakan. Lalu, ada petugas yang akan mengecap tangan kita. Tiket masuk Indonesia Properti Expo gratis, ya. Nggak dipungut biaya apa pun.

Eksis Sebelum Beli Rumah

Ipex 2019

Begitu memasuk Hall B, mataku langsung tertuju pada photobooth. Latarnya perkotaan di malam hari. Kalau melihat Instagram, banyak juga pengunjung yang mau foto-foto di sana. Tapi karena aku nggak suka yang samaan dengan kebanyakan orang *halah*, mataku menangkap sinyal dari photobooth lain.

Dan, jadilah foto yang terinspirasi dari Pokemon Squirtle.

Daaaan, In case you don’t know who Squirtle is:

Sumber: Giphy

Lagian, ngapain aku bawa tas besar banget, kayak mau langsung pindahan begitu nemu properti yang pas. Lol. Maklum, harus muat tumbler 1 Liter. Di JCC banyak banget jajanan, tapi masa air putih aja mesti beli?

Oke. Cukup tentang area foto-foto. Cukup intermezzo sebelum bahas hal yang mungkin bikin brainstorming. Saatnya masuk ke area eksibisi.

Pilihan Superbanyak

Indonesia Properti Expo 2019 diklaim menghadirkan berbagai properti dengan harga mulai dari 130 jutaan. Tapi, ternyata, nggak juga tuh. Kalau jeli mencari, ada juga rumah dengan harga 90 jutaan. Aku nggak akan sebut merek. Pokoknya ada di sekitar area sisi ruangan.

Banyak banget pilihan properti di IPEX 2019. Rumah atau apartemen. Perumahan konvensional atau syariah. Rumah holang kaya atau rumah subsidi. Ada sekitar 600 proyek properti di sini. Properti yang ditawarkan bukan cuma yang ada di Pulau Jawa. Ada juga properti dari Kalimantan dan Sulawesi.

Ipex 2019

Jadi, IPEX 2019 cocok banget untuk yang sedang mencari tempat tinggal atau investasi, β€˜kan? Banyak juga promo khusus yang cuma bisa didapatkan di Indonesia Properti Expo.

Demi Menjadi Rumah Kebanggaan

Karena banyak banget properti yang ditawarkan, supaya nggak bingung, saranku sih mencari properti berdasarkan budget dan lokasi.

Ini terutama untuk pekerja kantoran, sih, atau yang mempunyai bisnis di lokasi tertentu. Buat yang kerjanya mobile mah mungkin nggak begitu ngaruh, karena hari ini ada pekerjaan di Setiabudi, besok mungkin saja harus kerja di Pulo Gadung atau justru di rumah saja. Paling juga pertimbangan seberapa dekat dengan tol atau stasiun.

Oh, ya, aku punya contoh kasus.

Indonesia properti Expo 2019

Ipex 2019

Kan penting dipikirin juga tuh ongkos dan jajan kalau terlalu lelah. Jangan sampai niat beli rumah 200 juta malah akhirnya lebih bokek karena ongkos dan jajan dibandingkan kalau beli rumah 300 juta. Syukur-syukur sampai rumah malah masih bisa produktif. Jadi, budget yang dipikirkan bukan sekadar budget harga rumah, tapi juga segala printilannya.

Yup, beli rumah memang nggak cuma tok beli rumah aja. Sampai urusan jalan raya bikin cranky atau nggak perlu dipikirin. Nggak mau kan sampai rumah malah bad mood. Maunya kan sampai rumah masih ceria.

Dan itu pertimbangan menurutku, ya. Ada lagi berbagai pertimbangan lain seperti konvensional atau syariah, sumber air, akses keluar-masuk perumahan, akses dengan rumah sakit, dll. Segala hal harus ditimbang sesuai batas toleransi diri dan keluarga. Setiap keluarga pasti mempunyai pertimbangan berbeda. Aku menyarankan membuat tabel, daftar, atau apa pun yang bisa membantu menemukan rumah idaman. Syukur-syukur setelah berbagai pertimbangan, langsung bisa beli, mumpung ada promo di IPEX.

Lihat-lihat, Beli, atau Afirmasi

Lagian, IPEX 2019 kan masih akan berlangsung sampai tanggal 10 Februari dan tiket masuknya gratis. Jadi, bisalah hari ini mengumpulkan info, lalu mengorganisir, kemudian besok datang lagi dengan pilihan yang sudah mantap.

Kalaupun belum benar-benar terbayang untuk membeli properti, datang ke IPEX 2019 mungkin bisa menjadi afirmasi. Melihat-lihat berbagai properti lalu ditanamkan dalam hati untuk mempunyai salah satunya. Cuma sekadar lihat dan keliling pun menyenangkan, melihat berbagai model rumah dan apartemen. Lumayan banget jadi ada gambaran kalau mempunyai impian membeli properti di suatu kawasan.

Indonesia properti expo

Selain itu, datang ke IPEX 2019 juga berpotensi menambah wawasan. Kayak yang aku alami waktu datang ke sana.

Menambah Wawasan di IPEX 2019

Hari Minggu lalu, di panggung harian Hall B, hadir duo Instagrammer yang piawai menyusun dekorasi rumah sehingga tampak sangat Instagrammable: Adelya Vivin Kumidaninggar (@adelyavk) dan Irma Alaydrus (@irmaalaydrus).

Mbak Adelya memang mendalami design interior. Sedangkan, Mbak Irma berangkat dari food photography, lalu belajar menata sana-sini, hingga berlabuh pada seni menata rumah. Mbak Irma pun mempunyai akun khusus home decor: @irmaalaydrus2.

Instagram home decor

Nah, ini resume hasil talkshow hari itu.

Tema Desain

Memilih tema tertentu mempermudah pengerjaan desain. Banyak banget pilihan furnitur dari berbagai toko. Kalau sudah menetapkan hati pada desain tertentu, potensi “lapar mata” pun bisa dihindari, terutama bagi furnitur yang “kurang nyambung” dengan tema yang dipilih.

Ada banyak ragam inspirasi desain. Dari Instagram pun, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi. Berikut beberapa jenis desain yang banyak digunakan saat ini.

Minimalist

Dekorasi rumah minimalis umumnya menggunakan warna hitam, putih, abu-abu, dusty, warna kayu. Desain rumah minimalis tampak dari kesederhanaannya. Materi digunakan pada rumah minimalis cenderung beragam, mulai dari logam, kayu, atau lainnya.

Scandinavian

Desain rumah Scandinavian banyak mengusung warna abu-abu, biru, dan dipadukan dengan aksen putih untuk memberikan kesan luas. Desain rumah Scandinavian juga tampak sederhana. Perbedaan Scandinavian dengan minimalist tampak dari materi yang digunakan. Interior Scandinavian banyak menggunakan materi kayu karena di daerah Scandinavian identik dengan alam.

Ipex 2019

Japanese

Desain Japanese memberikan kesan ringan dan selaras. Berbeda dengan banyak desain lain, warna hitam jarang digunakan dalam desain rumah bergaya Jepang. Warna hitam dianggap terlalu bold. Desain Japanese umumnya identik dengan storages tertutup supaya rumah tampak rapi dan bersih. Elemen kayu banyak digunakan dalam desain ini.

Ipex 2019

Boho/Bohemian

Desain Boho umumnya berkesan ramai, tetapi tetap tampak rapi. Bagi yang sangat menyukai ruangan dengan banyak tanaman, desain bisa menjadi pilihan. Rumah Mbak Adel adalah contoh rumah bergayaΒ Bohemian. Boho identik dengan kebebasan.

Indonesia properti Expo 2019

Industrial

Desain industrial sering kali memberikan kesan maskulin. Berkebalikan dengan desain rumah Jepang, desain rumah industrial justru memberikan kesan sangat bold. Warna yang banyak digunakan adalah hitam, kayu tua, dan dicampur aksen putih. Hal terpenting dari desain industrial adalah kesan “unfinished yang biasanya ditambilkan melalui pipa atau sambungan logam yang terekspos.

Ipex 2019

Unsur Penataan

Setelah memilih tema, ada beberapa unsur yang bisa menjadi pertimbangan dalam menata rumah. Unsur-unsur ini dapat memperkuat aksen karakter desain.

Lighting

Di samping kegunaan utama sebagai alat penerang, lampu juga dapat mempercantik desain interior. Ada banyak jenis dan bentuk lampu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tentunya, pertimbangkan juga soal penggunaan listrik. Ruangan cantik pun tetap harus hemat energi, ‘kan?

Tanaman

Ruangan yang tampak segar akan membuat penghuninya lebih bersemangat. Penggunaan tanaman hidup dapat menjadi pilihan untuk menambah kesegaran dan keindahan ruangan. Banyak pilihan tanaman indoor yang mudah dirawat, contohnya tanaman monstera atau palem.

Monstera

Dekorasi Fungsional

Dekorasi bukan sekadar untuk memperindah, melainkan juga mempunyai fungsi. Bahkan, fungsi adalah sesuatu yang pertama kali harus dipikrkan sebelum memilih dekorasi. Misalnya, untuk tempat penyimpanan atau meletakkan sesuatu. Salah satu benda yang bisa digunakan sebagai dekorasi sekaligus mempunyai fungsi lain adalah tangga kayu.

Dulu, mungkin tangga kayu hanya digunakan untuk mengganti lampu atau memanjat pohon. Kini, banyak tangga kayu sengaja didesain untuk dekorasi. Model dekorasi tangga kayu juga bisa digunakan untuk tempat meletakkan handuk atau lap.

Indonesia properti Expo

Tips Memotret Interior Rumah

Kalau rumah sudah cantik, mungkin akan timbul keinginan untuk memajangnya di Instagram. Atau, memang sengaja mempercantik rumah untuk keperluan fotografi? Supaya setiap memotret makanan, bisa tampak seperti di cafe, misalnya. Apa pun itu, ada beberapa trik agar rumah tampak cantik di Instagram.

Gunakan Cahaya Natural

Matahari memang sumber cahaya terbaik. Tanpa perlu lampu sorot, ring light, atau apalah, manfaatkan saja cahaya gratis ini. Hasil foto dengan memanfaatkan cahaya matahari akan memberikan efek cantik natural.

Kamera Sejajar dengan Objek

Khusus untuk Instagram home decor, pasti enak banget kalau foto tampak seimbang. Karena itu, sebaiknya kamera dipasang sejajar dengan objek. Usahakan juga pengambilan gambar nggak miring-miring nggak jelas, ya.

Siapkan Storage

Bagi yang sudah mempunyai anak, mungkin ada kalanya mainan berantakan tak tentu. Bagaimana mau memotret kalau banyak barang berserakan? Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menyiapkan storage di berbagai ruangan. Begitu mau memotret, masukkan dulu semua ke dalam storage. Nanti, kalau sudah ada waktu, bisa dipilah dan dikembalikan ke tempat seharusnya.

Bisa juga dengan memberikan daerah teritorial untuk anak. Di daerah teritorialnya anak boleh melakukan hal-hal yang disukainya dan bertanggung jawab atau semua itu. Di luar itu, anak diajarkan untuk tidak memberantaki ruangan lain.

Tutupi atau Healing

Mungkin siasat paling mudah untuk mengatasi defek atau sesuatu yang kurang Instagrammable adalah dengan menutupinya. Ada bekas paku di dinding, tutupi dengan rak. Ada coretan di meja, tutupi dengan taplak. Malas mencari barang untuk menutupi? Aplikasi edit foto seperti Snapseed atau Lightroom mempunyai fitur healing. Hapus saja bagian yang menganggu supaya mata orang-orang yang melihat foto tersebut tetap fokus ke objek utama.

Begitulah kira-kira. Sudah memilih rumah. Sudah menentukan desain interior. Semoga saja semakin nyaman di rumah. Rumah yang nyaman akan meningkatkan produktivitas penghuninya, ‘kan?

You may also like...

25 Comments

  1. Cari rumah memang perlu banyak pertimbangan ya. Tapi memang yang utama adalah lokasi dan budget nya. Kalo bisa sih dapet yang deket tempat kerja/lokasi strategis.
    Model2 rumah minimalis modern, aku suka πŸ™‚

  2. Banyak yang bilang.. cari rumah itu seperti cari jodoh hehe.. tapi memang beneran sih.. akupun dulu cari rumah itu lama banget, karena banyak pertimbangan untuk konsep rumah aku waktu itu.. nah waktu itu urusan desain interior belum aku prioritasnya.. yang penting kondisi lingkungan dan rumah yang agak luas aja.. tapi sekarang bagaimanapun rumahnya jika desainnya kurang menarik jadi bikin boring juga ya.. mmmm… thanks for sharing yaa

  3. Masih suka pindah pindah klo sy Mba, bulan ini suka style ini, next lagi suka yg beda lagi. Mungkin gara2 itu, makanya suka berbongkar rumah n pindahin barang yg sekitu2nya πŸ˜‚

  4. Mba, aku pas lagi renovasi rumah dan jadi menginspirasi aku untuk memiliki rumah desain desain scandinavia atau japannese πŸ™‚

  5. Murah belum tentu itu yang kita butuhkan ya, Mbak. Murah kalau jaraknya jauuuuuh banget dari tempat kerja ya sama aja bohong.

  6. Ya ampun , kok bagus bagus banget sih dekorasi rumahnya,
    Minimalis, kelihatan sederhana tapi cantik ya

  7. Memilih kawasan rumah yang jauh dari kantor bikin kantong jebol akan membuat kita lebih banyak pengeluaran

  8. Kok aku jadi nyesel ya ga kesana ternyata ada rumah DP 1% dan harganya mulai 130 jt. Huhuhu pengen punya rummah baru akutuhh tapi yang terjangkau sama kantong hehe.

  9. Rumah yang nyaman bikin betah dirumah apalagi dekorasinya dan teknologi mendukung.

    Makin betah bersama keluarga tercinta di rumah setiap weekend

  10. Wah jalan2 asyik di expo eh dpt ilmu yg banyak pula yaa..asyik. Paling asyik memang kalau ke expo itu banyak pilihan n inspirasi ya..

  11. DP 1% bisa jadi solusi banget ya buat para millenial yang doyan jalan2 dan males nabung XD

  12. Waah baru tau ada rumah yg DP nya satu persen. Membantu masyarakat utk bs punya rumah nig. Kereenn

  13. Manfaatnya datang ke expo seperti ini banyak banget yah mba, terutma kalau lagi nyari referensi model rumah idaman . Duuh pengen juga dong ikut expo sprti ini. Pengen nari model rumah minimalis tp elegant

  14. Jadi tau nama2 desain interiornya. Ku jatuh hati sama industrial … tp kayanya tipe rumahku cucoknya minimalis hehe krn kecil πŸ˜…. Review nya keren mba kumplit bin lengkap.

  15. Jadi sekarang Fifah udah punya inspirasi rumah minimalisnya ya, wah bentar lagi ada yang mau punya rumah baru nih πŸ™‚
    Cara cepat dan mendapatkan inspirasi yang banyak ya datang ke expo seperti ini ya

  16. Lagi renovasi rumah pelan-pelan, pengen dibikin minimalis ga banyak barang. Jadi sekarang lagi rajin cari ide dan inspirasi. Kayaknya harus rajin dateng ke expo. Hehe

    Wah, boleh juga ini mba ulasannya lengkap, siapa tau bisa kebeli rumah baru. Poin diatas jadi pertimbangan juga.

  17. Lihat2 pameran rumah dan properti itu memang bikin mata segar yaaa, kemudian kepikiran pengen beli jugaaa. Klo untuk dalam waktu dekat saya cukup mengagumi dululah, fokus nabung untuk pendidikan anak2 sekarang, syukuri apa yg ada sekarang aja, Alhamdulillah. Tp jadi pengen belajar foto2, beneraaan.

  18. Wah murah bgt ada yg 90jt, biasanya klo aq dtaeng k expo tu sukanya liat model2 rumah lalu kebayang, wah rumahku klo di renov bgtu bgus ya

  19. Asyik ya sampai ada tips menata rumah, aku suka banget desain rumah Scandinavian banyak mengusung warna abu-abu, biru karena warnanya favorit aku dan suami

  20. ah sayang banget aku melewatkan expo properti kya IPEX 2019 ini. padaha aku seneng banget liat rumah atau apartemen dan dalem huniannya, untuk cari inspirasi buat menata rumah ^^

  21. Waa…nice tips banget.
    Yang kebayang selama ini kalau punya rumah, menata dengan perabot yang ada.
    Tapi kalau ada rumah yang mulai dari nol sama sekali gini…malah enak ngaturnya yaa…

  22. banyak tips untuk rumah cantik yaaaa mba..aku jadi semangaaat mau dekor rumah lagi..lagi menunggu storage room selesai dan beres

  23. Waahhh promo rumahnya kayaknya lumayan2 yaaa πŸ˜€
    Pengen punya properti lg tapi apa daya msh mikirin biaya anak sekolah hehe. Nabung duluuuu πŸ˜€
    Btw dapat tips keren ttg dkor rumah dan cara motretnya biar bisa dipajang di IG jg ya? Seru kyknya acaranya πŸ˜€

  24. Aku biasaya lokasi dan kedua , nah untuk dekor-dekor mulai deh cari inisiatif ubek-ubek situs. Dan sekadapet tips yang keren bisa buat ilmu carai-cari

  25. kalau rumah impianku yang simple seperti di showroom IKEA. Hahaha…
    di pinggiran Jakarta malah udah 700jutaan lho padahal sejam lebih ke pusat Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *