Reportage

Mengeskplorasi CNI Creative Center dan Belajar Konten Manajemen

 

Tanggal 3 April 2016 (I know ini sudah lama, tapi semoga tidak basi), beberapa blogger diajak mampir ke CNI Creative Center. Di sana, kami diajak berkeliling untuk lebih mengenal CNI dan belajar konten manajemen. Siapa, sih, yang tidak mau diajak mengeksplorasi hal baru dan belajar hal penting.
CNI Creative Center terletak di Puri Indah Blok O2 No. 1-3, Jakarta Barat. Untuk menuju ke sana, disediakan bis dari Senayan. Tidak mungkin dari Bogor kan, ya. At lease, Senayan mudah dijangkau. ^^v
Sesampainya di sana, kami tidak langsung diajak berkeliling. Kami dipersilakan duduk-duduk santai dahulu. Bisa sekalian menghilangkan “jetlag” sekaligus berkenalan dengan blogger lain atau reuni dengan blogger yang sudah beberapa waktu tidak berjuma. Setelah beberapa saat, barulah acara dimulai.
CNI Creative Center mempunyai lima galeri. Kami diajak berkeliling ke empat di antaranya, yaitu Galeri Health Food, Food & Beverage, Personal Care, dan Household. Galeri yang tidak sempat dikunjungi adalah Farming.
  • Health Food
Di galeri ini, terdapat piramida makanan. Piramida ini mencerminkan kebutuhan makanan yang perlu dikonsumsi setiap orang. Dari atas ke bawah, jumlah makanan yang harus dikonsumsi harus semakin banyak. Misalnya, makanan seperti sereal, mie, dan kentang goreng adalah penghasil karbohidrat. Sebagai sumber energi utama, karbohidrat mendapat porsi paling besar.
Dari piramida ini, lahirlah produk-produk makanan kesehatan CNI. Produk-produk ini berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi karena mungkin tidak terpenuhi oleh makanan sehari-hari.
Marine Organic Calcium
Tulang kita yang terlihat atau terasa kuat, terkadang sebenarnya tidak demikian. Bagian dalamnya bisa saja keropos. Hal ini disebabkan pemenuhan kebutuhan kalsium dari makanan belum mencukupi.
Belum lagi, terdapat faktor-faktor yang bisa membuat tulang semakin mudah keropos. Soda, misalnya. Minuman ini ternyata mempercepat pengeroposan tulang. Juga ada faktor usia. Semakin tua, kalsium tulang pun semakin mudah hilang. Untuk itu, asupan tambahan dibutuhkan agar terhindar dari penyakit akibat tulang keropos, seperti osteoporosis.
Marine Organic Calcium merupakan suplemen penambah kalsium. Suplemen ini dibuat dari koral Jepang yang mengandung banyak kalsium. Dengan suplemen ini, diharapkan kasus pengeroposan tulang lebih banyak terhindarkan.
 
Ester C
Manfaat vitamin C sudah dikenal luas. Mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan. Bagi yang aware terhadap kesehatan atau kecantikan, mengonsumsi makanan tinggi vitamin C tentu sudah menjadi kebiasaan tersendiri.
Sekarang, ada juga Ester C dengan 500 mg vitamin C, dan mengandung zinc serta kalsium. Ester C ini hadir dalam dua bentuk, yaitu tablet dan effervescent. Terdapat rasa lemon dan blackcurrant.
Sun Chlorella
Produk ini mungkin masih terdengar asing. Produk ini terbuat dari ganggang hijau Chlorella pyrenoidosa. Ganggang ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah memudahkan regenerasi sel. Dengan produk ini, diharapkan bisa selalu tampak awet muda.
Produk ini adalah produk pertama CNI. Dibuat tahun 1986. Ganggang yang digunakan asli Indonesia. Walaupun demikian, produk ini sudah mendunia.
  • Food & Beverage
Di galeri ini, terdapat miniatur pabrik kopi CNI. Kopi CNI adalah kopi ginseng. Proses pembuatannya terdiri dari beberapa tahap yang melibatkan alat-alat besar. Satu macam alat untuk satu lantai. Proses dimulai dari lantai paling atas. Di lantai paling bawah, terdapat bagian pengemasan.
Miniatur pabrik kopi
Selain kopi ginseng, ada beberapa produk lain. Makanan dan minuman yang dihadirkan CNI tentunya bukan makanan dan minuman biasa. Makanan dan minuman ini masih mempunyai manfaat untuk kesehatan.
 
Kopi Ginseng
Kopi ini dibuat dari campuran kopi robusta dan arabika pilihan, dipadukan dengan ginseng yang berasal dari Korea. Aroma kopi ginseng sangat khas sehingga bisa memenuhi ruangan. Kopi ginseng bermanfaat untuk meningkat stamina.
Hot Chocolate
Katanya, sih, untuk anak zaman sekarang, chocolate menjadi semacam gaya hidup. Coklat lebih dipilih ketimbang kopi. Karena itulah, lahirlah produk ini. Coklat CNI terbuat dari pure dark chocolate sehingga rasanya lebih pahit. Walaupun begitu, tentu saja khasiat coklatnya akan lebih maksimal.
Selain kopi ginseng dan coklat, CNI juga mempunyai soya, green tea, dan pudding. Produk soya CNI terbuat dari kedelai organik. Green tea-nya terbuat dari ekstrak daun teh yang mengandung 95% EGCG. Sedangkan pudding CNI, mempunyai varian rasa coklat yang dilengkapi vla sehingga lebih nikmat disantap.
  • Household
CNI juga menyediakan produk-produk rumah tangga. Beberapa di antaranya adalah produk-produk unggalan. Misalnya, SC88. Produk ini bisa untuk membersihkan noda yang sangat bandel. Bahkan, produk ini bisa digunakan untuk mencuci perhiasan.
Walaupun manfaatnya besar, SC88 tidak menghasilkan banyak busa. Hal ini menjadikan penggunanya bisa hemat air sewaktu pembilasan.
Selain deterjen, CNI juga menyediakan peralatan memasak, seperti blender, alat masak, dan kompor infra merah.
  •  Personal Care
Galeri terakhir yang dikunjungi adalah Personal Care. Produk unggalannya adalah Nutrimoist. Produk ini bisa mengobati luka bakar. Begitu mengalami luka bakar, langsung saja oleskan Nutrimoist. Luka bakar pun bisa hilang.
Kalau tidak sempat langsung menggunakan Nutrimoist, produk ini tetap bisa menghilangkan luka bakar, hanya saja membutuhkan waktu.
Di galeri ini juga ada produk make up dan perlengkapan mandi. Sepertinya CNI menyediakan segala kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan sampai perlengkapan mandi.

Kalau mau membeli produk CNI, sekarang tidak perlu ribet. Produk-produk tersebut bisa didapat di geraiCNI.com. Siapa pun bisa membeli di sana. Baik member maupun non member. Hanya perlu cari produk, klik beli, daftar atau masuk akun, pilih metode pembayaran, selesai.

Metode pembayaran yang disediakan beragam pilihannya. Ada bank transfer, kartu kredit, juga bisa dengan Doku Wallet. Apa itu Doku Wallet? Semacam rekening virtual. Kapan-kapan aku akan cerita kalau sudah mencobanya.
Selesai berkeliling empat galeri CNI, kami pindah ke lantai dua. Di sana terdapat aula. Aula ini terkadang bisa juga digunakan untuk keperluan non-CNI, seperti acara sekolah atau semacamnya.

Di lantai dua, terdapat sejarah CNI. Ada milestone dan achievement yang sudah didapat CNI sejak awal berdiri.

 
CNI juga menunjukkan kepeduliannya terhadap Indonesia. Ketika tsunami Aceh, CNI menyumbangkan dana untuk membantu para korban. Ketika gempa Yogyakarta, CNI juga membantu membangun kembali sekolah.

 

 

Sesi selanjutnya adalah waktunya belajar. Boleh, dong, kali ini aku pelit sedikit. Tidak semua bisa aku tulis ulang di sini.
Materi pertama disampaikan oleh Pak Marselinus Ferdinand, Head of Marketing Support CNI.
Pak Marselinus mengatakan bahwa dalam melakukan marketing melalui media sosial, haruslah menggunakan stratergi.
Strategi tersebut antara lain, materi komprehensif dengan blog, konten sesuai, dan membuat enggagement dengan pembaca. Media sosial saat ini bisa dijadikan lahan iklan yang mudah dan murah. Customer yang didapat bisa lebih banyak, tapi biasa bisa lebih murah daripada iklan kovensional.
Untuk mengoptimalkan sosial media, perlu dilihat statistiknya. Hal ini dilakukan supaya kita bisa mengidentifikasi pembaca. Berasal dari kelompok usia berapa, kalangan apa, hobi, apa, dan sebagainya. Melihat statistik juga bisa mencegah adanya spam.
Materi kedua oleh Teh Ani Berta. Teh Ani menjelaskan caranya menggali potensi dari digital konten.
Sumber konten bisa berasal dari mana saja. Bisa berbagi informasi, seperti membuat postingan how to. Berbagi pengalaman atau keahlian. Bisa juga berbagi opini dari melihat berita atau hasil obrolan. Tentunya, masih banyak cara berburu sumber konten.
Salah satu strategi membuat konten adalah breakdown tema. Misalnya, untuk suatu acara reportase bisa dibagi menjadi: acara hari ke-1, acara hari ke-2, dan behind the scene. Boleh juga membuat tulisan seperti tentang keberangkatan atau semacamnya. Bagi yang mempunya blog lebih dari satu, breakdown tema ini berguna supaya semua blog bisa terisi.
Teh Ani juga berbagi tips untuk bisa konsisten. Teh Ani memanfaatkan waktu luang untuk membuat draft. Teh Ani juga selalu membawa alat tulis. Walaupun sudah ada smartphone, kadang memang lebih “klik” kalau mencatat manual.
Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif adalah keharusan. Dengan begitu, kita bisa memberikan opini berbeda. Setiap momen bisa saja berharga, karena itu, menjadi blogger pun diperlukan kepekaan.
Segitu saja yang bisa aku bagikan.
Waktu pun membuat sharing menjadi terbatas. Saat itu, sudah sangat sore. Acara selesai melebihi jadwal karena banyaknya hal baru yang dibagikan. Semoga saja semua hal itu bisa diserap dengan maksimal. ^^

You may also like...

8 Comments

  1. Seru ya bisa mengeksplorasi CNI pusatnya. Soalnya saya kenal CNI pas usia SD. Dan produk yang kerap saya dan keluarga gunakan hanya Kopi Ginseng. Enak dan menyehatkan.

  2. Aku malah baru tau kalau CNI itu MLM. Soalnya memang adem ayem banget. 😀

  3. Wah, udah lama juga berarti kenal produknya. 😀

  4. Astaga Ester C masih ada. Tapi bener deh, MLM yg kalem ya CNI. belom pernah diprospek sampe bikin pusing sama member CNI. Apalagi sampe trauma liat muka orang yg prospek…

    Sungguh ini sebuah curahan hati

  5. Akhmad Muhaimin Azzet

    Pertama kali saya kenal CNI ketika dulu saat di Jombang. Produknya bagus-bagus.

  6. Produknya bagus dan menyehatkan mbak ya.. 🙂

  7. saya tahu CNI ini saat masih SD.
    dan jujur saya kaget sekaligus kagum pada MLM yang satu ini, yang masih tetap bertahan setelah puluhan tahun 🙂

  8. Masih ada ya CNI? Keren juga kalau bisa beli tanpa harus jadi member 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *