Opinion

Kaos Sablon Teknik Polyflex, Kelebihan serta Kekurangannya

Sablon Polyflex

 

Jenis pakaian apa yang menjadi favoritmu?

Favoritku tentu saja kaos. Kaos memang paling membuat nyaman. Biasanya, bahannya lembut dan adem.

Kaos bisa digunakan untuk beragam kesempatan. Di rumah, untuk acara santai, bahkan untuk dresscode. Sering banget, ‘kan, panitia suara acara membuat kaos sebagai dresscode?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa produk sablon kaos adalah pakaian yang paling populer. Kaos sablon mudah didapat oleh semua orang dan memiliki banyak variasi sesuai kenginan penggunanya.

Sablon kaos memang memiliki berbagai macam jenis tergantung teknik percetakan yang dilakukan untuk menghasilkan produk tersebut.

Di artikel ini, kita akan kenalan dengan salah satu teknik sablon: kaos sablon jenis polyflex. Jenis ini cukup populer di kalangan masyarakat. Di sini, akan dibahas kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan. Barangkali ada yang mau membuat kaos sablon, ‘kan?

Penjelasan Sablon Teknik Polyflex

Sablon teknik polyflex adalah salah satu jenis sablon yang tergolong sablon digital. Biasanya sablon ini menggunakan alat vinyl atau stiker untuk dicetak ke media kaos. Sablon teknik polyflex diklaim lebih elastis sehingga tahan lama dan kuat.

Hal ini juga mempengaruhi kualitas kaos saat dipakai serta membuat kaos menjadi lebih awet. Selain itu polyflex memiliki pemrosesan yang relatif mudah serta lebih cepat.

Proses Pembuatan Kaos Sablon Polyflex

Dalam membuat kaos sablon teknik polyflex, ada beberapa tahapan yang dilakukan. Berikut rangkungan secara singkat melalui beberapa poin ini:

Siapkan Desain

Seperti pada umumnya tahap awal ialah mendesain kaos polyflex sesuai selera menggunakan beberapa software semisal Adobe Photosp, atau Illustrator. Ada pula aplikasi Shilloutte Studio yang cocok untuk sablon polyflex.

Mencetak Desain Pada Lembar Polyflex

Kalau desain sudah siap cetak, maka langkah selanjutnya adalah mencetak desain pada lembar khusus berbahan polyflex. Pencetakan dilakukan menggunakan mesin cutting print cutting sticker yang bisa mencetak bahan Polyflex.

Pembersihan Lembar Polyflex

Pembersihan lembar polyflex yang dimaksud ialah merapikan lembar polyflex cetakan awal agar sesuai dengan desain yang dibuat. Biasanya pembersihan lembar dilakukan sampai desain yang diinginkan benar – benar pas untuk dilakukan sablon.

Proses Sablon Polyflex ke Kaos

Lembaran polyflex yang sudah dibersihkan dengan baik hanya perlu disablon ke media cetak dalam hal ini kaos. Biasanya proses sablon dilakukan dengan mesin heat press atau sejenisnya.

Tahap Akhir

Tahapan akhir dari proses ini adalah menunggu lembaran Polyflex melekat ke media atau kaos. Kalau suhu sudah dingin, lembaran Polyflex luar (berwarna bening) hanya perlu dikelupas sehingga kaos sudah jadi.

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Sablon Polyflex

Tentu dari sablon polyflex memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal ini perlu kita ketahui sebelum memilih teknik atau produk yang diinginkan. Ini rangkuman beberapa poin yang bisa jadi bahan pertimbangan:

Kelebihan Sablon Polyflex

  • Proses pembuatan lebih mudah dan cepat. Jadi nggak perlu ahli untuk melakuan hal ini.
  • Memungkinkan mencetak dalam desain kaos yang berbeda.
  • Sablon Polyflex lebih rapi dalam segi desain dan detailnya.
  • Polyflex membuat warna tidak pudar karena sifatnya yang melekat.
  • Polyflex dijamin lebih awet dan tahan lama karena bahan yang digunakan.

 

Kekurangan Sablon Polyflex

  • Memiiki variasi warna yang terbatas meski bisa dikombinasikan.
  • Biaya pembuatan cukup tinggi dipengaruhi harga lembar vinyl, harga mesin cetak, dan kaos sebagai media.
  • Walau bisa dikuasai orang awam, teknik ini jarang diketahui di beberapa tempat.
  • Terbatas dalam mencetak desain karena media cetak polyflex ukurannya terbatas.

 

Dari ulasan di atas tentunya sablon kaos polyflex memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Tentunya, kita bisa mengambil sisi positif dari teknik ini. Jadi, kita bisa mendapatkan kaos sesuai keinginan dengan kualitas yang baik.

 

You may also like...

30 Comments

  1. Sama Mbak saya juga lebih banyak kaosnya daripada pakaian lainnya di rumah. Bahan kaos itu emang nyaman dan enak dipakai ya. Senang banget kalau ikut event ada pembagian kaosnya. Selain kenangan bisa jadi nambah koleksi pakaian di rumah hehehe

  2. Dulu aku sering banget beli kaos, mba. Skarang beli kaos kebanyakan untuk anak. Dan emang lebih praktis dan nyaman juga dipakai sehari hari

  3. Aku awam banget soal persablonan. Tapi pengen banget njajal usaha produksi kaos sablon sndiri. Baca ini, aku jd sedikit banyak kenal soal dunia persablonan. Makasih banyak infonya ya mbk

  4. Aku juga syukaaaakkk pakai kaos!
    Dan ini jadi makin paham seputar plus minus kaos sabon dgn teknik polyflex
    Makasiii Mbaa

  5. Saya dan orang-orang di rumah juga penyuka kaos. Bahkan untuk beberapa kegiatan emak-emak di lingkungan tempat tinggal memang mejadikan kaos sebagai dresscode.
    Dari uraian ini jadi tahu kelebihan dan kekurangan sablon teknik polyflex.

  6. Mau lihat contoh hasil sablon polyflex ini dimana ya? Meski agak mahal yang penting kuat dan awet

    1. Hasil sablonnya bisa cek di web porinto deh, Mbak. Cuma, kalau di gambar mungkin nggak begitu ketahuan bedanya, ya. Hehe.

  7. Hasil sablon polyflex ini seperti apa ya mbak? pengen lihat contohnya. karena saya sering perlu nyablon utk tshirt kegiatan anak-anak

    1. Hasil sablonnya bisa cek di web porinto deh, Mbak. Cuma, kalau di gambar mungkin nggak begitu ketahuan bedanya, ya. Hehe.

  8. Emamg harganya relatif lebih mahal tapi hasilnya keknya worth it banget ya mbak??

  9. Aku termasuk orang yang suka dengan kaos sablon polyflex ini. Dan kekurangan yang disebutkan, yaitu kombinasi warna yang terbatas, justru aku suka. Aku gak terlalu suka malahan yang terlalu warna-warni.

  10. Aku baru tau sablon polyflex gini ingetnya dulu waktu sekolah pelajaran seni kita nyablon pakai pewarna lain gitu. Btw hasil dari sablon Polyflex ini gimana ya mba? Penasaran sama wujudnya hehe.

  11. Jadi semakin memahami bagaimana proses untuk menghasilkan sebuah kaos yang berkualitas ya mbak, melalui tulisan ini juga banyak belajar tentang kelebihan dan kekurangan kaos sabon teknik polyflex, jadi nanti saat hendak sablon kaos sudah semakin paham dan sudah bisa memilih mana yang terbaik untuk kaos sablon pesanannya

  12. Kaos polyflex emang nyaman bgt sih, aku big fans lah. Simple casual gitu jadinya, bisa di padu padan sesuai selera 😀

  13. Terimakasih informasinya mbak….jadi nambah wawasan tentang sablon polyflex. Kalau melihat sisi manfaat nya yang banyak bisa jadi banyak yang memilih menggunakan sablon ini ya mbak ketimbang cara lain. Dan hasil sablonannya lumayan bagus.

  14. Masing2 ada kelemahan dan kelebihannya yah kak tp q suka deh meski ad kekurangannya namun kualitas kaos polyflex tetap ok, secara aku jg suka banget pake kaos

  15. Saya pernah melihat proses pembuatan kaos teknik polyflek. Memang lebih simpel dan mudah jika dibandingkan dengan tekni sablon yang menimbulkan bau catnya

  16. Sekarang memang lwbih banyak yang pakai teknik digital printing ya mba. Kalau saya sih yang penting aweeet kaosnya

  17. aku tu sebenernya ga begitu peduli mbak kaosnya pake teknik sablon apa dan gimana caranya hihi tapi sungguh artikel ini membuka wawasan banget deh. apalagi anakku suka banget pake kaos oblong jadi merhatiin nih sablonannya hihihi

  18. Sama Mbak Fifah, saya juga sukanya mengenakan kaos saja. Simpel dan nggak ribet. Cepat digunakan dan sebagian besar kaosku gak kelihatan kusut kalau gak digosok. Hehe.

  19. Penting niih…buat seragam anak-anak biasanya Ibu-ibunya suka gak paham yaa…masalah sablon-menyablon.
    Jadi ngasal ajaa…begitu uda jadi, nyesel deeh….kurang ini dan itu.
    Kalau sablon Polyflex, terbukti bagus dan awet yaa…

  20. Lebih nyaman pakai kaus di mkusim panas ini soalnya menyerap keringat, kalau dengan sablon bikin kita tambah gaya. Cuma saya tak tahu banyak mengenai jenis sablon. Tahunya asala pakai saja, hi hi.
    Bagi saya kaus adalah bahan pakaian yang akan tetap mengabadi dan adanya jenis pilihan cara sablon bisa merupakan suatu inovasi yang bikin kita leluasa memilih.

  21. Aku dan keluarga tipenya santai. Jadi lebih suka pakai kaos di segala tempat kalau boleh hahaha

    Begitu cintanya sama kaos, aku sampe beli kaos polos utk keluarga secara grosiran lho

  22. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan sablon biasa ya. Tapi hasilnya memuaskan, jadi ya gapapa lah ya kalau harganya terhitung sedikit lebih tinggi.

  23. Jadi paham nih saya tentang sablon kaos dan teknik-tekniknya. Perlu ya pengetahuan ini karena bisa saja kan suatu hari kita perlu sablon kaos untuk kegiatan tertentu. Makasi sudah menuliskannya ya, Mbak

  24. Pas pertama denger kata polyflex, sudah kebayang kalau ini teknik pasti bakal lebih cepet 😀

  25. Aku baru tau teknik polyfex ini. Ga ngerti dunia sablon soalnya. Hehe

  26. Baru tau kalo proses sablon beda2 ya mbak. Saya yg sering dpt orderan tas bareng suami, jd ngeh kenapa ada beda2 harga sablonan. TFS mbak

  27. wah aku baru tau tentang ini, terimakasih atas infonya kak 😀

  28. kaos item yang gak panas adalah idola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *