SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu “senjata” bagi blogger. Penting nggak penting tergantung persepsi. SEO adalah sesuatu yang mempengaruhi penampakan suatu web atau halaman internet di search engine, seperti Google atau Bing.

Siapa, sih, yang nggak mau artikelnya muncul di halaman pertama pencarian Google? Walaupun nggak mau mikirin SEO, seandainya tulisan kita muncul di halaman pertama Google, pasti senang, ‘kan? Apa lagi bagi orang-orang yang sengaja mengoptimalkan web atau tulisannya untuk muncul di halaman pertama Google dengan sengaja. Memang ada orang-orang yang sengaja berusaha membuat halaman web-nya tampil di halaman pertama Google. Bahkan, ada juga orang-orang yang profesinya untuk melakukan hal itu, mengoptimalkan hasil pencarian pada halaman web tertentu.

SEO memang bisa direncanakan. Tapi, kan pasti banyak juga orang yang berjuang demi halamannya muncul di pencarian teratas Google. Walaupun begitu, sama sekali nggak ada salahnya kalau kita belajar SEO. Walaupun ratusan orang lain mempelajari hal yang sama, kan yang penting kita nambah ilmu. Kalau mau lebih maju, setelah belajar, ya modifikasi. Yang penting, belajar saja dulu. Daripada 100 orang lain sudah maju SEO-nya, kita masih di belakang garis start. Masa kalah sebelum perang?

Ini aku ngomong dengan cermin, sih. Lol. Belajar SEO kadang malesin, sih. Kebayang master-master lain sudah menerapkan ini-itu, akunya masih baru mulai. Tapi kan mending baru mulai daripada nggak memulai sama sekali, ‘kan? Kalau sudah mulai, bisa terus ngebut atau mencari jalan lain.

Fortunately, di acara “Abadikan Karya Melalui Buku” yang diadakan Komunitas ISB dan CNI, tanpa sengaja, aku mendapatkan ilmu SEO.

Niatku datang ke acara itu ‘kan demi materi tentang membuat buku dari Mbak Nunik Utami. Ternyata malah mendapatkan materi SEO juga dari Mas Niko Riansyah. Plus, materi kesehatan.

Meta Tag Itu Apa?

Materi SEO kali ini adalah tentang meta tag. Secara spesifik, yang ditunjukkan hari itu adalah untuk para pengguna Blogspot alias Blogger.com. Aku sudah lama nggak memakai Blogger.com, sih, tapi ilmunya lumayan banget. Mungkin saja aku mau bikin blog baru. Haha. Lagipula, meta tag kan bisa juga diterapkan di WordPress.

Meta tag adalah kode html yang menunjukkan informasi isi suatu halaman web atau blog. Meta tag yang dipelajari hari itu adalah meta description tag dan meta keywords tag.

Meta description tag adalah meta tag yang berisi kalimat deskripsi garis besar isi web atau
blog.

Meta keywords tag adalah meta tag berisi kata kata kunci yang menggambarkan isi web atau blog.

Begitu, sih, kira-kira. Kenapa meta tag sebaiknya diatur? Supaya lebih teratur dan relevan. Kalau blog kita lebih teratur relevan, orang yang sedang mencari sesuatu pun akan lebih mudah menemukan blog kita.

Karena namanya “kode html”, meta tag tentu bukan ditulis di postingan atau artikel. Meta tag dibuat di bagian kode html.

Memasang Meta Tag

Hari Minggu lalu, sebetulnya diperlihatkan juga cara membuat blog di Blogger.com dari awal banget. Tapi, kayaknya aku nggak perlu menjelaskan, ya. Aku asumsikan kamu sudah tahu caranya. Kalau belum, aku pernah menuliskannya di salah satu artikel blog ini. Cari saja dengan keyword “website”.

Jadi, langsung saja ke urusan meta tag.

Kalau mau mengedit meta tag, berarti harus mengedit kode html template. Beberapa template ada yang sudah mempunyai kode meta tag sehingga kita tinggal mengedit kata-kata. Ada juga yang belum mempunyai kode meta tag sehingga kita harus menambahkan kode lebih dahulu.

Untuk tahu sudah ada atau belum, bisa buka Template (Tema), lalu Edit HTML.

Lalu, cari apakah sudah ada kode seperti ini di bawah kode <head>

Meta tag

Oh, ya, untuk mencari <head>, kamu bisa klik sembarang di kotak kode, lalu tekan ctrl+F pada keyboard. Lalu, ketik head, kemudian tekan Enter.

Kalau belum ada kode seperti itu, copas kode ini di bawah kode <head>

<meta content=”DESKRIPSI” name=”description”/>

<meta content=”KATA KUNCI” name=”keywords”/>

<meta content=”NAMA” name=”author”/>

DESKRIPSI ganti dengan kalimat blogmu tentang apa. Jumlah karakter yang disarankan adalah 50-149 karakter termasuk spasi.

KATA KUNCI ganti dengan kata kunci-kata kunci yang ingin kamu gunakan untuk mengarah ke blogmu. Disarankan menggunakan 4-8 kata kunci.

NAMA ganti dengan nama pemilik blog. Supaya ketahuan siapa penulisnya.

Kalau sudah, klik Save Template (Simpan Tema).

Pengecekan

Untuk mengetahui apakah meta tag sudah bekerja atau belum, bisa dicek di Seoworkers.com. Buka web tersebut dan cari yang seperti ini. Di bagian URL, isi dengan alamat blogmu. Di bagian yang berisi angka 26 itu, isi dengan angka hasil hitung-hitungan (aku diminta menghitung 30 kue, dimakan 4) sesuai soal yang diberikan. Lalu, klik Submit.

Ini perbedaan hasil pengecekan sebelum dan sesudah menambahkan meta tag.

Sebelum

Sesudah

Selain mengecek meta tag, halaman report Seoworkers tersebut juga bisa digunakan untuk
mengecek elemen-elemen lain untuk menunjang SEO. Kalau masih ada tanda seru, berarti harus diperbaiki. Kalau sudah tanda centang, berarti sudah baik. Seperti pada bagian Meta Description Tag “sesudah”, masih ada tanda seru. Seharusnya diperbaiki karena kan sebaiknya deskripsi minimal 50 karakter.

Sudah mengerti? Atau, sudah pusing? Haha.

Ya sudah, aku sudahi saja artikel ini. Semoga bermanfaat.

You may also like...

26 Comments

  1. Waaah ini yang aku cari pengertian meta tag dkk, masih awam banget dengan kaya gitu. Kalo udah paham bisa langsung ditetapin, blognya jadi lebih cakep rate-nya

  2. Sebagai blogger yang aktif menulis dan sesekali mendapat job dari hobi ini Tentunya ingin traffic blog nya ramai dikunjungi oleh yang mencari informasi atau hiburan. Menurut saya SEO sangat penting apalagi bagi kita yang serius ngeblog. Cuma kesempatan untuk belajar tentang SEO bagi saya belum juga dilaksanakan. Banyak malesnya 🙂

  3. Dari dulu udah ada yang ngajak belajar SEO tapi belum kesampaian juga, baca artikel ini dapat ilmu deh

  4. Makasih mbak… Saya akan coba agar lebih profesional lagi

  5. Wah ilmu banget nih. Aku tandain postingannya ah, buat belajar lagi dan lagi. Selama ini aku masih agak cuek sama SEO, errrr….. Akunyanya pemalas sih hiks

  6. fifaaahh… aku bukmark dulu. nanti dipraktekin pelan2 pas lagi ga riweuh. baru bangun tidur, jadi ga mudeng hihihi
    makasi banyak buat tutorialnya yaa :*

  7. Mbak..sementara akubookmarked dulu artikelnya yaa…nanti aku baca pelan pelan
    Ini daging bener ulasannya.
    Saya jadi tambah pusing eh tambah ilmunya

  8. Ini dia, penjelasannya bikin gampang dimengerti.
    Saya bintangin di bookmark ya.
    Bagi blogger (ngaku blogger boleh kan? 😂) kampung seperti saya datang ke acara seperti itu sangat sulit karena jarak dan waktu. Lebih sering belajar blog otodidak, terimakasih, langsung coba di blog saya.

  9. asyik nih jadi kenal sama seoworkers.com 🙂

  10. Meta tag kalau dipelajari selewat aja memang sulit harus belajar dengan perlahan dan dipraktekkan, baru deh hemm nyambung

  11. Kayaknya aku harus mencoba benerin blog nih, baru ngeh tentang meta tag.

  12. Untuk blogku sendiri aku memasang meta keyword parenting. Tapi sepertinya persaingan terlalu berat di tema ini,hehehe. Harus cari keyword yg lebih spesifik

  13. Aku menunggu untuk wordpress seperti apa caranya…haha. But, well said dan berguna bgt ini buat pembaca

  14. wah aku baru tahu mba makasih pencerahannya bongkar bongkatr ah

  15. Belajar SEO itu mah emang gak ada habisnya yaa.. apalagi di jaman digital begini, perlu kud wajib untuk belajar SEO. Dikit-dikit aja dulu lama-lama kan jadi tahu banyak.

    Dan ini penjelasan meta tagnya detail dan mudah dimengerti banget mbak. Makasih lho infonya. Ku bookmark deh.

  16. Jujur aja utk buat atau ngotak ngatik meta tag di blogspot by HTML saya lelah. Karena khawatir malah bisa error pernah sih coba2, untung simpan backup dari listing sebelumnya

  17. wah, begitu toh cara meletakkan meta tag, makasih inspirasinya..

  18. Makasih ilmunya mba. Saya masih gagap banget soal Seo. Kapan waktu mau di praktek kan ah

  19. Makasih banget loh. Suka lupa ini kalau pas ganti template. Buru2 ngecek deh sekarang daripada lupa lagi.

  20. awalnya kelihatan rumit ya, tapi kalau memang dipelajari dengan seksama yang dilihat rumit begini ternyata mendatangkan keuntungan ya, misalnya bisa muncul di halaman pertama mbah gugel.

  21. Seo memang penting banget yak…saya sebetulnya bs belajar sama suami blio lumayan jago blognya sehari 6000 an visitor tp ternyata banyak hal yg hrs kulakukan utk sebuah SEO dan akunya sdh males duluan..heu..

  22. Wah, makasih banyak bahasan tentang meta tag. Ilmu yang sangat bermanfaat. Saya harus segera isi meta tag-nya nih..

  23. Baru ngerti nih dari sekian penjelasan SEO

  24. Aku masih belum ngerti soal SEO masih harus belajar banyak ini.. Makasih banyak sharing pengetahuannya

  25. Saya selalu pasang meta tag. Tapi buat WP sih manfaatin yoast hehe, Kalau blogspot emang katanya disarankan supaya juga bisa terindeks google dgn lbh baik 😀

  26. Wah penting banget ini, ilmunya terlebih buat dakuw juga keren eventnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *