Entah berapa banyak temanku yang pernah mengatakan bahwa mereka memendam perasaan terhadap teman lama. Teman SMA, teman SMP, bahkan mungkin teman SD atau TK. Sebegitu kuatkah perasaan itu hingga bisa bertahan bertahun-tahun? Kadang, tanpa berkomunikasi, tanpa bertemu, tanpa mengetahui kabar. 
Aku tidak mengerti alasan suatu perasaan bisa menghuni hati selama bertahun-tahun. 1 tahun mungkin waktu yang singkat, wajar jika perasaan itu belum sirna. 4 tahun? 7 tahun? Aku tidak tahu.
Ada banyak perempuan yang bisa menyimpan perasaan lama sekali. Aku ingin tahu, seberapa banyak laki-laki yang bisa menyimpan perasaan dalam kurun waktu yang tidak singkat, tanpa berkomunikasi, tanpa bertemu, tanpa mengetahui kabar. Menyimpan perasaan bukanlah perkara yang bisa membuat hati tenang, apalagi nyaman.
Ketika dia dekat dengan seseorang, terkadang rasa sakit tidak pernah terasa. Sakit itu tidak ada apa-apanya dibandingkan menunggu yang tak pasti. Terkadang, seorang perempuan membuat ilusi untuk dirinya sendiri: masih ada harapan.
Sebegitu kuatnya perasaan bagi perempuan hingga sering kali muncul ungkapan “sebelum janur kuning melengkung”, kadang pun ada ungkapan yang lebih memilukan “sebelum bendera kuning berkibar”. Sesungguhnya, mudah bagi seorang perempuan untuk mencintai karena perempuan lahir dengan penuh cinta, tetapi tidak mudah untuk mencintai yang lain ketika hati sudah terisi dengan nama seseorang. Mungkin, ketika memasukkan nama itu ke dalam hati, kunci hati terbuang entah ke mana hingga hati tidak bisa terbuka lagi.

You may also like...

4 Comments

  1. lelaki pun ada yg bisa begitu.. menjalin asmara dengan berbagai wanita yg ia temui dalam hidupnya, tapi hatinya tetap terpaut pada satu orang..

  2. Jadi teringat sama cerita Orange Sunset di stoples-cerita.blogspot.com hehehe.
    Bukan niat promosi sih. tapi memang teringat begitu saja tentang perempuan yang terus memendam perasaan selama bertahun-tahun. (^-^ )
    Kalau ada waktu, mampir, ya…. *akhirnya promosi juga* 😛
    Salam kenal dan semoga berkenan. 😀

  3. perempuan memang begitu. heheh #ingatmasalalu

  4. Pria juga ada tapi tidak banyak yang seperti itu. Kadang cinta tak mudah di mengerti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *