Selfie.

Siapa, sih, yang tidak kenal kata itu?

Kata itu sendiri sepertinya sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Selfie seolah sudah menjadi salah satu lifestyle. Apa-apa harus difoto. Apa-apa harus diabadikan.

Tidak ada salahnya, memang. Setiap momen selalu berharga, kan? Malah, kadang, momen yang terkesan biasa saja saat ini, bisa saja menjadi memori manis. Belum lagi, kalau momen itu dilakukan bersama-sama. Rasanya tidak afdol kalau tidak selfie bersama alias wefie. Kalau yang semacam ini, sudah pasti harus diabadikan.

Hal inilah yang menjadi perhatian Oppo. Sebelumnya, Oppo sudah menghadirkan Oppo F1 dan F1 Plus yang juga concern untuk selfie. Tanggal 3 Agustus 2016 lalu, Oppo kembali menghadirkan smartphone yang akan memuaskan para penggemar selfie. Bertempat di Farmount Hotel, Oppo meluncurkan Oppo F1s.

Menurut Suswanto, Public Communication Oppo Indonesia, Opp fokus pada optimasi detail warna. Sensor dan pixels yang digunakan besar. Hal ini tentunya sesuai dengan fokus Oppo yang sedang merambah pasar pecinta kamera, khususnya selfie.

Sebagai smartphone yang digadang sebagai “New Selfie Expert”, apa saja fitur unggulan Oppo F1s?

16 MP Front Camera

Sebagai sebuah kamera, hal pertama yang dipertanyakan umumnya adalah pixels. Demi menjawab hal itu, tidak tanggung-tanggung, kamera depan yang hadir sebesar 16 MP. Kamera ini dilengkapi sensor 1/3 inci dan diafragma sebesar f2.0. Hal ini menjadikan kamera lebih mudah menyerap cahaya sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam walau dalam kondisi kurang cahaya.

Beautify 4.0

Fitur ini memberikan hasil selfie yang dengan kulit tampak lebih smooth. Efek yang diberikan pun terkesan natural. Pengaturannya terdapat 7 tingkatan yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Selfie Panorama

Bagi yang suka wefie ataupun selfie tapi sekaligus ingin memperlihatkan keindahan landscape,  fitur ini sepertinya sangat tepat. Hanya perlu menggerakan kamera ke kira dan ke kanan, selfie panorama pun jadi. Selfie Panorama ini bisa untuk mengambil foto hingga 120 derajat wide angle.

Filters

Terdapat 7 macam filter dan 9 jenis watermark. Watermak yang bisa dipilih antara pengaturan waktu, lokasi, dan temperatur.

Walaupun selfie selalu berhubungan dengan kamera depan, kamera belakang pun tidak boleh luput dari perhatian. Kamera belakang F1s hadir dengan 13 MP. Secara resolusi, memang lebih kecil daripada kamera depan karena yang diutamakan pada seri ini adalah kamera belakang. Sensor yang diberikan adalah 1/3.06. Kamera ini dilengkapi teknologi PDAF agar fokus lebih cepat. Untuk hasil lebih tajam, kamera ini sudah mempunyai fitur ultra HD.

 

Selain fitur kamera, Oppo juga menghadirkan fitur dari segi lain, di antaranya:

Flash Touch Access

Pemindaian sidik jari dengan ketebalan 0,1 milimeter. Material yang digunakan halus dan tahan lama. Sensor lebih akurat dan cepat, hanya perlu waktu 0,2 detik untuk membuka layar.

Customize Function Flash Access

Fitur ini memungkin lima perintah didaftarkan. Satu kali sentuh dari kondisi mati, bisa langsung masuk ke kontak atau aplikasi lain sesuai yang kita atur.

Fitur-fitur tersebut dibarengi dengan spesifikasi yang terbilang tinggi. Prosesor yang digunakan adalah Octa-core 64 bit dan RAM sebesar 3 GB. Dari segi penyimpanan internal, terdapat ROM sebesar 32 GB. Untuk tambahan, disediakan juga slot micro SD untuk penyimpanan hingga 128 GB. Baterai yang dipasangkan pada smartphone ini berkapasitas 3075 mAh agar awet lebih lama.

Di era 4G ini, OPPO F1s tentunya tidak boleh tertinggal. Apalah arti selfie bagus kalau sulit di-upload, kan? OPPO menyiapkan 2 slot kartu SIM yang mendukung jaringan 4G LTE, dengan kecepatan akses hingga 150 Mbps.

Harga yang ditawarkan pun cukup wajar dengan kemampuan seperti di atas. Ponsel ini sudah bisa didapatkan dengan harga Rp3.799.000. Pembelian bisa melalui store resmi ataupun e-commerce, seperti Blibli.

Pada kesempatan ini, hadir juga brand ambassador yang baru, yaitu Reza Rahadian dan Chelsea Islan. Keduanya berbagi pengalaman seputar selfie.

Chelsea Islan sangat menyukai fitur Beautify 4.0. Menurutnya, fitur ini sangat membantu untuk mendapatkan hasil selfie terbaik. Chelsea Islan sendiri memang sangat  seri selfie. Jumlah foto selfienya pun sudah tidak terhitung.

Berbeda dengan Chelsea Islan, Reza Rahadian justru tidak begitu sering selfie. Dirinya mengaku lebih suka melakukan wefie karena sekaligus berbagi momen kebersamaan. Hal ini menjadikan Selfie Panorama sangat tepat untuknya.

Seluruh yang hadir juga berkesempatan mencoba berselfie dengan ponsel baru ini. Kami diberikan semacam passpor untuk dicap di setiap booth kalau sudah selfie. Passpor itu kemudian dikumpulkan untuk diundi. Nama yang keluar akan mendapatkan OPPO F1s. Tidak tanggung-tanggung, ponsel yang disediakan untuk undian ini ada 9 buah, plus 1 buah untuk doorprize.

Sebagai orang yang jarang selfie dan lebih suka wefie (bukan sok menyamakan dengan Reza Rahadian kok), aku rasanya mau pulang saja. Mana hasilnya harus di-upload di media sosial. Huhuhu.

Tapi, dipikir-pikir, kok sayang kalau tidak dicoba? Kadang, orang beruntung justru pada sesuatu yang tidak biasanya dilakukan, kan? Toh, di sana semua orang berselfie.

Selfie yang harus dilakukan sebanyak 4 kali di 4 booth berbeda. Ada booth untuk selfie biasa, Selfie Panorama, selfie dalam ruangan temaram, dan selfie dengan fitur Palm Shutter.

Palm Shutter ini mendeteksi telapak tangan kita sehingga kita bisa selfie tanpa harus memegang ponsel. Telapak tangan kita tidak perlu digerakkan seperti akan mengambil benda atau semacamnya, hanya perlu diarahkan ke kamera. Kita pun bisa selfie ala difotokan orang lain.

Setelah mencoba selfie di keempat booth, aku rasa Palm Shutter adalah favoritku. Saat itu.

Mungkin nanti fitur favoritku akan bertambah ketika sudah semakin kenal dengan F1s. Bisa, dong, kenalan lebih jauh karena passporku adalah satu dari sembilan passpor yang keluar. Hihi.

Alhamdulillah.

Mungkin tandanya aku harus semakin sering selfie. Wefie juga, sih. ^^v

You may also like...

2 Comments

  1. Penasaran dengan hasilnya front camera 16 mp hehehe bagus kah? 🙂

    1. Bagus, Mbak. Hasilnya ada di Instagram. *malah promosi Ig*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *