Source: asianwiki
Kae Horii pindah ke sebuah flat di Kyoto. Dia menemukan diary milik penghuni lama flat tersebut. Kae membaca diary tersebut. Diary tersebut adalah milik Ibuki Mano, seorang guru SD.
Diary itu menceritakan kehidupan Ibuki sebagai guru. Selain itu, diary itu juga menceritakan seorang pria yang dicintainya, Takashi. Selama membaca diary itu, Kae membayangkan Takashi sebagai idolanya yang juga bernama Takashi. Ibuki menuliskan hal-hal yang mereka lakukan bersama.
Diary itu kemudian menjadi semacam panduan bagi Kae. Kae melakukan hal-hal yang dilakukan Ibuki. Kae melakukannya terhadap Ryu Ishitobi, seorang ilustrator. Ryu pertama kali muncul di depan flat Kae. Kemudian, mereka bertemu kembali di toko pena, tempat Kae bekerja.
* * *
Saya menyukai setiap bagian mengenai kehidupan Ibuki sebagai guru. Sebetulnya, bagian Ibuki dan Takashi tidak sebanyak bagian Ibuki sebagai guru. Melihat Ibuki, sepertinya siapa pun yang ingin menjadi guru, ingin mencontohnya. 
Bagian yang paling saya suka adalah ketika murid-murid menyanyikan Tsubasa wo Kudasai. They reach my heart. Lagu ini sepertinya dikenal semua orang Jepang, dinyanyikan terutama di sekolah.
Sejak awal, saya sudah mengira ada sesuatu dengan buku harian itu. Irama film ini membuat saya betah menonton. Film ini terasa hangat. Bagi yang kurang menyukai film lambat, film ini mungkin akan kurang menarik. 
Setting film ini seolah membawa saya ke tahun 90’an, atau mungkin sebelumnya. Begitulah film romance Jepang. Pemainnya tidak terlalu banyak. Properti natural. Gadget pun jarang terlihat. Tapi, dibanding film-film lain, film ini terasa lebih lampau.
Pemeran Utama:
Erika Sawajiri – Kae Horii
Yusuke Iseya – Ryu Ishitobi
Yuko Takeuchi – Ibuki Mana
Pemeran Pendukung:

Yuka Itaya – Hoshi Yamazaki
Hiromi Nagasaku – Kanako
Katsuo Nakamura – Kiichirou
Saeko – Hana Ikeuchi
Eisuke Sasai – Segawa
Tetsushi Tanaka – Kashima (Suami Hana, dia suka Kae)
Masaya Kikawada – Ryo Natsume
Ai Yamaguchi – Kimiyo Mizuhara (Murid Ibuki, yang nggak mau sekolah)
Urara Awata – Ibu Kimiyo
Renji Ishibashi – Masamichi Nakazawa
Momoko Shimizu – Murid Ibuki

Sutradara: Isao Yukisada
Produser: Kei Haruna
Penulis: Shusuke Shizukui (novel), Chihiro Ito, Tomoko Yoshida
Rilis: 9 September, 2007
Durasi: 138 menit

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *