Ada banyak mitos dan fakta menstruasi. Mitos dan fakta ini kadang-kadang hanya berdasarkan kebiasaan turun temurun. Selama ini kamu mengikuti yang mana?

 

Mitos dan fakta menstruasi

 

Mitos dan fakta menstruasi biasanya didapat seseorang ketika awal-awal masa menstruasi. Mungkin dari orang tua yang dulu mempercayai hal-hal itu. Mungkin juga dari teman-teman. Di periode awal menstruasi, yang mana biasanya masih usia remaja, pengaruh teman sangat besar. Jadilah mitos dan fakta itu kurang tersaring. Apa lagi kalau yang memaparkan adalah teman yang tampak terpecaya.

Yaaa, kalau ternyata info yang diberikan memang fakta sih bagus. Kalau ternyata mitos, bagaimana? Apa lagi mitos yang justru membahayakan. Huhu.

Organ kewanitaan lebih rentan kuman ketika kita menstruasi daripada hari-hari biasa. Kalau sampai ada mitos yang bikin diri kita makin rentan, rugi banget kan. Nambah-nambah kerentanan.

Karena itu, Kementerian Kesehatan mulai melakulan edukasi ke sekolah-sekolah. Hal ini untuk meningkatkan awareness para siswi supaya lebih paham mengenai organ kewanitaan.

Bersama Mundipharma Indonesis, Kemenkes juga menerbitkan buku saku Sehat & Bersih Saat Menstruasi. Buku ini sudah dibagikan ke lebih dari 1.000 sekolah dan para ibu. Buku ini juga bisa di-download gratis di bit.ly/EbookMenstrualHygiene. Sekilas isi bukunya:

Download buku sehat dan bersih

Selain itu, beberapa ibu juga diundang ke acara Edukasi Kebersihan  Kewanitaan pada 30 April lalu. Acara ini diadakan oleh Betadine dan turut hadir juga pihak Kementerian Kesehatan.

Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi

Para ibu kan yang seharusnya sumber informasi pertama anak-anak perempuan terkait soal menstruasi dan kebersihan organ kewanitaan. Karena itu, penting bagi para ibu untuk mengetahui informasi yang benar. Jangan sampai terpengaruh mitos.

Nah, berikut ini beberapa mitos yang sering terdengar di masyarakat terkait menstruasi. Mana yang salah? Mana yang ternyata benar?

Mitos: Dilarang Keramas Saat Haid

Fakta: Boleeeeh banget keramas saat haid. Kebayang nggak sih kalau nggak keramas selama menstruasi? Sekitar seminggu nggak keramas. Mungkin rambut akan seperti sapu ijuk.

Memang banyak mitos yang menyebutkan bahaya mencuci rambut saat haid. Ada yang bilang keramas saat menstruasi bisa menghentikan menstruasi. Ada juga bilang keramas saat haid menyebabkan kanker rahim. Aneh-aneh saja. Kalau keramas bisa menghentikan menstruasi, kita tinggal keramas saja setiap hari di bukan Ramadan, supaya nggak perlu qadha, dong? Lol. Mitos yang sangat aneh.

Dan, saat menstruasi, kita justru harus ekstra menjaga kebersihan tubuh.

Kalau jorok-jorok yang ada mengundang virus dan bakteri. Yang jorok begini yang malah mungkin mengundang kanker serviks. Jadi, menurut kesehatan, justru mandi dan keramas perlu banget untuk menjaga kebersihan.

Mitos: Minum Soda Dapat Mempercepat Menstruasi, Minum Es Dapat Menghentikan Menstruasi atau Mengurangi Darah Menstruasi

Fakta: Nggak ada penelitian yang membuktikan kedua hal tersebut. Es dan makanan kan masuknya ke saluran pencernaan, sedangkan haid hubungannya dengan organ reproduksi, jelas nggak berhubungan. Memang nanti yang kita makan akan dipakai untuk kelangsungan kerja sel-sel tubuh. Tapi kan itu dipecah sedemikian rupa dulu. Esnya udah nggak jadi es. Sodanya juga udah dipecah menjadi gula dan komponen-komponen lainnya ketika diedarkan ke seluruh tubuh atau dibuang melalui sistem eksresi. Dan prosesnya tentu aja nggak instan.

Soda plus es kan segar banget. Masa kalian nggak jadi minum gara-gara mitos gituan? Eh tapi, soda mengandung banyak gula. Nah, ini yang harus dipikirin. Takut gendut tapi minumnya soda. Pindah ke bulan saja sana.

Mitos: Dilarang Makan Daging Saat Haid Karena Bikin Darah Bau Amis

Fakta: Justru daging bagus banget. Daging mengandung protein dan zat besi. Fungsi zat besi apa, hayo? Untuk pembentukan darah. Jadi, malah makan daging ketika menstruasi bisa mengurangi risiko anemia.

Tetap makan sayur dan buah juga, yaaa. Biar seimbang.

Mitos: Selama Menstruasi Tidak Boleh Berenang

Fakta: Boleh saja berenang, selama masih nyaman. Kalau lagi keram perut, ya jangan berenang karena air dingin bisa bikin makin keram. Kalau lagi keadaan sehat, boleh saja kok berenang. Apalagi, di kolam berenang pribadi. Nggak perlu khawatir ada yang pipis di kolam atau nggak kalau tanpa sengaja air kolam tertelan. *ups*

Mitos: Dilarang Mencukur Rambut Area Kewanitaan Saat Menstruasi 

Fakta: Ini ada benarnya sih. Dianjurkan untuk tidak mencukur rambut area kewanitaan ketika sedang haid. Soalnya, kalau kurang hati-hati, bisa menyebabkan luka dan risiko infeksi pun meningkat karena sedang menstruasi.

Nanti kalau menstruasi sudah selesai, baru deh cukur rambut area intim.

Jangan sampai dibiarkan panjang juga. Malah mengundang kuman kalau kelamaan nggak dicukur mah. Kalau dalam Islam, anjuran untuk mencukur ini setiap 40 hari kan, ya.

Cara Merawat Area Kewanitaan

Selain seputar menstruasi, kita juga perlu tau kan cara membersihkan organ intim dengan benar. Bukan sekadar siram-siram saja setelah buang air.

Nih, tata cara yang benar.

Merawat vagina

Sampai urusan tutup-menutup kloset pun perlu diperhatikan. Kloset yang disiram dalam keadaan terbuka, memungkinkan kuman justru tersebar. Menutup kloset akan meminimalkan penyebaran tersebut.

Urusan tisu juga perlu dipikirkan, ya. Lagian, memangnya nggak jijik gitu pakai tisu toilet? Mungkin saja kan tisu tersebut terkena cipratam sesuatu. Hiiiiih. Mending bawa tisu pribadi.

Selain tisu untuk mengeringkan, sedia juga tisu basah atau wipes. Barangkali kondisi air di toilet kurang memadai. Tapi, bukan sembarang tisu basah, yaaa. Tisu basahnya juga yang khusus vagina, seperti Betadine Feminine Wipes. Formulanya sudah disesuaikan dengan organ kewanitaan.

Biar makin afdol, kita juga perlu tahu soal keputihan. Jadi, nggak langsung heboh kalau keputihan. Ada keputihan normal dan keputihan yang tidak normal. Kalau ada tanda-tanda keputihan nggak normal, kalau tampak mengkhawatirkan, jangan ragu untuk ke dokter.

Memilih Sabun yang Tepat

Kalau merasa perlu menggunakan sabun, gunakan sabun khusus area kewanitaan, jangan sabun mandi. Sabun mandi pH-nya nggak sesuai dengan vagina. Sabun mandi juga bisa bikin bakteri baik di vagina ikut mati. Padahal bakteri baik itu diperlukan banget sebagai proteksi di area intim.

Betadine Feminine

Sabun kewanitaan dengan pH yang seimbang dengan vagina salah satunya adalah rangkaian Betadine Feminine. Betadine Feminine juga mengandung Probiotic yang baik untuk pertumbuhan bakteri baik. Jadi, nggak menghilangkan bakteri baik tapi justru menyemangati kehidupan mereka.

Betadine Feminine juga banyak macamnya sesuai kebutuhan. Ukurannya juga standard bahkan ada yang kecil. Cocok untuk dibawa traveling. Kalau sedang traveling, kita kan nggak tau ya keadaan toilet dan air di tempat tujuan seperti apa. Mungkin bersih, mungkin luar biasa keruh. Jadi, barangkali saja perlu perlindungan ekstra.

Pembersih vagina

Jadi, sudah tahu kan hal-hal seputar organ kewanitaan dan menstruasi? Selalu cek mitos dan fakta menstruasi dan pastikan yang kita ikuti adalah fakta, bukan mitos.

Kalau lagi menstruasi, jangan pelit pembalut, ya. Jangan malas ganti juga. Kesehatan adalah hal utama. Dan, pastinya lebih aware juga mengenai normal atau tidaknya bagian-bagian tubuh kita.

 

 

You may also like...

23 Comments

  1. Setuju tuh mbak, sama mitos2 yang sebaiknya tidak mentah2 kita percaya….ya harus kita saring ini mitosnya alasannya apa, dinalar dengan akal juga

  2. Alhamdulillah sih, saya mah tetep keramas walau mitos seperti itu sudah lama beredar. Alhamdulillah nggak kenapa-napa juga, malah jadi membayangkan kalau semingguan ngga keramas, gimana rasanya? 2 hari ngga keramas aja rambut udah lepek.

  3. Ya mbak mitos itu kalau lagi menstruasi tidak boleh berenang, dari dulu takut banget sama hal ini. Eh ternyata mitos tapi mungkin ada arahan yang benar untuk tetap menjaga area kewanitaan agar jauh dari bakteri. Salah satunya dengan pembersih betadine daun sirih ini ya mbak.

  4. Eh ternyata boleh berenang, Good to know nih

  5. Mitos yang masih sering tuh tentang gak keramas itu saat menstruasi. Padahal ya biar seger gitu ya. Kita memang kudu peduli area V biar makin sehat

  6. Aku dari jaman pertama haid juga gak percaya tuh kalau gak boleh keramas, masa iya buat kebersihan malah di larang, paling bandel deh. Pernahjuga potong rambut & kuku waktu haid aman-aman aja kan 🙂
    Nah kalau membersihan area kewanitaan pakai sabun dengan pH khusus baru deh percaya

  7. Iyaa…
    Selama ini aku pakai sabun mandi untuk membersihkan area kewanitaan.
    Pas lagi gak kebeneran…rasanya perih banget looh…

    Mungkin karena kandungan pH nya yang basa yaa…

    Haturnuhun.
    Mitos dan faktanya bikin wanita melek.
    Semoga ga ada yang percaya gitu-gitu lagi…
    Hhehehe…paling sering diingetin orangtua kalo mens, jangan minum es.

  8. Bener mba, kadang mitos yang beredar bikin kita takut saat menstruasi…takut keramas, takut minum es dan sebagainya……
    Terimakasih sudah sharing tulisan tentang mitos seputar menstruasi semoga tidak ada yang percaya lagi tentang mitos ini ….. Yang penting untuk area kewanitaan harus kita jaga sebaik mungkin agar tetap bersih dan sehat.

  9. Waduh, yang don’ts saat menstruasi itu, aku banyak yang dilakuin. Kayak kalo malem2 tiba2 banyak, karena males ganti, aku pake pembalut dengan cara numpuk dengan yang baru. Terus juga bersihin pake sabun mandi, dan sering pake tisu toilet juga. Huhuhu… kudu mulai berubah nih kebiasaan…

  10. Banyak mitos mitos yang beredar ya.. apalagi saat wanita sedang menstruasi.. pentingnya literasi nih, apalagi era digital ya.. bisa cek mitos atau faktanya melalui sumber sumber yang dapat dipercaya seperti kedokteran, dulu saat remaja aku masih percaya mitos tentang keramas itu sih.. huhu tersiksa banget ngga keramas seminggu hiks

  11. Hihihi iyah aku kemakan mitos nih nggak boleh minum es/makane s krim kalau haid, tapi sering dilanggar soalnya anakku kalau makan es krim nggak habis sayang khan kalau dibuang tapi nggak ada efek apa-apa, tuh

  12. Wah banyak mitos ternyata ya ttg haidl ini
    ga jelas alasan nya..

  13. Terima kasih for sharingnya Mbak. Bermanfaat sekali. Oya ngomong-ngomong soal MITOS saya juga nggak percaya, apalagi mitos tidak boleh siram rambut saat haidh. Tapi saya memang biasa baru keramas setelah hari ke 3 atau ke 4 karena pernah beberapa kali merasakan sakit kepala karena keramas pas hari pertama haid (saat darah yang keluar masih banyak)

  14. hahahaha iya juga sih yah kalau dipikir-pikir mbk mitos gk boleh keramas masih saya praktekin setelah baca ini jadi pede buat keramas

  15. Asikkk nemu dah kebenaran berita-berita soal menstruasi
    wkwkwk berarti aku kemakan mitos juga inih ya ampun
    makasih mba Afifah, akhirnya tercerahkan dan betadine ini aku jadi pengen coba

  16. Bner Mba Fifah, jgn males ganti pembalut saat haid, biar kuman2nya gak betah hidul disana

  17. Hahahaha aku team keramas tiap hari. Kalo haid nggak boleh keramas, nggak bakal keluar rumah selama seminggu dong aku :))) Tapi kalo renang, aku memilih nggak renang aja sih. Simply karena lebih nyaman renang waktu nggak haid. Nggak parno. Hehehe

  18. kelihatannya emang sepele, tapi seriously ini penting banget ya mbak buat kita sebagai wanita. Noted ini, TFS mbak

  19. Wah mitosnya banyak semua yaaaa. AKu malah melakukan semua itu hehe, ya keramas, ya makan daging, ya minum soda dll.
    Btw aku jg pakai Betadine femine lho tapi yang foam. Baru tau ada varian barunya yang bentuknya kemasan bening itu. Blm pernah makai yang itu 😀

  20. Kalau di kampung saya sisiran juga gak boleh Mak. Khawatir rambut rontok gak ketahuan. Tapi kalo minum es kayaknya saya setuju deh.

  21. Aku baru tau lho malahan ada mitos dilarang keramas saat haid kayaknya gak ada hubungannya ya hehe kalau di tempatku malah ga boleh keramas itu pas nifas

  22. Kalo berenang berarti ga pakai pembalut ya? Aku masih ngeri kalo air kolam jadi merah gimana? Kecuali pakai menscup itu

  23. Dan kebanyakan mitos itu berasal dari mama atau nenek 😀 malah kadang gerah banget ya rambut udah lepek tapi masih haid kumaha iye teh 💔 harusnya mmg disaring kenapa dan ga boleh nya itu ya mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *