Culinary

Lapis Talas Bolu Amor: Lapis Talas Terpanjang Se-Indonesia

 

 

Kapan, ya, terakhir kali ke Kebun Raya Bogor? Rasanya udah lama banget. Kalau nggak salah 2 tahun lalu. Iya, sebelum ini, tapi beberapa hari lalu aku ke Kebun Raya Bogor lagi.

Tepatnya, Sabtu tanggal 9 September lalu aku menginjakkan kaki di salah satu tempat wisata Bogor ini lagi. Aku pikir, pesona Kebun Raya Bogor udah pudar. Nyatanya, yang menunggu di gerbang sebelum buka saja cukup banyak. Sebagian besar mereka mau berolahraga. Mereka mau olahraga, aku sih mau lihat kue.

Lihat kue saja sampai ke Kebun Raya. Soalnya, kali ini kuenya bukan sekadar kue. Kuenya untuk pemecahan rekor MURI: lapis talas terpanjang.

Kue terpanjang se indonesia

Adalah Bolu Amor yang menjadi pengagas acara ini. Bolu Amor berawal dari sebuah cake and bakery di Sukabumi.

Kue andalan mereka awalnya adalah bolu pisang. Semakin ke sini, mereka melihat peluang lapis talas. Sejak 2010, Bolu Amor mulai memasarkan lapis talas di Sukabumi. Sekarang, outlet dan franchise Bolu Amor sudah berjumlah 32 dan tersebar di Sukabumi, Depok, dan Bogor.

Promosi Bolu Amor awalnya hanya dari mulut ke mulut. Tapi, Bolu Amor mulai berusaha untuk go national. Salah satunya, dengan pemecahan rekor MURI ini.

Waktu kami datang, pengukuran sudah dimulai. Padahal, Kebun Raya saja baru buka jam 8.

Di area itu sudah tampak kesibukan. Aroma keju dari lapas talas tercium terbawa angin. Untungnya, ada sampel yang dibagikan, jadi pengunjung tidak hanya menikmati aroma saja.

Ada booths dari mitra Bolu Amor. Mereka juga membagikan beberapa sampel. Ketahuan banget, ya, aku pencinta gratisan. πŸ˜‚

Nah, rekor MURI lapis talas ini tadinya diperkirakan mencapai 600 m. Ternyata, setelah dilakukan pengukuran, panjangnya lebih dari 600 m. Tepatnya, 622.33 m.

Penandatangan dilakukan langsung di depan audience. Hadir juga Walikota Bogor, Bima Arya.

Rekor muri

Setelah selesai perhitungan, seluruh lapis talas ini dibagikan secara gratis kepada pengunjung Kebun Raya Bogor. Sebelumnya, di pintu masuk sudah dibagikan voucher. Total bolu yang dibagikan ada 3000 lebih.

Yang aku lihat, ada varian miniΒ original dan green tea yang digunakan sebagai lapis talas terpanjang. Sebetulnya, varian lapis talas Bolu Amor ada banyak. Nah, aku kebagian yang original. Lumayan. Hehe.

Selain mendapat lapis talas original gratis, aku juga mencoba beberapa varian lapis talas Bolu Amor lainnya, plus bolu pisangnya.

Ini dia review-nya.

Review Bolu Amor

Secara umum, hampir semua lapis talas Bolu Amor mempunyai dua lapisan: lapisan atas sesuai rasa dan lapisan bawah yang berwarna kuning. Yang berbeda hanya yang full talas. Tidak berlapis. Semua lapis talas juga menggunakan topping keju, kecuali varian tiramisu.

Lapis Talas Original

Hal pertama yang aku rasakan adalah manis. Entah aku saja yang merasakannya atau nggak, tapi menurutku, lapisan bawah lebih manis daripada lapisan atasnya.

Bolunya sendiri cenderung ringan. Nggak terlalu padat, tapi nggak juga kopong. Dan, kejunya, jujur saja, jenis yang enak dan nggak mudah kering.

Lapis talas bolu amor

Lapis Talas Full Talas

Kalau disuruh memilih antara full talas atau original, aku rasa aku akan memilih full talas. Talasnya lebih terasa. Yaa, karena namanya lapis talas, aku memang mengharapkan rasa talas yang lebih kuat.

Lapis Talas Tiramisu

Waktu memotong varian ini, aku agak sedih. Topping-nya pecah. Huhu. Udah dikeluarkan dari kulkas agak lama, tetap pecah. Ini aku yang nggak bisa motong atau gimana? Yaa, kalau motong kue, memang sering nggak baik dan benar, tapi kasus ini lebih dari biasanya. 😭

Untung aja, walau akhirnya bentuknya jadi kurang Instagrammable, rasanya tetap oke. Rasa dan aroma tiramisunya cukup mencolok. Pencinta tiramisu, boleh banget mencoba.

Lapis Talas Green Tea

Ekspektasiku terhadap semua makanan dengan rasa teh hijau adalah ada pahit-pahitnya. Tapi, lapis talas ini nggak sama sekali. Malah, ada aroma wangi. Aku kurang tahu itu wangi green tea atau apa, yang pasti masih termasuk wangi untuk makanan.

Bolu Pisang Keju Spesial

My favorite! Aku sukaaaa suka banget bolu pisangnya. Pisangnya kerasa banget. Teksturnya nggak halus-halus banget, tapi justru itu yang bikin aku suka. Waktu makan ini untuk pertama kalinya, aku sampai kepikiran: kenapa mereka nggak fokus di bolu pisang aja, sih? πŸ˜‚

Kejunya juga bikin makin enak, jadi ada manis dan gurih. Memang nggak salah kalau bolu pisang ini pernah menjadi andalan Bolu Amor. Banana lovers, coba ini, ya! 😁

Secara keseluruan, lapis talas Bolu Amor boleh jadi akan menambah persaingan di dunia per-lapis talas-an Bogor dan mungkin nasional. Untuk bolu pisangnya, aku belum pernah mendengar gaung produk serupa di Bogor. Harga produk-produknya cukup wajar, ada yang Rp20.000-an dan Rp30.000-an. Sukses terus untuk Bolu Amor. Semoga segera go national.

Pembelian/pemesanan:Β boluamor.com/list-outlet/

5 Comments

  1. Haha aku ketawa bagian Fifah bilang “yang lain mau olahraga, aku sih mau liat kue” niat kita sama soalnya
    Lain kali agendakan yuk olga bareng di KRB

    Btw itu yang full talas aku gak kebagian euy. Pengeeeeen. Kayaknya lebih enak daripada yang lapis talas biasa ya

    1. Yuk, Mbak. Dijadwalin. πŸ™‚

  2. 600 m itu puanjang bgt yak. Bs buat makan brp org ya dan menghabiskan brp banyak talas sbg bahannya?

    1. Pasti banyak banget, ya. Lumayan untuk petani talas. πŸ™‚

  3. ebuset, selalu ngiler kalo liat lapis talas (pake keju)
    kalo ke Bogor, saya beberapa kali mampir di pertigaan Jalan Padjadjaran buat beli oleh-oleh ini
    btw, panjangnya 622,33 meter itu hampir 4 x tinggi monas…

Leave a Reply

Required fields are marked*