Blogger Perempuan kembali menghadirkan event Ngobrol Cantik. Walaupun namanya “Ngobrol Cantik”, bukan berarti setiap event ini kita hanya chit chat sambil kongkow di kafe. Cantik ala Blogger Perempuan adalah untuk mempercantik perempuan melalui pengetahuan dan kemampuan, khususnya dalam bidang blogging.

Ngobrol Cantik kali ini bertajuk Facebook Ads for Blogger  – Drive Traffic to Your Sponsored Post. Acara berlangsung pada Sabtu, 28 Mei 2016 bertempat di Gokana Ramen and Teppan, Sarinah Thamrin, Jakarta. Narasumber pada acara ini adalah Iqbal Maulana, CEO dari PT Optima Digital Advertisa (Advertisa.id).

Iqbal Maulana sudah mempunyai banyak experience dalam dunia digital, terutama Facebook Marketing. Event yang baru-baru ini dihadirinya adalah Indonesia E-commerce Summit & Expo di ICE BSD. Beliau hadir sebagai panelis dari Head OF SMB Facebook Singapore.

Sebelum membahas Facebook Ads, tim Blogger Perempuan sudah menyiapkan “jamuan” lain yang berguna menambah benefit sebagai blogger dan menyiapkan langkah menuju pro. Ada dua sesi sebelum masuk ke sesi Facebook Ads.

Sesi Pertama

Sesi pertama adalah pengenalan affiliate marketing oleh tim InvolveAsia. Salah satu cara lain untuk menambah pundi-pundi hanya bermodalkan gadget. Mungkin ada yang sudah mengenal program afiliasi, tapi izinkan aku mengulasnya lagi.

Affliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kita diajak mempromosikan produk orang lain. Ketika terjadi penjualan, kita akan mendapat komisi dari pemilik produk tersebut.
Affiliate marketing bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun karena hanya membutuhkan gadget. Kita juga tidak perlu sibuk mengurus pesanan, apalagi sampai harus mengantar-antar barang. Semua diatur oleh pemilik produk. Pembeli yang ingin komplain pun komplainnya langsung ke perusahaan, bukan kepada kita. Kita hanya perlu mempromosikan produk tersebut. Cukup modal kuota internet. Affliate marketing tidak mengenakan biaya kepada siapa pun yang ingin bergabung.
Bagi blogger, program ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Hanya dengan membuat satu blogpost yang menyisipkan link afiliasi, kita hanya tinggal menunggu terjadinya penjualan. Kenapa program ini cocok untuk blogger? Calon pembeli umumnya ingin mengetahui pengalaman atau review orang lain sebelum membeli produk. Hal yang paling mudah adalah mencari ulasan di internet. Dalam hal produk, blogger lebih mudah dipercaya oleh calon pembeli karena blogger memberikan ulasan berupa cerita sehingga lebih mengena.

Dengan menyisipkan link afiliasi, pengunjung blog sekaligus calon pembeli pun akan lebih mudah menemukan yang mereka cari. Hanya dengan mengeklik link yang sudah disiapkan, mereka pun bisa mendapatkan yang diinginkan. Dengan begitu, pembeli terbantu, perusahaan terbantu, blogger pun terbantu.

 

Apakah benar afiliasi sangat menjanjikan?
Hal ini kembali lagi pada komitmen. Semua hal selalu kembali pada komitmen, kan? Lagipula, ketika baru mencoba, akan terbentuk pengalaman. Dari pengalaman itulah yang akan membuat kita semakin paham ritme untuk berafiliasi. Dan tentunya, sembari menimba pengalaman berafiliasi, kita juga sembari menimba pengalaman meningkatkan traffic. Kalau traffic tinggi, kesempatan affiliate marketing berhasil semakin tinggi, kan?

Lalu, bagaimana caranya kalau ingin memulai affiliate marketing?Ada banyak penyedia layanan affliate marketing, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu penyedia affliate marketing di Indonesia adalah InvolveAsia.

InvolveAsia menyediakan promo mingguan dan bulanan yang bisa dipilih. Komisi yang diberikan dari setiap penjualan sampai dengan 15%. Hal ini cukup menguntukan, terlebih kalau produk yang dipilih adalah yang bernilai tinggi. Cookies-nya pun berlaku 30 hari. Jadi, kalau calon pembeli yang mengeklik link affiliate kita tapi tidak langsung membeli, kita tetap bisa mendapat komisi kalau dia membeli dalam kurun waktu 30 hari setelah mengeklik link tersebut.

Ketika sudah mendaftar menjadi anggota dan log in, kita akan menemukan dashboard. Di sana, kita bisa melihat pelaporan-pelaporan yang transparan.

Di bagian campaign and banners, kita bisa melihat kampanye apa saja yang bisa kita ikuti. Ada pilihan untuk link affiliate atau pun banner. Yup, selain dengan tulisan, kita juga bisa menempelkan banner di blog.

Kalau ingin mengambil link tertentu dari online store untuk dijadikan link affiliate juga bisa. Jadi, kampanye bisa disesuaikan dengan minat dan niche kita.

Bagaimana? Ingin mencoba berafiliasi? Coba saja di involve.asia. Tidak ada salahnya mencoba.

Sekadar tips. Supaya artikel dilirik, buat artikel lebih ke arah sharing atau helping, bukan selling. Misalnya, dalam suasana Ramadan seperti sekarang, artikel yang banyak dicari salah satunya menu buka puasa. Nah, buat artikel semacam itu kemudian diarahkan ke link affiliate.

Sesi Kedua

Setelah sharing dari InvolveAsia, acara langsung dilanjutkan dengan materi hosting dari DewaWeb.

Blogger tentunya sudah tahu mengenai hosting, kan? Hosting ibarat tanah. Ada tanah milik sendiri, ada tanah yang masih menumpang. Kalau seperti aku ini, tanah blogku masih menumpang di blogger.com. Tapi, sedang proses pindahan ke tanah milik sendiri.

Bagaimanapun, milik sendiri pasti lebih leluasa, kan?

Segala sesuatu pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Misalnya, kalau tanah milik sendiri terkena sengketa, yang ribet tentu kita. Kalau tanah tempat kita menumpang terkena sengketa, yang ribet ya pemilik tanah itu.

Walaupun demikian, setelah berbagai pertimbangan, aku teracuni untuk mempunyai tanah sendiri alias self-hosting. Dengan hosting pribadi, banyak pilihan yang bisa digunakan. Pilihan disk space atau pun pilihan jumlah parked domain dalam satu hosting.

Resiko menggunakan hosting pribadi adalah kalau ada error. Pasti pusing sendiri. Nah, kalau memakai hosting dari DewaWeb, kemungkinan adanya error sangat kecil.

Duh, kok sok dewa banget? Mau menyaingi Dewa Zeus?

Bukannya sok dewa, DewaWeb menggunakan sistem cloud hosting. Artinya, banyak web, servernya pun banyak. Kalau hosting tradisional, biasanya hanya ada satu server untuk banyak web. Sedangkan, DewaWeb mempunyai banyak server. Seperti prinsip gotong royong, server pun tidak terlalu terbebani banyak tugas karena banyak juga yang mengerjakan.

DewaWeb juga menggunakan sistem SSD.  Aku kurang mengerti soal ini. Intinya, SSD ini membuat kerja menjadi cepat. Kalau ada hardware yang rusak, segera diganti sehingga seolah tidak rusak.

Semua data di-backup dua kali sehari secara otomatis. As we know, mem-backup data sangat penting. Kalau ada apa-apa, bisa langsung dipulihkan.

Oh, ya, kalau ada apa-apa alias ada masalah, customer support DewaWeb  siap sedia 24 jam sehari. Customer support DewaWeb disebut Ninja Support. Mungkin karena kesiapan mereka untuk membantu kita. Bahkan, di hari libur pun mereka tetap siap.

Kalau mau tahu lebih lanjut soal DewaWeb  atau ingin langsung mencoba self-hosting, bisa kunjungi www.dewaweb.com/bpn.

Sesi Ketiga: Facebook Ads

Ini dia sesi yang paling ditunggu. Setelah pemaparan dari DewaWeb, giliran Iqbal Maulana membagi ilmu.

Kenapa harus Facebook? Kenapa bukan Twitter, Instagram, atau media sosial lain?

Facebook masih menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak. Yah, sebetulnya keaktifan pengguna BBM lebih tinggi, tapi jangkauan Facebook lebih luas. Facebook bisa menjangkau bahkan orang-orang yang tidak kenal dan sangat jauh, change the way to communicate.

Pengguna Facebook Indonesia sebagian besar adalah usia-usia muda, sekitar 20-29 tahun. Di usia ini, orang-orang biasanya gemar mencari informasi, keingintahuan masih tinggi, keaktifan juga tinggi.

Facebook selalu menghadirkan sesuatu yang baru. Ibaratnya, dia tidak mau kalah dari yang lain. Baru-baru ini saja, Facebook mengeluarkan fitur baru, yaitu Facebook Live. Fitur ini membuat penggunanya bisa membuat live video. Karena itu, di masa depan, pasti fitur Facebook akan terus bertambah sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Dengan penggunanya yang setia dan perkembangan yang terus dilakukan oleh Facebook, rasanya tidak salah kalau Facebook dijadikan salah satu sarana untuk beriklan.

Beriklan tidak melulu soal menjual barang atau jasa. Blog kita juga bisa diiklankan. Bisa mengiklankan berupa blog secara umum atau mengiklankan blogpost tertentu supaya spesifik.

Blogger menjadi pilihan brand sebagai media mengenalkan produknya karena konsep blogging adalah story telling. Konsep ini membuat siapa pun yang membaca tidak merasa sedang membaca iklan atau promosi.

Karena sudah dilirik brand, tentunya kita juga harus memberikan yang terbaik. Ketika memberi laporan pun, kita tidak mau dibuat bingung karena traffic yang apa adanya. Blogger mana pun pasti ingin traffic sponsored post-nya tinggi.

Salah satu caranya adalah menggunakan Facebook Marketing.

Seperti apa Facebook Marketing?

Apakah dengan memposting “Jual blablabla, harga Rp . . ., hubungi si anu”?

Atau dengan langsung mengirim pesan kepada orang-orang untuk mengeklik link blogpost kita?

Of course not.

Kalau berpromosi dengan cara seperti itu, orang-orang hanya akan menganggapnya angin lalu, kecuali kebetulan benar-benar butuh. Apalagi, kalau sampai mengirim pesan kepada orang-orang. Itu namanya spam. Bisa-bisa nama kita justru masuk blacklist.

Semua ada tekniknya.

Hal yang perlu kita lakukan adalah membangun ketertarikan orang-orang, juga membangun pertemanan. Pada dasarnya, Facebook adalah akun media sosial. Tujuan awal orang-orang menggunakan Facebook adalah untuk bersosialiasi, terutama bersama orang-orang yang sulit dijangkau.

Ingin mengumpulkan teman-teman sekolah yang sudah lama tidak jumpa? Bisa cari di Facebook, mungkin saja mereka mempunyai akun. Hanya perlu mengetikkan nama.

Kalau sudah terbiasa membangun ketertarikan masa, beriklan di Facebook tidak sulit.

Hal yang harus dilakukan untuk memulai Facebook Ads adalah membuat Fanpage. Yes, Facebook Ads hanya bisa dilakukan dengan Fanpage, bukan dengan akun personal kita yang biasa. Setelah membuat Fanpage, kita sudah bisa mulai mencoba Facebook Ads.

Untuk membuat Facebook Ads, terlebih dahulu masuk ke facebook.com/ads/manager. Pilih “Send People to Your Website” untuk mengarahkan orang-orang masuk ke sponsored post di blog kita. Langkah-langkah selanjutnya adalah mengisi semua isian yang diperlukan. Isian-isian tersebut berguna bagi Facebook memilah kepada siapa saja iklan tersebut akan ditampilkan.

Facebook sangat detail. Facebook bisa mengetahui ketertarikan kita, kita online menggunakan gadget mereka dan tipe apa, bahkan sampai bisa tahu kita belanja di online shop apa. Jadi, kita bisa meminta Facebook mengiklankan blog kita dengan target misalnya: perempuan, usia 20-25 tahun, pengguna iPhone 6, internet menggunakan 4G, pecinta fashion, tinggal di Jakarta. Facebook akan mencari pengguna dengan detail seperti itu, walaupun pengguna belum me-like Fanpage kita.

Facebook juga memberikan pilihan bentuk iklan. Ada iklan versi mobile, ada iklan versi desktop. Iklan versi desktop pun dibagi lagi menjadi iklan di sidebar kanan, atau iklan yang muncul di timeline. Versi paling murah adalah versi di timeline. Walaupun begitu, lebih disarankan versi mobile karena sebagian besar pengguna mengakses melalui perangkat mobile. Atau, alternatif lainnya adalah sidebar kanan karena lebih eye-catching dan tidak dianggap seperti status pada umumnya.

Keunggulan lain Facebook Ads adalah bisa muncul di BBM. Biasanya, iklan yang muncul di BBM adalah yang berhubungan dengan aplikasi. Dengan begitu, dipastikan cakupan Facebook memang besar.

Biaya yang disarankan sebagai investasi untuk Facebook Ads adalah 20% dari sponsored post. Demi traffic, why not? 20% tidak banyak kok. Kalau belanja saja, diskon hanya 20%, kadang tidak terasa diskon, kan? 🙂

Kalau bisa, investasikan juga untuk promosi Fanpage. Tidak semua orang yang me-like Fanpage kita membaca postingan kita. Kemungkinan hanya 10% yang membacanya. Jadi, sangat penting untuk mempunyai banyak likes.

Urusan harga, kita bisa atur sesuka hati. Kalau baru menggunakan, mungkin akan mahal, tapi lama-kelamaan, kalau sudah terbiasa akan semakin mudah mendapatkan harga murah. Patokannya maksimal Rp200 perklik. Kalau bisa semakin murah, semakin bagus. Murah-mahalnya ini juga bisa bergantung banyak faktor. Detail target salah satu faktornya. Headline dan thumbnail yang dipilih pun menjadi faktor hal tersebut.

Detail target audience dan estimasi daily reach bisa dilihat di sidebar kanan ada yang seperti gambar di bawah ini. Panah pada bagian seperti speedometer dan estimated daily reach bisa berubah tergantu bagaimana kita mengotak-atik detail.

Pembayarannya ada dua pilihan. Bisa menggunakan kartu kredit atau via ATM Bersama. Pembayaran dengan kartu kredit otamatis ketika sudah mencapai target. Pembayaran dengan ATM berupa deposit. Kita mentransfer sejumlah uang dahulu, barulah Facebook Ads berjalan.

Target jumlah klik ditentukan di awal. Ketika iklan sudah berjalan, iklan bisa di-pause sesuka kita. Kalau kita ingin mem-pause sebelum masa berlaku iklan habis, biaya yang dibebankan pada kartu kredit hanya sebesar target yang telah tercapai saat itu, bukan target awal. Kalau kita membayar dengan ATM, biaya akan menjadi deposit untuk Ads selanjutnya. Walaupun begitu, ada baiknya iklan tidak di-pause karena menurunkan traffic Facebook.

Ada beberapa tips untuk Facebook Ads:

 

  1. Pastikan audience yang dituju sesuai objektivitas kita.
  2. Riding the trend. Buat postingan yang berpotensi viral dengan melihat apa yang sedang trend. Walaupun begitu, tetap dibuat sesuai tema blog kita.
  3. Headline yang menarik. 80% orang tertarik karena headline. Tanpa headline yang menarik, orang lain pun tidak akan tertarik membaca lebih lanjut.
  4. Thumbnail must be thumb friendly. Thumbnail blog harus dibuat menarik, jelas, kontras, dan unik untuk meningkatkan rasio antara orang yang melihat dan yang mengunjungi website.
  5. Pixel & custom audience. Mempelajari pixel Facebook, setiap visitor menjadi custom audience yang mudah diiklankan kembali. Lihat facebook.com/ads/manager/pixel untuk cari tahu lebih lanjut.

Semua teknik yang diberikan pada acara Ngobrol Cantik ini mungkin akan sulit pada awalnya. Tapi, sama halnya seperti ketika kita mulai belajar bersepeda, setelah jatuh-bangun, kita akan menemukan cara terbaik untuk lancar dengan sendirinya.

Setelah narasumber berbagi ilmu, Ngobrol Cantik pun diakhiri dengan pengumuman pemenang live tweet dan makan siang.

Dan, pada akhirnya, aku baru sadar kalau blogpost ini jadi sangat panjang.

You may also like...

8 Comments

  1. Jadi, gimana caranya Mba, contohnya, biar tulisan di FB ads menarik dan mendatangkan banyak trafik ?
    Soalnya saya udah nyoba, tapi masih dikit euy pengaruhnya, sepertinya saya belum pandai menyajikan berita dengan headline yang cetar.

  2. Setelah baca tiga blog post yang ngebahas hosting, jadi pengen punya domain dan hosting sendiri. Thank you fifah infonya….

  3. waah berarti fb ads ini baru efektif kalau sudah banyak teman ya mba… perlu nambah teman fanpage dulu nih… 🙂 fb ads ini kayaknya memang menarik juga. Nanti kalau ketemu artikel yang menjual coba pakai fb ads ah…

  4. Ditunggu postingan terpisahya yaa, soalnya emang bener2 ga begitu keliatan trafficnya 🙁 padahal reachpostnya sampai ratusan

  5. Hahaha, iya panjang banget post-nya 😀 Tapi bermanfaat banget, jadi tertarik nyobain affiliasi sama fb ads

  6. Sekarang saya lebih mengerti cara menggunakan fb ads 🙂

  7. Hasilnya ?
    Bisa kah kita konversikan page view blog dari fb ads ?
    Thanks tips – tips nya

  8. meningkatkan traffic dengan facebook memang masih menjadi misteri bagi saya yang masih awam, semoga artikel ini membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *