keahlian baru

Belum terlambat untuk membuat resolusi, kan? Tidak ada kata terlambat untuk tujuan hidup, kan?

Well, aku bukan seseorang yang suka membuat resolusi setiap tahun baru. Aku lebih suka membuat rencana bulanan atau mingguan. Rasanya, lebih realistis.

Tapi, setelah dipikir-pikir, itu bukan realistis. Itu lebih seperti … takut.

Jadi, sekarang, aku pikir, kalau bisa membuat rencana mingguan atau bulanan, kenapa nggak rencana tahunan?

Di sini, aku menuliskan beberapa di antaranya. Semua terkait keahlian baru. Aku menuliskan yang memang sudah aku tahu cara mendapatkannya. Aku kok sok realistis banget? Mungkin karena golongan darahku A? 😂

Jadi, resolusiku nggak cuma segini. Hanya saja, mungkin menurut manusia fana ini belum kebayang cara mendapatkannya, terutama yang harus melibatkan pihak lain–contohnya, seandainya aku mempunyai resolusi mempunyai toko di Kuala Lumpur. KTP saja belum jadi, gimana mau bikin paspor? Gimana mau ke KL tanpa paspor? Masa nanti ada blogpost yang judulnya: Resolusiku Ketabrak KTP. (Semoga kelurahan baca blogpost ini. Pak, Bu, tolong KTP saya dipercepat beresnya) 😁

Selain belum kebayang cara mendapatkannya–kayak belum kebayang kapan KTP beres–bisa juga karena aku rasa resolusi itu sebaiknya disimpan sendiri supaya cukup aku dan Tuhan yang tahu. Terkadang, ada hal-hal yang lebih manjur kalau tetap dirahasiakan, ‘kan? Sesuatu yang terkadang menurut manusia fana termasuk beyond imagination. 😊

Walaupun realistis, harus tetap percaya kekuatan lain, ‘kan? Sampai paragraf ini, aku baru kebayang kayaknya aku sering mengalami hal semacam itu. Betul-betul beyond imagination. 😭

Kok pembukaan blogpost ini jadi panjang? Oke. Jadi, ini beberapa resolusi 2018 sekaligus keahlian baru yang aku rasa perlu dimiliki.

1. Bisa Menyetir

Selama ini aku terlalu terlena dengan kemudahan yang ada. Aku adalah pencinta angkutan umum garis keras. Sangat menjungjung tinggi angkutan umum karena konon katanya berperan dalam tidak menambah-nambah kemacetan dan polusi. Tapi, yaa, ojol termasuk angkutan umum bukan, sih? Sekarang aku menjadi pencinta ojol juga.

Nah, sebesar apa pun cinta pada angkutan umum, bisa menyetir adalah kewajiban. Motor dan mobil, ya. Termasuk mempunyai SIM. Kita nggak tahu hal apa yang harus kita hadapi di depan, ‘kan? Jadi, aku rasa keahlian wajib banget dimiliki.

Hidup ini bukan film atau novel di mana anak SD tiba-tiba bisa menyetir di saat dibutuhkan. Mau nggak mau harus belajar. Tebak, film atau novel apakah yang aku maksud? 😂

2. Bisa Seni Bela Diri

Keahlian baru

Hal ini sudah terpikirkan sejak beberapa bulan lalu. Dengan banyaknya berita kasus kekerasan 1-2 tahun belakangan, plus beberapa kali membaca novel dengan korban tidak terduga, kayaknya sekarang, kita–warga awam–minimal seharusnya bisa melakukan sedikit perlawanan sambil mencari bantuan. Walaupun sebaik-baiknya bela diri adalah lari, nggak semua situasi memungkinkan lari. Yaa, amit-amit sih kalau harus sampai menghadapi bahaya, tapi nggak ada salahnya bersiap.

Oh, ya, aku maunya belajar bela diri Asia Timur. Bukan bermaksud mengesampikan seni bela diri dari negara lain. Ini lebih ke preferensi saja kok. Aku juga maunya belajar di tempat khusus perempuan, termasuk pengajarnya juga perempuan. Kalau ada info tempat belajar bela diri di sekitar Bogor yang khusus perempuan, mohon share, ya. 😊

3. Bisa Membuat Foto dan Video yang Layak Dinikmati

Aku cinta Instagram. Sekarang, aku juga cinta YouTube. YouTube adalah pilihan ketika sedang membutuhkan tontonan receh, tapi tetap berfaedah.

Karena kecintaan pada kedua media itu, tentunya nggak mau hanya menjadi penikmat karya orang lain, kan? Ingin juga menghasilkan karya seperti orang-orang itu.

Cara belajar yang paling mudah mungkin dengan metode amati, tiru, modifikasi. Selain belajar menghasilkan karya, hal yang harus dipelajari juga adalah “memahami” kedua media tersebut. Apa lagi, kedua media tersebut belum lama ini mengeluarkan peraturan baru. Disenyumi saja deh peraturan itu.

4. Bisa Lancar Berbicara Bahasa Asing Tanpa Lupa Lagi

Bahasa adalah sesuatu yang kalau jarang digunakan, akan terlupakan. Jadi, resolusi sespesifik mungkin terkait bahasa sangat penting, kan?

Bahasa yang ingin aku kuasai tentunya bahasa Inggris. Ditambah bahasa-bahasa lain yang memungkinkan.

Enaknya hidup di zaman sekarang, belajar bisa kapan pun dan di mana pun. Beragam jenis aplikasi tersedia di Play Store dan App Store. Sejauh ini, aku sudah mencoba 3 aplikasi belajar bahasa Inggris:

  • Hello English. Pelajaran dimulai dari sangat dasar. Mungkin sangat baik untuk benar-benar mengosongkan otak sebelum belajar dan menulai dari 0.
  • English Study. Aplikasi ini menyediakan beberapa jenis pembelajaran sesuai tes yang ingin diambil, seperti TOEFL atau IELS. Di sini juga layanan beragam channel radio berbahasa Inggris. BBC, contohnya.
  • Duolingo. Sebelum mulai belajar, akan ada placement test terlebih dahulu. Selain bahasa Inggris, aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran bahasa-bahasa lain.

5. Bisa Menggambar Manual dan Digital

Nggak ada alasan khusus atas keinginan ini. Aku hanya tertarik. Itu saja.

Dari dulu, aku senang mengambar. Sayangnya, di sekolah ada indikator tertentu terhadap hal yang disebut seni. Bisa ditebak apa yang sesungguhnya terjadi. 😂

6. Bisa Memasak Sesuatu yang Layak Konsumsi dan Layak Pajang

Keahlian baru

Hal ini juga dipengaruhi kecintaanku pada Instagram. Salah satu akun Instagram-ku bertema food and book. Akun tersebut adalah akun @afifahmazaya. Ada juga akun @amjurnal untuk random gallery. Follow, ya. *usaha* Lol. 😂

Well, karena “keharusan” memposkan foto makanan, aku rasa kebisaan memasak adalah kewajiban. Nggak setiap hari bisa wisata kuliner. Lagipula, hidup sehat dengan mengontrol asupan adalah salah satu resolusi sepanjang masa, kan?

Itu saja yang bisa kuceritakan dari resolusi 2018-ku. Intinya adalah keinginan untuk hidup lebih berguna secara positif. Jadi, apa resolusimu?

You may also like...

2 Comments

  1. Semangat, smg resolusinya tercapai !
    Jangan lupa pakai software asli untuk belajar atau menghasilkan karya digital 😊

  2. nomor 3 dan 4 nih samaan pengin juga bisa. Semoga semuanya lekas tercapai yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *