Minggu, 16 Desember 2018.

Botol minum, sumpit, sedotan bamboo, buku bacaan. Oke. Semua siap.

Sekitar pukul 10.30 WIB, aku meluncur ke Plaza Festival dari Bogor. Aku berangkat menuju acara yang akan dilangsungkan pukul 13.30 WIB. Kok berangkat 3 jam sebelumnya?

Aku nggak mau acara sampai terhambat karena aku terlambat. Memang aku hanya peserta biasa, tapi barangkali saja penyelengara baik hati untuk menunggu setiap peserta, β€˜kan? Lagipula, kalau acara dimulai pukul 13.30, berarti aku tidak akan sempat salat dzuhur di rumah. Kalau memang harus salat di tempat umum, harus merencakanan waktu lebih banyak. Salat di tempat umum kadang makan waktu lebih banyak karena harus antri.

Dan, hari itu, untungnya aku tidak terlambat datang di acara ini:

Bahkan, aku termasuk 10 orang yang datang pertama. Haha.

Beruntung, 10 orang yang datang pertama mendapatkan kesempatan tes darah gratis. Deg-degan? Banget!

Bukan karena takut kena jarum, sih, melainkan khawatir dengan hasil tes.

Beberapa bulan lalu, aku tes Hb sewaktu akan donor darah dan hasilnya Hb-ku di bawah normal. Nggak jadi donor, deh. Sedih banget. Biasanya selalu normal dan selalu bisa donor. Huhu.

Makanya, aku takut hasilnya di bawah normal lagi. Apa lagi, hari itu aku baru banget selesai haid. Huff. Pasrah, deh.

Dan, hasilnya?

Anemia

Kaaaaaan. Kaaaaan. Kaaaaan.

Dan, ternyata dari 10 orang yang dites, hanya 1 orang yang Hb-nya normal. Ini balada semuanya baru atau sedang haid atau gimana, sih? πŸ˜‚

Nggak lucu banget, sih. Potensi anemia mungkin tampak sepele. Tapi, kalau nggak ditangani, akibatnya bisa fatal.

Sebelum masuk ke acara inti mengenai dunia kepenulisan, para peserta diberi ekstra ilmu mengenai kesehatan. Anemia bisa mengganggu banget, sih, kalau nggak ditangani.

Kalau Anemia Dibiarkan …

Beberapa hal yang bisa disebabkan anemia yang tidak ditangani:

  • Kelelahan berat

Darah kita mengalir dari kepala sampai kaki. Darah membawa oksigen dan zat gizi untuk keberlangsungan kehidupan kita. Kalau komponen darah kurang dari normal, pekerjaan membawa zat-zat itu pun akan terhambat. Akibatnya, pengidap anemia akan lebih mudah lelah. Produktivitas kita pun akan terganggu.

Anemia memang identik dengan gejala kelelahan. Tapi, kalau nggak ditangani, akibatnya akan benar-benar mengganggu aktivitas sampai sulit melakukan apa pun.

  • Mudah Terkena Penyakit Infeksi

Sistem imun pun akan terganggu kalau anemia. Akibatnya, penderita anemia akan lebih mudah jatuh sakit.

  • Komplikasi Kehamilan

Anemia dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Bayi pun bisa mengalami masalah pada kandungan zat besi dalam darah. Berat badannya pun di bawah nornal. Kalau anemianya disebabkan asam folat, perkembangan dan pertumbuhan janin pun terganggu karena salah satu fungsi asam folat adalah untuk membentuk DNA. Anemia pada ibu juga dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan mengalami hasil tes kemampuan mental yang kurang.

  • Gangguan Jantung
  • Kematian

Jadi, sebaiknya, begitu melihat tanda atau gejala anemia, segera tangani. Beberapa gejala anemia: mudah lelah, tubuh terasa lemas, detak jantung tidak beraturan, pusing dan berkunang-kunang, sakit kepala. Pun, kalau Hemoglobin (Hb) atau Hematokrit (Ht) sudah di bawah normal, sudah wajib waspada anemia.

Normal Itu Kayak Gimana?

Oh, iya. Jumlah Hb normal itu berapa, ya? Belum aku sebutkan. Hehe.

Tapi, β€˜kan, sudah ada di foto di atas. Tapi, nih, aku kasih tau lagi.

Hb normal

Oh, ya, dari hasil tes darah hari itu, ada 2 indikator yang ditunjukkan: hemoglobin dan hematokrit.

Hemoglobin adalah protein dalam darah yang juga berisi zat besi. Fungsinya adalah mengangkut oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru.

Hematokrit adalah perbandingan jumlah sel darah merah dengan volume darah keseluruhan. Hematokrit dihitung dalam persen.

Cara mengetahui kadar hemoglobin dan hematokrit kita normal atau nggak, tentu pakai alat. Biasanya, fasilitas cek darah tersedia di lab atau rumah sakit. Biayanya lumayan. Bisa untuk beli ketoprak beberapa porsi. Kalau mau gratis, ke tempat donor darah saja. Kalau normal, sekalian donor. Kalau nggak normal, setidaknya jadi tahu. Tapi, yang gratis dan yang bayar memang beda, sih. Di tempat donor, yang dicek cuma Hb. Di lab atau rumah sakit, kita bisa sekalian cek komponen darah lain sesuai keperluan dan kemampuan bayar.

Hemoglobin/Hematokrit Tinggi

Karena ada ambang batasnya, pasti ada saja hasil tes yang melewati batas. Kayaknya, hasil rendah lebih sering daripada hasil tinggi. Tapi, bukan berarti nggak ada manusia yang pernah kelebihan hemoglobin atau hematokrit.

Salah satu temanku (katanya) pernah ditolak donor karena kelebihan hemoglobin. Yang berlebihan memang seringnya nggak baik, yaaa.

Kelebihan hemoglobin atau hematokrit bisa jadi menunjukkan beberapa penyakit, antara lain: penyakit paru-paru, gagal jantung kanan, kanker/tumor, atau gangguan sumsum tulang. Walau demikian, kelebihan dua hal tersebut nggak selalu berarti sakit, ya. Bisa juga karena dehidrasi atau tinggal di dataran tinggi. Kalau ragu sakit atau nggak, yaaa ke dokter.

Hemoglobin/Hematokrit Rendah

Nah, kalau yang ini cukup sering kejadian, β€˜kan? Banyak terjadi pada perempuan usia produktif karena tamu bulanan. Kalau darah merah keluar, sudah pasti hemoglobin juga ikut keluar kan. That’s why joke “nggak puasa aja sok lemes” yang dilontarkan kepada perempuan yang sedang haid sama sekali nggak lucu. Lah, darah lagi banyak keluar, loh. Bagian darah yang membawa sari makan juga ikut keluar.Β Hb juga keluar,Β supply oksigen juga menurun. Banyak yang keluar gitu, lemas ya wajar.

Jadi, perempuan memang harus lebih waspada terutama saat haid dan hamil.

Hemoglobin atau hematokrit rendah kemungkinan menunjukkan anemia. Mungkin juga, sih, menunjukkan penyakit kronis lain seperti sirosis hati. Makanya, kalau sudah merasa terganggu banget, memang harus ke dokter.

Tapi, nggak usah parno banget juga, sih, kalau memang bukan lagi hamil, belum terlalu terganggu banget, atau malah nggak kerasa tanda apa pun. Waktu nggak jadi donor karena Hb aku kurang itu, pemeriksa Hb cuma menyarankan aku makan makanan tertentu untuk menaikkan Hb. Nggak tiba-tiba ditakut-takuti tentang penyakit lain. Kalau lagi hamil? Ya, tanya dokter.

Yang penting, kalau sudah Hb atau Ht kurang, ya usahakan kembalikan ke normal. Ada atau belum ada gejala anemia. Jangan menunggu terlambat.

Oh, ya. Anemia beda banget dengan β€œtekanan darah rendah”, ya. Yang satu kurang jumlah, yang satu kurang tekanan. Gejala dan penyebabnya bisa jadi sama. Tapi, β€œbisa jadi sama” berarti belum tentu sama. Cara membedakannya harus lewat tes. Cek darah dan cek tekanan darah. Kalau cuma pusing atau berkungan-kunang lalu nge-judge tekanan darah rendah atau anemia sendiri mah atuh buat apa ada tenaga medis? Tapi, cara membedakan paling mudah adalah dengan melihat kelopak mata bawah. Kalau kelopak mata bawah pucat, biasanya itu anemia.

Berbagai Jenis Anemia

Urusan kesehatan memang ribet, ya. Setelah perbedaan tekanan darah rendah dan anemia, ternyata Sang Anemia pun beragam macamnya. Beberapa jenis anemia:

Beberapa yang disebutkan di bawah memang menyeramkan. Ada penyakit kronis dan penyakit entah apa. Tapi, mungkin pernyataan ini akan bikin sedikit lebih tenang: anemia yang paling umum adalah yang disebutkan di 3 teratas. Ya, anemia akibat kurang gizi.

Bukan berarti kurang gizi bukan hal yang menyeramkan, sih. Hehe.

Makan banyak belum tentu mencegah anemia. Kalau makannya sembarang dan nggak sesuai kebutuhan, sama saja bohong, ‘kan?

Supaya Nggak Anemia …

Tentu saja makan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Ini aku ngomongin anemia akibat kurang gizi, yaa.

Kalau anemia akibat penyakit kronis sih beda lagi. Harus dengan dokter urusannya. Walau begitu, makan makanan sehat jelas salah satu cara mencegah penyakit kronis.

Nah, untuk mengurangi resiko ataupun mengobati anemia ringan akibat kurang gizi tertentu, berikut beberapa bahan makanan yang banyak mengandung zat gizi yang diperlukan:

Jangan lupa juga konsumsi protein. Protein kan untuk pembentukan sel.

Selain dari bahan makanan biasa, zat gizi juga bisa diperoleh dari suplemen. Mungkin saja kan karena hal-hal tertentu sulit mencukupi dari makanan. Saking nggak mau makan daging merah, misalnya.

Salah satu suplemen yang berguna untuk mencegah anemia adalah Sun Chlorella dari CNI. Suplemen ini dibuat dari alga hijau Chlorella pyrenoidosa. Penelitiannya dari Japan Dairy Technical Association. Alga ini kaya akan klorofil. Klorofil juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah karena strukturnya mirip Hemoglobin. Kandungan yang terdapat di Sun Chlorella:

Kaya akan asam amino (pembentuk struktur protein). Jadi, sangat berguna untuk regenerasi sel.

Ada vitamin B12 dan asam folat juga. Jadi, baik untuk mencegah atau mengurangi anemia akibat kekurangan kedua jenis vitamin itu.

Sun Chlorella juga mengandung vitamin C. Vitamin ini membantu penyerapan zat besi.

Sun Chlorella dari CNI bentuknya tablet kecil-kecil. Bisalah, ya, menelan tablet kecil mah. πŸ˜‚

Sun Chlorella

Pokoknya, kalau makan, jangan asal makan supaya hasilnya bukan cuma melebar, tapi juga sehat. Jangan cuma makan cireng 10 buah sehari, tapi juga makan makanan lain yang lebih sehat supaya zat gizi yang didapat beragam dan berimbang. Diri sendirilah, ya, yang paling tahy cara terbaik mengurangi risiko sakit dengan cara paling mudah.

Yang pasti, buat perempuan, jangan sampai anemia kalian berdampak ke anak-anak kalian. Selain itu, nggak mau juga kan aktivitas terganggu. Kan kita harus strong. Jangan sampai anemia, lah! *ngomong sama kaca*

Anyway, tulisan ini sudah panjang banget. Materi utama malah belum ditulis. πŸ˜‚

Aku tulis di artikel selanjutnya saja, ya. Tentang SEO dan menulis buku.

 

You may also like...

65 Comments

  1. Mpo kirain kalau hemoglobin tinggi bisa kena darah tinggi. Jadi semuanya harus seimbang dan normal.
    Mpo kena anemia kalau lagi haid

    1. Hati-hati , ya, Mpo, kalau lagi haid. Jangan sampai tumbang. 😊

  2. Pantes ya klo lg hamil selalu dikasih pil penambah darah, biar gk kena komplikasi

    1. Iya, ya. Banyak yang sering dikasih pil penambah darah pas hamil.

  3. Yaampun, siapa kak yg sanggup makan cireng doang 10 biji sehari. Hehehe. Bener sih, jaga keseimbangan asupan makanan biar sehat itu penting. Bila perlu konsumsi suolemen tambahan kayak su chlorela yaa

    1. Cireng kan kecil, suka bikin khilaf jadi lupa asupan seimbang. πŸ˜‚

  4. Anemia memang jangan dianggap enteng ya.. soalnya berbahaya dan banyak dampaknya

    1. Iya. Penyakit apa pun jangan dianggap sepele, sih.

  5. Adik aku juga kena anemia, gejalanya lumayan nakutin tuh, batuk dahak bercampur darah segar, ternyata anemia
    Fifah nggak boleh cape dong

    1. Udah parah banget, ya, itu? Malah baru dengar gejala yang seperti itu.

  6. Ini pencerahan banget artikelnya1
    Suka…suka… suka…
    Kayaknya aku anemia juga nih, suka oleng terutama saat kurang tidur dan kurang… kasih sayang, HAHAHAHA…

    1. Itu sih diajak shopping sembuh. πŸ˜‚

  7. Aku penderita anemia kak , apalagi kalau lagi menstruasi duhh ga enak banget makanya aku minum pil penambah darah. Btw aku baru tau kalau Suncorela bisa mencegah anemia.

    1. Rentan banget kalau pas haid, ya. Tapi untung langsunh tanggap. 😁

  8. Haduh serem juga ya Anemia. Kadang orang suka anggep spele suatu penyaki, karena kurang edukasi tentang gejala-gejala nya.

    1. Dikira “cuma” sesuatu, padahal hal besar. Jangan sampai, ya. πŸ€—

  9. Duh, mudah-mudahan dijauhkan dari anemia dan penyakit lainnya ya. Mesti rajin jaga kesehatan plus ngecek kesehatan di faskes nih, soalnya terkadang penyakit gak terdeteksi secara fisik gitu 😁

    1. Iya, semoga sehat terus, Mbak. 😁

  10. hadeehhh, ngilu bacanya, saya amat sangat takut jarum dan darah.
    belum juga hilang betapa dramanya saya waktu ambil darah buat test sebelum sesar dulu.
    Lalu nangis2 ketika liat jarum anestesi sesar.

    Baca ini jadi ngillu banget huhuhu.
    Sayang ya, sampai sekarang gak ada cara lain buat periksa darah tanpa di ambil darahnya hahahah

    1. Kayaknya jarumnya beda, Mbak. Ini yang cuma diambil setetes gitu.

  11. Aku udah lama ih ga pernah cek Hb darah padahal ibuku turunan anemia, jadi ak harus waspada juga.

    1. Semoga nggak anemia, ya, Mbak. Bagus tuh kalau rajin cek.

  12. Bener bnget animea biking drop ya mba.. aplg perempuan yg haid pengaruh bngt Klo animea alhamdulillah slama ini normal 2aja

    1. Alhamdulillah. Semoga seterusnya sehat. 😊

  13. Ciri-ciri kurang darah sama seperti yang saya alami sekarang ini. Pusing banget. Jadi mesti waspada sidini mungkin agar tidak parah. Saya pun tak tahu Hb darahnya berapa soalnya belum pernah di cek lagi

    1. Kalau sempat, mungkin bisa dicek. Kalaupun belum, tetap jaga pola makan. 😊

  14. Aku jadi teringat pas terkena anemia beberapa tahun yang lalu dan mengharuskan aku untuk istirahat total selama seminggu penuh.

    1. Kalau udah pernah ngalamin, jadi lebih menjaga diri, ya.

  15. Waktu hamil kemaren aku sempet anemia abis itu dikasik resep kapsul penambah darah sm disuruh konsumsi seperti yg mbak sebutkan di atas tadi. Alhmdulillan berangsur angsur hilang anemiaku.

    1. Alhamdulillah. Semoga seterusnya selalu sehat. 😁

  16. Kenapa ya kalau habis minum obat anemia suka jadi laper terus dan makannya jadi banyak heheh, artikel ini penting banget solnya kadang saya kurang aware dengan masalah anemia

    1. Eh iya, ya? Aku kok biasanya aja. Laparnya di jam makan. Coba deh nanti dicari tahu. πŸ˜‚

  17. Waktu hamil kedua aku anemia berat, sampe harus transfusi darah segala, semenjak itu selalu berusaha jaga pola makan & istirahat cukup

    1. Semangaaat, Mbak. Alhamdulillah sekarang udah sehat kan

  18. Aku juga cenderung suka anemia nih. Lebih jaga kesehatan ya. Aku kadang2 suka males makan juga sih

    1. Padahal makan itu salah satu momen hidup paling menyenangka. 😌

  19. Aku punya anemia dan bener sih jadi rentan sakit banget jadinya

    1. Jadi harus jaga kondisi terus, ya

  20. 2 tahun lalu aku kena anemia parah sampai akhirnya butuh di transfusi segala

    1. Udah parah, ya? Semoga nggak ngalamin lagi, deh.

  21. Infografis makanan pencegah anemia langsung aku save. Soalnya sempet ada gejala gitu juga. Jadi bener2 jaga hb.
    Aku terakhir cek lab di puskesmas, mayan lengkap dan harganya gak mencekik :))

    1. Iya, ya, syukur kalau bisa di puskesmas. 😊

  22. Sudah lama enggak periksa darah dulu sering banget sih disinyalir kurang darah. Pengen coba periksa lagi ah klo ada kesempatan..

    1. Semoga hasilnya menyenangkan. 😁

  23. Saya belum cek HB lagi, terakhir dicek saat mau melahirkan. Alhamdulillah HB normal, tapi kadang saya cepet kelelahan mungkin juga sebab anemia ya. Jadi pengen cek darah jadinya.

    1. Jaga makan dan istirahat cukup juga, Mbak. Semangat. 😁

  24. Ania itu harus minum Vit-B12 trus makanan katanya banyak makan tahu setengah matang, apa betul,vta, mbak Afifah? Anemia itu bikin oucat ya. Afuh jsngan sampe kena anemia.

    1. Kalau tahunya iya. Setengah matangnya baru dengar. Mungkin supaya zat gizinya nggak hilang terkena panas, ya. Tapi kalau nggak overcook, matang pun nggak masalah. Kalau setengah matang daj malah ada kuman kan ngeri. Tapi mungkin nanti dikroscek lagi.

  25. Aku termasuk yg g aware sm anemia yg aku alami
    Emng sih mb g bisa dianggep sepele, tp orang2 slama ini jg anggep enteng sih y
    Pdhl bahaya bgt

    1. Karena nggak merasa terlalu terpengaruh, ya? Jangan sampai kena parah dulu, deh.

  26. Nahh aku ini mba, yg HB rendah selama hamil dan selalu dokter anjurkan untuk selalu makan yang daging-dagingan… yah itu takut bayi dala kondisi melahirkan yang prematur…tapi memang dari dulu saya jarang lolos untuk donor yah karena HB saya.. duhh…

    1. Kalau hamil, suka dikasih tambahan sumplemen juga kan, ya.

  27. Nah…ibuku selalu mewanti-wanti agar makan yang baik, agar Hb nya gak rendah.
    Aku pikir Hb tinggi juga pertanda bagus.
    Ternyata gak bagus juga yaa…

    Nice info, kak…
    Haturnuhun.

    1. Iya, Mbak. Apa pun itu, yang pas aja yang bagusnya. Hehe.

  28. Aku sering anemia fifah, skrg aku bs paham kenapa makanya ga pernah b utk donor darah.

  29. aku biasanya produk CNI iti mie ginsengnya..tar tak cobain yang ini mbak

  30. Ternyata harus waspada dengan penyakit anemia yah kak. Saya sendiri mudah kelelahan, belum pernah cek sih, tapi mudah2an hb nya normal

  31. Perlu banget di atas Iya apalagi anemia saat kehamilan akan mempengaruhi kesehatan janin

  32. Aku dulu tahunya anemia ya darah rendah. Ternyata beda banget setelah belajar biologi di sekolah. Sejauh ini keluhanku darah rendah. Aku udah lama gak tes darah. Dulu pernah anemia dan dikasih vitamin gitu. Ya cewek lumayan rentan sama anemia ini. Banyakin makan yg mengandung zat besi deh

  33. Wah beneran ini, aku anemia sejak masa gadis. Mulai menstruasi. Tapi sejak tahu solusinya, jadi jarang deh. Sekarang paling kambuh kalo lupa suplemennya.

  34. Nah iya baru mau aku tanyai mba anemia dan tekanan darah rendah gimana?ternyata di ulasan ada aku baru ngeh dan aku sih termasuk tekanan yang rendah mba πŸ™

  35. Aku pernah kena anemia dan bener banget, badan rasanya kyk lelaaah banget. Lemes tak terkira. Untungnya nggak berkepanjangan karena langsung berobat, minum vitamin penambah darah juga. Jaga kesehatan selalu ya, dek

  36. Dulu aku sering banget kena anemia mba. Tapi skrg alhamdulillah nggak lagi sih. Makasih sharingnya ya

  37. Dulu aku pernah terindikasi kena anemia, sampai harus konsumsi pil warna merah penambah darah itu lhooo… Kalau sekarang belum tau nih, belum pernah periksa.Tapi kayaknya sih normal karena sudah tidak pernah nggliyeng lagi setiap kali habis bangkit dari duduk atau tiduran.

  38. Iya, saya nih mba, lagi hamil dikasih obat penambah sel darah atau apalah namanya itu, biar gak kena anemia, hasil tensi selama ini juga gak jauh-jauh dari 100

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *