Upgrading diri adalah suatu keharusan, ‘kan? Kita perlu terus belajar. Ketika menjadi content writer pun, demikian. Terus belajar supaya nggak di situ-situ aja. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris online.

Kursus bahasa Inggris online di tbi

Alhamdulillah, di minggu kedua bulan Mei ini, aku bisa mengikuti short course bahasa Inggris. Temanya adalah creative writing.

Temanya cocok banget dengan content writer dan blogger, ‘kan? Short course ini diadakan oleh TBI.

The British Institute (TBI) sudah ada di Indonesia sejak hampir 40 tahun lalu. Sekarang, lokasinya ada di Jakarta, Cibubur, Tangerang, Malang, Bali, Riau, Bandung, dan Depok.

Di Jakarta, salah satunya ada di Kuningan. Lokasi TBI Kuningan dekat dekat pusat perbelanjaan, perkantoran, dsb.

Jadwal kelasnya beragam. Mulai dari Senin sampai Sabtu. Mulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Jadi, lebih mudah disesuaikan jadwal aktivitas kita.

Para pengajarnya sudah certified. Ada pengajar lokal maupun pengajar asing.

Metode yang digunakan TBI Kuningan ada kelas tatap muka, online, maupun blended learning. Cocok kan untuk orang yang cinta online macam aku.

Pilihan programnya ada untuk anak-anak sampai dewasa. Aku pribadi penasaran dengan TOEFL & IELTS Preparation dan Professional English. Tapi, kali ini aku fokus ke Academic Writing dulu, deh.

Oh, ya, untuk yang punya kenalan anak-anak atau remaja, sekarang sedang ada program Create & Discover. Kelasnya akan berjalan selama 2 minggu dan ada program berbeda setiap hari. Contohnya seperti di gambar ini:

Aku sudah kenal TBI sejak lama. Bukan kenal-kenal banget, sih. Dulu aku sering melewati tempat lesnya. Dekat kampusku.

Pernah ada keinginan untuk ikut les di sana. Lalu, sekarang kesampaian mencicipi kursus bahasa Inggris online TBI, deh.

Kursus Bahasa Inggris Online

Kursus bahasa Inggris online memang menjadi suatu opsi di era pandemi. Buatku sih, oke-oke saja di saat normal maupun era pandemi maupun.

Kursus online menurutku lebih fleksibel. Memang ada jadwalnya, sih. Tapi, setidaknya nggak makan waktu untuk harus datang ke tempat les.

Aku mah memang suka banget serba online, sih. Kecuali jajan online. Itu mah harus dikurangi.

Short course di TBI ini dilakukan melalui 2 media. Google Classroom dan Zoom.

Ini pertama kalinya aku memakai Google Classroom. Ternyata seru. Andai ada kuliah yang bisa pakai Google Classroom terus, aku mau deh.

Kursus singkat creative writing berlangsung selama 3 hari. Setiap sesinya berdurasi sekitar 2 jam.

Pengajarnya berbeda setiap harinya. Ada Ms Sasa, Mr Donny, dan Mr Grant. Salah satunya adalah seorang native speaker. Bisa tebak siapa?

Iya, Mr Grant. Dari namanya juga ketahuan, ya.

Hari 1

Hari 1 dengan Ms Sasa. Beliau sangat talkative. Beliau pernah tinggal di New York City. Ms Sasa cukup banyak menceritakan pengalamannya.

Hal yang dipelajari hari pertama adalah seputar membuat judul dan introduction. Sepertinya blogger sudah tahu hal semacam itu, ya.

Eits, jangan salah. Membuat judul juga perlu ada triknya. Biar bisa menarik minat pembaca.

Introduction juga perlu banget. Introduction itu semacam kata-kata pembuka artikel. Jelas harus menarik.

Hari 2

Hari kedua oleh Mr Donny. Di hari kedua ini, sayangnya aku nggak bisa ikut sesi Zoom. Tapi, aku tetap bisa mantengin Google Classroom.

Di hari kedua, kami belajar lebih dalam soal artikel. Setelah itu, kami juga belajar cara membuat artikel lebih berkesan melalui kata-kata.

Kami diberi 2 contoh tulisan. Kami diminta membandingkan mana yang lebih menarik.

Nah, salah satu tulisan tergolong easy to read. Tapi, easy to read belum tentu lebih menarik.

Pemilihan kata berperan besar dalam membuat suatu artikel lebih menarik. Kata-kata bisa membangun impact terhadap pembaca.

Hari 3

Blogger dan content writer pernah membuat review, ‘kan? Di hari ketiga, Mr Grant membahas tentang artikel review.

Artikel review nggak harus selalu di blog. Bisa juga review seperti di Play Store.

Nah, walau sekadar review di Play Store, tetap perlu ditata. Supaya rapi. Supaya orang-orang mau baca.

Selain itu, kami juga belajar order of adjective. Susunan adjective.

Tiny Shiny Golden Ring

Dalam bahasa Inggris, adjective ada susunannya. Jadi nggak bisa tuh kalau menjadi Golden Shiny Tiny Ring.

Walau native speaker, pengucapan Mr Grant mudah dipahami. Jadi, nggak perlu khawatir deh buat belajar melalui seorang native.

Order of adjectives

Overall

Kursus bahasa Inggris online singkat di TBI menurutku sangat mudah dimengerti. Walau terpisah jarak, bukan berarti menjadi sulit dimengerti, ‘kan?

Justru belajar melalui Google Classroom menurutku sangat memudahkan. Penjelasan guru bisa diulang dibaca lagi berkali-kali.

Rasanya juga santai. Seperti sedang main. Mungkin efek nggak perlu duduk kaku di kelas. Mau sambil makan pun bisa saja. Yang penting tetap menyimak.

Aku bersyukur banget akhirnya bisa mencicipi kelas TBI. Jadi agak tergambar gimana rasanya les di sana.

Tutor-tutor TBI yang aku dapatkan juga interaktif. Kelas pun menjadi lebih hidup.

Kalau kamu mau les bahasa Inggris online di TBI juga, bisa kontak ke sini:

Contact Details

Info : 0857 8179 4939 / 021 – 50820037

Email : choirina.kusuma@tbi.co.id
Website: www.tbi.co.id
Instagram: tbi_kuningan
Facebook: Tbi Kuningan

You may also like...

13 Comments

  1. Enak ya kalau cara menyampaikan materinya mudah dimengerti oleh kita jadi pelajarannya cepat nyangkut deh di otak. Seneng banget walaupun singkat dapet ilmu dari TBI nih

  2. Wah, asyik itu kursusnya.
    Saya gabung di sebuah grup WA buat belajar praktikin English. Lebih banyak fun-nya sih karena tujuannya memacu biar pada pede.

  3. waaah ngomongin kursus bahasa inggris ku jadi pengen khursus lagi, dulu pernah kursus juga selama 9 bulan tapi rasanya masih kurang hehehhe

  4. Wah..ternyata seru juga ya kursus bhs Inggris meski tidak langsung tatap muka begini. Jadi tertarik juga nih aku..hehe.. Trmksh infonya ya.

  5. Wah asyik nih aku beneran pengen kursus bahasa inggris lagi kalau gini hehe…tapi sekarang prioritas sekolah anak anak dulu sih..

  6. Waah pengalamannya seru banget mba, belajar bahasa Inggris secara online, saya juga tahu TBI pas di Bandung tapibbelum pernah ikut kursusnya, tertarik juga nih kalau ada program kursus online lagi di TBI karena di kota saya tinggal sekarang nggak ada TBI

  7. seru banget mba, jadi aktifitas yang menyenangkan selama di rumah aja, meningkatkan kemampuan berbahasa asing. kerennnn, ini patut diikuti mba. aku kadang kebanyakan magernya huhu

  8. Kalau menyenangkan pelajaran bahasa Inggris gak lagi menyeramkan seperti saat sekolah dulu ya.
    Jaman saya, ada lho selain mate dan fisika, murid yg suka bolos juga saat pelajaran bahasa Inggris. Hehehe…

  9. Tosss dulu sama neng Fifah, soalnya aku juga suka yang online-online, hehehe.. btw kira-kira kalau bloger bahasa Inggrisnya masih dasar banget kayak aku, ada gak ya kelasnya? Hihi.

  10. suka sekali dengan bahan ajar TBI yang kreatif dan teacher yang komunikatif.
    Secara belajar bahasa adalah sebuah pembiasaan.

  11. ini memang lembaga yang sudah terkenal sejak jaman dahulu ya mbaa…dan kurikulum yang juga oke bangeeet untuk membantu kita belajar bahas Inggris

  12. Pengin juga mbaa kursus Bahasa Inggris gini. Sejak non aktif kerja sebagai marketing export, English-ku udah lama vakum. Kerjaan hanya administratif aja. Pengin sekali bisa kursus yang lebih ke conversation gitu.

  13. Aku juga lagi ikutin nih Kak
    Penasaran sama ilmunya
    Semoga makin terjaga bahasa Inggrisku yang aku pake ke anak juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *