Culinary, Reportage

New Inverter Linear dan Door Cooling+: Bahan Makanan Segar Lebih Lama

Boleh, ya, flashback ke tanggal-tanggal menjelang Lebaran?

Apa makanan yang biasanya kamu siapkan menjelang Lebaran? Kue kering? Rengginang? Rendang? Opor?

Di rumahku, semua itu ada. Walaupun begitu, ada tambahan lain yang aku siapkan. Sayuran dan buah-buahan.

Dulu banget, aku pernah konstipasi gara-gara kebanyakan makan makanan Lebaran dan nggak makan buah dan sayuran. Bukannya nggak mau makan buah dan sayuran, tapi tukang sayur libur Lebarannya lama. Jadi, mau nggak mau harus makan yang ada saja.

Menyetok buah dan sayuran pastinya harus yang awet. Disimpan dari sebelum Lebaran sampai entah kapan. Tukang sayur ‘kan nggak ikut tanggal Libur Cuti Bersama. Menyimpannya pun harus benar supaya tidak mudah rusak. Tapi, yaaa, kadang ada saja rusak. Mubazir. 😢

Sekarang, sih, ada teknologi yang bikin makanan bisa bertahan lebih lama dan tetap di dalam lemari es. Namanya teknologi Inverter Linear dan Door Cooling. Teknologi ada di lemari es LG terbaru.

Tanggal 21 Juli 2017 lalu, LG launching produk barunya, LG LINEAR Top Freezer, ini di Senayan City. Selain launching produk, LG juga memamerkan produk-produk lain yang menggunakan teknologi inverter. Semua produk LG sudah pakai teknologi inverter, loh. Nggak cuma produk premium, tapi juga produk kecil seperti microwave.

Pengenalan produk Inverter Linear kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Pengunjung diajak membuat alat musik dari sayuran.

Alat musik dari sayuran? Memangnya bisa bunyi?

Bisa, dong. Malah, ada orkestra sayuran yang didatangkan dari Korea.

Syarat sayuran digunakan adalah selalu segar. Sayuran sudah kisut, baik terlihat mata atau mikro, tidak akan menghasilkan suara yang maksimal. Di sinilah peran teknologi Inverter Linear dan LG Door Cooling+.

Suhu Stabil, Makanan Bebas “Demam”

Kita saja kalau kepanasan lalu kehujanan bisa demam, ‘kan? Bahan makanan pun demikian. Maksudnya, bahan makanan mudah rusak kalau suhu kurang stabil.

Pada kulkas biasa, kenaikan suhu bisa tinggi, sekitar +- 10°C. Apalagi, kalau dibuka-tutup. Dulu, sering dengar ‘kan omelan jangan buka-tutup kulkas? Nanti kulkasnya cepat rusak.

Bukan cuma kulkasnya yang rusak, bahan makanan pun demikian. Menurut Chef Marinka yang diundang pada acara tersebut, daging yang suhu penyimpanannya naik-turun ekstrem, akan mudah rusak. Makanan berprotein kalau rusak akan menjadi sumber bakteri.

Kenaikan dan penurunan suhu pada lemari es dengan teknologi Inverter Linear hanya 0.5°C.

Kok bisa demikian?

Pada kompresor biasa, ada 4 bagian yang saling bergantung. Hal ini berbeda dengan Inverter Linear. Kompresor linear hanya bertumpu pada satu tuas penggerak. Selain suhu lebih stabil, energi pun lebih hemat.

Semua Bagian Sama Dingin

Lemari es lg terbaru

Pernah sadar nggak kalau bagian depan kulkas suhunya lebih tinggi daripada bagian dalam? Mungkin kamu pernah menaruh minuman kaleng di pojok kulkas supaya lebih dingin.

Nyatanya, memang bagian dalam kulkas mempunya suhu berbeda-beda. Bagian yang lebih dalam lebih dingin. Bagian yang dekat pintu lebih tinggi suhunya.

Pada lemari es LG Linear yang baru, terdapat fitur tambahan yang menjadikan suhu di setiap bagian sama dinginnya. Namanya Door Cooling+.

Selain dari kompresor di belakang lemari es, udara dingin juga mengalir dari area di dekat pintu. Hal ini menjadikan makanan di depan maupun belakang mendapat dingin yang sama. Proses pendinginan pun menjadi lebih cepat.

Menyimpan Bahan Makanan Ala Chef

Salah satu hal penting dalam proses produksi makanan adalah proses penyimpanan bahannya. Bahan makanan yang segar mejadikan makanan yang dihasilkan lebih sehat dan tentu memengaruhu cita rasa. Karena itu, Chef Marinka cukup concern terhadap masalah penyimpanan.

Chef Marinka melakukan investasi dalam hal wadah-wadah tertutup, aluminium foil, dan plastic wrap. Sebelum disimpan, makanan harus ditaruh pada wadah yang tepat dan bersih. It’s better melakukan investasi berupa wadah daripada membuang-buang bahan karena sudah nggak fresh, ‘kan?

Kalau sudah ditaruh di wadah, tinggal taruh di kulkas. Taruhnya sesuai tempat yang ditentukan, yaa.

Lemari es LG LINEAR Top Freezer punya moist balance crisper compartment untuk buah dan sayuran, juga Fresh 0 Zone untuk daging dan ikan. Setiap bahan makanan butuh kelembapan berbeda, jadi LG kontrol kelembapan setiap kompartemen supaya makanan tetap fresh.

Oh, ya, jangan lupa juga pastikan semua bahan sudah bersih. Begitu juga dengan lemari esnya. Kuman-kuman yang ada di lemari es bisa membuat makanan mudah rusak.

Pada LG Linear Top Freezer, ada fitur hygiene fresh+, yang bisa membunuh kuman dan bau tidak sedap hingga 99.999%.

Bagaimana? Banyak banget, ‘kan fitur-fitur yang diberikan LG. Menjaga bahan makanan tetap segar dalam waktu lama memang nggak mudah, tapi LG memberikan kemudahan semua itu.

Yuk, jangan buang-buang makanan. 😊

 

 

33 Comments

  1. Kulkasnya pilihan warnanya milenium gitu ya?

  2. baca artikel ini langsung merasa perlu kulkas baru, hihihi.. Keren banget abisnya..

  3. Di rumahku juga pakai kulkas LG. Awet dan gak berbunga juga esnya hehe.

  4. Kulkasku sudah 14 tahun beum ganti-ganti, sekarang sudah keliatan keropos body nya. Kalo suatu hari pengen ganti kulkas, LG bisa jadi pilihan pertama

  5. Ulasannya lengkap banget ih, jadi beneran pengen punya kulkas LG. Salam kenal ya, mbak

  6. Kayaknya kita juga perlu kayak chef Marinka nih, investasi beli wadah-wadah untuk menyimpan makanan, jadi saat dimasukkan ke lemari es bisa rapi. Untuk buah dan sayur juga jadi lebih segar kalau disimpan di lemari es LG ini ya.

  7. Canggih ya lemari esnya. Pengen ih 😀

  8. Huaa mupengg kulkasnyaaa…
    Buka tutup kulkas, ada mungkin 100 kali sehari boyz buka tutup kulkas. Hadeuhh

  9. Aku tuh suka buang-buang bahan makanan lantaran disimpan dan jadi ngga fresh lagi huhuhu… musti invest ke kulkas ini kayaknya 🙂

  10. Byuuuhhh, mbaca fitur2 dan keunggulan LG inverter ini bikin baper Mbak. Secara kereeen banget dan kulkas rumah juga sdh lamaaa banget. Nanti kalau perlu ganti kulkas, LG ini bs masuk pertimbangan deh

  11. Asik gak hanya sayuran Dan buah akan tetapi juga Cabe Dan Bahan rempah rempah

  12. Uci

    ih….keren kulkasnya,jadi pengen beli LG

  13. Aku pake LG mba alhamdulilah awet sedari awal nikah hingga kini 🙂

  14. Mantaf design kulkasnya…tehnologi juga…kerennnnnn

  15. Naksir kulkas gede kayak gini nih… Apalagi buat usaha. Perlu banget!

  16. Kulkas di rumahku udah mulai error..bunga esnya numbuhnya cepet bnget, pdhl gak gitu dingin. Kepengen ini klo ada rejeki

  17. Oh ini yang di iklan itu loh, keren ya jadi pengan punya, semoga ada rezekinya aamiin

  18. makasih infonya mbak.. menarik

  19. wahhh reportase yang bermanfaat banget mb, beberapa kali beli kulkas selalu merk Sharp, belum pernah yang LG. Bisa jadi pertimbangan nih ya ^^

  20. Semoga kesampean punya lemari es yg super ini LG Linear aamiiin….

  21. desain dan fiturnya menggiurkan banget ya mba 😀

  22. Dengan teknologi inverter, jadinya hemat energi ya

  23. Widiih…canggih bener teknologinya ya..
    Bisa awet nih nyimpen bahan makanan

  24. Hastira

    wah inovasi baru ya, wah kulkasku sdh ketinggalan jaman dong

  25. Kalau ibu saya lihat pasti mau nih. Ciri-ciri kulkas idamannya banget soalnya. Hihihihi

  26. Yuhu saya butuh banget kulkas LG ini untuk bikin sayuran juga buah2an lebih awet dan segar lebih lama, Keren ya teknologi Inverternya 🙂

  27. waaah fitur kulkasnya keren ya, tertarik sama kabin simpan yang ada di bagian pintunya

  28. Cakeeeeppp kulkasnya. Jadi pengen ounya ^_^

  29. teknologi inverternya kere nih, buah sehat lebih lama

  30. Aku tertarik ganti kulkas nih mba, 2 pintu kan ini.. Kira kira harganya berapa yah.. Secara LG kan hemat listrik..

    1. harganya 10an, Mbak. Hehe.

      1. Mehong ya mba kulkas ini ternyata.. Wishlist dulu deh ganti yang lain dulu.. Kulkas nanti aja hihihii

  31. Aish yang nulis seadem and senyaman suhu LG hahaha. Dalem. Indah sangat blog mu kak

Leave a Reply

Required fields are marked*