Sebetulnya sudah lama ingin menulis postingan ini sejak pertama kali belanja di Blibli. Kurang lebih 4 bulan lalu. Lol.

Aku tidak perlu menjelaskan tata cara belanja di sana, kan? Sepertinya kebanyakan orang sudah tahu. Tata caranya sama saja dengan website-website lain.

At first, aku suka banget dengan website Blibli. Ketika diakses via smartphone, tidak lemot, tidak ngajak ribut. Aku pakai Google Chrome, anyway.

Waktu itu, aku sempat bingung mau belanja apa. Soalnya memang tidak niat belanja. Aku dapat voucher. Hihi. Jadilah aku cari hal-hal yang sekiranya dapat menunjang hidupku.

Sebelum klik beli, aku lihat-lihat dulu review-nya. Harga murah tapi kualitas bikin sedih kan sama saja bohong. Setelah yakin, barulah cus beli.

Waktu itu, aku sekalian beli beberapa bahan makanan. Yaaa, bahan makanan ‘kan juga menunjang hidupku. Sempat khawatir sih. Khawatir mungkin tanggal kadaluwarsanya dekat. Tapi, kalau tidak dicoba ‘kan tidak akan tahu. Kalau memang tanggal kadaluwarsa sudah dekat, bisa dibagi-bagikan saja. *iya, saya jahat*

So, setelah melalui step by step, sampailah pada tahap pembayaran. Walaupun pakai voucher, tetap saja ada harus ditambah uang sendiri. Namanya belanja memang sering kebablasan, ya. Haha.

Ada banyak metode pembayaran: internet banking, kartu kredit/debit, transfer, COD, pokoknya banyak. Aku pilih transfer. Untuk BCA dan Mandiri, ada pilihan cara transfer melalui menu “pembayaran” di ATM. Untuk bank lain, cara transfernya seperti biasa.

Setelah transfer, saatnya menunggu… menunggu… menunggu.

Aku membayangkan akan mendapatkan paket yang besaaar. Aku beli banyak barang. Ternyata, tidak beberapa lama, ada notifikasi barang sudah dikirimkan dan … semua tidak dikirim berbarengan. Aku baru sadar items yang kupilih tidak semua dikirim dari Blibli padahal ada keterangannya. Beberapa dikirim langsung oleh penjual.

Untungnya, tidak dikenakan ongkos kirim sepeser pun. Kalau kena ongkir, rugi bandarlah saya. Tiap toko beda ongkir. Haha. Agak amazed juga dengan sistem Blibli karena ada barang dari suatu toko yang harganya lebih murah daripada ongkir normal Jabodetabek, tapi ongkirnya tetap gratis. Detail soal pengiriman gratis ini ada di web Blibli (dan aku baru baca sewaktu membuat postingan ini).

Barang yang aku beli ada yang harus diproses dulu sekian hari. Setelah kurang lebih seminggu, semua pesanan pun lengkap.

Dari segi pengemasan, semua barang dikemas dengan rapi. Barang yang rentan pecah atau rusak, dikemas dengan bubble wrap. Pokoknya bagus, deh.

Segi kualitas, sesuai ekspektasi. Sesuai dengan reviews yang sudah ada. Aku memang pilih barang yang banyak review-nya, selain yang harganya lebih murah. Hehe.

Soal tanggal kadaluwarsa … masih lama, Kakaaak. Waktu menerima, aku yakin, bahan-bahan makanan itu habis sebelum tanggal kadaluwarsa. Dan kemudian, memang kenyataannya begitu. Jangan mendekati tanggal kadaluwarsa, sebulan saja sudah habis. Haha.

Jadi, secara keseluruhan, belanja online di Blibli.com tidak mengecewakan. Sekarang, aku sedang menunggu salah satu barang yang kubeli waktu itu restock. Semoga saja akan restock karena aku sangat suka dengan yang satu itu.

You may also like...

9 Comments

  1. wah berarti sangat terpercaya, saya juga kemarin pengalaman beli something via toko online sebelah juga lumayan..rapih 🙂
    btw salam kenal ya mbak 🙂

  2. Aku termasuk yang doyan jajan online, Mbak. Hehehee…
    e-commerce yang satu ini masuk rekomendasi emang 😉
    Selamat menunggu barangnya sampai yaaa…

  3. betul, aku jg menikmati enaknya belanja di blibli.com krn udah pengirimannya cepat dan barang yg dipesan sesuai yg ada di katalog ^_^

  4. Salah satu ecommerce favorit aku nih mba 🙂

  5. aku udha beberapa kali belanja di blibli 😀
    lumayan memuaskan sih pelayanannya, apalagi free ongkir XD

  6. Hai, Afifah. Saya sering belanja di Blibli cuma belum di-review aja. Seperti halnya dengan web sejenis, memang perlu teliti melihat asal pengiriman barang. Biasanya saya sortir lagi dengan pilihan di kiri layar “dikirimkan oleh Blibli”. Nah, ini yang tidak dimiliki website lainnya.

  7. Beberapa kali belanja di toko online ini tidak mengecewakan apalagi gratis ongkos kirim. Apalagi sistem pembayarannya juga mudah, kalau lagi malas transfer bisa bayar di Indomaret atau toko-toko sejenis….

  8. dlu sering belanja di blibli, tapi setelah gak ngasih free ongkir lagi, jadi beralih ke toko sebelah.

  9. wah, belum pernah coba sih, beli di blibli.com. Biasa beli di toko onlen sebelah.
    kapan-kapan, bisa nih kayaknya nyoba beli disini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *