Reportage

Kota Summarecon Bekasi, Hunian dengan Akses Pendidikan Mudah



Setiap orangtua pasti ingin anaknya disekolahkan di sekolah terbaik, tapi jangan salah, anak pun ingin bersekolah di sekolah terbaik. Sewaktu akan masuk SD, aku sudah tahu mana sekolah yang bagus, sangat bagus, dan sekolah yang TOP. Sayangnya, keinginan orangtua dan anak itu terbentur masalah akses antara rumah dan sekolah. Orangtuaku lebih memilih menyekolahkan di sekolah biasa daripada di sekolah dengan fasilitas lengkap, tetapi setiap hari harus berjibaku dengan kemacetan. Bisa-bisa ketika sampai sekolah, pikiran sudah tidak fokus.
Masalah ini yang coba diatasi Summarecon Bekasi. Kawasan hunian di Kota Bekasi ini menghadirkan tempat tinggal dan sekolah dalam satu area. Tak tanggung-tanggung, sekolah yang ada di Summarecon Bekasi mulai dari TK hingga perguruan tinggi.
Tanggal 22 Agustus 2015 lalu, aku dan teman-teman blogger berkesempatan mengikuti Summarecon One Day Tour. Kami diperkenalkan dan diajak melihat-lihat kawasan Summarecon Bekasi dan sekolah-sekolah yang ada dalam kawasan tersebut.
Hmm… Walaupun sepertinya jauh sekali kalau aku sudah memikirkan tempat tinggal dan sekolah untuk anak, boleh dong berangan-angan sekaligus mencari referensi. Jangan sampai anakku tidak bisa bersekolah di sekolah berkualitas oke karena takut terhalang macet.
Akses menuju Summarecon Bekasi cukup mudah. Tidak jauh dari pintu tol, akan langsung bertemu flyover yang langsung menuju Summarecon. Pertama kali melihat flyover ini, aku dibuat terkagum-kagum. Desainnya sangat cantik. Aku seperti dibawa menuju tempat yang lain, bukan Bekasi. Tahu kan banyak candaandi media sosial yang mengatakan Bekasi semrawut, Bekasi  macet banget, Bekasi ini-itu? Segala candaan itu sepertinya berhenti sampai di batas flyover. Sayangnya, aku tidak sempat memfoto flyover tersebut karena terlalu menikmati desainnya.
Flyover ini membentang sepanjang 1 km dan memiliki lebar 22 meter. Flyover yang menghubungkan Jl. Ahmad Yani dan Summarecon Bekasi ini memiliki 4 jalur. Dengan jalur yang lebar, mari ucapkan selamat tinggal pada macet.
Jadi, ada apa saja di Kota Summarecon Bekasi?
Sekolah Islam Al Azhar
Bagi orangtua Muslim yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah Islam, sekolah yang satu ini mungkin masuk ke dalam list. Sekolah ini juga bisa dikatakan salah satu sekolah terbaik. Sewaktu kecil, aku sering mendengar nama sekolah ini. Sayangnya, belum ada Sekolah Islam Al Azhar di dekat rumahku.

Visi Sekolah Islam Al Azhar adalah mewujudkan peserta didik yang berakidah kuat dan multi akselerasi. Sejak dari SD, murid-murid Sekolah Islam Al Azhar sudah diajarkan mandiri. Sekolah ini juga menggunakan sistem absensi dengan sidik jari. Begitu seorang murid data pada alat input absen masuk, orangtua akan mendapat sms yang menyatakan bahwa anaknya hadir ke sekolah. Jadi, tidak ada istilah titip absen pada teman.

Scanner sidik jari

Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini cukup beragam, tetapi setiap murid hanya boleh memilih maksimal 2 ekskul. Hal ini dimaksudkan agar mereka tetap fokus. Fasilitas yang disediakan Sekolah Islam Al Azhar sangat lengkap. Terdapat Laboratorium Biologi, Kimia, Fisika, Bahasa, Komputer, Perpustakaan, Ruang OSIS/Ekskul, Rapat Guru, Koperasi, UKS, Jami’iyyah, Musholla, Kantin, dan Aula.

Beberapa fasilitas di Sekolah Islam Al Azhar
Di SD Al Azhar, anak-anak kelas 1-3 belum diperkenankan untuk jajan di kantin. Mereka mendapat katering. Ini jelas mengurangi kekhawatiran para ibu yang takut anaknya jajan sembarang. Aku masih ingat dulu ibuku sering ngeri dengan jajanan sekolah. Jadi, ibu-ibu yang anaknya bersekolah di Sekolah Islam Al Azhar tidak perlu merasakan kekhawatiran yang sama. Untuk anak-anak kelas 4-6, mereka sudah lebih pintar memilih jajanan. Lagipula, kantin di sini bersih.

 

Kantin, Lapangan Olahraga, dan Ruang Belajar SD

 

Sekolah BPK Penabur

Siapa tak kenal sekolah satu ini. Hampir setiap ada lomba, BPK Penabur menyabet berbagai tropi. Sekolah BPK Penabur juga hadir di Summarecon Bekasi mulai dari TK hingga SMA. Bagunan sekolahnya terdiri dari 8 lantai.
Fasilitas yang ada di Sekolah BPK Penabur Summarecon Bekasi antara lain lapangan olahraga yang luas di lantai 2 dan 6, laboratorium Komputer, Biologi, Kimia, kantin, perpustakaan, tempat bermain, dan ruang pertemuan. Ekstrakulikulernya pun beragam, antara lain robotik, englich club, mate & science club, basket, futsal, modern dance, manga, catur, ansamble, dan Pramuka. Klub Modern dance sekolah di Summarecon Bekasi ini sudah pernah menjuarai lomba di Jakarta dan Bekasi, padahal sekolah ini baru dibuka tahun 2013.
Bina Nusantara (Binus) University
TK sampai SMA sudah. Tentu pendidikan tidak berhenti sampai di situ. Karena itu, Binus University pun hadir di kawasan Summarecon Bekasi. Binus adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Binus University di Bekasi dicanangkan akan memiliki kampus lebih luas daripada Binus yang sudah ada, yaitu di Alam Sutera.
Pada One Day Tour ini, Binus memperkenalkan fasilitas kuliah baru, yaitu dengan fasilitas online learning. Fasilitas ini memudahkan siapa pun yang ingin melanjutkan kuliah, tetapi memiliki keterbatasan waktu sehingga sulit hadir dalam perkuliahan secara tatap muka. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa mengakses perkuliahan kapan pun dan di mana pun. Saat ini, mahasiswa Binus online learning sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai luar negeri.
Semua bahan ajar, tugas, UTS, dan UAS dapat diakses melalui internet. Walaupun begitu, mahasiswa tetap dapat berkomunikasi dengan dosen. Binus menyediakan fasilitas video conference sehingga para mahasiswa tetap bisa berdiskusi dengan dosen.
Hal ini menjadi angin segar untuk orang-orang sepertiku yang tetap ingin bekerja sekaligus kuliah tanpa harus memikirkan waktu dan tenaga tambahan. Bagi para ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan kuliah pun hal ini sangat membantu. Para ibu bisa mengakses perkuliahan setelah semua pekerjaannya tuntas.
Hunian
Kita sudah mengenal sekolah-sekolah yang ada di Summarecon Bekasi, tentu ingin tahu seperti apa tempat tinggal yang ada di sana. Para blogger pun diajak berkeliling melihat hunian di Summarecon Bekasi.
Terdapat 2 macam hunian di Summarecon Bekasi, yaitu rumah dan apartemen. Konsep yang dihadirkan Summarecon bekasi adalah kota ramah lingkungan. Terdapat banyak ruang terbuka hijau dan juga ada kampanye daur ulang bagi para penghuni. Ini kali pertama aku melihat perumahan yang sangat bersih, tidak ada sampah di jalanan.
Perumahan Summarecon Bekasi dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu Palm and Maple Residence, Acacia Residence, Magnolia Residence, Lotus Lakeside Residence, Bluebell Residence, dan Vernonia Residence. Setiap tipe dilengkapi fasilitas club house, seperti swimming pool, multifunction room, dan children playground. Setiap tipe memiliki keunikan tersendiri. Sebagai contoh, Lotus Lakeside Residence memiliki club house di tepi danau dan jogging track yang mengelilingi danau tersebut. Pasti menyenangkan berolahraga atau bersantai sambil memandang danau yang sejuk. Hiruk-pikuk Kota Bekasi dapat telupakan sejenak.
Palm and Maple Residence

 

Lotus Lakeside Residence

 

Apartemen yang ditawarkan pun memiliki beragam pilihan. Tahun 2014, Summarecon Bekasi pernah mengembangkan The Springlake Apartement dan semua unitnya sudah habis terjual. Tahun 2015, Summarecon Bekasi kembali meluncurkan apartemen dengan konsep ragam view yang memanjakan mata, yaitu The Springlake View.

Miniatur Apartemen

View yang ditawarkan, yaitu City View, Lake View, Pool View, dan Coult Yard View. Kita bisa memilih pemandangan favorit kita. Jika suka melihat danau, bisa memilih Lake View. Jika suka melihat citylightdi malam hari, bisa memilih City View. Tipe apartemen yang ditawarkan terdapat tipe studio, 2 kamar tidur, dan 3 kamar tidur. Bagi mahasiswa Binus, tipe studio bisa menjadi pilihan daripada mencari tempat tinggal yang jauh dari kampus.

Untuk mengetahui seperti apa bagian dalam The Springlake View, para blogger diajak melihat model yang ada di Summarecon Mall lantai 3. Model-model apartemen di sana didesain sedemikian apik, seperti apartemen sudah siap huni. Kesan nyaman langsung terasa ketika memasuki satu persatu ruangan. Ketika memasuki tipe studio, kami sempat bingung karena tidak ada tempat tidur. Ternyata, tempat tidur untuk tipe studio dapat diangkat dan ditarik sesuai kebutuhan. Jadi, jika tidak sedang digunakan, tidak memenuhi ruangan dan ruangan dapat difungsikan untuk keperluan lain. Mahasiswa yang hobi berkumpul pun jadi bisa memanfaatkan apartemennya, lebih efisien daripada berkumpul di tempat lain.

 

Bagian dalam The Springlake View

 

Setelah mengikuti One Day Tour Ini, kurasa image Bekasi sebagai kota yang penuh dengan hiruk-pikuk bisa dicabut. Ada bagian dari Bekasi yang memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para penghuninya.
Bagi para orangtua atau calon orangtua, tak perlu lagi khawatir anaknya bersekolah di tempat yang jauh karena Summarecon Bekasi menyediakan fasilitas pendidikan yang berada satu wilayah dengan tempat tinggal. Sekolah yang ada pun merupakan sekolah-sekolah yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Membayangkan anak-anak sekolah di Bekasi bisa bersekolah tanpa memikirkan perjalanan yang jauh dan macet, tentu bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih hunian dan sekolah.

You may also like...

4 Comments

  1. ada juga yang di serpong, tapi muahalll

  2. disesuaikan dengan fasilitas dan kebutuhan.:)

  3. aku mah nggak bisa selfie. >.<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *