Health Opinion

Seberapa Sehat Kita? Konsultasi Dokter Online Mudah di SehatQ

Konsultasi dokter online

Gemuk atau sekadar merasa gemuk? Kurus atau sekadar merasa kurus?

“Sekadar merasa” itu bisa jadi salah satu tanda body image negative.

Sudah kurus tapi merasa gemuk hanya karena melihat pipi yang tampak lebar. Atau, sudah gemuk tapi merasa kurus hanya karena … Entah, sih, seingatku, aku belum pernah bertemu orang gemuk yang merasa kurus. Kalau yang merasa gemuk, ya itu salah satu contohnya. Gara-gara itu, jadi ingin diet-dietan demi pipi ideal.

Kalau sampai begitu, bisa ada kemungkinan kurang gizi. Padahal, kurang gizi jelas nggak baik, terutama untuk perempuan karena gizi yang diserap bukan sekadar untuk diri sendiri.

Yang pasti, body image negative bisa membuat yang gemuk makin gemuk, yang kurus makin kurus. Kalau seperti itu, yang kelebihan berat badan, bisa-bisa mencapai obesitas. Yang kekurangan berat badan, bisa-bisa kurang gizi. Jangan sampai, deh.

Penentuan gemuk atau kurus memang nggak cukup pakai perasaan. Yaaa, kalau cuma pakai perasaan, buat apa ada jurusan Kedokteran dan jurusan Gizi? Di sisi lain, aku beberapa kali bertemu orang yang menentukan kurus atau gemuk hanya pakai perasaan.

Aku pribadi nggak mau bilang seseorang kegemukan atau nggak dengan sekilas lihat saja. Semua ada rumusnya. Makanya, kalau lagi rajin, biasanya aku buka kalkulator di smartphone dan bertanya berat dan tinggi orang itu.

Bagaimanapun, kalau melihat role model di sekitar kita, pandangan kita terhadap kurus dan gemuk akan bias. Kalau terbiasa melihat yang berbadan kecil, mungkin begitu tumbuh sedikit lebih besar, akan merasa besar banget, padahal belum tentu. Begitu juga sebaliknya bagi orang yang biasa hidup di lingkungan orang-orang besar. Karena itu, rumus-rumus berat badan ideal sangat diperlukan.

Menghitung Berat Badan Normal

Cara paling mudah untuk mengetahui berat badan kita normal atau tidak adalah dengan menghitung IMT. IMT adalah singkatan dari Indeks Massa Tubuh. Bahasa kerennya, sih, Body Mass Index alias BMI.

Cara menghitungnya cukup mudah.

Cara menghitung bmi

Nah, rentang ideal adalah 18,5-22,9. Ada juga yang mengambil referensi sampai 24,9.

Kalau yang aku pelajari waktu kuliah, sih, seperti ini:

Nilai imt

Sekali lagi, beda referensi, mungkin beda batas nilai. Tapi, untuk batas normal, umumnya hampir sama.

Oh, ya, perhitungan IMT atau BMI nggak berlaku untuk anak-anak, ibu hamil, dan orang dengan bengkak akibat penumpukan cairan, ya. Untuk kelompok-kelompok tersebut, tentu beda lagi cara menghitungnya.

Selain BMI, yang perlu diperhatikan juga adalah persentase lemak tubuh. Bisa saja orang berat badan normal, tapi persentase lemaknya berlebih. Penimbunan lemak berlebihan dalam tubuh tentu nggak baik.

Untuk menghitungnya tentu ada rumusnya. Dan, rentang hasilnya berbeda untuk laki-laki dan perempuan.

Jadi banyak banget yang perlu dihitung, ya. Haha. Kalau mau berat badan ideal dan sehat ya begitu.

Menghitung BMI Lebih Mudah

Zaman sekarang memang makin banyak yang menyediakan layanan penghitungan otomatis. Nggak perlu ribet buka kalkulator. Nggak perlu menghapal rumus. Salah satu web penyedia jasa tersebut adalah SehatQ.com.

Web SehatQ mempunyai fitur untuk health tools. Di sana, ada layanan untuk menghitung BMI, persentase lemak, bahkan pertumbuhan anak,Β dan layanan-layanan lainnya.Β Tinggal masuk-masukin angka, langsung muncul hasil.

Ini salah satu contohnya.

Review sehatq.com

Ini bukan angka berat dan tinggiku, ya. Aku nggak setinggi itu. Aku cuma asal masukin angka karena angka-angkaku mah top secret. Haha.

Ada rekomendasi diet dan olahraga segala.

Untuk fitur persentase lemak pun tinggal memasukkan angka dan memilih jenis kelamin. Untuk fitur pertumbuhan anak pun cukup memasukkan angka-angka saja. Mudah, ‘kan?

Konsultasi Dokter Online Mudah

Nah, biar makin jelas soal kesehatan, kita juga memanfaatkan fitur Forum Tanya Jawab dengan dokter. Gratis. Mudah banget juga cara untuk konsultasi dokter online gratis ini. Cukup klik “Tanya Dokter“, lalu ketik pertanyaan, lalu klik “Tanya Sekarang” untuk submit. Nggak perlu milih kategori atau apalah.

Review konsultasi dokter online gratis

Pertanyaan akan dijawab dalam waktu sekitar 1 hari oleh dokter yang bertugas di sana. Memang bukan live chat 24 jam. Bagaimanapun, untuk keadaan darurat memang sebaiknya langsung menghubungi dokter di dekat rumah.

Aku sudah 2 kali bertanya di SehatQ.com dan dua-duanya sudah dijawab. Ini salah satu pertanyaanku. Aku cuma nanya, ya. Aku nggak obesitas. *Penting ngasih tau*

Konsultasi dokter online

Walau begitu, untuk pertanyaan-pertanyaan yang memang nggak darurat, menurutku fitur ini memudahkan banget. Apa lagi, yang jawab memang dokter, which is memang punya ilmu di bidang kesehatan. Dan, kalau masih butuh opini tambahan, kita tinggal datang ke dokter di sekitar kita dan bertukar pikiran dengan membawa ilmu hasil konsultasi di forum tersebut. SehatQ.com juga menyediakan booking dokter online.Β Aku belum pernah coba karena alhamdulillah lagi sehat. Jadwal dokter bisa dilihat di web SehatQ. Aku sudah lihat-lihat dan ada banyak dokter di Bogor.

Urusan kesehatan memang nggak bisa pakai ilmu kira-kira. Kesehatan berhubungan dengan nyawa dan kehidupan kita sehari-sehari. Maka, ilmu yang dibutuhkan ilmu sungguhan dari para ahli.

SehatQ.com

Instagram: https://www.instagram.com/sehatq_id/

Twitter: https://twitter.com/sehatq

Facebook: http://www.facebook.com/SehatQIndonesia/?ref=bookmarks

 

 

You may also like...

41 Comments

  1. Makasih infonya mak.
    Bagus ya, buat nanya yg remeh2 ke dokter. Karena kita gak mungkin datang ke tempat praktek dokter, antri, dan bayar utk sekedar bertanya2 ttg sesuatu yg tidak urgent

  2. Ahaaa!
    Asyik banget nih ada SEHATQ
    Jadinya kita bisa nanya SEPUASNYA dgn narasumber yg super mumpuni di bidang medis.

  3. Asyik banget kalau bisa konsultasi sepuasnya di SehatQ, jadi nggak rempong lagi kalau lagi sakit dan jadi berspekulasi macam-macam mengenai penyakit kita, mending tanya langsung pada tempatnya πŸ™‚

  4. Ini nih yang paling aku suka dari website SehatQ, bisa berinteraksi dengan dokternya secara online, biar mendapatkan informasi yang lebih akurat dan gak ribet

  5. Wow tadinya kupikir sehatq cuma untuk yg berhubungan dengan penyakit dan obat, tenyata bisa untuk menghitung berat badan ideal segala ya. Keren nih, manfaatnya banyak.

  6. Setuju banget mbak. urusan sehat emang gak bisa sekedar kira-kira. Jika belum bisa datang langsung, mungkin konsultasi kepada yang terpercaya seperti di SEHATQ ini lebih baik ya.

  7. aku selalu suka sama portal kesehatan apalagibyang punya fitur chat sama dokter kayak sehatQ membantu banget

  8. Wah jadi salut nih sama sehatQ
    Jadi ingin mengukur berat badan ideal saya.

  9. Ooh sehatQ ini trusted thoo
    aku kemarin pengen coba salah satu tes kesehatan disana, tapi lab nya jauh banget di BSD dan harus di jam kerja.

    Btw iyaya. kenapa cewe suka gitu.
    udah kurus tapi merasa gemuk hanya karena melihat pipi yang tampak lebar. hahhaa jadi tertohok

  10. Konsultasi dengan dokter di sehatq itu fast respon loh, sungguh ku suka sehatq ini 😍

  11. Wuiih keren ya ada health tool nya juga tapi aku kok takut ya mau coba health toolnya. Aku pasti obesitas wkwk. PR nya masih banyak biar bisa selangsing Fifah.

  12. Wow recommended banget nih SehatQ.com bisa memberikan informasi bermanfaat seputar kesehatan. Bisa juga menjadi sarana untuk mengecek kesehatan kita. Bahkan berkonsultasi dg dokter ahli pun cepat ditanggapi. TFS mbak…jadi pengen download aplikasi ini.

  13. Wah recommended banget nih websitenya…
    Jadi penasaran sama sehatQ

  14. asyik banget sih ya sekarang udah bisa cari tau soal dunia kesehatan di Sehatq, daripada terus terusan dapat berita hoax yang ga jelas asal ususlnya, mending ke Sehatq aja…

  15. Enaknya kalau portal kesehatan gini bisa tanya-tanya dokter ya jadi puas dan ada solusi juga sebaiknya konsumsi obat apa.

  16. aku itu kurus tapi kalau difoto mukanya kelihatan besar πŸ™‚ Dulu mana ngerti aku cara ngitung IMT tapi sejak ada situs kesehatan kaya SehatQ ini jadi paham deh sekarang. Trus di portal ini juga kit abisa konsultasi dengan dokter ya enak banget

  17. Asyik yaaa kalau praktis seperti ini mba.. aku suk karena bisa tanya juga dan informasinya lengkap

  18. Enak ya sekarang kalau mau cari informasi kesehatan yang terpercaya bisa langsung baca SehatQ. Wah bisa dipakai menghitung BMI juga ya. Oke banget ini webnya. Aku jg suka desain websitenya, warnanya tu aku suka banget. Mobile friendly pula

  19. Nah ini, SehatQ bikin kita bisa mantau kesehatan diri dan keluarga secara mudah ya. Ngecek kalkulator kesehatan, konsultasi, nyari artikel, penyakit, obat, bahkan nanya2 dokter juga mudah. Kalo gak puas, bisa janjian deh sama dokter via SehatQu.

  20. Aku mau doonk….ngitung BMI.
    Soalnya selama ini iyaa…merasa kurus.
    Hhaha…masalah banget ini…padahal kalo duduk, ngabisin tempat banget.

  21. Sudah unduh atas saran teman blogger juga, tapi belum pernah digunakan. Ntar aku coba deh

  22. Aku suka memanfaatkan web semacam ini untuk urusan ngitung IMT. Maklum anakku yg cowo termasuk ginuk-ginuk. Wkwkwk Kudu kontrol terus emaknya

  23. Nggk perlu ribet ribet yah era digital skrg ini. Kerasa sakit apa bisa langsung tanya dokter. Makasih infonya

  24. Mau indtal ah aplikasinya, mau ngukur BMI aku.. Biadanya kalo ngukur ke dokter sekarang bisa sendiri makin mudah aja yaa

  25. Asik ya webnya, bisa menghitung IMT juga praktis. Bisa konsultasi juga, tanya-tanya sama narasumber yang mumpuni dibidang kesehatan

  26. Waah alhamdulillah makin mudah konsultasi ke dokter tanpa antrian yang drama

  27. Jd udah gak repot2 lagi kalo mau tanya dokter yah mba,?, dan yang pasti ini sangat membantu semua orang ( trutama aku ), hehe terimakasih yah mba udh sharring kesini πŸ™‚

  28. Waahh, asik bgt nih aplikasi Mba. bisa langsung tanya jawab sama dokter. Jadi gak nyoba googling2 dl , dirasa cocok, diaplikasiin, eh ternyata gak cocok. wkwkwk. Udah ada aplikasi sehatq, jd lebih pasti

  29. Aku pun srkng booking dokter via sehatq mbak, terasa lebih mudah aja. Informasi kesehatannya juga lengkap ya

  30. Untuk hitung IMT, itu Berat badan dibagi tinggi badan ya atau sebaliknya ??
    Aku coba hitung tapi kalau BB : TB jadi gak pas hasilnya, nol koma. Yang pas TB:BB. ‘
    Aku pernah akses sehatq ini saat cari referesnsi penyakit alergi, dan infonya membantu banget.

    1. Aku baru sadar rumusnya kurang. Tapi nggak kebalik kok. Cuma TB-nya dikuadrat. Dan TB-nya diubah dulu ke meter. Jadi kalau 170 cm, diubah ke 1,7 m dulu.
      Makasij, Kak Mude. πŸ™‚

  31. Keren aplikasinya, bisa hitung BMI dan konsultasi juga. Gak tau kenapa kadang kita & anak-anak suka sakitnya tuh weekend, udah gitu malam-malam, kan bingung ya gak ada dokter. Aplikasi kayak gini berguna banget nih

  32. Iyaaa betul daripada merasa merasa lebih baik langsung cek. Ternyata Di app SehatQ ada perhitungannya yaa. Ada tips tipsnya juga, bahkan sampai konsultasi dokter. Lengkap punya yaa mba

  33. Simple banget ya konsultasi di SehatQ. Bisa ceki-ceki kondisi ideal tubuh juga. AKu baru baca-baca artikel sama lihat jadwal dokter aja sih. Next mau memanfaatkan sesi konsultasinya.

  34. Saya buka websitenya SehatQ tapi cari-cari cara menghitung BMI ini nggak ketemu. Apa hanya ada di aplikasi ya?

  35. Wah, SehatQ com sekomplit ini ya..keren sekali . Setuju, urusan kesehatan memang nggak bisa pakai ilmu kira-kira karena berhubungan dengan nyawa dan kehidupan kita Maka, ilmu yang dibutuhkan ilmu sungguhan dari para ahlinya

  36. SehatQ recommended banget ya untuk kita download aplikasinya. Bisa dipakai sewaktu-waktu ada rasa penasaran akan suatu gelaja penyakit, atau untuk sekedar Konsultasi untuk pencegahan. Penting banget nih terutama buatku yang masih punya Toddler dan Bayi bisa konsultasi seputar kesehatan Anak juga ya.

  37. Sekarang semua lebih praktis ya. Ngitung berat badan ideal sekalian konsultasi sama dokter bisa via apps ini

  38. Wahh simple banget ya mbak. Jadi penasaran pingin buka situs ini.
    Nice info mbak.

  39. Salut dengan SehatQ. Jadi jawaban dari semua kebutuhan akan berbagai hal mengenai kesehatan di era milenial kayak sekarang ini. Bahkan bisa konsultasi dan booking dokter. Semoga semua bisa mendapat manfaatnya ya. Dan semoga bisa secepatnya semua daerah bisa booking dokter. Biar bisa nyari dokter yang tepat. πŸ™‚

  40. Aku sekarang kalau ajak anak ke RS langganan daftar via sehatq ini mbak soalnya aplikasi RS langganan malah error. Suka baca2 dan terispirasi bikin tulisan kesehatan juga dari website sehatq ini πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *