Pengalaman Menggunakan Gramedia Go

Sepertinya, hampir setiap orang yang gemar membaca mempunyai daftar buku-buku yang diinginkan. Aku pun demikian. Ada beberapa buku yang ingin kubaca.

Kadang-kadang, aku meminjam buku dari teman. Sering kali, aku memilih beli. Beberapa buku sangat mengundang untuk dikoleksi.

Kalau sudah sangat menginginkan suatu buku, aku bisa mencari buku itu sampai dapat. Aku sering membeli dari toko buku online, tapi koleksi di toko buku offline sering lebih lengkap.

Menjelajah Mencari Buku

Pernah suatu kali, aku menginginkan suatu seri tertentu lengkap. Aku sempat mencari di Bogor, tapi nihil. Begitu ada kesempatan, aku pun langsung ke Jakarta.

Aku naik kereta dan turun di Stasiun Cawang. Lalu, lanjut naik Transjakarta ke arah Grogol. Di sepanjang jalur itu, ada 3 toku buku Gramedia: di Plaza Semanggi, Central Park Mall, dan Mall Taman Anggrek. Pikirku, kalau nggak ada di salah satu toko, aku akan mudah menjelajah toko lainnya.

Dan, benar saja, dooong. Aku akhirnya menjelajah ketiga toko tersebut. Soalnya, stok di setiap toko berbeda. Misalnya, buku seri nomor sekian dan sekian ada di Central Park, sisanya nggak ada. Jadi, aku langsung ke Taman Anggrek, tapi di Taman Anggrek pun ada seri nomor sekian yang kurang. Jadi, sampai menjelajah 3 Gramedia, aku baru puas.

Sebetulnya, bisa saja sih aku menelepon toko Gramedia. Tapi kan dulu aku irit pulsa. Haha. Khawatir pulsa yang terpakai lebih besar daripada ongkos.

Lagipula, kalau ternyata ada, aku tetap harus mendatangi toko tersebut. Kalau nggak ada, aku cuma akan sedih. Pulsa yang terkuras mungkin lebih besar daripada ongkos Transjakarta.

Lagian, anggap saja petualangan ketika liburan. Lumayanlah sekalian jalan-jalan. Kalau sedang nggak rush hour, Jakarta bisa menyenangkan, loh.

Sayangnya, itu dulu. Sekarang, kalau disuruh begitu lagi, aku pikir ulang, deh. Apa lagi, sedang ada pembangunan di dekat Stasiun Cawang, jadi sudah pasti aku pikir-pikir lagi.

Oh, ya, aku nggak kebayang dengan teman-teman yang jauh dari toko buku. Teman-teman di luar Jabodetabek, lebih lagi, di luar Jawa. Kalau perlu mencari suatu buku, bagaimana? Tentu nggak bisa menclok dari satu Gramedia ke Gramedia lainnya.

Menjawab kebutuhan pencinta buku, Gramedia menghadirkan layanan baru. Layanan ini memungkinkan kita nggak pulang dengan tangan hampa ketika buku yang dicari nggak ada di suatu toko.

Pemerataan Penyebaran Buku

Beberapa hari lalu, aku baru tahu di Sumatera Barat baru ada 1 Gramedia, tepatnya di Padang. Itu pun bukan toko besar. Cerita tersebut aku dapat dari seorang penggiat baca dalam acara peluncuran Gramedia GO.

Gramedia go

Acara tersebut berlangsung tanggal 14 Oktober lalu di Gramedia Pondok Indah Mall 1.

Dari cerita beliau, aku jadi kebayang kalau dari kota lain, lalu berangkat ke Padang, bisa-bisa keburu kehabisan stok. Atau, mungkin buku yang dicari memang belum didistribusikan ke Padang. Makan waktu, tenaga, dan ongkos banget untuk sesuatu yang mungkin terbilang nihil.

Layanan Gramedia GO Mempermudah Beli Buku

Menyikapi hal tersebut, Gramedia meluncurkan Gramedia GO. Layanan ini adalah perpaduan toko buku online dan offline. Gramedia GO adalah hasil kerja sama Toko Gramedia dan Gramedia Digital Nusantara—selaku pengembang teknologi tersebut.

Ada 2 jenis layanan Gramedia GO:

1. Pick Up in Store

Kita bisa memesan buku dari web Gramedia.com dan memilih layanan pick up in store supaya nggak dikenakan ongkos kirim. Buku yang kita pesan akan dikirim ke toko buku Gramedia terdekat. Lalu, kita tinggal datang ke toko tersebut.

Layanan ini baru berlaku di Gramedia Matraman, tapi diharapkan akan terus dikembangkan supaya bisa dinikmati di seluruh Indonesia.

2. Order from Store

Kalau kita toko buku offline dan nggak menemukan buku yang dicari, kita bisa langsung mendatangi customer service di toko buku Gramedia. Dari customer service akan membantu mencarikan dan memesankan buku yang kita inginkan. Lalu, buku akan dikirim ke alamat kita.

Layanan ini berlaku di semua Gramedia di Indonesia. Jadi, kalau nggak menemukan buku yang dimau di Gramedia luar Jawa, bisa minta tolong cs untuk memesankan dari stok di Jakarta.

Order from store

Layanan ini dikenakan ongkos kirim. Mirip-mirip belanja online. Ongkos terhitung dari Jakarta.

Nah, ada diskon ongkos kirim Rp10.000 sampai tanggal 31 Oktober 2019. Lumayan, masih banyak waktu.


UPDATE: Aku nggak sengaja lihat di akun Instagram @gramedia_botanisquare. Katanya, sekarang bisa order melalui WhatsApp. Bayarnya via transfer.

Nomor WA Gramedia Botani Square Bogor: 081519959471.


Pengalaman Menggunakan Gramedia GO

Sebagai orang yang pernah menggunakan muter-muter beberapa toko buku demi mendapatkan buku yang dimau, aku senang dengan hadirnya layanan ini.

Aku juga sudah mencoba layanan Order from Store. Langkahnya supermudah:

  1. Kita datang ke cs toko buku Gramedia dan memberikan judul buku yang diinginkan.
  2. Customer service mencari di database.
  3. Kalau ada, kita pastikan lagi judul yang tertera di layar memang buku yang diinginkan. Pengalaman berbelanja dengan Gramedia Go
  4. Selanjutnya adalah konfirmasi alamat pengiriman.
  5. Lalu, konfirmasi total harga buku dan ongkir.
  6. Bayar, deh.
  7. Kita akan diberi semacam struk. Simpan baik-baik, ya.
  8. Sudah, deh. Pulang dan tunggu buku sampai di rumah.

Oh, ya, ketika memesan, cs juga bertanya sudah punya akun di Gramedia.com belum?

Kalau sudah, kita tinggal memberikan email yang terdaftarkan, lalu alamat pengiriman utama kita yang ada di Gramedia.com akan muncul. Kita nggak perlu login atau memberikan password karena dengan email saja pun, sudah otomatis muncul alamat pengiriman utama.

Catat, ya, alamat pengiriman utama. Jadi, kalau kamu mau mengirimkan ke alamat kakek, nenek, keponakan, dll, bilang saja ke cs dan sebutkan alamat pengiriman yang diinginkan.

Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang bisa digunakan untuk Order from Store sama seperti ketika berbelanja buku di toko buku Gramedia pada umumnya. Jadi, kita nggak perlu transfer-transfer. Langsung bayar di toko saja.

Jadi, bisa bebas dari rasa khawatir konfirmasi transfer ditolak. Kan nggak pakai acara transfer. Langsung bayar, langsung dikasih struk.

Kapan Buku Sampai?

Pengalamanku, buku yang kupesan sampai dalan waktu 1 hari. Aku pesan hari Senin, hari Selasa sudah sampai. Senang banget waktu hari Selasa, begitu pulang langsung disambut paket buku.

Ada juga teman-temanku yang bukunya tiba H+2 atau H+3. Mungkin tergantung judul ataupun jarak alamat, ya.

Pengalaman menggunakan gramedia GO

Jadi …

Secara pribadi, aku suka dengan layanan Order from Store. Aku nggak perlu berlelah-lelah mondar-mandir di beberapa toko demi suatu judul buku.

Ongkos kirim ke Bogor pun cuma Rp9.000. Apa lagi, aku memanfaatkan diskon ongkir. Jadi, aku nggak bayar ongkir sama sekali.

Bukunya juga cepat sampai. Pokoknya, pengalaman pertama menggunakan layanan ini terbilang baik.

Layanan Pick Up in Store pun mungkin akan sangat berguna bagi yang rumahnya dekat dengan Gramedia. Lumayan bisa hemat ongkos kirim. Mungkin, begitu masuk toko sambil lirik-lirik, ketemu buku-buku lain yang menarik. Hehe.

Dengan adanya Gramedia GO, diharapkan persebaran buku semakin merata. Nggak perlu lagi khawatir buku yang diinginkan nggak tersedia di toko buku. Orang-orang yang tinggal jauh dari Jakarta, akan bisa menikmat ragam buku yang banyaknya sama seperti di Jakarta.

You may also like...

19 Comments

  1. Ouw, ouw ouwwww aku baru tahu dan paham ada layanan Gramedia GO ini
    Baiklaaahh siap mencobaaa
    ketimbang bolak/i ke toko buku, tapi yg dicari kagak ada
    sedih banget kakaaaa

  2. wahhh aku baru tau nih ada aplikasi Gramedia Go. Jadi lebih mudah belanja buku ya, mbak 🙂

  3. Selamat ya, udah bisa belanja buku impian dengan cara mudah. Jadinya beli buku apa aja kemarin?

    1. Beli buku nonfiksi aja, Mbak. “Bicara Itu Ada Seninya” dan 1 buku lain.

  4. Aku belum pernah belanja buku pakai Gramedia Go. Tapi penasaran buat mencobanya mba karena memudahkan sekal ini mba. Apalagi pas pengen baca tapi ga sempat ke toko buku 🙂

  5. Wah barutau ada Gramedia Go. Terakhir beli online masih pakai website, beli Kamus Jawa buatan bapakku sendiri buat ngisi perpus sekolah anak2. Hehehehe…

  6. Aku baru tau ada layanan yang bukunya bisa dikirim ke rumah. Enak ya, jadi kita masih bisa baca buku yg kita maui, sekalipun bukunya nggak ada di toko buku terdekat.

  7. gramedia berinovasi.. ini bakalan disambut dengan baik oleh para pencinta buku nih.. termasuk saya yang setiap bulan pasti ke gramedia untuk membeli buku, baik buku bacaan anak maupun buku resep makanan hehe.. sip sip mau juga ah rasain pengalaman menggunakan gramedia go

  8. Aku juga pesan buku dari Gramedia mbak dan packagingnya rapi sampai di rumah. Apalagi kalau berbagai bacaan buku baru pasti deh langsung pesan.

  9. Wah memudahkan banget ya ini, daripada ke Gramedia langsung mending pesan bukunya bisa lewat Gramedia Go. Jadi pengen nyoba juga, hehe. Yah; semoga ke depannya fitur pick up in storenya bisa lebih luas lagi menjangkau semua gramedia yang ada di Indonesia.

  10. Aku sering beli buku secara online di gramedia, kadang harganya bisa jauh lebih murah ketimbang harga i store, padahal sama-sama Gramedia. Tapi asyik lah, malah lebih enak karena ngga perlu capek-capek kes tore, tinggal duduk manis di rumah bukunya datang 🙂

  11. Kalau jaman mpo kuliah beli buku via telp bayar di rumah . tapi kaya metode itu sudah tidak ada. sekarang jaman online lebih canggih lagi. Gramedia go beli buku jadi lebih mudah

  12. Wah makasih infonya mbak. Aku pernah beli buku jg fi Gramedia ini tapi ‘lewat websitenya.
    Kalau Gramedia Go ini enaknya dari toko terdekat ya, soalnya dulu ada buku aku naksir tapi pas gk bawa duit haha, yawda aku coba ah beli buku via Gramedia Go

  13. Eva Ilifiyah Ikhtiarini

    Semoga layanannya terus mengalami perkembangan sampai ke seluruh cabang, kalau sampai Surabaya juga kan lumayan aku nggak perlu muter-muter Surabaya buat cari buku-buku kuliah yang kadang susah carinya

  14. Waaaah ini App bagus nih, jadi gak perlu galau dan ribet lagi kalau beli buku ya hihihi

  15. Metode belanjanya sekarang emang udah enggak ribet. tapi duitnya yang masih ribet, gimana mau belanja buku kalo enggak punya duit, wakwakwakwaw

  16. Baru tau kalo ada layanan Gramedia GO bisa lebih mudah berburu buku, karena di kotaku gak ada toko buku 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *