Cara membersihkan area kewanitaan dengan benar

 

Setuju nggak kalau aku bilang perempuan memang complicated? Bukan sekadar pikiran yang complicated, tapi juga organ. Kalau bahas organ, pasti akan panjaaaaang banget. Jadi, ayok, kita bicarakan bagian “pintu masuk” saja sekarang.

Apa namanya?

That’s it! You named it. Vagina.

Betadine feminine wash wipes

Berhubung tubuh manusia nggak akan pernah 100% bersih, area kewanitaan pun demikian. Apa lagi, area ini diapit tempat keluar pee and poo. Kamu nggak mudah jijik kan aku sebut-sebut hal kayak gitu? 😂

Bahaya memang mengintai area kewanitaan. Kalau terlalu jorok, bisa-bisa terkena vaginitis. Amit-amit banget. Vaginitis ada 3 penyebabnya: bakteri, jamur, dan trikomonas. Bisa juga perpaduan ketiganya. Yang cukup sering sih akibat bakteri.

Kalau gejala sudah kelihatan, daripada khawatir, mending langsung ke dokter. Rajin-rajin saja memerhatikan apakah memang normal atau tidak. Kalau masih kelihatan normal, masih bisa diusahakan menjaga kebersihan.

Cara membersihkan area kewanitaan dengan benar
Kebaca nggak, sih? 😌

Lokasi yang memang rentan, jelas banget bikin kuman senang. Belum lagi, kalau ditambah ketika menstruasi. Ada darah banyak. Lembab. Kuman bahagia banget kayaknya.

Tapi, nggak usahlah bikin kuman bahagia kelamaan. Untungnya, area kewanitaan memang punya sistem perlindungannya sendiri. Ada bakteri-bakteri baik yang siap berperang melawan kejahatan dan kekotoran.

Tapi lagi, bakteri baik tentu nggak bisa berperan sendiri. Kita sebagai manusia juga harus membantu bakteri baik. Cara paling mudah adalah nggak membiarkan mereka mati gara-gara kelakuan kita.

Membersihkan Area kewanitaan dengan benar

Kelakuan macam apa yang bisa membuat bakteri baik mati? Salah satunya adalah mencuci area kewanitaan dengan sabun mandi. Sabun mandi mempunyai pH basa, sedangkan area kewanitaan mempunyai pH 3.8-4.2 alias asam. Yaaa, bye aja deh itu bakteri baik dikasih kondisi yang nggak sesuai.

Tapi, kalau nggak pakai sabun, malah jadi nggak enak.

Kamu nggak sendiri, kok. 7 dari 10 perempuan pernah mengalami keputihan akibat kebersihan yang tidak terjaga dan 5% mengalami infeksi berulang.

Makanya, cara mencegahnya ya memang dengan menjaga kebersihan.

Membersihkan Area Kewanitaan dengan Benar

Nah, tanggal 24 April lalu, aku datang ke acara launching BETADINE Feminine Wash dan Wipes. Di sana aku dikasih tahu cara membersihkan area kewanitaan dengan benar.

Cara membersihkan area kewanitaan dengan benar

Tambahan: aku diberi tahu dokter-guru sewaktu SMA, gunakan air mengalir. Kalau bukan pakai shower, pakai air baru menadah di gayung. Kita kan nggak tahu apa yang terjadi dengan air di bak, ya.

Nah, jadi, kalau kamu memang merasa perlu menggunakan pembersih, gunakan pembersih khusus daerah kewanitaan yang pH-nya sudah dibuat seseimbang mungkin. Hal ini supaya bakter baik alias Lactobacillus yang ada di sana bisa tetap senang untuk hidup. Bisa juga dengan pembersih yang mengandung Prebiotik karena zat ini adalah nutrisi bagi Lactobacillus. Jadi, pH area itu harus tetap terjaga supaya bakteri baik tetap mendominasi, kata dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia.

Berhubung namanya BETADINE, jangan bayangkan obat luka atau sesuatu dengan Povidone-iodine, ya. Bahan-bahannya beda banget. Produk yang baru dikeluarkan BETADINE ini mengandung Prebiotik untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dan menjaga keseimbangan pH. Selain itu produk ini juga mengandung formula alami Tri-Care: bunga immortelle yang dikenal sebagai bunga abadi, mempunyai sifat antimikroba dan antioksidan alami; Citrofol yang merupakan bahan alami untuk mengalami bau tak sedap; dan Sensiva untuk mengurangi gatal dan kemerahan di kulit.

Betadine feminine wash

Produk BETADINE Feminine Wash dibuat untuk digunakan sehari-hari. Kalau menstruasi kan pakai BETADINE Feminine Hygiene. Kalau hari biasa, pakai BETADINE Feminine Wash. Ada 4 varian BETADINE Feminine Wash:

Ungu. Gentle Protection Immortelle untuk digunakan sehari-hari.

Hijau. Fresh & Active Lemon Verbena untuk digunakan ketika berkegiatan yang banyak keringat.

Biru. Odour Control Witch Hazel untuk digunakan ketika sibuk dan menggunakan pakaian ketat seharian.

Jingga (atau merah muda?). Moisturizing Calendula untuk kondisi kewanitaan kering, seperti ketika pasca melahirkan atau menopause.

Jadi, keempat varian tersebut memgandung ekstrak bahan alami, yang menjadikannya wangiii. Selain itu, ada juga varian wipes atau tisu basah. Memang baru tersedia yang ungu, tapi menurutku sudah cukup helpful. Travel friendly banget.

Betadine feminine wash

Karena sudah ada pembersih area kewanitaan dengan Prebiotik dan 3 perlindungan, nggak ada alasan lagi untuk memakai sabun mandi. Produk ini juga sudah bisa didapat di supermarket kok.

Dan, yang nggak boleh ketinggalan adalah selalu membersihkan area kewanitaan dengan benar dan usahakan nggak lembab berlebihan. Ribet? Kalau sudah terbiasa, nggak akan terasa ribet kok. Yang penting sehat.

You may also like...

13 Comments

  1. Dulu suka pakai pembersih kewanitaan itu pakai sabun mandi ehhh ternyata ga boleh ya hehe.

  2. Ini aku cocoj banget pakai ini, sdah lama pakai terus krn.kmasan kecil jadi suka d baes klo traveling

  3. Wah, perlu banget menjaga area kewanitaan dengan menggunakan in ya, jadi bebas dari keputihan deh 🙂

  4. Baru tau mbak kurang baik membersihkan area kewanitaan pake sabun mandi.. bermanfaat sekali infonya.. boleh juga nih nanti nyobain pake betadine

  5. Baru tahu nih kalau Betadine nih sekarang mengeluarkan produk pembersih kewanitaan ya mbaa. Mantap bener. Mau nyoba beli ah

  6. Saya udah pakaiiiiiiii, nyaman banget gak gatel2 lagi abis membasuh area kewanitaan. Tissuenya juga praktis kalau di toilet umum bisa lngsung flush dan gak khawatir bikin mampert 😀

  7. Ini ganti kemasan atau produk baru lagi ya mba? Karena aku juga pakai betadine feminine yang pink tapi packaging nya kok beda? Aku ga pakai setiap hari sih, karena cukup pakai air saja. Tapi ada beberapa waktu aku pasti pakai betadine ini

  8. Foamnya lembut bgt yah Betadine Feminine Wash ini

  9. Wow baru tahu… Patut di coba juga deh betadinenya info kece ya kak… Mank daerah v harus d rawat

  10. ternayat betadine mengeluarkan enovasi baru.
    sangat bermanfaat.

  11. Baru tau betadine ada untuk area kewanitaan juga. Warna kemasannya khas cewe banget ya

  12. Wah, baru tau setiap warna berbeda varian dan kegunaan ya. Wanita wajib menjaga areanya

  13. […] heboh kalau keputihan. Ada keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. Kalau ada tanda-tanda keputihan nggak normal, kalau tampak mengkhawatirkan, jangan ragu untuk ke […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *