Sekarang ini semakin banyak orang berdiet. Ada satu menu yang sering kutemukan dari makanan orang yang sedang diet: salad. Resep salad ini diambil dari tugas salah satu mata kuliah dulu. 
Huzarensla adalah salad dengan bahan dasar Dutch Potato dilengkapi dressing dari kuning telur. Mungkin kuning telur adalah salah satu pantangan dalam diet, tapi kuning telur juga banyak manfaatnya. Lagipula, sepertinya membuat saus sendiri lebih baik daripada menggunakan saus dalam kemasan. Kalau dari yang kupelajari, mayonaise juga mengandung kuning telur. Resep tradisional Huzarensla menggunakan daging, tapi demi hemat biaya dan hemat energi (Kalori), mari mengurangi daging.

Huzarensla with Hollandaise Sauce

Untuk 1 porsi
Bahan:
Kentang 30 g, direbus
Wortel 13 g, direbus
Buncis 13 g, direbus
Ketimun 30 g
Daun selada 1 lembar
Saus:
Kuning telur 1 butir
Salad sauce 2 sdt
L&P sauce
Cuka
Garam
Lada
Cara membuat:
Hollandaise Sauce
Hancurkan kuning telur.
Mix dengan salad sauce.
Tambahkan 1 tetes L&P sauce. Aduk rata.
Tambahkan 3 tetes cuka, lalu garam dan lada secukupnya.
Huzarensla
Kupas kentang, potong ukuran medium.
Potong wortel, buncis, dan ketimun menjadi ukuran medium.
Campur dengan Hollandaise Sauce.
Sajikan dengan daun selada.
That’s it. Jangan tanya merk Salad sauce atau L&P sauce, beli di mana atau harganya berapa dua bahan itu. Di supermarket biasanya ada, tapi aku kurang tahu merk dan harganya.
Oh, ya, karena ini tugas kuliah, makanya aku menggunakan ukuran gram pada bahan-bahan utama. Kurang lebih, kentangnya tidak sampai seperempat biji sedang. Aku juga menghitung energi dan zat gizinya. Here it is:
Tidak terlalu besar, kan? Tapi cukup untuk mengisi perut.

You may also like...

1 Comment

  1. […] lainnya cukup berhasil. At least, layak makan. Hehe. Satu-satunya yang sudah kupindahkan baru Huzarensla with Holandaise Sauce. Cheap banget. Nah, sekarang, aku mau memindahkan sambal goreng hati. Resep ini tidak sepenuhnya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *