Advertorial, Opinion

Mengenal Perbedaan Jumpsuit, Playsuit, dan Romper

 

banner16

 

Jumpsuit, playsuit, dan romper. Mungkin ada yang sudah mengenal ketiga fashion items tersebut, tapi ada yang belum mengenalnya. Ketiga fashion items tersebut dapat dikatakan sebagai item yang praktis. Bagaimana tidak, ketiganya sama-sama one-piece item. Hanya satu potong, tidak perlu lagi memikirkan atasan dan bawahan.

Bagi yang menyukai model pakai simple, ketiganya juga bisa menjadi pilihan.  Walau demikian, kalau menyukai mix and match pakaian, ketiganya juga mudah dimix and match. Penambahan beberapa aksesoris tidak akan membuat pemakainya tampak berlebihan.

Sepintas, ketiganya tampak sama, tapi ternyata ada juga yang menjadi pembeda ketiganya. Yuk, kenali lebih jauh perbedaan jumpsuit, playsuit, dan romper.

Jumpsuit

Fashion item ini mulai muncul sekitar tahun 1960-an. Walau begitu, jumpsuit semakin dikenal sekitar dua puluh tahun kemudian, kira-kira pada era 80-an. Jumpsuit sering diartikan sebagai fashion masa depan karena banyaknya kisah fiksi yang menggunakan jumpsuit sebagai kostumnya.

Jumpsuit merupakan baju terusan berupa baju dan celana yang menjadi satu potong. Biasanya, jumpsuit memiliki lengan dan bawahan yang panjang. Pernah melihat pakaian pembalap? Ya, seperti itulah jumpsuit. Tentunya, jumpsuit untuk pakaian sehari-hari didesain lebih cantik. Sekarang ini, jumpsuit ada yang berlengan dan ada yang tidak.

Jumpsuit dapat digunakan sebagai pakaian santai maupun pakai formal. Karena modelnya yang cukup unik, perlu diperhatikan penggunaannya. Pilih model yang tidak kebesaran agar tidak tampak tenggelam, tapi juga tidak kekecilan agar tetap terlihat ideal.

jumpsuit

Playsuit

Sama-sama “suit“, tetapi item yang satu ini memiliki ciri lengan dan bawahan pendek. Bawahan tersebut bisa berupa celana atau rok sehingga bisa memberi kesan feminim ataupun sportyPlaysuit sangat cocok digunakan di saat cuaca sedang panas, mengingat modelnya yang seperti pakaian musim panas. Sama seperti jumpsuitplaysuit bisa digunakan sebagai pakaian formal maupun santai. Formal ataupun santai bisa disesuaikan dengan pilihan playsuit yang ada, seperti beberapa model playsuit wanita MatahariMall.

Beberapa model playsuit juga kadang tidak tampak sebagai one-piece pakaian. Ada juga yang tampak seperti atasan dan bawahan terpisah. Walaupun begitu, tetap saja, sebenarnya model tersebut adalah pakaian playsuit. Untuk orang yang tidak biasa menggunakan atasan dan bawahan dengan warna atau corak yang sama persis, model playsuit wanita MatahariMall yang tampak seperti two-pieces clothing bisa menjadi pilihan.

playsuit

Romper

Romper sebenarnya hampir sama dengan playsuit: atasan dan bawahan pendek. Hanya saja, bawahan romper berupa celana. Romper sangat pas digunakan untuk acara santai. Terlebih, penggunanya bisa lebih bebas bergera.

Romper biasanya identik dengan pakaian bayi atau balita. Awal mula pakaian ini pun muncul sebagai pakaian anak-anak. Bermula pada Era Victoria, romper didesain untuk memberikan kenyamanan bagi anak-anak. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa lebih leluasa bermain. Karena itu, pemilihan romper hendaknya lebih hati-hati agar tidak terkesan childish.

Menggunakan romper dengan bagian serut atau ikat pas pinggang bisa menjadi solusi agar tidak terkesan kekanakan. Hal ini memberi efek kaki yang jenjang. Penggunaan high heels atau pump shoes juga bisa menjadi penyelamat dari kesan childish.

romper

Itulah sedikit mengenai tiga fashion itemsjumpsuitplaysuit, dan rompers. Beberapa brand mungkin menyamaratakan istilah ketiganya. Apa pun itu, yang terpenting adalah tetap dalam memilih pakaian.

Pemilihan pakaian sangat disesuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan pemakaiannya. Namun demikian, kalau ingin suasana baru, bisa juga mencoba model-model pakaian yang belum pernah digunakan sebelumnya. Ketiga items tersebut juga bisa menjadi pilihan.

4 Comments

  1. kalau pakai jumpsuit enak sih… tapi ribet kalau mau ke kamar mandi…

  2. Wah, makasi nih artikelnya bermanfaat bisa bedain deh antara jumpsuit paysuit dan romper padahal tetap aja bilangnya jumpsuit 🙂

  3. Baru tahu bedanya mb mksh sharenya.dulu nutrisionist ya mb?nice to know u

  4. baru ngeh.. ternyata dibedakan ya… selama ini aku nggak tahu namanya apaan

Leave a Reply

Required fields are marked*